Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22+ – Harga Cuma Rp 13 Jutaan

Pada Bisa dikatakan bahwa Samsung Galaxy S22+ dan Galaxy S22 merupakan dua versi yang berbeda jika dibandingkan dari segi ukuran. Galaxy S22 merupakan pilihan tepat bagi mereka yang lebih menyukai HP yang lebih kecil dan tipis. Sedangkan, Galaxy S22+ cocok untuk pengguna yang menyukai hp dengan ukuran lebih besar dan tetap tipis. Dengan perbedaan layar dan baterai yang lebih besar ini, tentunya harga Galaxy S22+ juga akan lebih tinggi. Selain perbedaan tersebut, apa saja fitur dan keunggulan dari Samsung Galaxy S22+? Mari kita ulas detail lengkap kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22+ di artikel ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S22+

Berikut ini adalah informasi lengkap tentang spesifikasi Samsung Galaxy S22+, sebelum kamu mengetahui informasi tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22+.

Performa

  • Prosesor : Exynos 2200 (4 nm) untuk pasar Eropa dan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm) – untuk pasar global.
  • Grafis (GPU) : Xclipse 920 – Eropa dan Adreno 730 – Global
  • RAM : 8 GB
  • ROM Internal : 128GB atau 256GB
  • Slot Memori : Tidak Support
  • Jumlah Sim Card : 2 sim Nano 5G

Layar

  • Teknologi Panel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,6 inci dan memiliki refresh rate 120Hz
  • Sudah dilengkapi dengan teknologi HDR10+ dengan kecerahan layar 1750 nits
  • Resolusi 1080 x 2340 piksel dengan rasio aspek 19,5:9 dan kepadatan 393 ppi
  • Dilengkapi pelindung layar Corning Gorilla Glass Victus+

Koneksi

  • Sensor sidik jari ultrasonik di bawah layar
  • NFC
  • USB tipe C 3.1
  • Wi-Fi 802.11
  • Jaringan internet 4G dan5G
  • Bluetooth 5.0
  • Sensor gerak
  • Giroskop
  • Sensor jarak
  • Kompas
  • Barometer

Baterai dan Charger

  • Kapasitas : 4500 mAh
  • Charger : Fastcharging 45W, 15W wireless (Qi/PMA) dan 4.5W reverse wireless

Kamera

  • Kamera Utama : 50 MP, bukaan f/1.8, 23mm (sensor wide), 1.0µm, OIS dan Dual Pixel PDAF
  • Kamera Telephoto : 10 MP, bukaan f/2.4, 70mm,0µm, 3x optical zoom, PDAF, dan OIS
  • Kamera Ultra Wide : 12 MP, bukaan f/2.2, 13mm, 120 derajat, 1.4µm, fitur Super Steady video
  • Kamera depan: 10 MP, bukaan f/2.2, 26mm (senor wide) ), 1,22µm, dan Dual Pixel PDAF

Fitur dan Spek Lainnya

  • Tahan air : IP68 standar
  • Ukuran dimensi : 157,4 x 75,8 x 7,6 mm
  • Bobot/Berat : 195 gram / 196 gram

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22+

Berdasarkan spesifikasi Samsung Galaxy S22+, hp ini bisa dikatakan sebagai flagship dengan kemampuan yang mumpuni. Tetapi apakah parameter sebut sesuai dengan kenyataan penggunaannya? Maka kamu harus menyimak informasi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22+ berikut!

Kelebihan Samsung Galaxy S22+

Berikut ini adalah informasi tentang kelebihan Samsung Galaxy S22+ yang bisa membuat kamu yakin bahwa flagsip Samsung ini layak kamu beli di harga Rp 13 jutaan.

Samsung Galaxy S22+ Dibelaki Desain Yang Ramping dan Mulus

Samsung Galaxy S22+ Dibelaki Desain Yang Ramping dan Mulus

Gaya desain Samsung Galaxy S22+ benar-benar tidak berbeda dari versi standar S22. Dan hp ini tidak jauh berbeda dengan desain yang digunakan Samsung Galaxy S22 Ultra. Tapi saat menggunakan Samsung Galaxy S22+ kamu akan mempunyai ukuran dan pengalaman penggunakan layar yang lebih besar dibandingkan versi standarnya.

Pada Galaxy S22, kedua sisi depan dan belakang dilapisi Gorilla Glass Victus+ dan mempunyai lapisan matte untuk desain bagian belakang. Selain itu, HP Samsung ini sangat tipis dan ringan sehingga terasa nyaman saat dipegang. Ada beberapa versi warna Samsung Galaxy S22+ yang bisa Kamu pilih, yaitu Phantom Black, White, Pink Gold, Green, Graphite, Sky Blue, Violet, Cream, dan warna Bora Purple.

HP Samsung ini juga mempunyai standar kedap air IP68, sehingga Kamu bisa menggunakannya dengan aman ketika berada di dekat air. HP ini bisa aman terendam dalam air 1,5 m hingga 30 menit tanpa masalah.

Desain bagian depan sebagian besar ditempati oleh layar berukuran besar, ini terdiri dari layar datar dan tidak mempunyai desain melengkung seperti pendahulunya. Terdapat lubang punch super kecil di tengah untuk menempatkan kamera selfie. Bezelnya masih ada dan sangat tipis, tapi yang lebih saya sukai yaitu layarnya tenggelam lebih rendah dari sasis.

Susunan loudspeaker di bagian atas tidak hanya memberikan suara menelpon yang jernih, tetapi juga merupakan bagian dari speaker stereo. Speaker ini dikalibrasi oleh AKG merek audio terkemuka dunia, sehingga kualitasnya terdengar bagus saat digunakan mendengarkan musik, menonton film atau bermain game.

Desain bagian belakang juga dilindungi dengan Gorilla Glass Victus+ seperti bagian depannya. Mempunyai finishing matte sehingga Kamu tidak perlu khawatir akan membekas sidik jari dan debu yang banyak.

Yang menonjol di bagian belakang terdapat cluster kamera. Set 3 kamera tidak berbeda dengan versi standarnya. Tata letaknya pun tidak berbeda dalam hal posisi kameranya dan LED flash.

Dilengkapi dengan layar 6,6 inci beresolusi Full HD+ Menjanjikan Visual Yang Tajam dan Halus

Dilengkapi dengan layar 6,6 inci beresolusi Full HD+ Menjanjikan Visual Yang Tajam dan Halus

Spek layar HP Samsung selalu menjadi yang terdepan dalam dunia smartphone. Meski kompetitor juga menggunakan layar AMOLED yang sama, namun tampilannya masih belum sebanding dengan layar yang dimiliki Samsung. Samsung Galaxy S22+ merupakan Flagship dengan spek layarnya yang terbaik.

Kecerahan layar bisa mencapai hingga 1750nits, ini adalah kecerahan layar yang diklaim Samsung. Tetapi dengan perbandingan penggunaan sebenarny, kecerahannya tidak terlalu tinggi. Kecerahan maksimum mode manual mencapai 470 nits, ketika menambahkan mode cahaya tambahan kecerahan akan menjadi 780 nits. Ketika Kamu mematikan kecerahan tambahan dan menyalakan kecerahan otomatis maksimum hanya 1213 nits. Tetapi angka ini sudah merupakan kecerahan layar yang sangat bagus.

Ada fitur layar yang sangat keren di HP Samsung terbaru yaitu Vision Booster. Fitur Ini menggunakan sensor cahaya ambient optik untuk menentukan sifat dan intensitas cahaya untuk mengkalibrasi tampilan layar agar paling sesuai. Oleh karena itu, kualitas tampilan layar di bawah cahaya langsung Samsung Galaxy S22+ menjadi yang terbaik saat ini.

