Cara Cepat Mengatasi HP Lemot Vivo Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara mengatasi HP lemot Vivo menjadi topik yang banyak dicari oleh warganet agar ponsel mereka bisa kembali lancar seperti semula. Seperti yang kita ketahui biasanya umur smartphone akan mempengaruhi kinerjanya yang semakin menurun.

Menggunakan smartphone yang lemot tentunya akan sangat mengganggu, apalagi ketika Anda sedang bermain game. Anda mungkin akan mengalami kekalahan terus menerus pada saat terjadi lemot atau bahkan freeze.

Mungkin Anda bertanya, kenapa HP Vivo lemot? Ini biasanya terjadi karena berbagai penyebab, misalnya ruang RAM yang hanya tersisa sedikit, file sampah menumpuk, ataupun terkena virus.

Baca juga : Daftar HP dengan Android 12 dengan Spesifikasi Tangguh

Nah, ini bisa diatasi dengan beberapa cara mudah bahkan tanpa memerlukan aplikasi tambahan sekalipun. Jika Anda penasaran dan ingin mengatasi HP Vivo Anda yang belakangan ini sering lemot maka bisa simak pembahasan di bawah ini sampai selesai.

7 Cara Mudah Mengatasi HP Vivo Lemot

Meski terkenal memiliki kinerja tangguh dan harga murah, tetapi HP Vivo juga sering terjadi lemot ketika Anda tidak bisa mengelola penyimpanan, ruang RAM, dan file sampah dengan baik. Di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Restart HP

Ini adalah cara pertama sekaligus yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi HP Vivo yang lemot atau lag. Dengan melakukan restart, ponsel Anda akan menutup aplikasi yang sebelumnya telah berjalan kemudian memuat ulang semuanya.

Itu akan membuat HP menjadi lebih stabil karena belum banyak program yang dijalankan. Namun, cara in hanya untuk mengatasi lemot sementara saja, setelah Anda menjalankan aplikasi mungkin akan terjadi kembali. Untuk melakukan restart bisa dilakukan dengan menekan dan tahan tombol power kemudan tekan Power Off.

2. Hentikan Aplikasi Latar Belakang

Setelah tidak menggunakan suatu aplikasi, tentunya Anda akan keluar dari aplikasi tersebut. Namun, terkadang itu masih berjalan di latar belakang dan menguras RAM ponsel Anda walaupun Anda sedang tidak menggunakannya. Tetapi jangan salah, ini tidak bisa digunakan sebagai cara menambah ram HP Vivo Y12.

Jika dibiarkan, maka ponsel Anda akan terasa lemot dan akan semakin parah jika terlalu banyak program yang berjalan di latar belakang. Ini bisa dihentikan melalui menu Pengaturan ponsel Vivo Anda dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka menu Pengaturan atau Settings

2. Tekan Opsi Devolper, lalu aktifkan

setting hp vivo

3. Tap Laman yang sedang berjalan

setting hp vivo

4. Dari daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang, silahkan tap salah satu

setting hp vivo

5. Kemudian pilih Berhenti

6. Selesai

3. Hapus Data dan Cache Aplikasi

Setiap aplikasi yang pernah Anda gunakan sebelumnya biasanya akan menyisakan data dan cache yang semakin lama terus bertambah. Ini bisa dihapus agar penyimpanan ponsel Anda lebih lega dan mengatasi lemot HP Vivo Anda.

Aplikasi yang meninggalkan banyak data dan cache biasanya adalah browser dan sosial media. Untuk menghapus juga sangat mudah melalui  menu Pengaturan maupun menggunakan aplikasi tambahan seperti Ccleaner.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Mungkin Anda tidak sadar semenjak menggunakan ponsel sudah menginstall banyak sekali aplikasi, bahkan yang tidak terlalu penting. Jika HP Vivo Anda sudah mulai lemot, sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang dirasa sudah tidak dibutuhkan.

Jika Anda menginstal lebih dari satu aplikasi dengan fungsi yang sama, misalnya terpasang Google Chrome, FireFox, dan browser lainnya maka Anda bisa sisakan salah satu saja. Ini dilakukan agar penyimpanan tidak terlalu penuh.

