Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 9 – HP Flagship Baru Dari Asus

Ketika berbicara tentang HP Asus, kebanyakan dari kita akan berpikir tentang Asus ROG Phones. Tapi jangan lupakan produk hebat di seri Zenfone terbaru di tahun 2022. Asus Zenfone 9 baru diluncurkan pada akhir Juli 2022 dengan menawarkan fitur-fitur hebat dengan desain yang unik. Lantas fitur apa saja yang dimiliki HP Asus Zenfone 9, apakah layak untuk dimiliki sebagai hp flagship? Mari kita ulas detailnya di review kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 9 di bawah ini!

Spesifikasi Asus Zenfone 9

Sebelum kamu mengetahui ulasan tenang kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 9, kamu bisa mengetahui terlebih dahulu tentang spesifikasinya.

Performa

  • Prosesor : Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm)
  • CPU : Octa-core terdiri dari 1 core x 19 GHz Cortex-X2 dan 3 core x 2.75 GHz Cortex-A710 dan 4 core x 1.80 GHz Cortex-A510
  • Grafis (GPU) : Adreno 730
  • RAM : 8GB atau 16GB
  • ROM Internal : 128GB atau 256GB
  • Slot Memori : Tidak Support
  • Jumlah Sim Card : 2 Nano SIM

Layar

  • Teknologi Super AMOLED berukuran 5,9 inci
  • Memiliki refresh rate 120Hz dengan teknologi HDR10+ dan kecerahan 1100 nits
  • Menggunakan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9 (~ kepadatan 445 ppi)

Koneksi

  • USB tipe C 3.1
  • Port headphone 3.5mm
  • NFC
  • Bluetooth 5.2
  • Sensor sidik jari disamping
  • Sensor gerak
  • Giroskop
  • Sensor jarak
  • kompas
  • Jaringan Wi-Fi 802.11
  • Koneksi Data 4G dan 5G

Baterai

  • 4300 mAh
  • Fast Charging 30W

Kamera

  • Kamera Utama : 50 MP, bukaan f/1.9, 23.8 mm 1.0µm, gimbal OIS, multi-directional PDAF
  • Kamera Ultra Wide : 12 MP, bukaan f/2.2, 14.4 mm, 113 derjat, 1,4µm, AF
  • Kamera depan : 12 MP, bukaan f/2.5, 27,5mm, 1,22µm, Dual Pixel PDAF

Fitur dan Spek Lainnya

  • Tahan air : IP68 .standar
  • Ukuran Dimensi : 146,5 x 68,1 x 9,1 mm
  • Bobot/Berat : 169 gram

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 9

Setelah kamu mengetahui spesifikasi Asus Zenfone 9, kamu juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 9. Sehingga kamu nantinya bisa mengetahui apakah hp Asus terbaru ini layak untuk dibeli di harga Rp 7,9 jutaan.

Kelebihan Asus Zenfone 9

Berikut ini ada kelebihan Asus Zenfone 9 yang akan membuat hp ini jadi hp yang cocok untuk kamu pertimbangkan untuk dimiliki.

Desain Asus Zenfone 9 Ringkas Yang Nyaman Ditangan

Desain Asus Zenfone 9 Ringkas Yang Nyaman Ditangan

Gaya desain Asus Zenfone 9 benar-benar berbeda dari pendahulunya. HP ini difinishing dengan polimer yang unik, smooth dan ringan, ditambah 2 mata lensa ekstra besar di bagian belakang yang unik dan desain ini tidak dimiliki di HP lain mana pun saat ini.

Meski HP Asus ini cukup tebal sekitar 9,1 mm, namun bobotnya masih cukup ringan hanya 169 gram saja. Desain HP hp ini juga menggunakan bentuk persegi dan tajam. Pokoknya ketika digenggam di tangan hp ini masih sangat ringan, nyaman dan tampa mewah. Apalagi HP ini sudah memiliki fitur tahan air dengan standar IP68. Kamu bisa menggunakannya dengan aman di dekat kolam renang.

Desain bagian depan merupakan layar berukuran 5,9 inci. Layar ini cukup kecil jika dibandingkan dengan hp pada umumnya yang ada saat ini. Layarnya juga mempunyai rasio 20:9, tetapi bezelnya cukup tebal dibandingkan HP high-end dari merek lainnya.

Lubang kamera depan yang sangat kecil di sudut kiri tidak terlalu memengaruhi pengalaman penggunaan layar. Jika Kamu memainkan game di hp ini, lubang kamera ini tersembunyi di luar area kontrol karakter game, sehingga tidak mengganggu saat bermain game sama sekali.

Desain bagian belakang dilapisi dengan polimer lembut yang ringan dan menggunakan cat matte. Ini mungkin membuat bagian belakang desainnya tampak murah di mata banyak orang. Tapi menurut saya dengan desain ini cengkeramannya terasa sangat baik dan bekas anti-sidik jari juga tidak tampak membekas.

Kluster kamera di hp ini sebenarnya hanya ada dua kamera di belakang. Tetapi kedua kameranya dibuat terpisah satu sama lain dan ukurannya sangat besar dibandingkan dengan tren desain kamera belakang yang umum digunakan tahun ini. Saya pikir ini adalah desain cluster kamera baru, tidak mainstream dan saya suka desain cluster kamera seperti ini.

Asus Zenfone 9 Memiliki Pilihan Warna Yang Menarik

Asus Zenfone 9 Memiliki Pilihan Warna Yang Menarik

Ada beberapa versi warna yang bisa Kamu pilih saat membeli Asus Zenfone 9, yaitu warna Hitam, Biru, Merah, dan Silver. Tergantung pada warna kesukaan kamu, kamu bisa pilih versi warna yang paling cocok untuk kamu.

Meskipun Asus Zenfone 9 mempunyai lapisan polimer untuk bagian belakang, tetapi sasisnya masih terbuat dari aluminium berkualitas tinggi. HP asus ini juga mempunyai desain sisi persegi, tetapi tidak setajam desain iPhone. Desain bagian belakang tampak mulus dan cantik sehingga terlihat sangat estetis.

Tepi atas hanya mempunyai mikrofon sekunder dan jack audio 3,5mm. Walaupun memiliki port jack audio 3,5mm tetapi hp ini tetap mempunyai ketahanan air kelas atas. Ini merupakan hal yang luar biasa dari ASUS. Kalau diperhatikan, Samsung, Apple atau merk lain yang anti air pastinya tidak memiliki jack audio di hpnya.

Tepi bawah terdapat slot pengisian daya USB-C, mikrofon utama, sim tray, dan speaker HP. HP ini sudah support speaker stereo, sim tray mendukung dual sim tetapi tidak memiliki tempat untuk kartu memori. Jadi Kamu harus memilih versi memori yang sesuai dengan kebutuhan, karena tidak ada slot untuk menambah memori.

Tepi kiri didesain mulus tanpa ada port atau tombol fisik apa-apa. Sangat cocok untuk menggunakan HP dalam orientasi lanskap saat bermain game, menonton film tanpa khawatir tidak sengaja macet tombol.

Sisi kanan mempunyai tombol power dan volume up dan down. Terdapat juga sensor sidik jari yang terinstegrasi pada tombol power. Tetapi ini sangat disayangkan, karena ini adalah HP kelas atas tetapi Asus hanya memilih menempatkan sensor sidik jari dipasang di samping. Walaupun hanya diletakan disamping, tetapi sensornya bisa terbuka dengan cepat, akurat dan dengan menghadirkan keamanan tinggi.

Layar Asus Zenfone 9 Berukuran Kompak Dengan Refresh Rate 120 Hz

Layar Asus Zenfone 9 Berukuran Kompak Dengan Refresh Rate 120 Hz

Asus Zenfone 9 dibekali layar hanya berukuran 5,9 inci. Jika tidak berbicara tentang HP Asus, ini merupakan layar terkecil di jajaran HP kelas atas yang dimilikinya. Namun, hp berukuran ringkas ini cocok untuk Kamu yang suka dengan hp berukuran kecil. Tetapi tentunya teknologi layar ini tidak se-minim ukurannya.

Resolusi layar menggunakan FHD 1080 x 2400 piksel, tidak menggunakan layar 2K seperti HP Samsung. Tetapi layar hp Asus ini juga mendukung HDR10+ untuk kualitas tampilan yang bagus.

Layar sudah support kecepatan refresh 120Hz, tetapi tidak mempunyai mode adaptif. Ini arti Kamu hanya bisa memilih 3 mode yaitu 120Hz, 90Hz, dan standar 60Hz. Efek dari refresh rate tingginya masih bagus, tetapi akan mengonsumsi lebih banyak daya baterai dibandingkan mode adaptif.

Kecerahan layar Asus Zenfone 9 cukup baik pada mode manual karena bisa mencapai kecerahan maksimal 449 nits untuk kenyamanan penggunaan di dalam ruangan. Ketika di luar ruangan, Kamu harus mengaktifkan mode otomatis. Kecerahan maksimum yang dihasilkan dari layar HP asus ini mencapai 830 nits, sedikit lebih rendah dari data yang diumumkan pabrikan. Tapi kecerahan layar ini masih cukup untuk penggunaan di luar ruangan dengan nyaman.

