Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4 – HP Lipat Terbaik di Dunia

Apakah Kamu sering bekerja menggunakan tablet, tapi tidak suka ukurannya yang telalu besar? Kamu juga butuh HP yang rapi tapi ingin layar yang lebih besar? Solusinya kamu harus membeli Samsung Galaxy Z Fold4 ini. Karena HP ini bisa dilipat secara vertikal untuk berubah menjadi hp biasa. Atau perluas untuk langsung berubah menjadi tablet kelas atas yang canggih. Selain itu, HP lipat ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi dan fitur tercanggih terbaru dari pabrikan Samsung. Mari kita review secara detail tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4 di bawah ini. Dan mengetahui apakah HP Rp 24 jutaan ini layak untuk dibeli.

Tentang Samsung Galaxy Z Fold4

Sejak peluncurannya, Galaxy Z Fold4 terus mendapat perhatian pengguna karena desain lipatnya yang fleksibel, performa bertenaga dari Snapdragon 8+ Gen 1, serta kualitas kamera yang telah ditingkatkan dari generasi sebelumnya.

Lantas seberapa kuat konfigurasi Galaxy Z Fold4 di tahun ini? Seberapa fleksibel desain hp lipat dari Galaxy Z Fold4? Apakah Baterai Galaxy Z Fold4 telah ditingkatkan masa pakainya? Apakah Kamera Galaxy Z Fold4 menghasilkan foto yang bagus? Untuk menjwab pertanyaan ini silahkan simak spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4  di bawah ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4

Untuk kamu yang penasaran dengan hp lipat terbaik dari Samsung, kamu bisa simak spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4 di bawah ini :

Performa

  • Prosesor (CPU) : Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm)
  • Grafis (GPU) : Adreno 730
  • Octa-core terdiri dari 1 core x 3.19 GHz Cortex-X2 dan 3 core x2.75 GHz Cortex-A710 dan 4 core x 1.80 GHz Cortex-A510
  • ROM (Memori Internal) : 256GB, 512GB dan 1TB
  • Tipe memori : UFS 3.1
  • RAM : 12GB
  • Memori Eksternal : NO
  • Jumlah SIM Card : 2 Nano SIM 5G

Layar

  • Teknologi Foldable Dynamic AMOLED 2X, cover display berukuran 6,2 inci dan layar utama 7,6 inci
  • Resolusi layar utama 1812 x 2176 pixels dengan 373 density ppi, layar cover 904 x 2316 pixel, rasio aspek 21:9
  • Kecerahan layar 1200 nits dengan refresh rate 120Hz dan HDR10+
  • Pelindung layar : Corning Gorilla Glass Victus+

Konektivitas dan Sensor

  • Bluetooth 5.2
  • Wifi 6e
  • NFC
  • Koneksi USB type C 2.0
  • Fingerprint yang dipasang di samping
  • Gyro
  • Accelerometer
  • Compass
  • Proximity
  • Barometer
  • Bixby
  • Samsung Dex
  • Samsung Pay
  • Ultra Wideband (UWB)

Baterai

  • Kapasitas 4400 mAh
  • Fast Charging 25W dan 15W Wireless

Kamera

  • Kamera Utama  : 50 MP, bukaan f/1.8, (sensor wide), Dual Pixel PDAF, OIS
  • Kamera Ultra Wide : 12 MP, bukaan f/2.2, 123 derjat
  • Kamera Telephoto : 10 MP, bukaan f/2.4. PDAF, OIS, 3x Zoom Optik
  • Kamera depan: 4 MP, bukaan f/1.8, sensor wide, under display
  • Kamera Cover : 10 MP, bukaan f/2.2

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold 4

Selain hanya dari melihat spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4 di atas, untuk lebih meyakinkan kamu untuk membeli HP lipat ini. Kamu wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4, sehingga kamu tahu keunggulan dan kelemahan dari hp lipat Samsung ini dengan lebih baik.

