Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 7 – HP Flagship Baru dari Google

Jika Kamu mencari HP kelas atas dengan kamera terbaik, maka Kamu harus memilih HP Google Pixel. Google Pixel 7 tahun ini mempunyai cukup banyak peningkatan dibandingkan generasi pendahulunya, meskipun ukuran dan layarnya sedikit lebih mengecil. Google Pixel 7 juga sudah menggunakan chip baru Google Tensor G2 untuk kemampuan AI yang lebih baik. Meski HP Google Pixel 7 mempunyai layar lebih kecil dari pendahulunya, HP ini jauh lebih terang layarnya. Sekarang mari kita lihat review mendetail tentang spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7 untuk melihat apakah hp ini layak digunakan untuk penggunaan sehari-hari atau tidak.

Tetntang Google Pixel 7

Mengikuti kesuksesan Pixel 6, Google telah meluncurkan Pixel 7 di bulan oktober 2022 dengan banyak peningkatan yang mengesankan. Meski tidak mempunyai fitur khusus yang sama dengan yang dimiliki Pixel 7 Pro, Pixel 7 versi standar tetap bisa membuat penggunanya senang dengan pengalaman yang luar biasa di hp flagship.

Google Pixel 7 menggunakan prosesor Tensor G2 dan sistem operasi Android 13 terbaru dari Google. Sehingga dengan kombinasi ini melakukan tugas sehari-hari pengguna akan memberikan pengalaman yang sangat lancar dan nyaman.

Meskipun sulit untuk membandingkan skor kinerja Tensor G2 dengan prosesor terkemuka dari Qualcomm dan Mediatek. Namun prosesor Tensor G2 dibuat dengan fokus untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang belum pernah ada sebelumnya. Terutama dalam hal peningkatan kemampuan pemrosesan AI dan Machine Learningnya yang tidak dimiliki pesaing. Dengan demikian Tensor G2 bisa meningkatkan kualitas kamera, panggilan telepon, pengenalan suara, dan lainnya.

Dan untuk lebih mengenal Pixel 7, yuk simak spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7 di bawah ini!

Spesifikasi Google Pixel 7

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7, kamu harus mengetahui spesifikasi Google Pixel 7 terlebih dahulu di bawah ini :

Performa

  • Prosesor : Google Tensor G2 (5 nm)
  • CPU : Octa-core terdiri dari 2 core x 85 GHz Cortex-X1 dan 2 core x 2.35 GHz Cortex-A78 dan 4 core x 1.80 GHz Cortex-A55
  • Unit Pemrosesan Grafis (GPU) : Mali-G710 MP7
  • RAM : 8GB
  • ROM/Memori Internal : 128GB atau 256GB
  • Slot Memori Eksternal :  Tidak support
  • Jumlah SIM Card : Nano-SIM dan atau eSIM

Layar

  • Menggunakan teknologi panel AMOLED dengan ukuran 6,3 inci dan memiliki refresh rate 90Hz
  • Support HDR10+ dengan kecerahan layar hingga 1400 nits
  • Resolusi 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9 dan memiliki kerapatan 416 ppi
  • Pelindung layar : Corning Gorilla Glass Victus

Konektivitas

  • USB tipe C 3.1
  • NFC
  • Bluetooth 5.2
  • Sensor FingerPrint di bawah layar
  • Sensor gerak
  • Giroskop
  • Sensor jarak
  • Kompas
  • Ultra Wideband (UWB)
  • Wi-Fi 802.11
  • Jaringan 4G dan 5G

Baterai dan Charger

  • Kapasitas : 4355 mAh
  • Charger : Fast Charging 20W atau Charger 20W wireless

Kamera

  • Kamera utama : 50 MP, dengan bukaan f/1.9, 25mm, 2µm, OIS, Laser AF, PDAF omnidirectional
  • Kamera Ultra Wide : 12 MP, dengan bukaan f/2.2, 114 derajat, 1.25µm
  • Kamera depan: 8 MP, dengan bukaan f/2.2, sensor ultra wide, 21mm, 1,22µm

Fitur Lainnya

  • Tahan air : IP68 standar
  • Ukuran Dimensi : 155,6 x 73,2 x 8,7 mm
  • Bobot/Berat : 197 gram

Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 7

Setelah kamu membaca Google Pixel 7 kamu tentunya belum mengetahui manakan spesifikasi yang menjadi kelebihan dari hp ini. Karena itu untuk lebih jelasnya, kamu harus membaca kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7 di bawah ini!

Kelebihan Google Pixel 7

Berikut ini adalah kelebihan Google Pixel 7, yang membuat hp dari Google ini jadi layak untuk kamu beli dan kamu miliki.

Desain Google Pixel 7  Simple Tetapi Tampak Elegan

Desain Google Pixel 7  Simple Tetapi Tampak Elegan

Gaya desain Google Pixel 7 tidak banyak berubah dibandingkan generasi sebelumnya. Strip kamera belakang masih didesain dengan gaya horizontal. Ini adalah desain cluster kamera belakang yang benar-benar unik dan langka di HP keluaran terbaru di tahun ini. Strip kamera ini cukup menonjol di bagian belakang belakang karena telah menempati seluruh lebar HP.

Sensasi memegang HP Google Pixel 7 di tangan cukup baik. Nyaman tapi tidak terlalu berat, cukup tebal tapi terasa mulus berkat tepian yang membulat. Dengan standar tahan air IP68 bermutu tinggi, Kamu bisa merendam HP Google Pixel 7 dalam air sedalam 1,5 m selama 30 menit.

Desain bagian depan terdapat layar datar dengan lubang di tengah untuk menempatkan kamera selfie. Batas tepi layarnya tipis banget tapi pada bagian dagunya masih agak tebal.

Sensor sidik jari juga telah terintegrasi di bawah layar Google Pixel 7. Banyak pengguna suka posisi sensor fingerprint di bawah layar ini yang lebih dekat ke tengah dibanding kompetitor lainnya yang ada saat ini. Sensor diletakan di dekat bagian tengah, sehingga ibu jari bisa dengan mudah menjangkau sensor untuk membuka kunci layar dengan cara yang lebih alami.

Desain bagian belakang dan depan telah menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass Victus. Kamu akan mempunyai 3 pilihan versi warna di Google Pixel 7 yaitu warna Obsidian, Lemongrass, dan Snow. Menyertai warna-warna tersebut, setiap warna strip kamera juga akan berbeda. Warna Snow akan mempunyai strip berwarna perak, warna Obsidian juga akan mempunyai strip berwarna perak tetapi lebih gelap. Dan warna lemongrass mempunyai strip kamera berwarna kuning yang menonjol.

Di belakang kami, kamu juga hanya terdapat 2 kamera dan lampu LED flash, tetapi kualitasnya sangat bagus. Sasis hp ini terbuat dari logam dan agak membulat, bukan flat bergaya datar seperti iPhone. Sehingga membuat pegangan hp ini sangat halus.

Layar AMOLED dengan Ukuran 6,3 inci Yang Detail dan Tajam

Layar AMOLED dengan Ukuran 6,3 inci Yang Detail dan Tajam

Google Pixel 7 menggunakan panel AMOLED dengan ukuran 6,3 inci, ukuran ini sedikit lebih kecil dibandingkan pendahulunya. Resolusi layar sudah FHD (1080 x 2400pixel) sesuai dengan kerapatan piksel 416 ppi yang mengasilkan konten yang sangat detil dan tajam.

Kecerahan merupakan keunggulan dari layar hp ini. Kecerahan dengan mode manual Google Pixel 7 mencapai 460 nits, sedangkan mode otomatis bisa mencapai 974 nits, yang mendekati klaim dari Google sebesar 1000nits. Apalagi saat menggunakan HDR10+ kecerahan layar Google Pixel 7 bisa mencapai 1400nits.

Kecepatan refresh layar Google Pixel 7 hanya 90Hz, tetapi refresh layar ini jauh lebih halus dibandingkan layar 60Hz standar. Namun saat ini sudah banyak pesaing di kelas atas yang sudah dibekali layar 120Hz. Google tetap mempertahankan level ini, karena refresh rate 120Hz eksklusif digunakan untuk versi Pro.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Pro – Dynamic Island Yang Mengesankan

Google Pixel 7 Menggunakan chip Google Tensor G2

Google Pixel 7 Menggunakan chip Google Tensor G2

HP Google Pixel 7 ini menggunakan chip Google Tensor G2 (5 nm) terbaru yang dikembangkan oleh tim teknik Google. Co-developing dari Samsung dengan lini produksi chip 5LPE 5nm. Dengan struktur octa-core yang istimewa terdiri dari 2×2.85 GHz Cortex-X1 dan 2×2.35 GHz Cortex-A78 dan 4×1.80 GHz Cortex-A55.