Performa Tangguh Asus Zenfone 9 dari Snapdragon 8+ Gen 1

Performa Tangguh Asus Zenfone 9 dari Snapdragon 8+ Gen 1

Karena Asus Zenfone 9 merupakan HP flagship sehingga hp ini dilengkapi dengan chipset paling bertenaga. Chipset yang diguankannya yaitu Snapdragon 8+ Gen 1 dengan peningkatan yang kuat, layak untuk menjalankan berbagai pengoperasian dasar atau berat. Chipset ini menawarkan kinerja sekitar 30% lebih dari pendahulunya.

HPAsus Zenfone 9 diluncurkan dengan 3 versi memori: 128GB 8GB, 256GB 8GB, 256GB 16GB. Setiap versi mempunyai harga yang berbeda.

Kinerja CPU menghasilkan performa pemrosesan kuat dalam mode performa tinggi. Kamu bisa menggunakan cpu single maupun multi-core dengan performa yang baik. Jadi kamu tidak akan perlu meragukan performa dan kinerja dari Asus Zenfone 9 yang menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1.

Evaluasi kinerja grafis juga dengan jelas menunjukkan bahwa Asus Zenfone 9 benar-benar berada di kinerja grafis yang bagus. Tidak diragukan lagi hp Asus ini bisa melewati semua aplikasi grafis terberat, dan menjalankan game terberat yang membutuhkan kemampuan grafis tertinggi.

Performa dan kinerja secara keseluruhan di CPU dan GPU sangat kuat. Secara keseluruhan tidak kalah dengan hp flagship merek lainnya. Dan pada skor Antutu 9 menunjukkan bahwa hp Asus ini melampaui saingannya Xiaomi 12 jauh!

Kemampuan untuk bermain game dari Asus Zenfone 9, meskipun ini bukan HP yang dirancang untuk bermain game. Zenfone 9 fitur-fiturnya sangat nyaman bagi Kamu untuk memainkan game yang bagus, dan menghasilkan pengalaman bermain game yang sempurna.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 7 – HP Flagship Baru dari Google

Dual Kamera Dengan Gimbal OIS yang berkualitas

Dual Kamera Dengan Gimbal OIS yang berkualitas

Asus Zenfone 9 tidak dilengkapi kamera telefoto di bagian bagian belakang, tetapi kamera belakangnya tetap unggul. Hanya memiliki 2 kamera belakang dan 1 kamera selfie, semuanya dilengkapi dengan autofokus. Apalagi kamera utamanya telah dilengkapi dengan Gimbal OIS yang berkualitas baik.

  • Kamera utama menggunakan sensor Sony IMX 766 dengan resolusi 50MP dengan Quad Bayer dan ukuran sensor 1.0µm.
  • Kamera ultra-wide menggunakan sensor Sony IMX363 dengan resolusi 12MP dengan ukuran sensor 1,4µm dan sudah mempunyai fokus otomatis.
  • Kamera selfie menggunakan sensor Sony IMX663 dengan resolusi 12MP dengan ukuran sensor 1,22µm dan juga mempunyai fokus otomatis.

Kamera Utama

Kualitas hasil foto dari kamera utama sangat bagus. Reproduksi warna luar biasa tetapi tidak terlalu jenuh, white balance akurat, kontras tinggi, dan memiliki jangkauan dinamis bagus.

Kamu juga bisa memilih untuk memotret dengan mode resolusi asli 50MP, tetapi efek dihasilkannya tidak terlalu tinggi. Detail gambar memang meningkat, kami bisa memperbesarnya tanpa detail gambar pecah dan hasil detail sangat jelas. Tetapi di mode 50MP, kamu memerlukan lebih banyak ruang memori untuk menyimpan hasil foto!

Walaupun, tidak ada kamera telefoto, tetapi Kamu bisa mengambil bidikan telefoto digital 2x dari kamera utama Asus Zenfone 9. Kualitas foto dihasilkan luar biasa sebanding dengan mode 1x, tapi, detail dihasilkannya tidak sebanding.

Saat Kamu memotret dalam cahaya redup, hasilnya eksposur tidak cukup tinggi. Tetapi jika Kamu mengaktifkan mode malam, kualitas gambar akan jauh lebih baik saat kondisi minim cahaya. Saat menggunakan mode malam eksposur ditingkatkan, dan detail di area gelap lebih dipertahankan.

Kamu juga mendapatkan telefoto 2x dari kamera utama ini dalam kondisi minim cahaya. Namun, kualitas gambarnya tidak terlalu bagus. Kamera utama telah support gimbal sehingga tidak ada keburaman, tetapi detailnya dikurangi secara drastis dan banyak noise lebih terlihat.

Kamera ultrawide

Fotografi ultra wide benar-benar menakjubkan. Foto jauh lebih detail dan lebih terang daripada kamera ultra wide HP kelas atas lainnya. Foto yang dihasilkan kamera ultrawide Asus Zenfone 9 mempunyai warna asli, rentang dinamis stabil, dan detail lengkap.