Desain HP Lipat Yang Canggih dan Modern

Desain HP Lipat Yang Canggih dan Modern

Gaya desain Galaxy Z Fold4 terbaru di tahun ini tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Padahal, jika Kamu tidak membedakannya dari warna, maka Kamu pasti akan bingung membedakan versi Fold4 dan Fold3. Jadi dari segi desain dengan pendahulunya tidak berbeda sama sekali. Bahkan kamera tersembunyi dan blok kamera belakang juga desainnya dibuat tidak berubah.

Perasaan genggaman saat HP ini pertama-tama dipegang akan terasa berat dan jauh lebih berat dibandingkan HP pada umumnya. Selain itu, kamu juga akan merasakan hp ini berukuran besar karena saat dilipat mejadi sangat tebal, tetapi saat dibuka akan mejadi tipis tapi sangat lebar. Secara umum memegang Galaxy Z Fold4 di tangan masih terasa sangat enak dan terkesan sangat mewah.

Ketika kita membuka HP layarnya jadi sebesar 7,6 inci yang super besar dan ukuran ini juga tidak jauh berbeda dari pendahulunya. Yang istimewa kita akan melihat titik pucat yang berada di tepi kanan atas. Yaitu tempat dari kamera selfie yang tersembunyi di bawah layar, meski tidak terlihat, tapi tidak memakan ruang tampilan layar hp ini sama sekali.

Layar ini terlipat secara vertikal di bagian tengah dan Kamu tidak akan melihat adanya bekas lipatan saat hp ini dibuka atau ditutup. Inilah yang membuat teknologi layar lipat Samsung sangat mengesankan.

Desain bagian belakang yang HP lipat Samsung ini dilapisi dengan Gorilla Glass Victus +. Dan ini juga dibagi menjadi 2 bagian dengan engsel yang terdapat di sepanjang posisi terlipat. Satu sisi yaitu kaca buram dengan blok kamera yang ditempatkan di sepanjang sisinya. Di sisi lain terdapat layar sekunder, ini akan menjadi layar yang sering Kamu gunakan saat Kamu melipat HP menjadi ukuran hp pada umumnya.

Pada layar sekunder ini terdapat tambahan kamera selfie, tetapi kamera depannya tidak tersembunyi di bawah layar. Kamera selfie ini terletak di lubang mikro yang tidak akan mempengaruhi pengalaman penggunaan layar dan menghasilkan gambar yang bagus.

Baca juga : Samsung Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold, Hape Lipat Terbaik?

Layar Lebar Dengan panel Dynamic AMOLED 2X dan Refresh 120 HZ

Layar Lebar Dengan panel Dynamic AMOLED 2X dan Refresh 120 HZ

Pada layar sekunder kamu akan mempunyai layar dengan panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,2 inci. Layar ini mungkin sedikit lebih kecil dibandingkan model hp yang ada saat ini di pasaran. Hal ini wajar karena ketika ukurannya lebih lebar maka akan sulit untuk meregangkannya lebih lebar. Karena akan membuat layar terlalu besar ketika dibuka.

Layar sekundernya ini masih mempunyai kecepatan refresh 120Hz untuk menghadirkan pengalaman yang sangat mulus. Namun resolusinya belum mencapai FHD, karena menggunakan resolusi hanya 904 x 2316 piksel.

Layar cover ini terbagi menjadi rasio 23,1:9 sehingga cukup tinggi dan membuatnya tidak terlalu lebar. Tapi Kamu tetap bisa melakukan semua aktivitas dengan normal menggunakan layar ini. Ketika Kamu melipatnya, kamu akan menggunakan hp ini seperti hp pada umumnya, tidak ada perbedaan sama sekali.

Saat membuka hp lipat ini kita akan mendapatkan layar AMOLED Dinamis 2X dengan ukuran 7,6 inci. Tampilan layar utama yang sangat bagus dan Kamu akan mempunyai pengalaman menggunakan tablet di sebuah. Saat HP ini kamu buka makan akan menjadi tablet, Kamu akan melihat betapa kerennya hp lipat ini. Secara khusus, HP Galaxy Z Fold4 ini juga support S-Pen seperti Galaxy S22 Ultra .

Resolusi layar sudah 3K (1812 x 2176 piksel) dan saat ini tidak ada layar HP yang bisa menyediakannya resolusi seperti ini. Ditambah lagi layar hp lipat ini juga mendukung HDR10+ untuk menghasilkan kualitas tampilan yang lebih baik.

Ada juga kemampuan refresh rate 120Hz yang menghasilkan pengoperasian layar yang smooth yang tidak kalah dengan flagship pesaing. Kecerahan layar maksimum dalam mode otomatis bisa mencapai 1200 nits. Dengan begitu Kamu akan bisa sepenuhnya menggunakan HP di bawah sinar matahari langsung.

Bagian atas layar ini terdapat pelindung layar pra-perekat. Sebaiknya kamu jangan sembarangan menghapusnya dan menggantinya dengan stiker baru. Karena pelindung ini sudah yang terbaik untuk digunakan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G – HP Dengan Desain dan Layar Indah

Samsung Galaxy Z Fold4 dibekali Performa Kuat dari Snapdragon 8+ Gen 1

Samsung Galaxy Z Fold4 dibekali Performa Kuat dari Snapdragon 8+ Gen 1

HP Samsung Galaxy Z Fold4 berjalan pada prosesor terbaru Qualcomm yaitu Snapdragon 8+ Gen 1. Tidak banyak yang bisa dikatakan tentang chip ini karena ini adalah chipset terbaik di dunia untuk HP Android. Maka Kamu akan dijamin lancar menangani semua tugas pekerjaan serta hiburan sehari-hari saat menggunakan hp ini.

Apalagi dipadukan dengan RAM 12 GB di semua versi, seberat apa pun aplikasi yang dijalankan akan berjalan lancar. Selain itu, Kamu bisa melakukan banyak tugas sekaligus dengan banyak aplikasi berjalan bersama-sama. Beralih di antara aplikasi atau membukanya bersamaan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Baik itu multi-core atau single-core, Galaxy Z Fold4 kami tetap yang terdepan dalam kinerjanya. Meski masih sedikit kalah dengan produk Apple keluaran terbaru. Namun hp ini masih jauh di atas pesaing Flagship android tahun ini. Oppo find N tahun lalu tertinggal cukup jauh walaupun masih sama menggunakan desain lipat mirip denga Galaxy Z Fold4.

Performa grafis HP Galaxy Z Fold4 juga luar biasa. Dengan mengusung layar besar dan beresolusi tinggi, membuat hp ini kalah sedikit dibandingkan Samsung Galaxy S22 Ultra dan tetapi masih dibandingkan iPhone 13 Pro Max.

Performa secara keseluruhan Galaxy Z Fold4 memiliki kinerja dan performa sangat baik. Tetapi sebenarnya hp ini lebih cocok untuk pekerjaan, karena desain mirip dengan seri Note atau tablet kelas atas. Kamu tentu saja bisa bermain game dengan HP Galaxy Z Fold4, berkat prosesor yang kuat dan tampilan grafis yang bagus.

Bermain game dengan layar besar seperti ini pastinya sangat merepotkan pengoperasiannya, jadi akan susah dalam memainkan game. Jadi bisa dikatakan HP ini lebih bagus untuk menonton film atau menjelajahi menjadi sosial.

Baca juga : Perbedaan Oppo Find N dan Samsung Galaxy Z Fold 3, Ini yang Terbaik?

Kamera Samsung Galaxy Z Fold4 50 MP Menghasilkan Kualitas Fotografi Terbaik

Kamera Samsung Galaxy Z Fold4 50 MP Menghasilkan Kualitas Fotografi Terbaik

Meski dari luar, nampaknya hanya memiliki set 3 kamera belakang tidak mengalami perubahan dibandingkan pendahulunya Galazy Z Fold3. Tetapi, ada sedikit perubahan pada kameranya. Kamera utama dari 12MP berukuran 1.8µm, diupgrade menjadi menggunakan sensor 50MP dengan ukuran lebih kecil 1.0µm.

