Inilah Beberapa Tips Agar HP Tidak Lemot Pasti Berhasil!

Tips agar HP tidak lemot penting untuk kamu ketahui jika mempunyai sebuah ponsel. HP yang sudah digunakan selama bertahun-tahun pasti akan mengalami penurunan kinerja. Lemot dan melambatnya HP terkadang dapat membuat frustasi. Tidak hanya itu HP yang usianya sudah menua bisa menjadi lelet saat kamu gunakan. 

Penyebab HP Kamu Lemot

Penyebab HP lemot merupakan proses yang wajar seiring berjalannya pemakaian dan waktu. Namun, tidak perlu khawatir karena penyebab HP lemot dapat dicegah atau diperbaiki dengan pengetahuan. Sebelum mengetahui tips yang diberikan kawangadget.com agar HP tidak lemot sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan sebuah HP menjadi lemot. Berikut ini merupakan penyebab HP lemot yang bisa terjadi:

1. RAM yang Penuh

HP lemot dapat disebabkan karena RAM penuh. RAM berfungsi untuk tempat penyimpanan data sementara serta hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup dan melakukan berbagai instruksi program. Kapasitas RAM dalam suatu perangkat sangat berpengaruh pada proses data sebuah perangkat. Pada saat RAM penuh HP dapat menjadi lemot

2. Banyaknya Aplikasi yang Berjalan

Jika kamu menggunakan banyak aplikasi dan tidak langsung untuk menutupnya bisa saja HP kamu menjadi lemot. Banyaknya aplikasi tersebut dapat menguras sebuah RAM pada HP kamu. Jika RAM penuh dapat membuat HP berjalan dengan lambat dan pasti sangat menyebalkan.

3. Penuhnya Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan yang penuh dapat menjadi penyebab HP lemot yang paling sering terjadi. Foto, file, video, dan aplikasi dapat membuat memori internal penuh sehingga HP melambat kinerjanya.

4. Berlebihan dalam Penggunaan Widget

Penggunaan animasi dan widget  juga dapat menjadikan HP kamu lemot. Banyaknya aktivitas refresh pemenuhan widget dan bandwidth yang aktif juga dapat mempengaruhi kapasitas penyimpanan RAM sehingga dapat membuat HP menjadi lemot. Selain itu, penggunaan widget yang berlebihan juga dapat menyebabkan baterai lebih cepat habis.

5. Data Cache yang Menumpuk

Cache merupakan data yang tersimpan sementara pada memori telepon ketika kamu akan menggunakan aplikasinya. File pada cache berisi rekam jejak penggunaan sebuah aplikasi pada ponsel. Setiap aplikasi yang ada pada ponsel memiliki file cache sendiri dan membutuhkan banyak penyimpanan sehingga dapat membuat penyimpanan kamu terkuras.

Baca juga Cara Cepat Mengatasi HP Lemot Vivo Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Mengatasi HP Lemot

Setelah kamu mengetahui apa penyebab HP menjadi lemot selanjutnya mengetahui tips agar HP tidak lemot. Berikut ini merupakan beberapa cara agar HP yang kamu miliki tidak lemot:

1. Membersihkan Data Cache

Data cache semakin lama semakin menumpuk bisa menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan ponsel kamu menjadi lambat bekerja. Sebaiknya kamu menghapus dan membersihkan data cache secara rutin terutama pada saat ponsel sudah menjadi lemot. Untuk menghapus data cache kamu bisa memanfaatkan sebuah aplikasi Files dari Google. Pada aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk dapat memantau penggunaan penyimpanan dan juga menghapus file aplikasi atau cache yang tidak lagi digunakan.

2. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan Lagi

Tips agar HP tidak lemot selanjutnya yaitu dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan. Banyak perangkat HP yang sudah disertai dengan aplikasi bawaan. Namun, terkadang aplikasi bawaan tersebut tidak digunakan oleh pengguna dan dapat membuat memori ponsel penuh. Aplikasi bawaan tersebut tidak bisa diinstal secara manual.

Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menonaktifkan penggunaan aplikasi. Caranya sangat mudah kamu hanya perlu masuk pada menu settings apps. Selanjutnya pilih aplikasi bawaan dan klik menu disable untuk menonaktifkan penggunaan aplikasi tersebut.

3. Hapus Widget

Penggunaan widget pada layar homescreen dapat menguras kinerja seperti CPU dan RAM. Dengan kinerja yang terkuras tersebut memori kamu bisa saja menjadi penuh dan menyebabkan HP lemot. Oleh karena itu, kamu dapat mengurangi penggunaan widget apabila ponsel dalam keadaan yang lemot.

4. Menghindari Live Wallpaper

Tips agar HP tidak lemot selanjutnya yaitu dengan menghindari live wallpaper. Penggunaan live wallpaper juga dapat mempengaruhi kinerja ponsel kamu karena aplikasi ini akan terus berjalan pada background walaupun aplikasi tersebut tidak sedang digunakan. Jika CPU dan RAM selalu dalam keadaan sibuk karena harus menyediakan ruang untuk menjalankan sebuah aplikasi live wallpaper, maka ponsel kamu tidak dapat membuka aplikasi lain dengan lancar sehingga menjadi lambat kinerjanya.

5. Ubahlah Pengaturan Animasi pada Layar

Biasanya ponsel menyediakan pengaturan yang dapat mempercepat efek animasi yang ada pada layar. Hal tersebut bisa kamu lakukan untuk mengurangi kesan lemot yang tampil pada saat menggunakan ponsel. Nah, untuk mempercepat animasi pada ponsel kamu bisa membuka menu setting, lalu about phone, software information, kemudian build number.

Selanjutnya klik menu build number sebanyak tujuh kali berturut-turut untuk dapat mengaktifkan pengaturan pengembang atau developer option. Setelah kamu mengaktifkan developer option kembalilah pada menu settings, tekan developer option, dan window animation scale, pada menu tersebut silahkan pilih 0,5x.

6. Memasang Aplikasi Versi Lite

Tips agar HP tidak lemot selanjutnya yaitu dengan memasang aplikasi versi lite. Banyak Para pengembang aplikasi yang menyediakan aplikasi dalam versi lite dan menawarkan kinerja yang lebih ringan. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sederhana dan dilengkapi dengan fitur-fitur dasar. Jika kamu menggunakan aplikasi versi lite, bisa menghemat kapasitas penyimpanan walaupun fitur-fitur yang tersedia tidak lengkap seperti versi originalnya.

7. Update Sistem Secara Berkala

Pastikan kamu selalu memperhatikan sistem operasi dengan mengupdatenya secara berkala. Update ini berguna untuk meningkatkan sistem keamanan, memperbaiki bug, dan menghadirkan fitur baru pada perangkat kamu. Jika akan melihat versi pembaruan software yang terbaru, kamu perlu membuka menu settings, lalu pilihlah menu about phone, setelah itu tekan system update. Apabila terdapat versi software sistem terbaru sebaiknya kamu segera untuk melakukan pembaruan.

8. Restart Ponsel Secara Berkala

Tips agar HP tidak lemot selanjutnya yaitu dengan merestart ponsel secara berkala. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba melakukan restart pada ponsel selama satu kali dalam seminggu. Dengan melakukan cara ini kamu bisa menghapus file cache dan menyegarkan kondisi ponsel.

9. Optimalkan Kinerja Baterai Ponsel

Baterai yang terlalu berlebihan dapat membuat daya baterai terkuras dengan cepat. Biasanya Hal ini disebabkan oleh penggunaan CPU ponsel yang berlebihan untuk menjalankan sebuah aplikasi yang aktif di background. Bisa mengatasi masalah ini dengan menonaktifkan aplikasi yang paling menguras baterai. 

Bukalah menu peraturan lalu cari menu battery. Kemudian, pilih aplikasi yang paling banyak mengonsumsi daya lalu klik menu force stop untuk menghentikan kinerja aplikasi tersebut. 

Nah itu tadi beberapa tips agar HP tidak lemot yang bisa kamu coba lakukan. Setelah membaca ulasan ini kamu bisa tahu penyebab HP menjadi lemot dan tips untuk mengatasinya sehingga tidak perlu khawatir lagi. Namun, pastikan  melakukan langkah-langkahnya dengan benar agar HP menjadi tidak lemot lagi dan bisa cepat untuk kamu gunakan. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar