Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 7 Pro – HP Dengan Kamera 5X optical zoom

Ketika Kita membahas tentang HP milik Google, Kita pasti akan langsung memikirkan hp dengan kemampuan fotografinya yang terbaik. Dengan desain yang unik, prosesor milik google sendiri dan banyak keunggulan luar biasa lainnya. Di tahun bulan Oktober 2022, akhirnya Google meluncurkan Google Pixel 7 Pro yang merupakan pilihan hp kelas atas yang sangat bagus. Tapi apakah Google Pixel 7 Pro layak untuk dibeli dan lebih bagus dari hp flagship lainnya? Mari kita lihat ulasan mendetail bersama kami disini yang membahas tentang spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7 Pro.

Spesifikasi Google Pixel 7 Pro

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7 Pro, kamu harus tahu spesifikasinya.

Performa

  • Prosesor : Google Tensor G2 (5 nm)
  • CPU : Octa-core terdiri dari 2 core x 85 GHz Cortex-X1 dan 2 core x 2.35 GHz Cortex-A78 dan 4 core x 1.80 GHz Cortex-A55
  • Unit Pemrosesan Grafis (GPU) : Mali-G710 MP7
  • RAM : 8GB atau 12GB
  • ROM/Memori Internal : 128GB, 256GB dan 512GB
  • Slot Memori Eksternal :                Tidak support
  • Jumlah SIM Card : Nano-SIM dan eSIM

Layar

  • Menggunakan teknologi panel AMOLED LTPO dengan ukuran 6,7 inci dan memiliki refresh rate 120Hz
  • Support HDR10+ dengan kecerahan layar hingga 1500 nits
  • Resolusi 1440 x 3120 piksel dengan rasio 19,5:9 dan memiliki kerapatan 512 ppi
  • Pelindung layar : Corning Gorilla Glass Victus

Konektivitas

  • USB tipe C 3.2
  • NFC
  • Bluetooth 5.2
  • Sensor FingerPrint di bawah layar
  • Sensor gerak
  • Giroskop
  • Sensor jarak
  • Kompas
  • Ultra Wideband (UWB)
  • Wi-Fi 802.11
  • Jaringan 4G dan 5G

Baterai dan Charger

  • Kapasitas : 5000 mAh
  • Charger : Fast Charging 23W atau Charger 23W wireless

Kamera

  • Kamera utama : 50 MP, dengan bukaan f/1.9, 25mm, 2µm, OIS, Laser AF, PDAF omnidirectional
  • Kamera Telefoto : 48 MP, dengan bukaan f/3.5, 120mm, 7 µm, OIS, 5x optical zoom dan multi-directional PDAF
  • Kamera Ultra Wide : 12 MP, dengan bukaan f/2.2, 126 derajat, 1.25µm, Auto Fokus
  • Kamera depan: 8 MP, dengan bukaan f/2.2 , 21mm, 1,22µm

Fitur Lainnya

  • Tahan air : IP68 .standar
  • Ukuran Dimensi : 162,9 x 76,6 x 8,9 mm
  • Bobot/Berat : 212 gram

Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 7 Pro

Untuk kamu yang penasaran apakah Google Pixel 7 Pro siap untuk bersaing dengan flasgship lain dari Apple dan Samsung? Kamu harus mengetahui informasi tentang kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7 Pro. Untuk mengetahui apakah spesifikasi dan fitur yang dimiliki Google Pixel 7 Pro lebih unggul dari pesaing atau kalah jauh.

Kelebihan Google Pixel 7 Pro

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kita pasti mengetahui bahwa Google Pixel selalu menawarkan keunggulan dari kameranya. Dan apakah keunggulan kamera masih dimiliki Google Pixel 7 Pro di tahun ini? Dan apa saja kelebihan Google Pixel 7 Pro lainnya yang bisa kamu gunakan saat memilikinya? Berikut ini kelebihan yang bisa kamu dapatkan :

Desain Google Pixel 7 Pro Yang Simple

Desain Google Pixel 7 Pro Yang Simple

Berbicara tentang gaya desain, Google Pixel 7 Pro desainnya sangat mirip dengan Google Pixel 7 versi standar. Hanya saja ukurannya sedikit lebih besar dan mempunyai kamera tambahan di bagian belakangnya yang lebih banyak.

