Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Pro – HP Flagship Xiaomi 12 Jutaan

Pastinya Kamu sudah bisa menebak bahwa HP Xiaomi 12 Pro merupakan versi terbaik dari Xiaomi 12 series. Dan saya bisa mengatakan ini merupakan produk Xiaomi yang paling sempurna yang ada hingga saat ini. Terutama berkat kemampuan fotografi yang indah dan fast charging yang super cepat. Lalu fitur luar biasa apa saja lainnya yang dimiliki Xiaomi 12 Pro? Apakah sepadan dengan uang yang Kamu keluarkan untuk membeli Xiaomi 12 Pro? Untuk bisa menjawabnya maka kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro.

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro

  • Prosesor (CPU) : Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm)
  • Grafis (GPU) : Adreno 730
  • RAM : 8GB atau 12GB
  • ROM Internal : 128GB atau 256GB
  • Slot Memori : Tidak support
  • Jumlah SIM Card : 2 sim Nano 5G

Layar

  • Teknologi panel LTPO AMOLED dengan 1B warna dan refresh rate 120Hz
  • Menggunakan teknoogi Dolby Vision dan HDR10+ serta kecerahan layar 1500 nits,
  • Ukuran ayar 6,4 inci dengan rasio 20:9
  • Resolusi layar 1440 x 3200 piksel dengan kepadatan 521 ppi
  • Pelindung layar Corning Gorilla Glass Victus

Koneksi

  • USB Tipe C 3.1
  • Sensor Sidik Jari dibawah layar
  • NFC
  • Bluetooth 5.50
  • Wi-Fi 6
  • Koneksi internet 4G dan 5G
  • Giroskop
  • Sensor gerak
  • Kompas
  • Sensor jarak
  • Barometer
  • Color spectrum

Baterai

  • Kapasitas : 4600 mAh
  • Charger : Fast charging 120W, 50W wireless, dan 10W reverse wireless

Kamera

  • Kamera Utama : 50 MP, bukaan f/1.9, 24 mm (sensor wide), 1.22µm, OIS dan Dual Pixel PDAF
  • Kamera Telephoto : 50 MP, bukaan f/1.9, 48 mm, PDAF, zoom optik 2x
  • Kamera Ultra Wide : 50 MP, bukaan f/2.2, 115 derajat
  • Kamera depan : 32 MP, bukaan f/2.5, 26mm (sensor wide), 0.7µm

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Pro

Hp Xiaomi 12 Pro yang sudah diluncurkan sejak tahun 2021 ini apakah masih bisa menjadi hp Xiaomi yang terabik di pasaran? Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut kamu membutuhkan referensi tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro di bawah ini.

Kelebihan Xiaomi 12 Pro

Di tahun ini, apakah Xiaomi 12 Pro masih layak untuk kamu miliki? Kamu bisa menemukan jawabannya dengan membaca kelebihan Xiaomi 12 Pro.

Xiaomi 12 Pro adalah salah satu model flagship berdesain terbaik dari Xiaomi

Xiaomi 12 Pro adalah salah satu model flagship berdesain terbaik dari Xiaomi

Seperti yang Kita ketahui, Desain digunakan Xiaomi 12 Pro atau semua produk dalam seri 12 ini sama. Versi Pro ini hanya sedikit berukuran lebih besar dari Xiaomi 12 dan 12X. Bahkan warnanya sama dengan yang dimiliki Xiaomi 12 dan lebih banyak dari 12X dengan memiliki warna hijau. Tentunya seri Pro ini juga mempunyai fitur desain tersendiri yang membedakannya dari kompetitor.

Poin bagus dari desain Xiaomi 12 Pro ini yaitu mempunyai layar melengkung dan kaca belakang juga melengkung mulus dengan sasis. Namun, sasisnya tidak setipis yang biasa Kamu lihat pada HP kelas atas lainnya. Kamu akan menemukan desain yang lebih tebal, tetapi beratnya masih cukup ringan. Perasaan memegang di tangan 12 Pro ini sangat bagus, sangat ringan dan mulus.