  • Kamera utama memiliki resolusi 50MP dengan OIS optical image stabilization dan dilengkapi dengan dual autofocus
  • Kamera ultra wide menggunakan resolusi 12MP dengan bidang pandang 123 derajat tanpa fokus otomatis
  • Kamera telefoto memiliki resolusi 10MP mampu 3x optical zoom. Zoom gabungan maksimum bisa mencapai 30x zoom, jika merekam video bisa diperbesar hingga 12x
  • Kamera selfie tersembunyi di bawah layar menggunakan resolusi 4MP dengan ukuran sensor 2,0µm
  • Kamera selfie di layar sekunder memiliki resolusi 10MP mempunyai sensor lebih kecil hanya 1,22µm

Kamera utama

Anda bisa menggunakan kamera utama untuk memotret dalam kondisi siang hari dengan langit yang sangat indah, sehingga kamera utama bisa menghasilkan foto yang bagus. Foto langit dihasilkan luar biasa jernih, awannya detail dan sesuai dengan warna aslinya. Hasil gambar akan memberikan detailnya memadai, ketajamannya sedang, jernih, dan warna dihasilkan sangat akurat. Selain itu kontras dihasilkan bagus, rentang dinamisnya lebar, dan yang terpenting secara keseluruhan hasil foto siang hari sangat bagus.

Mengambil foto malam dengan kamera utama menjadi sangatlah mudah berkat adanya mode malam. Mode malam kamera Galaxy Z Fold4 ini tidak meningkatkan eksposur terlalu banyak, tetapi membedakan highlight dan darks dengan sangat baik, detailnya penuh, warnanya seindah apa yang kita lihat dimata.

Kamera Potret

Kamu juga bisa memotret dengan kamera utama dan dukungan AI bokeh. Dengan teknologi ini tentu saja kameranya jadi mengenali subjek secara akurat dan memproses gambar dengan sangat cepat. Deteksi tepinya bagus, subjek dideteksi dengan akurat, dan efek blur latar belakangnya sangat alami.

Kamera Ultrawide

Hasil dari kamera ultra-wide-nya juga tidak kalah dengan kamera utamanya. Hasil kamera ultra wide ini mempunyai kesamaan dalam warna, kontras, dan ketajaman. Namun tingkat detailnya akan sedikit lebih rendah karena resolusi sensor yang dimiliki kamera ini juga lebih rendah. Tetapi kamera ultra wide ini telah mempunyai kemampuan mengoreksi distorsi secara akurat, bingkai lebih besar dan lebih indah.

Mode malam juga bisa digunakan di kamera ultrawide. Mode malam di ultrawide ini akan membantu Kamu mengambil foto yang bagus dan memanfaatkannya dengan baik saat memotret di malam hari dengan bantuan AI.

Kamera telephoto

Kamu juga bisa mendapatkan kamera telefoto berkemampuan zoom optik 3x dengan kualitas sangat baik. Kamera telephoto di juga support OIS, menghasilkan warna dan ketajamannya luar biasa. Khususnya, di kamera telephoto ni Kamu bisa memotret hybrid zoom hingga 30x.

Pada zoom 1x Kamu akan mendapatkan hasil foto dengan kualitas gambar yang sama dengan kamera utama. Mungkin tidak sedetail kamera utama, tapi warna, ketajaman, dan kontrasnya semuanya dihasilkan dengan luar biasa. Tentu saja Kamu bisa membidik hybrid zoom untuk lebih dekat ke subjek foto. Namun semakin besar zoom, maka akan semakin rendah kualitas gambar dihasilkannya. Namun, meskipun Kamu memperbesar hingga 30x, Kamu masih bisa melihat detail dasar.