5. Hapus File

Selanjutnya, Anda bisa coba cek di File Manager HP Vivo apakah terdapat file lama yang perlu dihapus guna menambah ruang kosong penyimpanan. File media seperti gambar, video, atau musik juga bisa dihapus yang menurut Anda sudah tidak diperlukan lagi.

Menghapus file juga bisa dilakukan dengan lebih mudah lewat Pengaturan Penyimpanan, Anda bisa pilih jenis file apa saja yang ingin dicek kemudian hapus. Namun, juga perlu teliti jangan sampai Anda menghapus data penting.

6. Reset ke Setelan Pabrik

Ini mungkin bisa dijadikan alternatif terakhir untuk mengatasi HP Vivo yang lemot, yaitu dengan reset ke setelan pabrik. Metode tersebut cukup ampuh karena semua file dan aplikasi yang sudah tersimpan di memori internal akan dihapus.

Dengan begitu, semua pengaturan akan kembali seperti pertama kali Anda membuka ponsel tersebut. Ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan virus yang mungkin tanpa sengaja sudah tersimpan dan membuat smartphone Anda lemot.

Cara Mengatasi HP Vivo Lemot Dengan Go Speed

GO Speed diperuntukan untuk Anda yang tidak ingin ribet menghapus file sampah atau menghentikan aplikasi di latar belakang secara manual. Aplikasi canggih ini bisa membantu semua itu hanya dengan sekali klik saja.

Pada laman utama aplikasi ini berisi informasi yang berguna, misalnya adalah sisa ruang kosong memori, file sampah, dan persentase ruang yang terpakai. Di bagian bawah layar ditampilkan ruang penyimpanan dan juga persentase yang digunakan serta jumlah memori internal yang kosong dalam gigabyte.

Baca Juga: Disinilah Letak File Telegram Tersimpan, Simak Dimana Tempatnya

Sedangkan di bawahnya, terdapat File Sampah dan menunjukkan jumlah total memori yang akan dibersihkan. Di antara tampilan persentase kapasitas RAM dan Penyimpanan terdapat tombol yang  bisa ditekan untuk membuka halaman informasi lebih lengkap.

Kenapa Harus Go Speed?

Go Speed memiliki banyak sekali fitur, bahkan lebih unggul dari beberapa aplikasi semacamnya. Misalnya, tersedia Menu RAM untuk menunjukkan aplikasi dan layanan saat ini yang mungkin tidak bisa Anda temui di menu dan jumlah memori yang dikosumsi. Daftar ini diurutkan berdasarkan ukuran, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat mana yang paling banyak menggunakan memori.

Aplikasi tersebut dapat dihapus dan memori akan dioptimalkan dengan cara menekan tombol Boost. Terdapat pengukur suhu CPU dan menampilkan aplikasi yang berjalan di latar belakang yang membuat CPU bekerja keras dan tekan tombol yang tersedia untuk mendinginkannya.

Menekan tombol storage percentage pada laman beranda akan membuka informasi detailnya. Ini memungkinkan Anda mengetahui penggunaan memori dan Anda dapat melihat di mana memori digunakan.

Tidak hanya itu, aplikasi juga akan mencantumkan ruang penyimpanan foto, musik, video, aplikasi, dan bahkan beberapa aplikasi yang diinstall secara terpisah seperti WhatsApp, Instagram, dan lainnya.

Tombol Junk Files di laman beranda bisa digunakan untuk menampilkan aplikasi dan penggunaan memorinya. Aplikasi dapat dipilih kemudian dihapus supaya HP Vivo Anda tidak terasa lemot seperti sebelumnya.

Bahkan, aplikasi Go Speed juga memungkinkan pengguna untuk menghapus semua cache dari aplikasi yang dipilih untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Dengan melakukan ini juga membuat kinerja ponsel Anda tidak terlalu berat.

Aplikasi juga dapat menampilkan file yang ditinggalkan oleh program yang telah lama dihapus, namun belum tentu itu adalah file sampah, bisa jadi adalah video telah Anda simpan, jadi sebaiknya periksa terlebih dahulu sebelum dihapus.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi HP lemot Vivo yang bisa Anda coba. Tutorial di atas juga bisa dirpaktekan pada merk dan type smartphone lainnya supaya tidak terjadi lemot. Selamat mencoba!

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar