Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y16 – HP 1 Jutaan Desain Mewah

Vivo Y16 dipasarkan di segmen hp harga murah dan dijual dengan harga dibawah 2 jutaan. Jadi apakah Vivo Y16 layak untuk dibeli? Artikel berikut akan membantu Kamu untuk mengetahui spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Vivo Y16.

Tentang Vivo Y16

Di segmen hp Android murah, persaingan sangat sengit antar merek hp terkenal di dunia. Persaingan inilah yang membuat produsen harus menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi dengan harga murah kepada pengguna. Dan Vivo Y16 merupakan salah satu HP yang bagus dan layak dibeli di akhir tahun ini.

vivo Y16 merupakan HP kelas menengah yang baru diluncurkan di bulan September yang lalu dengan memiliki desain mewah dengan kapasitas baterai yang kuat, kecepatan refresh 60Hz, dan memiliki kamera ganda AI 13MP .

Ketika kita bicara tentang vivo, pastinya banyak orang yang langsung terpikirkan smartphone dengan desain stylish, kamera tajam, baterai besar, dan suara autentik. Jadi dalam artikel hari ini, mari kita bahas secara lengkap tentang spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Vivo Y16. Yang akan membuat kesimpulan apakah produk baru dari vivo ini di harga Rp 1,7 jutaan benar-benar layak untuk Kamu pilih!

Spesifikasi Vivo Y16

Untuk mengetahui detail lengkap dari hp ini, pertama tentunya kamu harus mengetahui tentang spesifikasi Vivo Y16 terlebih dahulu.

Performa

  • Prosesor : MediaTek Helio P35 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • CPU : Octa-core terdiri dari 4 core x 2.3 GHz Cortex-A53 dan 4 core x 1.8 GHz Cortex-A53
  • ROM (Memori Internal) : 32GB, 64GB dan 128GB
  • RAM : 3GB dan 4GB
  • Jumlah SIM Card : 2 Nano SIM 4G
  • Slot Memori : microSDXC

Layar

  • Panel IPS LCD berukuran 6,51 inci
  • Refresh rate 60Hz
  • Resolusi 720×1600 piksel dengan rasio aspek 20:9 (density 270 ppi)

Konektivitas dan Sensor

  • Fingerprint dipasang disamping
  • Bluetooth 5.0
  • Wifi
  • Koneksi USB type C
  • Kompas
  • Accelerometer
  • Proximity

Baterai

  • Kapasitas 5000 mAh
  • Fast Charging 10W

Kamera

  • Kamera Utama : 13 MP, f/2.2, (wide), PDAF
  • Kamera Makro : 2 MP, f/2.4
  • Kamera depan: 5 MP, f/2.2 (wide)

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y16

Bagaimana dilihat dari spesifikasi Vivo Y16 di atas di harga Rp 1 jutaan bisa dibilang hp ini memiliki spesifikasi yang cukup bagus. Tetapi untuk lebih jelas tentang kelayakan hp ini untuk dimiliki, kamu harus membaca kelebihan dan kekurangan Vivo Y16 terlebih dahulu.

Kelebihan Vivo Y16

Pembahasan pertama dari kelebihan Vivo Y16, sehingga kamu nantinya bisa tahu fitur dan spesifikasi apa saja yang membuat Vivo Y16 lebih unggul dibanding pesaing di segmen harga yang sama.

Desain Crystalline Matte Vivo Y16 Yang Indah

Desain Crystalline Matte Vivo Y16 Yang Indah

Bisa dibilang, dengan harga hanya 1 jutaan, menurut saya vivo Y16 merupakan salah satu HP yang dibekali dengan tampilan desain terbaik. Bagian belakang dan bingkai HP Vivo ini terbuat dari plastik dan dibuat kasar dengan efek goresan menyerupai bintang yang berkilauan di langit malam yang cerah.

