Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra – HP Flagship Terbaik Samsung

Samsung Galaxy S22 Ultra saat ini menjadi salah satu HP  tercanggih yang dimiliki Samsung dan HP ini juga diterima dengan baik oleh banyak SamFan. Karena dijuluki sebagai versi gabungan antara seri Galaxy S dan Galaxy Note. Selain memiliki desain yang cantik dan mewah, apakah konfigurasi performa Samsung Galaxy S22 Ultra kuat? Berapa lama baterai Galaxy S22 Ultra bertahan digunakan seharian? Apakah kamera Galaxy S22 Ultra menghasilkan foto yang bagus? Yuk cari tahu bersama kami melalui artikel review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra di bawah ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra

Sebelum kamu mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra. Kamu bisa simak spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra terlebih dahulu di bawah ini!

Performa

  • Prosesor : Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm)
  • CPU : Octa-core terdiri dari 1 core x 00 GHz Cortex-X2 dan 3 core x 2.50 GHz Cortex-A710 dan 4 core x 1.80 GHz Cortex-A510
  • Grafis (GPU) : Adreno 730
  • RAM : 8GB atau 12GB
  • ROM Internal : 128GB, 256GB, 512GB dan 1TB
  • Slot Memori : Tidak Support
  • Jumlah Sim Card : 2 sim Nano 5G

Layar

  • Teknologi panel Dynamic AMOLED 2X dengan layar berukuran 6,8 inci dan memiliki kecerahan layar hingga 1750 nits
  • Refresh rate 120Hz dengan teknologi HDR10+
  • Resolusi 1440 x 3088 piksel dengan rasio 20:9 dan kerapatan 500 ppi

Koneksi

  • Sensor sidik jari ultrasonic di bawah layar
  • Koneksi internet 4G dan 5G
  • Wi-Fi 6e
  • USB tipe C 3.2
  • Bluetooth 5.2
  • NFC
  • Giroskop
  • Sensor gerak
  • Sensor jarak
  • Kompas
  • Barometer

Baterai

  • Kapasitas : 5000 mAh
  • Charger : Fast Charging 45W, Wireless Charging 15W

Kamera

  • Kamera Utama : 108 MP, bukaan f/1.8, 23mm (sensor wide), 0.8µm, teknologi PDAF, OIS dan Laser AF
  • Kamera Ultra Wide : 12 MP, bukaan f/2.2, 13 mm, 120 derajat, 1,4 µm, Super Steady video dan dual pixel PDAF
  • Kamera Telephoto : 10 MP, bukaan f/2.4, 70mm, 1.12µm, OIS, 3x optical zoom dan dual pixel PDAF
  • Kamera Periscope Telphoto : 10 MP, bukaan f/4.9, 230mm, 1.12µm, OIS, 10x optical zoom dan dual pixel PDAF
  • Kamera depan: 40 MP, bukaan f/2.2, 26mm (sensor wide), 0.7µm, PDAF

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

Setelah kamu mengetahui spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra. Berikutnya kamu akan kami ajak untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra. Dengan mengetahui informasi keunggulan dan kelemahan hp flasghip terbaik Samsung ini kamu bisa lebih yakin dengan harga mulai dari Rp 16 jutaan hp ini apakah layak untuk dibeli.

Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra

Berikut ini adalah informasi tentang kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra yang membuat hp ini menjadi salah satu hp terbaik yang ada di dunia saat ini.

Konfigurasi prosesor yang kuat dan gameplay yang lancar dengan Snapdragon 8 Gen 1

Konfigurasi prosesor yang kuat dan gameplay yang lancar dengan Snapdragon 8 Gen 1

Dalam hal spesifikasi prosesor, Galaxy S22 Ultra mempunyai performa terbaik karena HP ini jadi salah satu hp paling bertenaga di dunia saat ini. Berkat dilengkapi dengan chip Snapdragon 8 Gen 1, ini adalah chip tercanggih dari keluarga Qualcomm.

Snapdragon 8 Gen 1 ini dianggap sebagai salah satu chip yang sangat bertenaga saat ini, sehingga Galaxy S22 Ultra bisa menangani hampir semua tugas mulai dari tugas dasar hingga bermain game berat. Agar Kamu bisa lebih memahami kekuatan performa dan kinerja Galaxy S22 Ultra, mari masuk ke penilaian kinerja dan performa HP satu ini!

