Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G – HP Dengan Desain dan Layar Indah

Maret 2022 yang lalu, Samsung telah menghadirkan produk hp terhebat di kelas menengah. HP tersebut yaitu Samsung Galaxy A53 5G yang dibekali dengan chip Exynos 1280 (5 nm) yang kuat untuk kisaran harga Rp 5 jutaan. Lalu fitur dan spesifikasi apa saja yang dimiliki HP Samsung Galaxy A53 5G ini? Apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A53 5G? Mari kita review lengkap tentang Samsung Galaxy A53 5G di bawah ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G

Ketika kamu tertarik membeli HP Samsung Galaxy A53 5G, ada baiknya kamu harus mengetahui spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G lengkap di bawah ini!

Performa

  • Prosesor : Exynos 1280 (5 nm)
  • GPU : Mali-G68
  • CPU : Octa-core terdiri dari 2 core x 2.4 GHz Cortex-A78 dan 6 core x 2.0 GHz Cortex-A55
  • ROM (Memori Internal) : 128GB dan 256GB
  • RAM : 4GB, 6GB dan 8GB
  • Jumlah SIM Card : 2 Nano SIM 5G

Layar

  • Panel Super AMOLED berukuran 6,5 inci
  • Refresh rate 120Hz dengan kecerahan layar hingga 800 nits
  • Resolusi 1080×2400 piksel dengan rasio aspek 20:9 (density 405 ppi)

Konektivitas dan Sensor

  • Fingerprint dipasang dibawah layar
  • Bluetooth 5.1
  • Wifi
  • USB Type-C 2.0
  • NFC
  • Accelerometer
  • Virtual Proximity Sensing
  • Barometer
  • Kompas
  • Gyro

Baterai

  • Kapasitas 5000 mAh
  • Fast Charging 25W

Kamera

  • Kamera Utama : 64 MP, F/1.8 (wide), PDAF, OIS
  • Kamera Depth : 5 MP, f/2.4
  • Kamera Makro : 5 MP, f/2.4
  • Kamera depan: 32 MP, f/2.2 (wide), HDR

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

Dari spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G yang telah dijelaskan di atas, bisa dikatakan hp Samsung kelas menengah ini memiliki spesifikasi yang mengesankan. Tetapi apakah hp Samsung Rp 5 jutaan ini layak dibeli? Kamu bisa menemukan jawabannya setelah membaca kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A53 5G di bawah ini!

Kelebihan Samsung Galaxy A53 5G

Jika kamu membeli HP Samsung satu ini dengan harga mulai dari Rp 5 jutaan, kamu bisa mendapatkan kelebihan Samsung Galaxy A53 5G berikut :

Samsung Galaxy A53 5G Memiliki Desain Indah Dengan Fitur Tahan Air IP67

Samsung Galaxy A53 5G Memiliki Desain Indah Dengan Fitur Tahan Air IP67

Gaya desain Samsung Galaxy A53 5G ini sangat konsisten dengan gaya khas Samsung beberapa tahun belakangan ini. Desain terbaik HP didapatkan dari bagian belakang menggunakan kaca buram dan sudah memiliki fitur tahan air IP67. Sertifikasi standar tahan air IP67 juga bisa menemukan fitur ini di Samsung Galaxy A33.

Desain bagian depan hp ini menggunakan layar besar yang memakan sebagian besar ruang bagian depan. Tapi Kamu masih bisa melihat batas layar di keempat sisinya yang sangat tipis, yang dimana desain ini termasuk terbaik di hp kelas mid-range saat ini. Di bagian layar ini juga terdapat lubang kecil untuk menempatkan kamera selfie.

Bagian belakang dan depan Samsung Galaxy A53 5G telah dilindungi menggunakan Corning Gorilla Glass 5. Selain itu, bagian belakang Galaxy A53 5G ini juga memiliki lapisan matte untuk menghadirkan pegangan yang halus dan nyaman. Ada banyak versi warna yang bisa dipilih di Samsung Galaxy A53 5G yaitu varian warna Hitam, putih, biru, dan peach. Dan yang saya lebih suka dengan warna peach yang halus atau warna biru yang menghasilkan refleksi yang menarik saat dilihat dari sudut pandang berbeda.

Desain yang tampak menonjol dibagian belakang Samsung Galaxy A53 5G adalah ada cluster kameranya. Dimana bagian cluster kamera ini dibuat sedikit menonjol dari cover belakang dan mempunyai kemiringan tertentu yang halus.

Desain bodi terbuat dari bahan plastik, tetapi dengan adanya lapisan mengkilap membuat bagian belakang ini terlihat luar biasa. Selain itu, keunggulan dari menggunakan bahan pastik pada bodinya, membuat hp Samsung ini jadi lebih ringan. Bodi Galaxy A53 5G masih memiliki ketebalan 8,1 mm seperti pendahulunya. Dan bobotnya sekarang hanya 189 gram, sehingga sangat ringan dipegang menggunakan satu tangan.