Kamera depan

Kamu akan mempunyai 2 kamera selfie untuk bisa mengambil foto selfie. Satu kamera selfie tersembunyi di bawah layarnya yang besar, yang satunya terletak di lubang punch di layar sekunder. Secara keseluruhan, kualitas foto selfie masih sangat bagus. Namun akan ada sedikit perbedaan jika dibandingkan kedua gambar kamera selfie ini.

Karena memiliki resolusi yang lebih kecil, Kamu akan mendapatkan hasil foto yang kurang detail dan warna yang sedikit lebih gelap dari kamera selfie tersembunyi. Sebaliknya, kamera selfie dari layar sekunder bisa menangkap gambar dengan sangat baik dan warnanya juga lebih bagus dibandingkan kamera tersembunyi di bawah layar.

Perekaman Video

Meskipun menjadi unggulan paling kuat tahun ini dari Samsung, Galaxy Z Fold4 tidak bisa merekam video resolusi 8K. Tentu ini tidak terlalu penting karena layar Galaxy Z Fold4 belum bisa menonton video 8K.

Dengan menggunakan Galaxy Z Fold4 kamu sudah bisa merekam video 4K berkualitas tinggi. Kualitas video 4K sangat bagus dan halus saat kecepatan bingkai mencapai maksimum dihasilkan 60fps. Selain itu, Kamu juga bisa merekam slow motion pada 960fps saat memilih merekam video dengan resolusi 720p.

Yang istimewa dari HP Galaxy Z Fold4 yaitu Kamu bisa melakukan video call dari kamera apa pun. Kamu bisa menggunakan hp ini tanpa dipegang saat melakukan video call karena hp ini bisa dibuat dudukan sendiri dan dudukan miring di atas meja. Kamu bahkan bisa memutar ke belakang dan menggunakan kamera utama untuk melakukan video call berkualitas lebih tinggi.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4

Selain kelebihan yang dijelaskan di atas, ada juga kekurangan Galaxy Z Fold4 yaitu :

Kapasitas Baterai Kecil

Dibanding pendahulunya Galaxy Z Fold4 masih menggunakan kapasitas baterai 4400 mAh, jadi kapasitas baterai tidak ada perubahan yang signifikan di tahun ini. Selain itu kapasitas fast charging di hp ini juga hanya 25W. Sehingga waktu pengisian daya baterai tidak terlalu cepat dibandingkan hp flagship lainnya.

Harganya Sangat Mahal

Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4 adalah harganya yang masih sangat mahal, dimana untuk versi terendah RAM 12GB dan Internal 258GB dijual dengan harga Rp 24,9 juta. Sedangkan varian internal 512GB dan RAM12GB Rp 26,9 juta.

Masih Tebal dan Berat

Desain dari Samsung Galaxy Z Fold4 masih tebal dan berat sehingga cukup merepotkan untuk dibawa-bawa. Ketika membawanya kamu harus memasukannya ke dalam tas berukuran sedang agar mudah dibawa.

Tidak Termasuk Kelapa Charger Saat Membelinya

Samsung Galaxy Z Fold4 bisa menggunakan Fast Charging 25W kabel dan 15W Wireless, tetapi Samsung tidak memasukanya di dalam kotak penjualan hp in. Sehingga ketika membeli hp ini kamu harus membeli charger Fast Charging 25W atau charger 15W Wireless secara terpisah.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan dari kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4, bahwa hp ini adalah hp lipat terbaik dan tercanggih yang ada saat ini. Kamu bisa memiliki Samsung Galaxy Z Fold4 dengan keunggulan fitur dan performa yang terbaik. Tetapi untuk bisa mendapatkan hp Samsung Galaxy Z Fold4, kamu harus siap merogoh kantong karena harganya mulai dari Rp 24 juta, itu belum termasuk kamu harus membeli Charger yang dijual terpisah.

Bagikan:

Tinggalkan komentar