Berdasarkan skor kinerja berdasarkan aplikasi GeekBench 5, 3Dmark dan PacMark, Samsung Galaxy S22 Ultra. Berdasarkan pengujian di GeekBench 5 menghasilkan skor single core sebesar 759 dan skor multi-core sebesar 2.984. Dan berasarkan pengujuan PCMark menghasilkan skor 14.077 poin.

Selanjutnya, ketika menggunakan aplikasi 3D Mark untuk menilai kenerja dengan uji Wild Life Extreme. Untuk pengujian ini, hasil kinerja Galaxy S22 Ultra mencapai skor keseluruhan yang cukup tinggi yaitu 1.957 poin dengan rata-rata frame rate 11,70 FPS selama pengujian.

Secara umum, berkat dilengkapi dengan chip yang kuat dari Snapdragon 8 Gen 1, Galaxy S22 Ultra bisa dikatakan hampir semuanya memberikan hasil yang sangat baik setelah dilakukan uji performa. Dalam penggunaan sebenarnya, Samsung Galaxy S22 Ultra juga telah memberi pengalaman penggunaan yang lancar dan stabil di hampir setiap tugas dasar dan berat.

Pengalaman bermain game di Samsung Galaxy S22 Ultra Yang Handal

Untuk pengalaman bermain game pada Samsung Galaxy S22 Ultra bisa dikatakan sangat handal. Dalam uji coba bermain game Mobile Legend, Pubg Mobile, Call of Duty dan game Genshin Impact. Penilaian kinerja Samsung Galaxy S22 Ultra untuk memainkan game-game tersebut adalah sebagai berikut :

Saat digunakan untuk bermain game mobile legends, Samsung Galaxy S22 Ultra bisa digunakan dengan pengaturan grafik ke level tertinggi. Karena ini adalah game yang cukup ringan, sehingga Samsung Galaxy S22 Ultra tentunya bisa digunakan untuk bermain game Mobile Legends dengan sangat lancar dan stabil dengan frame rate tinggi di 61 fps.

Ketika digunakan untuk bermain game PUBG Mobile, hp Samsung Galaxy S22 Ultra bisa kamu atur ke pengaturan grafik ke HDR dengan frame rate bisa diatur ke Extreme. Jika ingin game ini dimainkan dengan frame rate yang tinggu maka kamu harus menurunkan pengaturan gratisnya. Frame rate rata-rata yang didapatkan ketika bermain game PUBG Mobile adalah 60 FPS.

Di game Call of Dutty, kamu juga bisa menggunakan Samsung Galaxy S22 Ultra pada pengaturan gratif maksimum seperti di PUBG Mobile. Ketika memainkan game COD Mobile, kamu bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang sangat baik dengan frame rate stabil di 60 FPS.

Pada game Genshin Impact, hp Samsung Galaxy S22 Ultra bisa diatur e grafik level terendah dan menonaktifkan efek tidak dibutuhkan. Hal ini berfungsi agar game Genshin Impact bisa dimainkan dengan lebih lancar, stabil dan tanpa lag. Frame rate rata-rata yang dihasilkan saat memainkan game genshin impact adalah 45 FPS.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Vivo X80 Pro – HP Flagship Terbaik Dari Vivo

Baterai 5.000 mAh bisa digunakan terus menerus selama lebih dari 9 jam

Baterai 5.000 mAh bisa digunakan terus menerus selama lebih dari 9 jam

Soal kapasitas baterai Galaxy S22 Ultra, HP ini telah dibekali baterai 5.000 mAh dan sudah support fitur fast charging 45W. Meski kapasitas baterai ini tidak terlalu tinggi dibanding beberapa model smartphone yang ada di pasaran saat ini, namun menurut saya daya tahan baterai ini cukup bagus.

Dengan menggunakan baterai 5.000 mAh, Galaxy S22 Ultra akan memberi kamu waktu penggunaan yang cukup baik. HP flagship Samsung ini bisa bertahan lebih dari 9 jam penggunaan terus menerus dengan banyak tugas yang berbeda-beda. Dengan daya tahan baterai ini, HP Samsung ini bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan Kamu untuk hari yang panjang untuk menjalankan banyak tugas kerja yang berbeda.

Selain itu, dengan pengisi daya fast charging 45 W, kamu tidak perlu menunggu terlalu lama saat mengisi daya baterai 5000 mAh dari Galaxy S22 Ultra. Setelah 1 jam 11 menit, HP Galaxy S22 Ultra bisa terisi penuh baterainya dari 0% hingga 100%, ini merupakan salah satu fast charging yang memiliki kecepatan pengisian daya baterai yang relatif cepat. Dengan adanya fast charging ini maka akan menghemat waktu kamu untuk mengisi daya baterai dan membuat Kamu tidak menunggu terlalu lama untuk bisa menggunakan hp ini kembali.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 9 – HP Flagship Baru Dari Asus

Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra menghadirkan foto berkualitas dan penuh warna

Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra menghadirkan foto berkualitas dan penuh warna

Sebelum masuk ke penilaian kualitas fotonya, mari kita lihat beberapa parameter dari kamera di Samsung Galaxy S22 Ultra.

  • Kamera utama memiliki resolusi 108 MP degan sensor wide dan menggunakan bukaan f/1.8, PDAF, OIS.
  • Kamera ultra wide memiliki resolusi 12MP dengan bukaan f/2.2.
  • Kamera telefoto memiliki resolusi 10 MP dengan bukaan f/2.4, zoom optik 3x, dan fitur
  • Kamera periscope telefoto memiliki resolusi 10 MP dengan bukaan f/4.9, zoom optik 10x, dan dilengkapi
  • Kamera depan memiliki resolusi 40MP dengan bukaan f/2.2.

Dengan parameter tersebut, Samsung Galaxy S22 Ultra bisa dibilang telah dilengkapi dengan performa kamera yang mengerikan saat ini. Selain itu, kamera Galaxy S22 Ultra juga membuat pengguna akan terkesan karena telah dilengkapi dengan banyak teknologi fotografi yang keren.

Dalam kondisi cukup terang, foto-foto yang dihasilkan dari Samsung Galaxy S22 Ultra sungguh membuat pengguna akan merasa sangat senang. Foto diambil menghasilkan gambar dengan detail tinggi, warna cerah, dan representasi akurat dari setiap pikselnya.

Kemampuan mengambil foto close-up dari Galaxy S22 Ultra juga sangat patut dihargai. Foto closeupnya menghadirkan detail bagus dan warna segar pada subjek foto. Selain itu, kemampuan pengkaburan latar belakang juga ditangani oleh kamera pada level sedang, cukup membuat kita fokus menjadi satu-satunya subjek dalam foto.

Dalam kondisi minim cahaya, kamera pada Galaxy S22 Ultra masih bisa menghasilkan foto yang cukup detail, kemampuan kameranya bisa menangani sumber cahaya juga cukup baik. Selain itu, kemampuan noise reduction di kamera Galaxy S22 Ultra juga cukup baik dengan hasil foto yang cukup tajam dan berkualitas tinggi.

Jadi bisa disimpulkan bahwa, kamera di Galaxy S22 Ultra akan memberi kita hasil foto yang sangat memuaskan. Bahkan dalam kondisi terang atau redup, kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra ini masih menghasilkan foto dengan detail yang sangat tinggi dan warna yang nyata.

Desain Galaxy S22 Ultra yang elegan dan cantik dilengkapi dengan S Pen yang istimewa

Desain Galaxy S22 Ultra yang elegan dan cantik dilengkapi dengan S Pen yang istimewa

Begitu memegang Galaxy S22 Ultra di tangan, pengguna pastinya akan sangat menyukai desain baru dari HP terbaru seri Galaxy S. Menurut saya, HP ini mempunyai desain yang sangat cantik, mewah, berkelas dan modern.

Perbedaan terbesar Samsung Galaxy S22 Ultra dibanding pendahulunya yaitu hp ini telah dilengkapi dengan slot S Pen di bodinya, bisa dikatakan mirip dengan Galaxy Note 20 generasi sebelumnya. Secara pribadi, saya merasa bahwa Galaxy S22 Ultra tampaknya merupakan kombinasi yang halus antara seri Galaxy S dan Galaxy Note dari Samsung.

Berbeda dengan dua versi lainnya, Galaxy S22 Ultra mempunyai tampilan yang lebih berkilauan dan indah dengan bingkai yang dilapisi dari Armor Aluminium dengan bagian atas dan bawah yang rata dan memiliki dua sisi bulat yang lembut. Sehingga dengan desain ini akan memberikan pengalaman genggaman yang nyaman.

Perbedaan desain terbesar dari Galaxy S22 Ultra dibandingkan dengan saudaranya Galaxy S22 dan Galaxy S22+ yaitu HP ini tidak akan lagi menampilkan cluster kamera yang menonjol. Karena cluster kamera akan mempunyai sensor kamera yang disematkan langsung di cover belakang dan saya sangat menyukai desain ini.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 7 – HP Flagship Baru dari Google

Layar Dynamic AMOLED 2X Dengan Refresh Rate 120Hz

Layar Dynamic AMOLED 2X Dengan Refresh Rate 120Hz

Selain itu, kemampuan tampilan layar Galaxy S22 Ultra juga menjadi kelebihan yang tidak boleh dilewatkan. Karena HP Samsung ini telah dilengkapi dengan panel Dynamic AMOLED 2X yang tajam dengan ukuran 6,8 inci, resolusi QHD+. Dan sudah menggunakan kecepatan refresh 120 Hz, serta sudah support HDR 10+. Selain itu, layar Galaxy S22 Ultra juga telah dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass Victus+ untuk menambah daya tahan HP ini.

Ada kelebihan lain yang hampir hanya dimiliki oleh Samsung flagships, termasuk di Galaxy S22 Ultra, yaitu fitur tahan air dan debu IP68. Dengan adanya fitur ini maka akan membantu pengguna merasa lebih nyaman dan aman saat menggunakan hp ketika berada di tempat basah atau dekat dengan air.

Selain versi Burgundy Red, Samsung Galaxy S22 Ultra juga mempunyai pilihan warna lain. Seperti Phantom Black, Phantom White, dan Zeta Blue untuk memenuhi warna kesukaan masing-masing pengguna. Secara pribadi, saya paling suka dengan warna Burgundy Red pada Galaxy S22 Ultra. Karena warnanya terlihat sangat menonjol dan menarik perhatian orang sekitar saat hp ini gunakan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 7 Pro – HP Dengan Kamera 5X optical zoom

Samsung Galaxy S22 Ultra telah dilengkapi dengan slot S Pen di bodinya

Samsung Galaxy S22 Ultra telah dilengkapi dengan slot S Pen di bodinya

Selain itu, salah satu keunggulan dan perbedaan terbesar Samsung Galaxy S22 Ultra dibanding pendahulunya yaitu hp ini sudah dilengkapi dengan slot S Pen di bodinya yang mirip dengan yang digunakan pada Galaxy Note 20.

Soal fitur S Pen di Galaxy S22 Ultra, bisa dikatakan tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya. Kita masih bisa membuat catatan, membuat sketsa atau menggunakan S Pen untuk melakukan gestur seperti mengambil foto atau atau memberikan perintah saat presentasi.

Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

Selain memiliki kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra yang telah dijelaskan di atas. Karena kita akan membahas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra. Maka kamu harus mengetahui beberapa kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra berikut :

  • Fast Charging hanya 45W, padahal pesaing di pasaran saat ini sudah ada yang menggunakan Fast Charging hingga 150W seperti Realme GT Neo 3.
  • Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra lainnya, kamu harus membeli charger secara terpisah. Jadi kamu tidak akan mendapatkan kepala charger saat membeli hp Samsung Galaxy S22 Ultra.

Kesimpulan

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra yang telah dijelaskan di atas. Jika Kamu merupakan penggemar berat HP Samsung. Maka tentunya Samsung Galaxy S22 Ultra merupakan HP yang harus Kamu beli dan kamu miliki. Apalagi dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp 16 juta untuk RAM 8GB dan Internal 128GB. Dan jika kamu ingin mencari HP dengan performa paling bertenaga di hp Android, desain mewah, fitur S Pen yang praktis, kamera berkualitas, Galaxy S22 Ultra pastinya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dimiliki.

Bagikan:

Tinggalkan komentar