Perasaan memegang HP ini akan mempunyai perbedaan karena ukurannya lebih besar. HP Pixel versi Pro ini secara signifikan lebih berat dari versi standarnya.

Google Pixel 7 Pro juga telah mempunyai desain yang sudah standar tahan air IP68. Kamu bisa merendam hp ini di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit tanpa masalah. Jadi Kamu bisa menggunakan Pixel 7 Pro dengan aman di tempat basah atau di tepi kolam renang.

Desain bagian depan terdapat layar punch-hole dengan ukuran 6,7 inci yang sangat besar dengan rasio 88,7%. Desain tepinya sudah dibuat sangat tipis, dan layar ini telah dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Lubang punch yang sangat kecil digunakan untuk kamera selfie, dan bagian ini juga tidak banyak mempengaruhi pengalaman penggunaan layar. Bahkan saat bermain game, lubang pada layar ini tidak akan memengaruhi pengalaman bermain game.

Sensor sidik jari juga terintegrasi di bawah layar HP Pixel 7 Pro ini. Posisi sensor lebih dekat ke tengah layar, sehingga jadi lebih mudah membuka kunci layar daripada hp lainnya yang ada di pasar saat ini.

Desain bagian belakang juga dilapisi dengan Gorilla Glass Victus sama seperti bagian depannya. Tapi bagian belakang ini mempunyai finishing yang mengkilap dan pastinya akan membeas sidik jari. Jika Kamu memilih versi warna Snow, bekas sidik jari bisa tersamarkan dengan sangat baik. Namun jika Kamu memilih versi warna Obsidian, maka bekas sidik jari akan terlihat sangat jelas. Dengan warna hazel juga bekas sidik jari masih terlihat tetapi tidak terlalu jelas.

Desain cluster kamera telah didesain dengan mulus dengan sasisnya. Bagian kluster kamera inti dibuat lebih mengkilap dibandingkan bagian cover belakangnya. Sehingga tampak sangat menonjol dan unik pada bagian kluster kameranya.

Tampilan Layar Premium Dengan LTPO AMOLED Resolusi 2K

Tampilan Layar Premium Dengan LTPO AMOLED Resolusi 2K

Kamu akan mendapatkan semua yang Kamu butuhkan dengan tampilan layar HP premium dari Google.  Google Pixel 7 Pro menggunakan panel AMOLED LTPO dengan ukuran 6,7 inci. Layar hp ini mempunyai resolusi setinggi 2K (1440 x 3120 piksel) dengan kerapatan piksel mencapai 512ppi. Dengan spek layar ini menjadikan layar hp ini memiliki kualitas tampilan layar yang sangat baik.

Rasio aspek layar 19,5:9 agak pendek dibandingkan dengan rasio aspek 20:9 yang umum digunakan di HP umumnya di pasaran saat ini. Namun secara umum dengan ukuran 6,7 inci namun resio 19,5:9 menjadikan layar lebih lebar dan horizontal. Desain layar ini sangat cocok untuk kamu yang suka bermain media sosial atau menonton film.

Kecerahan layar Google Pixel 7 Pro benar-benar layak untuk menjadikannya sebagai hp kelas atas. Kecerahan maksimum dalam mode manual bisa mencapai 588 nits. Namun yang kecerahan maksimum dalam mode otomatis bia mencapai 1090 nits, bahkan hasilnya melebihi apa yang diklaim Google. Dalam beberapa kondisi, HDR layar bisa mencapai kecerahan maksimum 1500 nits, ini adalah angka yang mengerikan untuk layar hp!