Karena kamera ini mempunyai autofokus, Kamu bisa mengambil foto makro menggunakan kamera ultrawide. Fokus sangat cepat, dan kamu bisa menangkap gambar dengan detail bagus serta warna indah.

Berkat mode malam, ini juga akan membantu Kamu mengambil foto ultra wide yang lebih baik dan luar biasa dalam kisaran harga Rp 7 jutaan. Eksposur yang lebih tinggi, walaupun kehilangan sedikit detail, hasil foto secara keseluruhan lebih baik.

Mode Potret

Kamu juga bisa mengambil potret dari kamera utama dan mendukung pengkaburan latar belakang AI. Secara umum, subjek akan mendapatkan frame yang lebih besar dan latar belakang akan sedikit lebih kecil. Kemampuan mendeteksi subjek dari kamera ini secara umum bagus, mengkaburkan latarbelakang sangat alami.

Kamera depan

Kamera selfie Asus Zenfone 9 mempunyai autofokus, sehingga kemampuan fotografinya juga luar biasa. Meski hanya menggunakan lensa 12MP tetapi sensornya besar, sehingga kualitas gambarnya sangat oke.

Tidak peduli seberapa jauh atau dekat kamu menggunakan kamera depannya, foto-foto dihasilkan sangat indah. Apalagi Kamu mengambil potret dari kamera selfie akan menghasilkan foto bokeh yang sangat baik.

Perekaman Video

Kemampuan merekam video dari Asus Zenfone 9 ini memang luar biasa. Kamera utamanya bisa merekam video hingga 8K pada 24fps dengan kualitas sangat tinggi.  Kamu juga bisa merekam video 4K dengan kualitas terbaik. Frame rate maksimal bisa mencapai 120fps untuk menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik. Tidak banyak produk kelas atas yang menawarkan kualitas perekaman video seperti ini. Terutama perekaman videonya juga didukung Gimbal untuk stabilisasi yang jauh lebih baik.

Semakin rendah resolusinya, maka Kamu bisa merekam video dengan kualitas bagus, kecepatan tinggi, dan slow montion.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 Pro – HP Kelas Atas Dengan Kamera Selfie Terbaik

Daya Tahan Baterai Tidak Besar Tetapi Awet

Daya Tahan Baterai Tidak Besar Tetapi Awet

Asus Zenfone 9 mempunyai baterai 4300mAh, bisa dikatakan kapasitas baterai ini tidak besar. Tetapi jika dikatakan kecil, baterai ini masih jauh lebih besar dibandingkan beberapa produk Apple atau Samsung. Dengan baterai ini, daya tahan baterainya cukup mengesankan dengan skor yang tidak buruk saat digunakan.

Kekurangan Asus Zenfone 9

Berikut ini ada beberapa kekurangan yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli Asus Zenfone 9, seperti :

Fast Charging Masih Rendah Dibandingkan Kompetitor

HP Asus Zenfone 9 juga sudah dibekali dengan fast charging 30W. Dengan fast charging 30W, Kamu butuh waktu lama untuk mengisi ulang baterai. Kamu hanya mempunyai baterai 57% setelah 30 menit pengisian dan untuk mengisi penuh dari 0%, Kamu memerlukan waktu pengisian selama 75 menit. Sedangkan Xiaomi 12 Pro dengan pengisian cepat 120W hanya membutuhkan waktu 21 menit untuk mengisi daya baterai 100%.

Tidak Support Wireless Charging

Asus Zenfone 9 merupakan salah satu flagship yang dimiliki oleh Asus, tetapi tidak seperti flagship dari merek lainnya yang ada di pasaran. Asus Zenfone 9 tidak dibekali dengan teknologi wireless charging.

Tidak ada kamera telefoto

Saat ini hp flagship banyak yang berlomba-lomba membuat hp dengan dilengkapi kamera telefoto, tetapi sayangnya kamu tidak akan menemukannya di Asus Zenfone 9. Karena Asus Zenfone 9 hanya dilengkapi 2 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama dan kamera ultrawide.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, berdasarkan kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 9 di atas. Ini merupakan HP premium kelas atas yang cukup menarik untuk dibeli. Asus Zenfone 9 ini mempunyai desain yang unik, tampilan layar yang indah, performa dan kinerja tinggi dan fitur yang kaya. Namun, bisa dikatakan di harga Rp 7 juta hingga Rp 11 jutaan bukan juara dalam kisaran harga tersebut. Jadi Kamu masih punya banyak alternatif hp flasghip lainnya dipasaran seperti Samsung Galaxy S22 5G, Xiaomi 12, iPhone 13 atau Samsung Galaxy Z Flip3 5G.

Bagikan:

Tinggalkan komentar