Google Pixel 7 mempunyai 2 versi memori, 8GB/128GB dan 8GB/256GB. Ingatlah bahwa HP ini tidak mendukung kartu memori tambahan, jadi Kamu harus memilih memori internet yang tepat sesuai kebutuhan.

Kinerja CPU di atas kertas menggunakan Google Tensor G2 cukup kuat dan sangat unggul. Namun saat menjalankan perangkat lunak pengujian dan penggunaan sebenarnya, Kamu akan menemukan bahwa chip ini masih belum sebanding dengan chip dari Snapdragon 8 gen 1 dan versi Plus-nya dari Qualcomm. Skor kinerja multi-core atau single-core pada pengujian Geekbench masih berada di bagian dibandingkan hp flasghip merek lainnya yang ada di pasaran.

Meski begitu, chipset ini masih merupakan chip kelas atas, sehingga masih memiliki kekuatan yang cukup bagus. Kamu bisa bermain game, berkerja, browsing web semua akan dijalankan dengan lancar. Hal ini berkat, kekuatan AI yang tidak bisa diatasi oleh banyak kompetitornya.

Performa GPU Google Pixel 7 meskipun dalam pengujian kalah dengan hp flasghip lainnya di pasaran. Tetapi masih menghasilkan grafis yang sama, dengan penggunaan sebenarnya yang sangat lancar dan memainkan game apa pun terasa sangat nyaman.

Berdasarkan kinerja secara keseluruhan dengan pengujian melalui Antutu 9. Pesaing yang menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1 dan Snapdragon 8+ Gen 1 lebih unggu. Secara khusus, Google Pixel 7 masih lebih baik performanya dibandingkan Asus ROG Phone 6 Pro.

HP Google Pixel 7 tidak dibuat untuk bermain game, tetapi Kamu masih bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang hebat dari HP Google satu ini. Dengan performa chipset kelas atas, kamu bisa memainkan semua game yang ada saat ini.

Kamera Google Pixel 7 Dengan Hasil Foto Yang Berkualitas

Kamera Google Pixel 7 Dengan Hasil Foto Yang Berkualitas

Google Pixel 7 hanya dibekali dengan 2 kamera belakang dan 1 kamera selfie. Tapi kualitas foto yang Kamu dapatkan sangat berkualitas.

Kamera utama Pixel 7 menggunakan sensor Samsung GN1 dengan resolusi 50MP dengan pixel binning untuk menghasilkan gambar default 12,5MP. Kamera utama ini sudah mempunyai fokus omnidirectional dan juga mendukung fokus Laser. Selain itu, terdapat fitur OIS optical image stabilization untuk menghasilkan gambar yang tajam tanpa khawatir goyangan tangan saat memotret.

Kamera ultra-wide menggunakan resolusi 12MP dengan sudut pandang sebesar 114 derajat. Tetapi di Google Pixel 7 kamu tidak mempunyai fokus otomatis seperti yang ada di versi Pro.

Kamera selfie menggunakan resolusi 10,8MP dengan bidang pandang unik 92,8 derajat menghasilkan gambar sebesar 10MP. Namun, kamera selfie Google Pixel 7  tidak mempunyai autofokus.

Seperti yang diharapkan, kualitas foto dari kamera utama Pixel 7 di siang hari sangat bagus. Resolusi halus untuk setiap detail pada gambar untuk tingkat detail yang sangat tinggi. Kejernihan juga didapatkan disetiap tekstur, menghasilkan warna segar dan enak dilihat.

Meskipun tidak ada kamera telefoto khusus, Kamu masih bisa menghasailkan foto zoom 2x yang luar biasa berkat fitur Super Res. Bisa dikatakan kualitas gambar dari telefoto 2x setara dengan gambar 1x.