Berkat bagian belakangnya menggunakan desain Crystalline Matte yang kasar, vivo Y16 bisa membantu membatasi bekas sidik jari, keringat, dan goresan. Sehingga HP ini bisa tetap menjaga keindahannya ketika sering digunakan.

Vivo Y16 diluncurkan dengan 2 versi warna yang sangat unik yaitu varian warna Drizzling Gold dan Stellar Black. Apalagi dengan versi Stellar Black, bagian belakang HP Vivo ini akan memantulkan cahaya biru saat terkena cahaya. Oleh karena itu, pengguna bisa memilih versi warna yang sesuai dengan yang preferensi mereka inginkan.

Bingkai vivo Y16 memiliki bentuk persegi, dibagian kedua ujungnya dibuat miring rata untuk menciptakan rasa nyaman dan kokoh saat dipegang di tangan.

Selain itu, desain cluster kamera di bagian belakang juga didesain dengan sangat apik oleh vivo dengan 2 lensa yang ditempatkan dalam bingkai berbentuk persegi plastik glossy. Dan desain cluster kamera belakangnya ini dibuat sedikit lebih tinggi dibandingkan cover bagian belakang. Secara umum, bagian belakang smartphone Vivo ini mirip dengan OPPO Reno 8Z. Dan saya cukup menyukai tata letak cluster kamera ini karena memberikan kesan hp yang mewah dan modern.

Desain bagian depan vivo Y16 memiliki desain layar waterdrop yang familiar di segmen hp harga 1 jutaan. Meski kedua tepi layar kanan dan kirinya dibuat cukup tipis, namun menurut saya bagian dagu HP ini masih agak tebal, membuat tampilan bagian depan secara keseluruhan masih kurang serasi.

Layar Besar 6,51 inci Dengan Resolusi HD+ Ultra All Screen

Layar Besar 6,51 inci Dengan Resolusi HD+ Ultra All Screen

vivo Y16 telah dilengkapi dengan layar panel LCD IPS dengan ukuran 6,51 inci, memiliki resolusi HD +, dan dibekali kecepatan refresh 60Hz. Jadi dengan ukuran layar yang besar dan kecerahan yang relatif masih rendah serta memiliki sudut pandang yang lebar. Menurut saya tampilan layar hp ini masih cukup gelap dan sulit dilihat saat digunakan di luar ruangan terutama ketika terkena cahaya matahari langsung. Tetapi layar HP Vivo ini masih menghasilkan gambar yang ditampilkan di layar dengan cukup baik.

Selain itu, panel IPS vivo Y16 akan memberikan warna netral, tidak terlalu berwarna, sehingga realisme yang dihadirkan pada layar sangat tinggi. Namun jika dibandingkan dengan pesain lainnya yang ada di pasaran, kualitas layar ini masih kalah dengan yang digunakan di Redmi Note 11 yang sudah mempunyai layar AMOLED.

Namun secara keseluruhan, layar HP ini masih bisa memenuhi kebutuhan hiburan dasar seperti browsing dan menonton film setiap hari dengan nyaman.

Kinerja dan Performa Dari Mediatek Helio P35

Kinerja dan Performa Dari Mediatek Helio P35

vivo Y16 dibekali dengan chipset Mediatek Helio P35 (12nm), walaupun bisa dikatakan prosesor ini agak ketinggalan zaman, karena prosesor ini diluncurkan di akhir tahun 2018. Selain menggunakan Mediatek Helio P35, HP Vivo ini juga dilengkapi dengan GPU IMG PowerVR GE8320, RAM hingga 4GB, dan memori internal hingga 128GB.

Pastinya kalian akan bertanya-tanya apakah chipset yang berusia hampir 4 tahun ini masih bisa memenuhi kebutuhan hiburan dan pekerjaan sehari-hari? Untuk menjawab pertanyaan itu, berdasarkan pengujian kinerja hp melalui aplikasi AnTuTu Benchmark, Geekbench 5, dan pengalaman penggunaan.