Seperti biasa, desain bagian depan Xiaomi 12 Pro sebagian besar ditempati oleh layar melengkung berlubang. Pouch hole berukuran super kecil tepat di tengah layar dan tidak terlalu memengaruhi pengalaman penggunaan layar. Kedua sisi bezelnya benar-benar meluap dan tepi atas dan bawahnya yang sangat tipis. Secara keseluruhan, desain bagian depan Xiaomi 12 Pro ini sulit dikritik .

Desain bagian belakang Xiaomi 12 Pro ini dilapisi kaca dan Gorilla Glass 5, bukan Victtus seperti yang ada bagian depan. Tapi ini masih merupakan perlindungan layar yang bagus. Kaca ini dilapisi dengan cat matte untuk menghasilkan kesan mewah dan terutama tidak menempel bekas sidik jari. Ada 4 versi warna yang bisa dipilih dari Xiaomi 12 Pro yaitu warna Abu-abu, Biru, Ungu, dan Hijau.

Yang menonjol di bagian belakang yaitu terdapat cluster kamera persegi panjang di pojok atas. Sebagai perbandingan, cluster kamera ini terlihat sedikit lebih besar dari Xiaomi 12 versi standar. Ukuran cluster kamera ini lebih besar karena kameranya juga lebih besar.

Layar Xiaomi 12 Pro Dengan Refresh Rate 120 Hz Yang Sangat Halus

Layar Xiaomi 12 Pro Dengan Refresh Rate 120 Hz Yang Sangat Halus

Ada perbedaan yang membingungkan antara Pro dan Xiaomi 12 yaitu layarnya tidak mereproduksi 10 bit. Artinya, layarnya hanya support 1 miliar warna, bukan 68 miliar darah seperti Xiaomi 12 dan Xiaomi 12X. Hal ini bisa dimaklumi karena layar ini disediakan oleh Samsung. Ini adalah panel AMOLED LTPO dengan ukuran layar 6,73 inci dengan resolusi setinggi 2K (1440 x 3200 piksel). Layar 12 Pro inii mempunyai kecepatan refresh 120Hz yang sangat halus. Secara khusus, panel LTPO bisa selalu secara otomatis mengganti kecepatan refresh yang sesuai, sehingga membuat hp ini sangat hemat energi.

Kecerahan layar dalam mode manual di Xiaomi 12 Pro bisa mencapai 506 nits, mode otomatis bisa dua kali lipat menjadi 1050 nits. Terutama gambar atau animasi dengan HDR bisa mencapai kecerahan maksimal 1500nits. Layar Xiaomi 12 Pro juga support Dolby Vision dan HDR10+ untuk kualitas tampilan layar maksimal.

Terkonfigurasi Snapdragon 8 Gen 1 Untuk Bisa Bermain Game Dengan Hebat!

Terkonfigurasi Snapdragon 8 Gen 1 Untuk Bisa Bermain Game Dengan Hebat

Dalam hal kinerja, Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12 sama-sama menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan salah satu chipset paling kuat yang tersedia di HP Android di tahun ini. Jadi tentu saja performanya ada di bagian atas tabel perbandingan kinerja chipset saat ini.

Aplikasi apa pun yang Kamu temukan di Google Play, Xiaomi 12 Pro bisa menanganinya dengan cepat dan halus. Bahkan game dengan grafik tinggi saat ini pun bisa ditangani dengan baik.

Xiaomi 12 Pro memiliki 2 versi RAM 8GB dan 12Gb yang dikombinasikan dengan memori ROM 128GB dan 256GB. Kamu akan mempunyai 3 versi kombinasi RAM dan ROM Xiaomi 12 Pro terdiri dari 128GB/8GB, 256GB/8GB, atau 256GB/12GB. Setiap versi akan mempunyai harga yang berbeda dan tentunya semakin besar memori internal dan RAMnya maka akan semakin mahal pula harganya.