Dengan menggunakan panel AMOLED LTPO dan kecepatan refresh 120Hz yang sangat cepat. Refresh layar adaptif sesuai dengan kecepatan frame konten yang ditampilkan pada layar. Kamampuan refresh adaptif inilah yang membedakan antara hp kelas atas dan hp kelas menengah. Artinya, kecepatan refresh layar bisa bervariasi dari 10-120Hz tergantung pada apa yang sedang Kamu tonton di layar hp.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Pro – Dynamic Island Yang Mengesankan

Perangkat lunak

Kamu akan menggunakan Android 13 murni di Google Pixel 7 Pro. Android 13 ini mempunyai fitur eksklusif untuk HP Google. Google menjanjikan hp ini akan mendapatkan pembaruan Android utama selama 3 tahun dan patch keamanan selama 5 tahun.

Performa Handal dari Prosesor Google Tensor G2

Performa Handal dari Prosesor Google Tensor G2

HP Pixel 7 Pro ini menggunakan prosesor Google Tensor G2 (5 nm) yaitu prosesor milik Google dan dirancang sendiri oleh para insinyur Google. Prosesor ini diproduksi oleh pabrik chip 5LPE 5nm Samsung. Secara umum, chip ini mempunyai beberapa peningkatan baru dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Terutama lebih fokus pada kemampuan AI tetapi bukan kinerjanya.

Kamu akan mempunyai beberapa pilihan versi memori untuk dipilih dengan yang disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari RAM 8GB/128GB hingga 12GB/512GB yang telah menggunakan memori UFS 3.1 ultra cepat.

Kinerja CPU baik dari segi multi-core atau single-core, jika dibandingkan kompetitor di segmen hp kelas atas, Pixel 7 Pro masih cukup bisa diunggulkan. Berdasarkan hasil pada pengujian GeekBench 5 menunjukkan para pesaing yang menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 8 Gen 1 keduanya jauh mengungguli kinerja Google Tensor G2.

Performa GPU menjadi salah satu hal yang aneh, karena Google hanya menggunakan prosesor grafis Mali-G710 MP7 yang jauh lebih tua dibandingkan dengan Mali-G710 MC10 yang digunakan di ROG Phone 6D dengan chip Dimensity 9000+. Jadi, performa grafis Pixel 7 Pro masih tertinggal cukup jauh. Bahkan sedikit lebih buruk dibandingkan Mali-G78 MP20 yang digunakan oleh pendahulunya.

Performa dan kinerja keseluruhan Pixel 7 Pro, hp ini masih memiliki chipset kelas atas. Kinerjanya masih cukup kuat untuk memenuhi segala kebutuhanmu. Tetapi jika dibandingkan kompetitor yang menggunakan chip Qualcomm atau Apple Flagship, masih sedikit lebih lemah. Tetapi jika dibandingkan dengan teknologi AI, chipset ini jauh lebih unggul.

Kemampuan untuk bermain game Pixel 7 Pro kinerjanya tidak sebanding dengan pesaing kelas atas lainnya. Tetapi tentunya Pixel 7 Pro sudah bisa digunakan untuk memainkan semua game yang ada di pasaran saat ini. Kamu bisa menggunakan Pixel 7 Pro untuk bermain game dengan lancar, dan memiliki refresh rate layar yang sangat tinggi. Saat memainkan game Genshin Impact kamu masih bisa menggunakan konfigurasi tinggi.

Kamera Google Pixel 7 Pro Dengan Zoom Optik 5X

Kamera Google Pixel 7 Pro Dengan Zoom Optik 5X

Google Pixel 7 Pro telah dilengkapi dengan 3 kamera dibagian belakang dengan peningkatan yang lebih bagus dibandingkan pendahulunya. Kamera utama resolusinya tidak berubah, tetapi kamera telefoto bisa mempunyai zoom optik 5x dan kamera ultra wide telah mempunyai fokus otomatis. Walaupun Kamera selfie tidak mempunyai autofokus, tetapi memberikan kualitas gambar yang masih sangat bagus.