Dengan pengujian AnTuTu Benchmark, vivo Y16 menghasilkan skor mencapai 127.738 poin: skor CPU mencapai 37.500 poin, skor GPU mencapai 17.156 poin, skor MEM mendapat 32.581 poin dan skor UX mencapai 40.501 poin.

Secara umum, angka tersebut terbilang cukup rendah jika dibandingkan smartphone di segmen harga yang sama atau lebih rendah dari merek lain seperti Techno Pova 3 yang skornya mencapai 250.586 poin.

Berikutnya dalam pengujian Geekbench 5, HP Vivo ini hanya mencetak skor 174 poin di single-core dan skor sebesar 948 poin untuk pengujian multi-core. Padahal, dengan harga di atas 1 jutaan ini, parameter performa vivo Y16 jauh lebih rendah dibandingkan HP lain dengan segmen mid-range yang sama.

Walaupun secara skor pengujian Vivo Y16 bisa dikatakan kalah dengan pesaing lainnya di harga Rp 1 jutaan di pasaran saat ini di tahun 2022.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16 – HP 1 Jutaan Chip Helio G35

Vivo Y16 Untuk Bermain Game

Vivo Y16 Untuk Bermain Game

Berdasarkan pengalaman penggunaan nyata, saat digunakan untuk bermain game Mobile Legends dengan konfigurasi yang tidak terlalu tinggi. Game Mobile Legends masih bisa dimainkan dengan permainan yang mulus, warna dihasilkan sangat baik, frame rate dimulai dari 40Fps hingga 45FPS. Walaupun terkadang frame rate akan turun ke 35FPS, tetapi tetap bisa dimainkan dengan baik.

Saat dimainkan dengan tingkat grafis yang lebih tinggi, konfigurasi hp ini belum bisa memenuhi kebutuhan untuk bermain game dengan resolusi tinggi. Tetapi kualitas grafisnya menurut saya masih cukup bagus, efek dan gerakan karakter juga ditampilkan dengan sangat menarik.

Ketika Vivo Y16 meainkan Game populer lainnya seperti PUBG Mobile, walaupun, HP Vivo ini berperforma rendah. Tetapi saat digunakan bermain game PUBG Mobil masih bisa dimainkan, tetapi Kamu harus mengatur ke pengaturan konfigurasi yang sesuai. Dalam pengujian game PUBG Mobile, kamu harus mengatur ke pengaturan grafik Seimbang dan frekuensi gambar hanya diatur ke Sedang.

Saat memainkan game PUBG mobil yang membutuhkan spek pengolahan grafis tinggi, hp Vivo ini bisa dikatakan masih lambat, frame rate tidak stabil dan sering terjadi drop FPS. Tetapi ketika grafis diatur ke level grafis Halus, lag saat bermain game PUBG jadi lebih berkurang.

Kamera AI Dual Camera 13MP

Kamera AI Dual Camera 13MP

vivo Y16 mempunyai AI dual camera cluster dengan kamera utama mempunyai sensor 13MP dengan bukaan lensa f/2.2. Dan dikombinasikan dengan kamera macro yang dilengkapi dengan sensor 2MP dengan aperture f/2.4. Selain itu, HP Vivo Y16 ini juga dibekali dengan kamera selfie 5MP dengan aperture f/2.2.

Hasil Foto Kamera Utama

Di lingkungan yang cukup terang, kamera vivo Y16 menghasilkan kualitas gambar yang layak, warna yang realistis, dan menghasilkan pemrosesan gambar HDR yang relatif baik.  Selanjutnya ketika memotret dalam kondisi backlit, gambar dihasilkan secara keseluruhan tidak terlalu gelap. Pengguna masih bisa melihat detail foto seperti gedung tinggi, pohon, jalan, dan lainnya. Sehingga hasil kamera HP Vivo ini sudah diproduksi dengan baik dan selalui siap Kamu bagikan ke media sosial.