Port koneksi dan tombol kontrol Samsung Galaxy A53 5G masih ada di bodi hp ini. Tetapi kamu tidak akan menemukan jack audio 3,5mm.

Layar Super AMOLED Dengan Refresh Rate 120 Hz

Layar Super AMOLED Dengan Refresh Rate 120 Hz

Kelebihan Samsung Galaxy A53 5G juga didapatkan dari layarnya. Karena Samsung Galaxy A53 5G telah menggunakan panel Super AMOLED dengan ukuran 6,5 inci, dan sudah memiliki resolusi FullHD + (1080 x 2400 piksel). Layar HP Samsung ini juga cukup panjang dengan menggunakan aspek rasio 20:9 dan kerapatan piksel 405ppi

Dengan kualitas Layar Super AMOLED ini, maka kamu tidak perlu lagi menanyakan kulitas tampilan layarnya. Jika Kamu menyesuaikan cahaya layar secara manual, kecerahan maksimum hanya cukup untuk digunakan dalam ruangan dengan kecerahan maksimal 427 nits. Namun pengaturan kecerahan otomatisnya bisa mencapai 830 nits. Sehingga layar Galaxy A53 5G ini sangat nyaman digunakan di bawah terik matahari. Kecerahan minimum yang bisa dicapai di HP Samsung ini yaitu 1,9 nits. Dimana kecerahan layar ini cocok untuk Kamu gunakan saat di malam hari dengan nyaman agar layar tidak silau.

Ada dukungan untuk kecepatan refresh layar hingga 120Hz membuat pengoperasian layar jadi lebih smooth dan mulus. Tetapi sayangnya Samsung tidak membekali mode pengalihan otomatis. Ketika Kamu memilih mode tinggi 120Hz, maka layar akan selalu berjalan di 120Hz. Sehingga dengan refresh rate tinggi ini baterai hp jadi lebih boros dan cepat habis.

Sensor sidik jari juga telah terintegrasi di bawah layar, namun sensornya bukan sensor ultrasonik seperti yang digunakan di Samsung Galaxy S22 series. Sensor sidik jari optik di bawah layar ini bekerja secara akurat, cepat, dan memiliki keamanan tinggi. Kamu hanya perlu menyentuh layar hp yang terkunci dengan ringan, maka sensor akan muncul dan sentuh lagi untuk membuka layar kunci.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04s – HP Pelajar dan Gen Z

Performa dan Kinerja Tangguh Samsung Galaxy A53 5G Berasal dari Exynos 1280

Performa dan Kinerja Tangguh Berasal dari Exynos 1280

HP Samsung Galaxy A53 5G telah menggunakan prosesor Exynos 1280 terbaru dari Samsung. Chipset ini akan menggantikan Snapdragon 778 yang digunakan pendahulunya Samsung Galaxy A52s. Exynos 1280 merupakan prosesor yang diproses pada 5nm paling kuat dibandingkan prosesor 4nm.

Versi memori Samsung Galaxy A53 5G terdiri dari: Internal 128GB dan RAM 4GB, RAM 6GB dan Internal 128GB, Internal 128GB dan RAM 8GB, Internal 256GB dan RAM 6GB, Internal 256GB dan RAM 8GB. Versi RAM 4GB merupakan varian yang paling murah, namun masih cukup baik untuk memenuhi kebutuhan multitasking yang rendah.

Sedangkan untuk versi lainnya, akan memberikan tenaga multitasking yang lebih baik. Bahkan varian RAM 8GB dan ROM 256GB akan memungkinkan Kamu melakukan banyak tugas multitasking, bermain game lebih lancar, dan menyimpan lebih banyak file foto, video, aplikasi dan game.

Melalui ulasan benchmark GeekBench, Kamu akan melihat beberapa poin penting dari Samsung Galaxy A53 5G. Terutama, skor multi-core Exynos 1280 yang digunakan Galaxy A53 5G lebih rendah dari Snapdragon 695 5G. Meskipun kecepatan clock lebih rendah, tetapi menghasilkan skor yang lebih tinggi di pengujian multi-core.

Dalam hal singe core, Exynos 1280 telah mengungguli Snapdragon 695 5G yang digunakan di HP seperti Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G,  Poco X4 Pro 5G ataupun Realme 9 Pro.

GPU Mali-G68 di Exynos 1280 bisa dikatakan cukup baik, tetapi juga memiliki penurunan yang signifikan dibandingkan dengan GPU Adreno 642L yang digunakan di Samsung Galaxy A52s 5G. Dalam pengujuan  kinerja GPU, Galaxy A53 5G jauh lebih rendah dibandingkan pendahulunya Galaxy A52s.

Melihat performa keseluruhan di Antutu 8, kamu bisa mengetahui performa Samsung Galaxy A53 5G. Skor dihasilkan masih jauh tertinggal dibandingkan pendahulunya Galaxy A52s 5G. Chipset ini hanya setara dengan Snapdragon 695 yang digunakan Redmi Note 11 Pro 5G dan Poco X4 pro 5G.

Samsung Galaxy A53 5G Dengan Kamera 64MP dengan Dukungan OIS Yang Stabil

Kamera 64MP dengan Dukungan OIS Yang Stabil

Samsung galaxy A53 5G menggunakan 4 kamera, 3 kamera belakang dan 1 kamera selfie. Kualitas gambar yang dihasilkan HP Samsung ini harus dikatakan sangat baik dalam kisaran harga Rp 5 jutaan. Apalagi Galaxy A53 5G telah memiliki dukungan OIS pada kamera utama untuk menghasilkan stabilisasi gambar optik. Sehingga hp Samsung ini akan memberi Kamu gambar yang lebih tajam, warna yang lebih baik, dan tidak ada hasil foto blur yang disebabkan oleh goyangan.

Kamera yang ada di Samsung Galaxy A53 5G ini sebenarnya tidak mempunyai peningkatan jika dibandingkan pendahulunya. Ini sebenarnya sangat disayangkan tetapi hal ini masih bisa diterima karena hasil foto masih bagus.

Kamera Utama

Kamera Utama Samsung Galaxy A53 5G
Sumber Gambar : https://www.instagram.com/doranbrian_83/

Kamera utama 64MP di Galaxy A53 5G akan menghasilkan gambar default 16MP dengan kualitas baik. Foto yang dihasilkan akan mempunyai warna yang bagus, detail dan sedikit terlalu jenuh. Noise di area warna solid adalah salah satu kelemahan yang didapatkan di pendahulunya, tetapi di Galaxy A53 5G Samsung telah memperbaiki kelemahan ini.

Kamera Mode 64MP

Kamera Mode 64MP Samsung Galaxy A53 5G
Sumber Gambar : https://www.instagram.com/acscheibnerphotography/

Kamu juga bisa mengambil foto dengan resolusi 64MP, tetapi kualitasnya bisa dikatakan tidak jauh lebih baik. Dan tentunya filenya akan sangat besar sehingga akan memenuhi ruang penyimpanan. Meski tidak memiliki kamera telefoto, Kamu masih bisa melakukan zoom 2x secara digital dari kamera utamanya. Kualitas gambar kamera utama Galaxy A53 5G secara keseluruhan bagus untuk kisaran harga 5 jutaan.

Kamera Ultra Wide

Kamera Ultra Wide Samsung Galaxy A53 5G
Sumber Gambar : https://www.instagram.com/saad.kazi34/

Kamera ultra wide Galaxy A53 5G ini akan memberikan hasil foto yang bagus dengan sudut pemotretan hingga 123 derajat. Meski hasilnya masih ada sedikit noise, dengan resolusi rendah hasilnya tidak terlalu buruk. Ada poin positif utama yang menjadi kelebihan kamera ini, yaitu hasil foto mempunyai warna yang lebih alami dibandingkan kamera utama.

Kamera Mode Potret

Kamera Mode Potret Samsung Galaxy A53 5G
Sumber Gambar : https://www.instagram.com/proud.penatow/

Pengguna juga bisa menangkap foto mode potret dari kamera utama yang dikombinasikan dengan kamera depth 5MP. Kamu ketika menggunakan mode Potret akan mendapatkan potret yang bagus. Subjeknya diseleksi dengan detail, tone colornya menyenangkan dan latar belakangnya dipisahkan dengan sangat baik.

Kamera Makro

Kamera Makro Samsung Galaxy A53 5G
Sumber Gambar : https://www.instagram.com/gimhyangsug6900/

Kamu juga bisa mengambil foto makro yang indah dengan kamera 5MP dari Samsung Galaxy A53 5G. Tetapi kamera makro hanya mempunyai fokus tetap, sehingga Kamu harus bersabar untuk mendapatkan fokus objek yang lebih baik. Gambar yang dihasilkan kamera makro mempunyai banyak detail dan warna yang sangat bagus.

Kamera Depan

Kamera Depan Selfie Samsung Galaxy A53 5G
Sumber Gambar : https://www.instagram.com/itsvickyhalder/

Secara keseluruhan, kualitas foto selfie dari Samsung Galaxy A53 5G sangat baik. Foto selfie hp ini akan mempunyai banyak detail dan tidak ada noise. Kamera selfie ini juga memiliki fitur beauty dengan mode FUN untuk kamu yang suka berfoto selfie dan berkreasi.