Kamera utama menggunakan sensor Samsung GN1 dengan resolusi 50MP yang menghasilkan gambar default berukuran 12,5MP. Lensa utama ini juga sudah support fokus omnidirectional selain fokus laser, ditambah lagi dengan stabilisasi gambar optik OIS.

Kamera ultra lebar masih menggunakan resolusi 12MP yang sama dengan pendahulunya, tetapi sudut pandangnya jadi lebih lebar 125,8 derajat dibandingkan 114 derajat di Pixel 6 Pro. Apalagi kamera ultra wide ini dilengkapi dengan fokus otomatis. Sedangkan Kamera telefoto telah menggunakan sensor Samsung GM5 dengan resolusi 48MP dengan kemampuan 5x optical zoom.

Kamera utama

Bidikan Google Pixel 7 Pro di siang hari menggunakan kamera utama menghasilkan foto yang sangat bagus. Detail sangat tajam dan jernih saat Kamu memotret dengan kondisi pencahayaan yang cukup baik. Warna dihasilkan kamera ini terlihat sedikit berbeda jika dibandingkan dengan pesaing dalam kondisi terang dan gelap. Warnanya tidak terlalu jenuh, tetapi warnanya jadi lebih cerah dari Samsung. Selain itu, rentang dinamis yang luas memudahkan kita untuk bisa mendapatkan bidikan yang bagus.

Mode malam akan digunakan secara otomatis saat sensor mendeteksi cahaya redup. Kualitas gambar dengan mode otomatis dan mode malam profesional bisa dikatakan hampir sama. Kamu akan mendapatkan hasil foto cahaya rendah yang sangat bagus. Warna dihasilkannya sama bagusnya dengan bidikan kamera di siang hari, Rentang dinamis dihasilkan juga bagus tetapi tidak terkalahkan. Tingkat detailnya sangat tinggi dan noise telah dihilangkan dengan sangat baik.

Mode Potret

Kamu bisa mengambil potret 1x dan potret 2x yang menakjubkan berkat Google Pixel 7 Pro. 1x jepretan potret bisa dikatakan terbaik tanpa perlu adanya depth sensor. Saat menggunakan mode potret, detail yang dihasilkan sangat bagus, dengan deteksi subjek yang profesional dan efek buram latar belakang yang tampak alami.

Saat beralih ke mode potret 2x, detailnya jauh berkurang, Karena tidak menggunakan kamera tele untuk memotret, melainkan menggunakan kamera digital zoom pada kamera utama. Efek blur tidak sebagus dalam mode 1x, Kamu juga akan melihat banyak seleksi yang salah dipengkaburan latar belakang terutama di bagian rambut.

Kamera ultra wide

Kamera ultra-wide mempunyai resolusi yang sama dengan kamera utamanya. Karena itu, kualitas gambar kamera ulta wide tidak kalah dengan kamera utamanya. Ketika berbicara tentang tingkat detail dan ketajaman gambar tentunya kamera ulta wide ini tidak kalah. Terutama dengan kemampuan untuk memperbaiki distorsi perangkat lunak bekerja dengan sangat baik. Meski framenya jauh lebih lebar, tidak ada distorsi yang terlihat atau purple fringing.

Kamera telefoto

Dalam mode 2x zoom, kualitas gambar tidak berbeda dengan kamera utamanya. Dengan bantuan stabilisasi gambar optik, Kamu tidak memerlukan tripod, kamu tetap bisa mempunyai stabilisasi gambar yang sangat baik. Kamu juga bisa mengonversi 3x dan 5x dengan tombol sakelar khusus. Atau Kamu bisa menggunakan penggeser untuk memperbesar zoom dengan lebih jauh.