Dilengkapi Panel Dynamic AMOLED 2x dan memungkinkan kecepatan refresh 120Hz adaptif, akan menghasilkan pengoperasian layar jadi lebih smooth. Kemampuan refresh rate adaptif ini artinya, layar akan merespons kecepatan refresh rate sesuai dengan konten yang ditampilakan, dan bisa tidak melebihi 120Hz. Secara keseluruhan, ini jauh lebih fleksibel dan hemat daya baterai dibandingkan layar 120Hz yang dimiliki pesaing lainnya yang harus menyesuaikan refresh rate secara manual.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Pro – Dynamic Island Yang Mengesankan

Konfigurasi Kuat Samsung Galaxy S22+ dari Chip Snapdragon 8 Gen 1

Konfigurasi Kuat Samsung Galaxy S22+ dari Chip Snapdragon 8 Gen 1

HP Samsung Galaxy S22+ mempunyai dua versi prosesor, yaitu Exynos 2200 untuk pasar Eropa dan Snapdragon 8 Gen 1 untuk psar global.

Hadir dengan chipset terbaik ini,  Samsung Galaxy S22+ hanya memiliki 1 versi RAM 8GB dan ROM 128GB atau 256GB. Semuanya disimpan dalam format memori UFS 3.1 untuk menghasilkan penyimpanan dan pengambilan data super cepat.

Skor kinerja CPU pada prosesor Chip Snapdragon 8 Gen 1 benar-benar lebih unggul dibandingkan chipset lama seperti Snapdragon 888 atau 888+. Jadi bisa dikatakan Galaxy S22+ menggunakan Chip Snapdragon 8 Gen 1 bisa memiliki performa yang handal untuk segala kebutuhan dasar hingga berat seperti bermain game dengan grafis tinggi.

HP Samsung Galaxy S22+ bukanlah HP gaming, namun spesifikasi prosesor Chip Snapdragon 8 Gen 1 akan memberi Kamu pengalaman bermain terbaik.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4 – HP Lipat Dengan Snapdragon 8+ Gen 1

Rasakan Fotografi yang Tajam di Samsung Galaxy S22+ Dengan Kamera Utama 50 MP

Rasakan Fotografi yang Tajam di Samsung Galaxy S22+ Dengan Kamera Utama 50 MP

Samsung Galaxy S22+ dilengkapi dengan 3 set kamera yang mirip dengan versi standar S22 . Spek kamera ini memiliki peningkatan besar dibandingkan dengan kamera yang digunakan pada versi sebelumnya. Terutama kamera utama sudah menggunakan resolusi 50MP dan kamera selfie sudah memiliki fungsi dual autofocus. Selain itu, Samsung juga telah menggunakan sensor Samsung ISOCELL GN5 (S5KGN5) walapun yang bukan yang terbesar tapi sensor ini sudah sangat bagus.

ISOCELL 2.0 merupakan peningkatan besar dibandingkan ISOCELL Plus tahun lalu. Sensor ini akan memberikan sensitivitas cahaya yang lebih tinggi untuk menghasilkan foto yang lebih realistis.

Samsung juga masih menggunakan sensor Tetracell yang menggabungkan 4 piksel menjadi satu. Sehingga kamera utama bisa menyimpan foto secara default di 12,5MP. Selain itu Super Clear Glass bisa mengurangi suar lensa dari sumber cahaya dalam cahaya redup hingga 98%.

NIGHTOGRAPHY juga akan membantu meningkatkan fotografi potret cahaya rendah, dan meningkatkan laju frame otomatis untuk perekaman video cahaya rendah.

Detail Enhancer merupakan fitur baru yang bisa kamu gunakan saat Kamu memotret dengan resolusi asli kamera utama di S22+ dan S22 Ultra. Fitur ini akan menggabungkan, melapisi banyak gambar menggunakan AI dan menambahkan detail sebanyak mungkin.

Kamera utama

Kamera utama Samsung Galaxy S22+ akan membantu Kamu membuat foto berkualitas tinggi. Hasil fotonya penuh detail, warnanya realistis, tidak blur, tapi juga tidak terlalu jenuh. Kontras dalam gambar bagus dan memiliki rentang dinamis sangat baik.

Kamu bisa mengambil foto dalam resolusi asli 50MP dengan bantuan Detail Enhancer. Namun, Kamu perlu menunggu beberapa detik agar kamera bisa menyimpan hasil foto. Kualitas foto dihasilkan tidak jauh berbeda dari bidikan default pada 12,5MP, tetapi detailnya difinsihing dengan lebih baik.

