Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T – HP Dimensity 1200 Dengan Kamera 108MP

Pada bulan September 2021, Xiaomi meluncurkan dua smartphone baru di dalam Mi 11 series, yaitu Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro. Ini bisa dibilang sebagai versi upgrade dari pendahulunya Mi 10T dan Mi 10T Pro, yang hadir dengan serangkaian peningkatan pada spesifikasi dan desainnya, tetapi tetap mempunyai harga yang sangat terjangkau di segmen hp kelas atas. Lalu bagaimana kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T di tahun ini apakah masih layak untuk dibeli?

Tentang Xiaomi 11T

Meskipun Xiaomi 11T 5G telah dirilis lebih dari 1 tahun yang lalu, saya masih menemukan smartphone Xiaomi ini masih sangat bagus untuk digunakan saat ini. Selain desainnya yang cantik, konfigurasi Xiaomi 11T 5G masih sangat baik berkat dibekali dengan chip Dimensity 1200.

Selain itu, Xiaomi juga membekali hp ini dengan kamera 108MP , baterai 5000 mAh dengan fast charging 67W, dan menggunakan layar AMOLED 120Hz. Apalagi saat ini harga Xiaomi 11T hanya 4 jutaan saja, ini merupakan harga yang bisa dikatakan sangat terjangkau dibandingkan dengan apa yang dimiliki oleh hp satu ini.

Namun, masih ada beberapa poin yang tidak boleh Kamu harapkan terlalu banyak dari Xiaomi 11T seperti kualitas kameranya. Bukan karena kualitas kamera Xiaomi 11T hasil foto terlalu buruk, tetapi karena parameternya yang 108MP.

Fitur yang diiklankan Xiaomi membuat kita terkadang berharap terlalu banyak, tetapi kenyataannya tidak seperti apa yang diiklankan. Apalagi hp ini merupakan HP yang harganya sekitar Rp 4 jutaan, kami hampir tidak bisa mengharapkan kualitas kameranya sehebat produk kelas atas atau flagship sebenarnya.

Jadi untuk lebih meyakinkan kamu apakah hp Xiaomi ini layak dibeli, kamu harus mengetahui spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T dibawah ini!

Spesifikasi Xiaomi 11T

Secara data spesifikasi Xiaomi 11T yang diberikan oleh pabrikan Xiaomi adalah sebagai berikut :

Performa

  • Prosesor (CPU) : Mediatek Dimensity 1200 (6 nm)
  • Grafis (GPU) : Mali-G77 MC9
  • Octa-core 1 core x 0 GHz Cortex-A78, 3 Core x 2.6 GHz Cortex-A78 dan 4 core x 2.0 GHz Cortex-A55
  • ROM (Memori Internal) : 128GB atau 2568GB
  • Tipe memori : UFS 3.1
  • RAM : 8GB
  • Memori Eksternal : no
  • Jumlah SIM Card : 2 Nano SIM 5G

Layar

  • Teknologi AMOLED berukuran 6,67 inci
  • Resolusi FHD+ 1080 x 2400 piksel, rasio aspek 20:9 (density 400 ppi)
  • Kecerahan layar 1000 nits dengan refresh rate 120Hz dan HDR10+
  • Pelindung layar : Corning Gorilla Glass Victus

Konektivitas dan Sensor

  • Wifi 6
  • Bluetooth 5.2
  • NFC
  • Fingerprint yang dipasang di samping
  • Koneksi USB type C 2.0
  • Gyro
  • Accelerometer
  • Compass
  • Proximity

Baterai

  • Kapasitas 5000 mAh
  • Fast Charging 67W

Kamera

  • Kamera Utama  : 108 MP, bukaan f/1.8, (sensor wide), PDAF
  • Kamera Ultra Wide : 8 MP, bukaan f/2.2, 120 derjat
  • Kamera Telepoto Makro : 5 MP, bukaan f/2.4
  • Kamera depan: 16 MP, bukaan f/2.5, (sensor wide)

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T

Setelah kamu membaca spesifikasi Xiaomi 11T, kamu pastinya bisa melihat hp Xiaomi ini cukup unggul dan memiliki spesifikasi yang tinggi. Tetapi apakah benar dengan spesifikasi tersebut, hp Xiaomi 11T layak untuk dibeli? Untuk menjawabnya kamu perlu membaca informasi tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T.

Kelebihan Xiaomi 11T

Berikut ini adalah kelebihan Xiaomi 11T yang bisa kamu ketahui untuk meyakinkan bahwa hp Xiaomi ini masih layak di beli di tahun ini.

Performa Xiaomi 11T 5G Masih Sngat Baik Berkat Chip 1200 Dimensity

Performa Masih Sngat Baik Berkat Chip 1200 Dimensity

Di masa lalu, banyak pengguna yang selalu berpikir bahwa chip MediaTek tidak akan sebagus chip Snapdragon. Karena tidak kompatibel dengan game hd dan aplikasi berat serta lebih cepat panas dibandingkan chip snapdragon di segmen yang sama.

Namun, itu hanyalah masa lalu, dan saat ini chip yang dibuat oleh MediaTek telah benar-benar berubah dan telah mendapat banyak ulasan positif dari pengguna.

Selain itu, faktanya sekarang chip teratas dari Qualcomm menyebabkan panas berlebih yang memengaruhi kinerja dan menjadi masalah yang menyebabkan banyak tidak nyaman menggunakan chip snapdragon. Itulah mengapa menurut saya chip Dimensity 1200 masih akan menjadi pilihan yang jauh lebih optimal untuk digunakan hingga saat ini. Agar Kamu lebih mudah memvisualisasikan performa dari Xiaomi 11T 5G, maka kamu harus mengetahui performa chipset ini berdadasarkan skor kinerjanya.

Pada pengujuan kinerja yang dilakukan di aplikasi GeekBench 5, Xiaomi 11T pada single-core menghasilkan 813 dan pengujuan multi-core menghasilkan skor 2.891. Sedangkan dalam pengujian PCMark, Xiami 11T memiliki skor 11.984 poin.

Meski diluncurkan 1 tahun yang lalu, berkat dibekali chip tercanggih dari MediaTek, Xiaomi 11T 5G tetap memberikan hasil kinerja yang sangat baik sampai saat ini. Angka hasil pengujian ini bahkan sedikit lebih tinggi dibandingkan hp yang dilengkapi chip Snapdragon 870. Secara umum, performa Xiaomi 11T 5G tetap memenuhi semua kebutuhan penggunaan sehari-hari mulai dari bekerja hingga menikmati hiburan.

Selanjutnya, pengujian dilakukan di aplikasi Wild Life Extreme. Dalam pengujian ini, Xiaomi 11T 5G memberikan skor total 1.287 dan rata-rata frame rate dihasilkan 7,70 FPS.

Secara umum, berdasarkan skor kinerja yang dicapai Xiaomi 11T 5G dalam pengujian di atas semuanya baik dan bahkan sedikit lebih baik dibandingkan beberapa pesaing lainnya yang ada dipasaran!

Performa Xiaomi 11T Untuk Bermain Game Stabil

Ketika menggunakan Xiaomi 11T 5G untuk merasakan pengalaman bermain game di beberapa game populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile dan Genshin Impact. Hasil pengujian di game-geme tersebut pada Xiaomi 11T adalah sebagai berikut :

Mobile Legends

Dimulai dengan game Mobile legend, pengguna bisa mengatur grafik game ke level yang hampir tertinggi. Dengan chip Dimensity 1200, kamu benar-benar bisa memainkan Mobile Legends dengan nyaman dan smooth dengan frame rate 61 FPS.

Fenomena lag juga sangat jarang terjadi, operasi seperti pergerakan, pertarungan total bisa dilakukan dengan cukup stabil. Dari segi kualitas grafis, tidak ada yang perlu dikritik ketika Xiaomi 11T 5G bisa mereproduksi detail dalam game Mobile Legends pada level yang baik.

PUBG Mobile

Berikutnya untuk memainkan game PUBG Mobile, meskipun bisa menyesuaikan grafik level HDR saat menggunakan Xiaomi 11T 5G. Tetapi sebaiknya kamu menurunkannya pengaturan grafis ke Smooth untuk menghasilkan frame rate pada 90 frame agar bisa mencapai pengalaman terbaik.

Dengan pengaturan grafis ini, semua pengoperasian mulai dari bergerak, mengganti peluru, atau menembakkan senjata di game PUBG akan menjadi sangat lancar. Walaupun terkadang masih ada sedikit fenomena lag, tapi tidak sering terjadi. Jadi secara keseluruhan pengalaman bermain game PUBG Mobile di Xiaomi 11T masih sangat baik.