Berdasarkan parameter dari pengujian benchmark GeekBench 5.0, pengguna bisa mempunyai gambaran yang cukup akurat tentang kinerja pemrosesan Xiaomi 12 Pro. Meski juga sudah menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1, Xiaomi 12 Pro mempunyai skor benchmark yang lebih rendah dari para pesaingnya. Terutama pada skor single-core satu tingkat lebih rendah dari HP gaming seperti ZTE nubia Red Magic 7. Namun, skor multi-core bisa dikatakan masih hampir sama.

Berbicara tentang kinerja pemrosesan grafis, produk yang menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1 jauh melampaui chipset lain, terutama chipset Samsung Exynos 2200. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sudah pasti chipset ini jauh lebih unggul.

Dari segi performa secara keseluruhan tentunya prosesor ini kinerjannya jauh di atas pendahulunya. Namun membandingkan produk yang menggunakan chipset yang sama, skor Xiaomi 12 Pro masih rata-rata tidak terlalu unggul. ZTE nubia Red Magic 7 masih lebih unggul, selain itu Xiaomi 12 Pro juga masih tertinggal dari Oppo Find X5 Pro dan iQOO 9 Pro. Untungnya Xiaomi 12 Pro masih mengungguli Samsung Galaxy S22 Ultra dan Realme GT2 Pro.

Performa Gaming Xiaomi 12 Pro

Performa Gaming Xiaomi 12 Pro

Terlepas dari itu, performa Xiaomi 12 Pro masih berada di posisi atas HP paling bertenaga yang adasaat ini. Namun tidak bisa dibandingkan dengan HP gaming ZTE nubia Red Magic 7.

Meski tidak setara dengan ZTE nubia Red Magic 7, namun performa gaming Xiaomi 12 Pro tetaplah hebat. Tidak hanya mempunyai prosesor paling bertenaga, tetapi juga mengintegrasikan banyak elemen lain untuk pengalaman bermain game yang luar biasa untuk pengguna.

Yang pertama pengujuan di game Mobile Legend, Xiaomi 12 Pro benar-benar bisa menyeimbangkan level grafis tertinggi dengan mudah tanpa masalah. Saat memainkan game ini, chip yang kuat seperti Snapdragon 8 Gen 1 akan bisa menaklukan game ML dengan baik. Pengalaman bermain game ML di Xiaomi 12 Pro harus bisa dibilang mulus dan tanpa cela, grafik di dalam game sangat tajam berkat resolusi layar hingga 2K.

Selanjutnya saat Xiaomi 12 Pro memainkan PUBG Mobile, game ini memungkinkan pengguna untuk mengatur grafik Ultra HD dengan frame rate yang sangat tinggi. Namun, karena jika ingin memainkan game pada kecepatan frame yang lebih tinggi, pengguna harus mengurangi pengaturan grafis ke HDR dan meningkatkan kecepatan frame hingga maksimum (setara dengan 60 FPS).

Game terakhir yang diuji di Xiaomi 12 Pro yaitu Genshin Impact. Dengan game ini, pengguna harus mengatur level grafis rendah untuk mendapatkan pengalaman bermain terbaik. Pada game Genshin Impact, Xiaomi 12 Pro bermain dengan sangat lancar, namun hanya 5 menit pertama dan setelah itu hp akan mengalami lag yang cukup banyak, walaupun kita masih bisa memainkannya, namun fenomena lag tersebut terjadi cukup sering terjadi. Dan disarankan untuk mengurangi brightness layar atau kurangi refresh rate layar agar bermain game genshin impact dengan lebih stabil.

