Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 – HP Flagship Murah Samsung

Samsung Flagships tidak pernah mengecewakan para pecinta smartphone Samsung Fans. Meskipun merupakan produk termurah di seri ini, Samsung Galaxy S22 masih sangat bagus dengan fitur-fitur unggulan dari Samsung. Setidaknya HP ini telah dibekali prosesor kelas atas, mampu mengambil foto yang bagus, dan mempunyai lebih banyak fitur yang menunggu untuk Kamu gunakan. Untuk mengenal lebih dekat flasghip Samsung termurah tahun ini, mari kita ulas detail tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S22

Performa

  • Prosesor (CPU) : Exynos 2200 (4 nm) – Eropa dan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm) – Pasar Global
  • Grafis (GPU) : Xclipse 920 – Eropa dan Adreno 730 – Pasar Global
  • RAM : 8 GB
  • ROM Internal : 128GB atau 256GB Format UFS 3.1
  • Slot Memori SD : Tidak Support
  • Jumlah SIM Card : 2 sim Nano 5G

Layar

  • Panel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,1 inci
  • Layar refresh rate 120Hz dengan teknologi HDR10+ dan kecerahan maksimal1300 nits
  • Resolusi 1080 x 2340 piksel dengan rasio aspek 19,5:9 dan kepadatan 425 ppi
  • Pelindung layar Corning Gorilla Glass Victus+

Koneksi

  • NFC
  • USB tipe C 3.1
  • Bluetooth 5.2
  • Koneksi Data Internat 4G dan 5G
  • Wi-Fi 6
  • Sensor sidik jari ultrasonik
  • Sensor gerak
  • Giroskop
  • Sensor jarak
  • Kompas
  • Barometer

Baterai dan Charger

  • Kapasitas : 3700 mAh
  • Charger : Fast charging 25W, 15W wireless (Qi/PMA) dan 4.5W reverse wireless

Kamera

  • Kamera Utama : 50 MP, bukaan f/1.8, 23mm (sensor wide), 0µm, OIS dan Dual Pixel PDAF
  • Kamera Telephoto : 10 MP, bukaan f/2.4, 70mm,0µm, OIS, PDAF dan 3x optical zoom
  • Kamera Ultrawide : 12 MP, bukaan f/2.2, 13mm, 120 derajat, 1.4µm, dan Super Steady video
  • Kamera depan : 10 MP, bukaan f/2.2, 26mm (sensor wide) ), 1,22µm, Dual Pixel PDAF

Fitur dan Spek lainnya

  • Tahan air : standar IP68
  • Ukuran dimensi : 146 x 70,6 x 7,6 mm
  • Bobot/berat : 167 gram / 168 gram

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22

Samsung Galaxy S22 merupakan salah satu hp flagship Samsung tahun 2022 yang paling standar dibandingkan 2 versi lainnya Galaxy S22+ dan Galaxy S22 Ultra. Tetapi apakah versi standar ini masih layak dimiliki dibandingkan 2 saudaranya, yuk simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 di bawah ini!

Kelebihan Samsung Galaxy S22

Untuk lebih meyakinkan kamu bahwa Samsung Galaxy S22 di harga mulai Rp 11 jutaan ini layak dibeli sebagai hp flagship. Kamu bisa mengetahuinya melalui kelebihan Samsung Galaxy S22 berikut :

Desain Samsung Galaxy S22 Yang Memiliki Keindahan Tersendiri Yang Unik

Desain Samsung Galaxy S22 Yang Memiliki Keindahan Tersendiri Yang Unik

Dari segi gaya desain, Samsung Galaxy S22 selalu konsisten dengan menghadirkan produk terbaru kelas atas dengan desain simple yang mewah dan unik. Desain dari Samsung Galaxy S22 mirip dengan versi Plus, tetapi ukurannya lebih kecil. Tetapi jika dibandingkan S22 Ultra desainnya cukup berbeda terutama pada bagian kamera belakang, desain hp ini lebih tampak mirip dengan Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

Perasaan memegang S22 ini sangat baik, karena desainnya dibulatkan di bagian tepi dan sudut serta mempunyai lapisan matte yang sangat halus dibagian belakangnya. HP S22 ini juga sangat nyaman di tangan karena ketipisannya hanya 7,6mm dan beratnya hanya 167 gram saja.