Kamera utama bisa mengambil foto cahaya rendah yang sangat bagus, bisa dikatakan bahwa kinerjanya lebih baik dibandingkan siang hari. Foto dihasilkan akan mempunyai detail dan rentang dinamis yang sangat baik. Noise pada foto bisa terkontrol dengan baik, meski tidak sempurna, Kamu tidak akan menyadarinya.

Ada mode malam yang secara otomatis membantu saat Kamu memotret dalam cahaya redup. Ini artinya Kamu harus menunggu sekitar 3-4 detik untuk menyimpan foto. Hasil foto mode malam akan memiliki eksposur cenderung lebih seimbang, memiliki detail ditambahkan secara wajar dalam highlight dan bayangan.

Mode Potret

Kamu bisa mengambil foto mode potret dari kamera utama dan telefoto Samsung Galaxy S22+, kedua kamera ini tidak memerlukan dukungan sensor depth. Tetapi bisa sepenuhnya menghilangkan latar belakang berkat AI. Deteksi subjek yang sangat baik dan penghapusan latar belakang yang sangat alami dan konsisten pada kedua kamera Samsung Galaxy S22+ ini.

Foto mode potret yang diambil dari kamera utama Samsung Galaxy S22+   tentunya lebih detail, dan karakteristik lainnya tidak berbeda dengan kamera tele. Jika Kamu menggunakan kamera telefoto, frame foto akan lebih kecil dan lebih fokus pada subjek.

Mode Potret malam juga memiliki performa baik pada kamera utama dan telefoto. Kemampuan untuk mendeteksi subjek dan menghapus latar belakang cukup efektif.

Kamera Ultrawide

Kamera ultra-wide juga tidak berubah dari pendahulunya, yaitu masih menggunakan sensor 12MP dengan sudut pandang lebar hingga 120 derajat. Pada kamera ultra wide Samsung Galaxy S22+  juga tidak mempunyai fokus otomatis seperti versi S22 Ultra, jadi Kamu tidak bisa memotret makro pada kamera ultra wide.

Kualitas foto dalam kondisi siang hari yang dipotret menggunakan kamera ultra wide sangat baik. Dengan hasil foto yang memiliki Ketajaman seimbang dan detail wajar untuk kamera ultra lebar. Hasil fotonya juga menghasilkan warnanya bagus dan juga konsisten dengan kamera utama ataupun kamera telefoto. Ada koreksi distorsi otomatis untuk foto dihasilkan dari kamera ultra wide, tetapi Kamu bisa mematikannya untuk membuat foto dengan perspektif fish eye.

Kamera telefoto

Kamera telefoto 3x menggunakan resolusi 10MP tetapi Kamu akan bisa menghasilkan foto default pada 12MP. Itu artinya foto yang dihasilkan akan mengalami beberapa peningkatan untuk membentuk foto 12MP dengan kualitas lebih baik. Dengan bantuan OIS dan fokus otomatis, bisa akan mendapatkan bidikan foto hebat yang konsisten sama dengan kamera utamanya.

Foto yang dihasilkan dari kamera telefoto sangat tajam (namun tidak terlalu tajam) dan memiliki detail yang sangat tinggi. Noise bisa dikontrol secara optimal, warna sangat bagus dan hasilnya masih mirip dengan kamera utama.

Selain zoom optik 3x, Kamu juga bisa melakukan zoom digital hingga 30x menggunakan kamera telephoto Samsung Galaxy S22+. Faktanya, foto yang di-zoom hingga 30x masih bisa digunakan dengan sangat baik tanpa perlu khawatir hasil foto buram seperti pendahulunya.

Pemotretan cahaya redup dengan kamera telefoto juga cukup bagus saat menggunakan 3x optical zoom, bukan menggunakan hybrid zoom. Meski lensa lebih gelap dari pendahulunya, mode malam akan membantu Kamu mendapatkan foto yang lebih baik. Dengan mode malam, Kamu bisa menghapus gips warna, plus mendapatkan kembali detail dalam highlight dan bayangan.