Di kamera depan ini kamu bisa menghasilkan foto mode potret yang bagus meskipun tidak ada sensor depth di kamera depannya. Foto subjek masih diseleksi dengan bagus dan dipercantik dengan lembut, serta efek bokeh dihasilkan cukup akurat.

Perekaman Video

Samsung Galaxy A53 5G bisa kamu gunakan untuk merekam video hingga 4K pada 30 fps. Fitur ini berlaku di kamera utama dan ultra wide. Rekaman video akan disimpan dalam format h.264 dengan jenis video AVC sekitar 48 Mbps.

Kualitas video dari kamera utama Samsung Galaxy A53 5G bisa dikatakan sangat bagus. Detail sangat bagus dan tidak ada noise yang dihasilkan, serta memiliki rentang dinamis yang cukup lebar. Warna dihasilkan agak terlalu jenuh, seperti pada foto di kamera utama. Tapi menurut saya ini juga merupakan poin yang bagus. Kamu juga bisa merekam video yang dizoom pada 2x zoom.

Kamera ultra wide bisa merekam video 4K, tetapi dibandingkan dengan kamera utama, kamera ultra wide masih menyisakan lebih banyak noise.

Dibekali Baterai Awet dengan Fast Charging 25W

Dibekali Baterai Awet dengan Fast Charging 25W

Samsung Galaxy A53 5G dilengkapi dengan baterai 5000mAh, yang tidak sedikit lebih besar dibandingkan pendahulunya yang hanya mengunakan kapasitas 4500mAh. Baterai 5000 mAh di HP samsung ini cukup untuk Kamu gunakan dengan nyaman seharian. Jika Kamu ingin menggunakan sering untuk bermain game, kamu tetapi harus mengisi baterai beberapa kali agar bisa digunakan segarian.

Pengisi daya HP Samsung Galaxy A53 5G ini menggunakan fast charging 25W. Kemampuan fast charging ini bisa dikatakan sudah cukup besar. Tetapi sayangnya di harga Rp 5 jutaan, ada banyak pesaing merek lainnya yang menggunakan fast charging dengan kapasitas lebih besar hingga 33W, 44W bahkan ada yang 120W yang digunakan di Redmi Note 12 Pro Plus.

Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

Setelah kamu mendapatkan informasi lengkap tentang kelebihan Samsung Galaxy A53 5G di atas. Sekarang kamu harus mengetahui kekurangan Samsung Galaxy A53 5G, seperti :

Harga Terlalu Mahal Dibanding Pesaing Dengan Fitur Sama

Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G pertama adalah hp ini bisa dikatakan terlalu mahal dibandingkan pesaing dengan fitur yang sama. Dengan fitur yang sama dan harga lebih murah kamu bisa dapatkan di HP Redmi Note 10 Pro Plus, OPPO Reno9 atau Realme 10 Pro+.

Tidak Ada Kepala Charger 25W Yang Disertakan di Dalam Kotak

Ketika kamu membeli Samsung Galaxy A53 5G sayangnya Samsung sudah tidak membekali charger 25W di dalamnya. Sehingga kamu harus membeli charger 25W ini secara terpisah, dan jadi lebih boros pengeluaran.

Jack audio 3,5mm tidak dilengkapi

Karena Samsung Galaxy A53 5G menerapkan standar anti air IP67, sehingga Samsung harus menghilangkan jack audio 3,5mm. Sehingga kamu sadah tidak bisa menggunakan headset audio 3,5mm.

Tidak mendukung Wi-Fi 6

Sayangnya Samsung Galaxy A53 5G juga tidak dibekali dengan konektivitas wi-fi 6. Dimana di harga Rp 5 jutaan, pesaing merek lain sudah ada yang menggunakan Wi-fi 6, seperti HP Reno 9 atau Realme 10 Pro.

Chipset Exynos 1280 Masih Kalah Dengan Snapdragon 778G

Walaupun Samsung Galaxy A53 5G telah menggunakan chipset Exynos 1280 yang lebih baru dari Samsung. Sayangnya kinerja dari chipset Exynos 1280 masih kalah dengan Snapdragon 778G yang digunakan di OPPO A96.

Baca juga : 6 Daftar HP Snapdragon 778G Terbaik 2022

Kesimpulan

Kesimpulannya berdasarkan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A53 5G di atas. Samsung Galaxy A53 5G adalah hp kelas menengah dari Samsung yang dijual mulai dari Rp 5 jutaan dengan memiliki spesifikasi yang tinggi. Kamu bisa mendapatkan hp dengan desain bagus, layar indah, dan fotografi yang mengesankan. Tetapi Samsung Galaxy A53 5G bukanlah hp yang terbaik untuk kamu yang ingin mencari hp untuk gaming. Karena prosesor dari Samsung yaitu Exynos 1280 masih memiliki performa kurang unggul dibandingkan Snapdragon 778G.

Bagikan:

Tinggalkan komentar