Desain bagian depan menggunakan layar berkualitas tinggi dengan bezel yang sangat tipis. Tidak ada desain kaca melengkung lagi tapi menggunakan layar datar, saya lebih suka desain ini. Posisi lubang di tengah untuk menyematkan kamera selfie berukuran super kecil, sehingga tidak mempengaruhi pengalaman penggunaan layar. Layar hp ini dilindungi oleh Gorilla Glass Victus + yang sangat kuat, sangat tahan terhadap goresan dan juga tahan benturan ringan.

Desain bagian belakangnya juga sudah menggunakan kaca Gorilla Glass Victus + berkualitas, dengan finishing cat matte. Hal ini menunjukkan bahwa HP Galaxy S22 ini lebih mewah dan tidak perlu lagi khawatir dengan bekas sidik jari atau debu menempel pada bagian belakang.

Ada banyak versi warna pada HP Samsung Galaxy S22 ini, jadi Kamu akan mempunyai lebih banyak pilihan. Warna dari Samsung Galaxy S22 terdiri dari warna Phantom Black, White, Pink Gold, Green, Graphite, Sky Blue, Violet, Cream, dan warna Bora Purple.

Yang paling menonjol di bagian belakang yaitu cluster kamera yang terdiri dari 3 lensa dengan desain sama. Tetapi lampu LED flash ditempatkan diluar cluster kameranya. Secara keseluruhan desain bagian belakang memang mewah, tapi saat ditaruh di atas meja hp ini jadi tidak seimbang.

Layar Dynamic AMOLED 2X Dengan Refresh Rate 120Hz

Dilengkapi dengan layar 6,6 inci beresolusi Full HD+ Menjanjikan Visual Yang Tajam dan Halus

Tak perlu diragukan, Samsung merupakan merek hp terkemuka dengan kualitas layar HP terbaiknya. Layar Galaxy S22 bukan yang terbaik dari Samsung, tapi layarnya sudah memiliki kualitas yang bagus. Layas S22 ini sudah menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran hanya 6,1 inci. Meski layarnya kecil, tetapi memiliki kualitas tampilan layar yang sempurna.

Kecerahan layar diklaim Samsung yaitu 1300 nits tetapi ketika diukur pada penggunaan sebenarnya hanya 982 nits. Hal ini dimungkinkan karena perbedaan sampel pembanding yang menyebabkan perbedaan hasil kecerahan layar. Namun dengan kecerahan 982 nits, kecerahan ini masih cukup nyaman digunakan di bawah sinar matahari langsung.

Resolusi layar stabil pada Full HD + (1080 x 2340 piksel), walaupun tidak sebagus layar 2K di versi S22 Plus dan S22 Ultra, tampilan layannya masih bagus. Gambar pada layar direproduksi dengan luar biasa sementara warnanya real dan kontrasnya menonjol.

Refresh rate layar mencapai 120Hz sudah sangat mulus pada layar Galaxy S22. Kecepatan refresh ini lebih unggul dari merek hp flagship lainnya karena refresh ratenya bisa berubah terus menerus dari 10-120Hz. Sehingga refresh rate adaptif ini bisa menyesuaikan dengan konten yang ditampilkan pada layar.

Cocok Untuk Bermain Game Dengan Mulus Menggunkan Snapdragon 8 Gen 1

Konfigurasi Kuat Samsung Galaxy S22+ dari Chip Snapdragon 8 Gen 1

Samsung Galaxy S22 tahun ini menawarkan 2 versi berbeda dengan prosesor berbeda. Yaitu Exynos 2200 (4 nm) untuk pasar di kawasan Eropa. Dan yang pasar global lainnya menggunakan Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm).

Dalam hal kinerja, Samsung Galaxy S22 mempunyai chip sendiri yang paling canggih yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Ini dianggap sebagai salah satu chip yang sangat bertenaga dan kuat saat ini, berkat itu Galaxy S22 bisa mengatasinya hampir semua tugas yang apapun.

Pada hasil pengujian di GeekBench 5,  Samsung Galaxy S22 menghasilkan skor 1.212 pada single-core dan skor 3.107 pada pengujian multi-core. Dan pengujian dilakukan di PCMark menghasilkan skor 13.440 poin. Ini adalah angka pengujian yang cukup tinggi dibandingkan hp flagship lainnya yang ada dipasaran.

Saat dilakukan tes menggunakan Wild Life Extreme, pengujian ini, Galaxy S22 memberi hasil yang sangat tinggi, yaitu mencapai skor 1.917 poin dengan rata-rata frame rate 11,5 FPS.