Kamera Xiaomi 12 Pro 50 MP Layak Gelar Cinema Master

Kamera Xiaomi 12 Pro 50 MP Layak Gelar Cinema Master

Kelemahan yang sering saya bicarakan di Xiaomi 12 dan 12X yaitu tidak adanya kamera telephoto. Namun untuk Xiaomi 12 Pro kamera ini sudah ditambahkan, lebih tepatnya menggantikan kamera makro. Sekarang Kamu akan mempunyai 3 kamera tetapi ada beberapa perbedaan seperti :

Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX707 terbaru. Ditambahkan dengan kombinasi Quad Bayer dengan sensor besar 1,22µm akan menghasilkan piksel 2,44µm yang sangat besar. Kualitas gambar yang diterima sangat baik.

Kamera telefoto telah menggunakan sensor Samsung JN1 dengan resolusi 50MP juga mempunyai Tetracell. Tapi itu hanya bisa melakukan Zoom Optik 2x sederhana, tetapi masih tidak kehilangan piksel jika Kamu ingin memperbesar foto.

Kamera ultra-wide juga menggunakan sensor Samsung JN1 dengan resolusi 50MP. Sensor ultra wide ini berfungsi dengan baik, tetapi tidak mempunyai fokus otomatis, dan itu sangat disayangkan di hp flagship.

Kamera selfie menggunakan sensor 32MP dengan sensor OmniVision OV32b40 dengan sensor 0.7µm. Kamera selfei ini juga memberikan hasil foto yang bagus dan kombinasi AI kecantikan otomatis yang efektif.

Hasil foto di siang hari dari kamera utama mempunyai kualitas yang sangat baik. Hasil foto akan mempunyai banyak detail dan cukup didukung oleh AI tetapi tidak diasah secara berlebihan. Selain itu, warna dihasilkannya luar biasa, juga tidak terlalu jenuh, dan rentang dinamisnya lebar. Secara keseluruhan, tidak ada yang perlu dikritik dari hasil foto kamera utama dalam kondisi cukup terang.

Dalam kondisi minim cahaya, mode malam otomatis menyala untuk mendapatkan dukungan pemotretan minim cahaya dengan sangat baik. Apalagi waktu pemaparannya tidak terlalu lama seperti pendahulunya dan kompetitor lainnya. Hampir segera setelah Kamu menekan tombol rana, Kamu akan mempunyai foto yang instan. Mode malam ini tidak mencoba mencerahkan tetapi membantu menggelapkan frame. Mode ini lebih berfokus pada kemampuan optimal antara detail dan noise lebih dari sekedar mencerahkannya.

Kamera Depan 32MP Yang Mengesankan

Kamera selfie 32MP ini akan menghasilkan gambar 12MP. Ini berarti pixel binning akan menghasilkan gambar asli sebesar 8MP dan ditingkatkan untuk kualitas foto yang lebih baik. Foto yang dihasilkan dari kamera selfie ini akan mempunyai warna yang hidup, jangkauan dinamis yang luas, dan detail lengkap. Namun, kamera ini tidak mempunyai autofokus, sehingga jarak selfie terbaik tetaplah sejauh lengan penggunaya. Sebaliknya, jika Kamu berlengan pendek, mungkin agak sulit untuk melakukan selfie.

Kamu juga bisa mengambil foto mode potret dari kamera selfie ini. Kualitas foto bokeh kamera selfie ini cukup baik, namun terkadang ada beberapa seleksi yang salah, seperti rambut kusut, atau di sepanjang garis tepi subjek. Secara keseluruhan, fotografi selfie mode portraitnya cukup bagus,

Perekaman Video Hingga 8K Pada 24fps

Perekaman Video Hingga 8K Pada 24fps

HP Xiaomi 12 bisa digunakan untuk merekam video 8K pada 24fps. Video yang dihasilkan akan mempunyai ketajaman yang tidak terlalu tinggi, tetapi parameter lain dihasilkannya sangat bagus. Detail gambar luar biasa, warna asli, kontras bagus, dan video dihasilkan tidak ada noise. Yang paling mengesankan yaitu menghasilkan rentang dinamis lebar yang memungkinkan Kamu merekam video sempurna bahkan saat dalam kondisi cuaca buruk.

Video 4K dan 1080p keduanya berkualitas sangat baik dan tidak banyak yang perlu dikeluhkan jika kamu menggunakan kulitas perekaman ini. Saat menggunakan kualitas video 1080, pengguna bisa merekam video slow motion hingga 960 fps. Dan saat Kamu mengurangi resolusi menjadi 720p, Kamu bahkan bisa membuat video slow motion pada 1920 fps

Kualitas Video 4K pada saat cahaya redup juga terlihat cukup bagus dengan noise terkendali. Namun, sumber cahayanya akan sedikit lebih mencolok dan sedikit lebih berwarna, tetapi bisa dikatakan hasil videonya tidak masalah.

Daya Tahan Baterai Cukup Untuk Seharian dan Fast Charging 120W

Daya Tahan Baterai Cukup Untuk Seharian dan Fast Charging 120W

Xiaomi 12 Pro menawarkan baterai 4600mAh yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan 4500mAh yang digunakan Xiaomi 12 dan 12X. Namun masih lebih kecil dari pendahulunya seperti Xiaomi 11 Pro atau 11T dan 11T Pro. Perubahan ini juga bisa dimaklumi karena hp ini sudah mempunyai kekuatan baterai yang cukup untuk Kamu gunakan dalam seharian. Selain itu, hp ini juga menghadirkan telah kecepatan pengisian daya yang mengesankan dengan fast charging super cepat.

Di Xiaomi 12 Pro kamu bisa memiliki fast charging 120W yang disetakan di dalam box. Selain itu hp Xiaomi ini juga sudah support fast wireless charging hingga 50W dan reverse wireless charging 10W. Dengan fast charging 120W, Kamu hanya perlu 21 menit untuk mengisi baterai penuh dari 0%.

Selain itu, jika Kamu mempunyai wireless charging 50W untuk digunakan dengan HP Xiaomi 12 Pro ini, Kamu hanya perlu waktu 42 menit untuk mengisi ulang baterai hingga penuh 100%.

Kekurangan Xiaomi 12 Pro

Kamu sudah mengetahui tentang kelebihan Xiaomi 12 Pro, tetapi sebelum membelinya kamu juga harus mengetahui kekurangan Xiaomi 12 Pro.

Tidak Ada Fitur Anti Air

Hal yang sangat disayangkan dari HP kelas atas Xiaomi 12 Pro ini yaitu tidak adanya fitur standar tahan air. Tidak ada sertifikasi khusus anti air tentang di HP flagship Xiaomi. Karena itu, Kamu perlu berhati-hati saat menggunakan Xiaomi 12 Pro di dekat air.

Kamera ultra wide tanpa fokus otomatis

Kamera ultra-wide Xiaomi 12 Pro sudah menggunakan sensor Samsung JN1 dengan resolusi 50MP. Tetapi resolusi tinggi ini tidak didukung dengan fitur fokus otomatis. Sehingga hasil foto dihasilkan dari kamera ultra wide jadi kurang maksimal.

Kamera telefoto dengan zoom optik 2x saja

Selain itu, Xiaomi 12 Pro juga sudah dibekali dengan kamera telefoto, tetapi sayangnya sensot telephoto ini hanya dibekali dengan zoom optik 2x saja.

Kesimpulan

Singkatnya, berdasarkan kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro yang dijelaskan di atas. Xiaomi 12 Pro merupakan pilihan yang bagus saat ini yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 12 jutaan. HP Flagship xiaomi ini membawa semua intisari dan kekuatan teknologi Xiaomi, pengalama penggunaannya akan benar-benar menakjubkan. Selain itu, jika dibandingkan kompetitor seperti Samsung Galaxy S22, Galaxy S22+ dan Galaxy S22 Ultra, Xiaomi 12 Pro masih unggul dalam hal performa.

Bagikan:

Tinggalkan komentar