Namun ada poin yang menurut saya masih cukup membingungkan yaitu meskipun sudah menyalakan frame rate 90, tetapi frame rate tertingginya tetapi di 60 FPS.

Call of Dutty Mobile

Selanjutnya, ketika memainkan game berat grafis lainnya yaitu game Call of Duty Mobile. Dengan game ini, kamu bisa mengatur kualitas gambar dan jumlah frame rate ke Very High dan Max untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik.

BIsa dikatakan kamu akan puas dengan apa yang dilakukan Xiaomi 11T 5G dalam game ini, HP ini akan memberi pengalaman yang baik karena frame rate dalam game dipertahankan pada 60 FPS.

Pengoperasian kontrol dan efek zoom setiap kali membidik akan sangat halus. Terkadang lag masih terjadi dan frame rate turun cukup dalam hingga sekitar 35 FPS, tapi secara keseluruhan gameplay dalam game COD masih cukup lancar.

Genshin Impact

Ketika digunakan untuk bermain game Genshin Impact, Xiaomi 11T harus diseting ke grafik ke level terendah dan mematikan beberapa efek yang tidak dibutuhkan untuk bisa merasakan pengalaman bermain Genshin Impact dengan stabil.

Untuk game Genshin Impact, kamu akan menemukan Xiaomi 11T 5G masih menangani game ini dengan cukup baik karena hp ini akan menghasilkan frame rate rata-rata 58 FPS.

Jadi bisa disimpulkan, Xiaomi 11T 5G masih memberikan kinerja yang sangat baik yang melebihi ekspektasi banyak orang. Tentunya dengan pengujian ini membuat smartphone Xiaomi ini bisa dikatakan masih memiliki performa bagus. Dimana Xiaomi 11T secara performa bisa memenuhi kebutuhan dasar penggunaan, serta melawan sebagian besar game hd yang ada saat ini dengan pengaturan grafis terbaik.

Baca juga : Review Xiaomi POCO F4 – HP Gaming Dengan Kamera Terbaik

Baterai Xiaomi 11T 5G 5.000 mAh Bisa Digunakan Lebih Dari 9 Jam

Baterai 5.000 mAh Bisa Digunakan Lebih Dari 9 Jam

Selain performa yang masih layak untuk digunkan di tahun ini, faktor lain yang menjadi keunggulan HP inii yaitu pada daya tahan baterai. Dengan baterai 5.000 mAh, apakah Xiaomi telah mengoptimalkan Xiaomi 11T 5G dengan baik?

Berdasarkan tes yang dilakukan untuk bermain game mobile legends, mentonton YouTube, jelajahi Facebook, dan browsing menggunakan browser Chrome. Pengguna Xiaomi 11T bisa menggunakan hp ini dengan total penggunaan 9 jam 26 menit.

Jadi dengan kapasias baterai ini, kamu bisa yakin Xiaomi 11T bisa terus menerus digunakan untuk tugas dasar sehari-hari dengan nyaman. Selain itu, HP Xiaomi 11T ini juga sudah dilengkapi dengan fast charging 67 W. Sehingga pengisian baterai cukup cepat untuk membantu Kamu tidak terlalu lama mengganggu baterai terisi penuh 100%.

Kamera Xiaomi 11T 5G Menggunakan Kamera Utama 108 MP

Kamera Xiaomi 11T 5G Menggunakan Kamera Utama 108 MP

Pertama, kamu harus mengetahui beberapa parameter kamera belakang Xiaomi 11T 5G yang terdiri dari :

  • Kamera utama memiliki resolusi 108 MP dengan bukaan f/1.8
  • Kamera ultra wide memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2
  • Kamera makro memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.4

Selain performa tangguh dan baterai besar, kamera juga menjadi salah satu kelebihan yang tak boleh dilewatkan dari Xiaomi 11T 5G. Dengan parameter kamera yang bagus, menurut saya hp Xiaomi ini akan memenuhi kebutuhan fotografi pengguna dengan lebih baik.

Dalam kondisi pencahayaan yang bagus, Xiaomi 11T 5G akan menghasilkan foto berkualitas sangat baik, fokus cepat, dan warna cerah yang menarik. Jika Kamu suka memotret pemandangan, kamera ultra wide di Xiaomi 11T 5G juga akan membantu Kamu mengambil foto pemandangan yang indah, dan cukup bagi Kamu untuk langsung membagikannya ke media sosial.

Kemampuan mengambil foto mode potret atau bokeh di HP Xiaomi ini juga cukup baik. Karena subjek foto dipisahkan dengan jelas dari latar belakang, Sehingga membuat foto terlihat jauh lebih alami. AI Xiaomi 11T 5G juga bekerja dengan sangat baik untuk mengenali objek apa yang Kamu bidik. Hingga bekerja dengan baik untuk menyesuaikan warna yang sesuai untuk menghasilkan foto yang jauh lebih realistis.

Jadi bisa dikatakan kamera Xiaomi 11T ini memiliki kualitas bagus sesuai dengan kebutuhan fotografi dasar pengguna untuk mengabadikan momen berharga dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23 – HP Kamera Terabik 2 Jutaan Dengan Fitur OIS

Desain Xiaomi 11T 5G Moden dan Layar 120 Hz Mulus

Desain Xiaomi 11T 5G Moden dan Layar 120 Hz Mulus

Desain Xiaomi 11T 5G tidak semulus model kelas atas, seperti  yang digunakan di Xiaomi Mi 11 . Namun bukan berarti desain Xiaomi 11T 5G tidak bagus!

Desain Xiaomi 11T walaupun sederhana, tetapi terlihat sangat fresh. Desain hp ini hadir dengan sudut membulat untuk membantu pengguna merasa lebih memegangnya dengan satu tangan.

Kluster kamera belakang HP terlihat cukup menjol dan menjadi sorotan utama pada bagian belakang, karena hp ini mempunyai sensor utama hingga 108 MP!

Poin minus yang cukup membuat banyak pengguna kurang nyaman di Xiaomi 11T 5G yaitu bagian belakang HP ini yang dilapisi kaca glossy. Sehingga membuat bagian belakang akan lebih mudah menempel keringat dan bekas sidik jari.

Xiaomi sangat memperhatikan pengalaman penggunaan hp untuk media hiburan dari Xiaomi 11T 5G ketika telah melengkapi HP dengan layar besar. Sehingga akan membantu Kamu mempunyai lebih banyak ruang untuk menikmati hiburan dan pekerjaan dengan lebih nyaman. Layarnya juga sudah menggunakan panel AMOLED kelas atas dan kecepatan refresh 120 Hz untuk membuat semua gesekan Kamu apda layar lebih lancar dan responsif.

Secara keseluruhan, dari segi desain, menurut saya Xiaomi 11T 5G mempunyai tampilan desain yang cocok untuk banyak pengguna. Desain HP Xiaomi ini terlihat minimalis, tidak terlalu menonjol tetapi tetap cukup menarik saat digunakan. Selain itu, layar yang dilengkapi dengan banyak teknolog yang canggih juga membuat layarnya jadi lebih menarik dan lebih komprehensif.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G – HP Dengan Desain dan Layar Indah

Kekurangan Xiaomi 11T

Selain kelebihan Xiaomi 11T yang disebutkan di atas, sebelum membeli hp ini kamu juga harus mengetahui kekurangan Xiaomi 11T.

1. Tidak Ada Lensa Telefoto

Kekurangan Xiaomi 11T pertama adalah tidak ada kamera telefoto seperti yang digunakan di hp kelas atas lainnya. Absennya kamera jenis ini membuat Xiaomi 11T jadi tidak terlalu lengkap dalam hal fotografi.

2. Tidak Ada Slot Memori Eksternal dan Jack Audio 3.5 mm

Saat kamu memiliki Xiaomi 11T kamu juga tidak akan bisa memperbesar ruang penyimpanan, karena tidak ada slot untuk memori eksternal. Selain itu, kamu juga sudah tidak bisa menambahkan headset 3.5mm, karena hp xiaomi ini tidak dibekali dengan port jack audio 3.5mm.

3. Sensor Sidik Jari Masih Disamping

Xiaomi 11T dan 11T Pro kedua versi ini tidak dibekali Xiaomi dengan sensor fingerprint di bawah layar. Xiaomi hanya menambahkan sensor fingerprint di samping bersama dengan tombol power.

Kesimpulan

Sekian itulah tadi kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T yang bisa kamu ketahui. Dengan harga Xiaomi 11T di tahun ini hanya Rp 4,5 jutaan bisa dikatakan hp ini masih layak untuk dibeli. Terutama untuk kamu yang ingin membeli hp dengan desain simple dan modern, performa tangguh untuk gaming HD, kamera jernih untuk foto dan merekam video, dan baterai tahan lama.

Bagikan:

Tinggalkan komentar