Selain dibekali dengan konfigurasi yang kuat, Galaxy S22 juga sudah terintegrasi dengan sistem operasi terbaru, Android 12 dan masih bisa diupdate ke versi Android terbaru saat ini. Ditambah dengan sudah dibekali antarmuka One UI 4.1 terbaru. Hal ini membuat Galaxy S22 tidak hanya lebih bertenaga dan mulus, tetapi juga lebih kompatibel dengan perangkat keras internal yang dimilikinya. Sehingga akan memberi pengguna pengalaman hebat dan lebih aman dengan adanya Samsung Knox.

Secara keseluruhan, performa Galaxy S22 memberi pengguna pengalaman pengguna yang luar biasa. Namun, itu hanya tugas penggunaan umum dan hiburan dasar, lalu bagaimana saat digunakan untuk bermain game? Apakah Galaxy S22 benar-benar bagus untuk bermain game?

Pengalaman Menarik Bermain Game di Samsung Galaxy S22

Saat kamu memiliki Samsung Galaxy S22 dan memainkan game populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Call of Duty dan Genshin Impact. Kamu akan mendapatkan hasil pengujian game tersebut pada Samsung Galaxy S22 di bawah ini.

Game pertama yang adalah Mobile Legends, ini adalah game yang sangat populer saat ini. Dalam game ini, Galaxy S22 bisa sepenuhnya mengatur grafik ke level tertinggi. Galaxy S22 benar-benar bisa digunakan bertarung dengan mudah tanpa mengalami fenomena lag saat memainkan game Mobile Legends. Sepanjang pertempuran, Galaxy S22 memberi pengalaman yang sangat mulus. Selain itu, frame rate yang dihasilkan Galaxy S22 juga sangat tinggi dan sangat stabil, rata-rata sekitar 61 – 62 FPS.

Game berikutnya diuji Samsung Galaxy S22 adalah PUBG Mobile. Untuk game PUBG Mobile, pengguna bisa mengatur grafik ke Ultra HD dan frame rate ke Extreme. Namun, saya sarankan untuk mengurangi pengaturan grafis ke HDR untuk mendorong laju frame rate game setinggi mungkin.

Di game yang agak berat PUBG Mobil ini dari segi grafis, Galaxy S22 masih bisa digunakan bertempur dengan baik. Selama pertempuran, rata-rata frame rate yang dihasilkan Galaxy S22 sekitar 59 – 60 FPS dan sangat stabil.

Game berikutnya dicoba dimainkan di Samsung Galaxy S22 adalah Call of Duty, game tembak-tembakan dengan grafis yang tidak kalah dengan PUBG Mobile. Pada game COD Mobile pengguna bisa bermain di pengaturan grafis maksimal, dengan pengalaman yang dihadirkan Galaxy S22 masih sangat bagus. Frame rate rata-rata agak lebih tinggi dibandingkan saat memainkan PUBG Mobile, sekitar 60 FPS.

Di game terakhir ini adalah Genshin Impact, saat memainkan game ini Samsug Galaxy S22 sebaiknya diatur ke grafik ke level terendah dan mematikan efek yang tidak dibutuhkan. Di game genshin impact, Galaxy S22 sudah mulai mengalami lag selama pengalaman bermain game ini. Tetapi rata-rata frame rate pada game ini cukup tinggi, sekitar 59 FPS.

Kamera Samsung Galaxy S22 Memiliki Kombinasi 3 Kamera Belakang Yang Sangat Bagus

Rasakan Fotografi yang Tajam di Samsung Galaxy S22+ Dengan Kamera Utama 50 MP

HP Samsung Galaxy S22 dilengkapi dengan 3 set kamera berkualitas tinggi dibagian belaangnya. Dan tiga kamera ini juga kamera digunakan dalam versi Galaxy S22 Plus. Ada peningkatan signifikan dalam hal kamera seri S22 dan bisa dilihat di S22 ini.

Kamera utama 50MP cukup mengalami perubahan besar dibanding kamera 12MP yang digunakan oleh pendahulunya. Kamera utama ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL GN5, walaupun sensor ini bukan terbesar dari Samsung tetapi cukup besar untuk dipamerkan di hp ini. Kombinasi Tetracell akan menghasilkan gambar default sebesar 12.5MP

Kamera ultra wide tidak banyak berubah dibandingkan pendahulunya. Sensor ultra wide ini mempunyai bidang pandang 120 derajat yang sangat besar, sensor 1,4µm juga menerapkan Tetracell untuk membuat piksel 2,8 µm yang ekstrem.

Kamera telefoto memiliki tambahan yang efektif dengan memiliki fitur 3x optical zoom yang Kamu butuhkan di S22. Tetapi jika Kamu menginginkan zoom yang lebih besar, maka kamu lebih cocok membeli Galaxy S22 Ultra.

Kamera selfie 10MP menggunakan sensor 1,22µm dan mempunyai fokus otomatis. Jadi Kamu akan dengan mudah bisa membuat foto yang bagus dengan kamera selfie ini.

Hasil foto dari kamera utama cukup terang dan bisa memberikan detail yang sangat tinggi, dan menghasilkan reproduksi warna yang real. Hasil fotonya bisa dikatakan tidak terlalu membosankan atau terlalu jenuh. Selain itu, jangkauan dinamis dari kamera utama ini juga sangat baik untuk Kamu mengambil foto yang bagus.

Kamu juga bisa mengambil foto dengan resolusi asli 50MP kamera utama ini. Tetapi Kamu perlu beberapa detik lebih lama untuk bisa menyimpan lebih banyak detail dan saat memotret kamu juga harus menjaga HP Kamu tetap stabil.

Pemotretan malam tanpa mode malam sudah sangat bagus. Terlebih lagi, Kamu juga mempunyai banyak pilihan mode night vision. Jadi Kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas foto malam hari di Samsung Galaxy S22.

Kualitas Perekaman Video Hingga 8K

Samsung Galaxy S22 ini bisa digunakan untuk merekam video 8K pada 24 fps. Yang lebih umum kamu bisa menggunakan kualitas video 4K maksimum pada 60 fps yang bisa digunakan pada kamera utama dan kamera ultra wide. Dari segi spesifikasi, video 8K jelas lebih detail, namun frame ratenya dibatasi hanya hingga 24fps. Namun, jika Kamu melihatnya dengan mata telanjang, Kamu tidak akan melihat banyak perbedaan yang signifikan pada resolusi 4K dan 8K.

Kualitas perekaman video 4K Samsung Galaxy S22 juga tidak perlu dikeluhkan. Detailnya tajam, warnanya realistis, tetapi terkadang akan menghasikan warna merah dan biru terlalu berlebihan. Kamu juga bisa merekam video dalam banyak resolusi lainnya di Samsung Galaxy S22. Pengalaman perekaman video di Galaxy S22 ini sangat bagus dan Kamu benar-benar bisa menggunakannya untuk membuat segala video youtube atau Vlog.

Kekurangan Samsung Galaxy S22

Selain Samsung Galaxy S22 memiliki kelebihan yang telah dijelaskan diatas, ada juga kekurangan Samsung Galaxy S22, seperti :

Daya tahan baterai kapasitas kecil

HP Samsung Galaxy S22 dibekali baterai hanya 3700 mAh, bahkan lebih kecil dari pendahulunya. Hal ini dikarenakan ukuran HPnya kecil dan tipis, sehingga baterai berukuran kecil ini dan ini masih bisa dimaklumi. Namun ada prosesor 4nm yang sangat hemat daya dan perangkat lunak juga bisa membantu mengoptimalkan penggunaan daya baterai.

Fast Charging Hanya 25W

Sangat disayangkan di kelas flagship Samsung hanya membekali Samsung Galaxy S22 dengan fast charging 25W. Tapi berdasarkan klaim samsung, fast charging 25W ini sama dengan kemampuan fast charging 65W yang dimiliki Galaxy S22 ultra.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Neo 3: Fast Charging 150W

Tidak Ada Kepala Charger di Dalam Box

Ketika kamu membeli Samsung Galaxy S22 kamu juga tidak akan mendapatkan kelapa charger 25W di dalam box. Jadi kamu harus membeli charger 25W ori sendiri yang dijual secara terpisah.

Kesimpulan

Terakhir, berdsarkan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 yang dijelaskan di atas. Ini merupakan HP bagus yang layak untuk dimiliki semua orang dengan harga mulai Rp 11 jutaan. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mempunyai hp flagship dari merek lainnya ataupun membeli versi Galaxy S22 Plus dan Ultra jika hanya membutuhkan hp yang digunakan untuk kebutuhan dasar. HP Samsung ini sudah kuat dalam banyak hal, tetapi kelemahannya hanya ada di baterainya yang kecil.

Bagikan:

Tinggalkan komentar