Kamera depan

Kamera selfie memiliki fokus otomatis dan fitur ini menjadi kelebihan Galaxy S22+ dibandingkan pendahulunya dan para pesaingnya. Kamu bisa mendapatkan foto bagus dengan ketajaman seimbang, dan hasil foto dengan detail sangat tinggi. Kamera selfie ini juga secara otomatis mempercantik wajah Kamu dengan luar biasa.

Selain itu, Kamu juga bisa mengambil potret selfie yang sangat bagus. Walaupun tidak ada dukungan sensor depth, tetapi deteksi subjek masih sangat bagus. Deteksi tepi subjek sangat sempurna, tetapi terkadang masih mendeteksi kesalahan penghapusan di beberapa titik batas subjek dengan latar belakang. Namun, hasil foto bokeh kamera depan ini bisa diterima.

Anda juga bisa memotret menggunakan kamera depan dengan baik dalam cahaya redup. Hasil foto kamera selfie mempunyai detail yang bagus, warna alami, dan jangkauan dinamis yang luar biasa. Meskipun tidak terlalu bagus, noise telah diatasi seminimal mungkin. Fokus otomatis kamera depan Samsung Galaxy S22+  juga bekerja dengan baik dalam kondisi cahaya redup.

Perekaman Video

Sama seperti Galaxy S22 standar, S22 Plus juga bisa merekam video 4K di 60fps untuk semua kameranya. Selain itu, kamera utama juga bisa merekam video 8K pada 24fps. Namun menurut saya, video 4K atau 8K tidak membuat banyak perbedaan saat Kamu hanya mempunyai layar 1080p. Selain itu, perekaman videonya juga mempunyai dukungan anti-guncangan yang sangat baik. sehingga videonya sangat stabil dan berkontribusi sangat besar untuk meningkatkan kualitas perekaman video.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4 – HP Lipat Terbaik di Dunia

Penggunaan Seharian Yang Panjang Dengan Baterai 4.500 mAh

Penggunaan Seharian Yang Panjang Dengan Baterai 4.500 mAh

Kapasitas baterai Galaxy S22+ lebih rendah jika dibandingkan pendahulunya Samsung Galaxy S21+. Ini merupakan sesuatu yang kontroversial akhir-akhir ini bagi Samsung Fans. Menurut saya, hal ini tidak terlalu penting, karena sebenarnya penggunaan 4500mAh dan 4800mAh hasil waktu penggunaan tidak jauh berbeda.

Semuanya menyediakan daya baterai yang cukup untuk Kamu gunakan sepanjang hari. Jika Kamu memainkan game terus menerus, tentunya akan menghabiskan baterai dengan cepat, sehingga membuat kamu harus sering mengisi daya baterai.

Kecepatan pengisian daya HP Samsung Galaxy S22+ini meningkat secara signifikan atau lebih tepatnya, dukungan pengisian daya baterai lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy S22 standar. Karena Galaxy S22 sudah support fast charging 45W yang lebih besar jika dibandingkan dengan 25W. Tetapi sayangnya kamu tidak akan menemukan charger ini yang disertakan di dalam box.

Kekurangan Samsung Galaxy S22+

Walaupun berdasarkan kelebihan Samsung Galaxy S22+ yang dijelaskan di atas, mungkin kamu tertarik untuk memiliki hp ini. Tetapi kamu masih perlu mempertimbangkan kekurangan Samsung Galaxy S22+ sebelum benar-benar membelinya.

  • Tidak ada kelapa charger 45W di dalam kotak pembelian, sehingga ketika kamu ingin menggunakannya harus membelinya secara terpisah.
  • Charger sudah fast charging 45W tetapi efisiensinya hanya setara dengan pengisian charger 25W.

Kesimpulan

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22+ di atas, ini merupakan HP yang sempurna untuk dimiliki. Samsung Galaxy S22+ dijual dengan harga mulai dari Rp 13,7 juta. HP ini sudah dilengkapi desain yang kelas atas, kinerja tinggi, fotografi yang bagus, dan masa pakai baterai yang baik. Jadi untuk kamu yang ingin memiliki hp flasghip Samsung dengan performa terbaik dan harga terjangkau Samsung Galaxy S22+ adalah pilihan terbaik.

Bagikan:

Tinggalkan komentar