Fotografi telefoto cahaya redup juga didukung menggunakan mode malam. Dalam mode 2x, Kamu akan mendapatkan foto bagus yang sebanding dengan yang dimiliki iPhone 14 Pro Max dengan pembesaran yang sama. Terutama mode 5x zoom yang luar biasa. Dalam cahaya redup, semakin besar zoom, semakin tampak unggul kamera telefoto ini. Semakin gelap ruangnya, maka semakin indah gambarnya dan kamera telephoto ini lebih baik dari pesaing pada tingkat zoom yang sama.

Kamera depan

Yang unik dari kamera selfie Google Pixel 7 Pro mempunyai 2 mode pengambilan gambar 0.7x dan 1x yang jarang dimiliki oleh kompetitor. Dalam mode 0,7x default dan dengan kondisi pencahayaan yang baik, Kamu bisa mendapatkan foto yang sangat bagus. Warna dan rentang dinamis sangat bagus, dan kamu juga akan memiliki detail yang sangat bagus tetapi Kamu tidak boleh memotret melawan cahaya.

Karena memotret melawan cahaya akan membuat gambar kehilangan lebih banyak detail, lebih soft dan warnanya tidak natural. Mode 1x hanyalah pemangkasan dari mode 0,7x default. Namun, kualitas gambarnya tidak kalah jauh.

Perekaman Video

Google Pixel 7 Pro ini sudah bisa merekam video 4K di 60fps dengan menggunakan keempat kameranya. Video yang dihasilkan di Pixel 7 Pro ini mempunyai detail yang baik dan hasil rekaman yang sangat jernih. Tentu saja, setiap lensa akan mempunyai karakteristiknya masing-masing, tetapi semuanya secara umum menghasilkan perekaman video dengan detail yang bagus dan sangat stabil.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 Pro – HP Kelas Atas Dengan Kamera Selfie Terbaik

Daya Tahan Naterai Tahan Seharian

Google Pixel 7 Pro dilengkapi dengan baterai besar 5000mAh yang sebanding dengan pesaing lainnya di hp kelas atas. Jadi kamu sudah bisa menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari dengan nyaman.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4 – HP Lipat Dengan Snapdragon 8+ Gen 1

Kekurangan Google Pixel 7 Pro

Berikut ini ada beberapa kekurangan Google Pixel 7 Pro yang perlu kamu ketahui :

Kecepatan Pengisian Daya Baterai tidak tinggi

Dengan baterai 5000mAh yang besar tetapi Google hanya membekali pengisian cepat 23W untuk charger kabel dan wireless. Kamu bisa mendapatkan baterai terisi 43% setelah 30 menit pertama pengisian daya. Dan membutuhkan waktu 109 menit untuk mengisi penuh baterai 5000mAh ini.

Kecepatan waktu pengisian ini terlalu lama, jika dibandingkan dengan beberapa produk high-end dari China seperti Xiaomi, Oppo, yang sudah dibekeli fast charging 120W sudah ada sejak lama.

Kamera Ultrawide kurang terang dalam cahaya redup

Jika kamu menggunakan kamera ultra wide di Google Pixel 7 Pro pada cahaya redup, kamu akan mendapatkan hasil foto yang kurang bagus. Jadi pastikan kamu tidak menggunakan kamera ultra wide saat kondisi kurang cahaya agar kualitas foto lebih maksimal.

Kesimpulan

Jadi berdasarkan kelebihan dan kekurangan Google Pixel 7 Pro di atas, hp ini merupakan produk terbaru dan tercanggih yang dimiliki Google. HP ini telah menggunakan chipset buatan sendiri dan yang baru dikembangkan dari tim teknik Google. Secara keseluruhan, HP Google Pixel 7 Pro merupakan HP yang bagus untuk digunakan di segmen kelas atas. Tapi masih banyak yang harus ditingkatkan jika dibandingkan dengan hp kelas atas, dari Apple dan Samsung. Keunggulan dari Google Pixel 7 Pro adalah harganya jauh lebih murah!

Bagikan:

Tinggalkan komentar