Bisa dikatakan bahwa foto yang diambil saat cahaya redup dari kamera utama masih sangat bagus. Mode malam default akan bekerja secara otomatis dan Kamu bisa mematikannya secara opsional jika Kamu inginkan.

Rentang dinamis saat memotret di cahaya redup mungkin perlu sedikit lebih lebar, tetapi menurut saya warna, kontras, dan noise dihasilkan masih bisa ditangani dengan sangat baik. Keseimbangan putih cenderung sedikit lebih hangat sementara detail dan ketajaman dihasilkan sudah yang terbaik.

Untuk perekaman video, Google Pixel 7 bisa merekam video 4K di 60fps dengan ketiga kameranya. Selain itu, stabilisasi gambar juga efektif pada ketiga kameranya. Bahkan kamu bisa merekam video pada 240fps dengan rekaman slow montion yang sempurna.

Kekurangan Google Pixel 7

Seperti yang telah dijelaskan di atas, disini kami akan menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7. Dan setelah kamu mengetahui kelebihan Google Pixel 7, berikut ini adalah kekurangan Google Pixel 7 yang perlu kamu ketahui :

Daya tahan baterai kecil dan fast charging yang lambat

Tentunya dengan ukuran yang lebih kecil, baterai HP ini juga jadi lebih kecil dari pendahulunya. Kapasitas baterai Google Pixel 7 hanya menggunkan kapasitas 4355mAh. Jika dibandingkan dengan pesaing sebenarnya tidak kalah.

Soal adu kecepatan charging, Google Pixel 7 masih kalah dengan kompetitor hp asal China. Karena Pixel 7 hanya dibekali dengan fast charging 20W, Kamu hanya bisa mempunyai baterai 48% setelah melakukan pengisian baterai selama 30 menit.

Dan pengisian penuh hp Google Pixel 7 membutuhkan waktu hingga waktu 100 menit. Kecepatan pengisian daya ini terlalu lama untuk kisaran harga yang sama Oppo Find X5 yang hanya membutuhkan waktu pengian daya baterai selama 42 menit dengan charger 80W-nya.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 5G – HP Dengan Kamera Malam Yang Indah

Layarnya hanya 90Hz sedikit lebih rendah dibandingkan dengan pesaing

Google Pixel 7 termasuk salah satu hp flagship, tetapi sayangnya layarnya hanya dibekali dengan refresh rate 90hz yang lebih rendah dibandingkan pesaing di pasaran. Karena Google hanya menyematkan teknologi refresh ratenya 120Hz untuk seri Google Pixel 7 Pro.

Selfie tidak terlalu bagus

Jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya seperti Samsung Galaxy S22 5G, Asus Zenfone 9, dan Xiaomi 12, Google Pixel 7 masih memiliki kualitas kamera selfie yang tidak terlalu bagus. Karena kamu hanya bisa mendapatkan kamera selfie dengan resolusi 10.8MP.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T – HP Dimensity 1200 Dengan Kamera 108MP

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7 di atas, HP Google Pixel 7 benar-benar merupakan hp yang hebat. HP ini difinising dengan desain indah dan menonjol, kualitas kamera sangat jernih. Kamera hp  ini memiliki pemrosesan gambar yang luar biasa dikombinasikan dengan perangkat keras yang kuat. Namun, dalam kisaran harga Rp 12 juta hingga Rp 16 juta, masih ada beberapa pilihan hp lain yang memiliki kualitas lebih baik.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7, hp ini memiliki kelebihan :

  • Desain kompak dan premium, mudah dipengang dan tahan debu dan air.
  • Layarnya tajam, cerah, dan warna dihasilkan
  • Masa pakai baterai bagus sesuai dengan kapasitasnya
  • Menggunakan OS Android murni dengan fitur eksklusif.
  • Memiliki Speaker stereo yang bagus.
  • Memiliki kualitas kamera yang bagus.

Dan berdasarkan kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7, memiliki kekurangan :

  • Daya tahan baterai standar dan memiliki fast charging lebih lambat dibanding pesaing.
  • Layar hanya memiliki refresh rate hingga 90Hz.
  • Foto dari kamera selfie dihasilkan standar tidak terlalu istimewa.

Bagikan:

Tinggalkan komentar