Sedangkan saat memotret di lingkungan minim cahaya, hasil foto yang diambil dari kamera vivo Y16 juga masih memberikan kualitas yang baik. Di beberapa foto saat diambil dilingkungan yang gelap masih menghasilkan banyak cahaya dan memberikan kualitas yang baik. Walaupun masih ada sedikit kekurangan hasil foto kurang cerah, gambar mudah kabur, buram dan tidak fokus.

Hasil Kamera Makro

Selain itu, vivo Y16 juga sudah suppot fitur pemotretan makro yang menarik. Meski tidak terlalu sering digunakan pengguna. Namun terkadang kamera makro ini akan membantu Kamu mengabadikan banyak momen menarik dari benda-benda kecil disekitar.

Hasil Kamera Depan

Membahas tentang kamera depan, vivo Y16 tidak hanya mendukung potret panorama yang jelas. Tetapi juga mempunyai fitur mode potret yang lembut untuk menyorot subjek foto. Tidak hanya itu, HP Vivo ini juga sudah terintegrasi dengan AI beauty. Sehingga saat befoto selfie Kamu bisa langsung memposting foto di Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya dengan percaya diri tanpa harus melakukan proses editing di aplikasi pihak ketiga.

Dibandingkan dengan HP lain di segmen harga yang sama, foto yang diambil dari vivo Y16 tidak terlalu banyak perbedaan. Semua hasil fotonya standar dan tidak terlalu mengesankan, jadi Kamera HP Vivo tetapi bisa memenuhi kebutuhan dasar. Jadi dari segi kualitas kamera dibandingkan dengan produk hp lain, mungkin kita tidak melihat ada perbedaan yang jelas.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Poco M3 – HP 1 Jutaan Kamara 48MP

Kapasitas Baterai Besar 5000 mAh

Kapasitas Baterai Besar 5000 mAh

vivo Y16 mempunyai baterai 5000mAh sehingga pengguna bisa dengan nyaman menggunakan HP ini sepanjang hari tanpa takut kebahbisan baterai saat digunakan.

Bahkan, jika pengguna hanya menggunakan untuk kebutuhan dasar seperti mengirim SMS, menelepon, browsing, cek email, mendengarkan musik, hp Vivo ini bisa bertahan hingga 2 hari. Untuk liburan, jika pengguna menggunakan HP Vivo ini untuk menonton film atau bermain game. Pengguna masih bisa menggunakannya hingga penghujung hari.

Walaupun Vivo Y16 mempunyai kapasitas baterai yang begitu besar. Vivo hanya membekali HP ini dengan teknologi fast charging 10W , yang jauh lebih lambat dibanding produk lain di segmen harga yang sama. Jadi untuk mengisi baterai HP Vivo Y16 akan lebih lama dengan waktu pengisian baterai hingga berjam-jam.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Realme C31 – HP 1 Jutaan Dengan Permorma Tangguh

Kekurangan Vivo Y16

Dalam pembahasan kelebihan dan kekurangan vivo Y16, kamu juga harus mengetahui tentang kekurangan Vivo Y16, sebagai berikut :

1. Refresh Rate Standar

Kekurangan Vivo Y16 pertama adalah pada refresh rate layar yang masih menggunakan refresh rate 60Hz yang standar. Dimana di tahun 2022 sudah banyak hp harga 1 jutaan yang dibekali dengan layar refresh rate 90 Hz.

2. Chipset Ketinggalan Zaman

Vivo Y16 di tahun 2022 masih menggunakan chipset Helio P35 yang dimana chipset ini sudah berusia lebih dari 3 tahun yang lalu. Sehingga dari segi performa tentunya Vivo Y16 ini kalah jauh dengan pesaing lainnya di pasaran yang menggunakan chipset yang lebih baru dan canggih.

3. Kamera Belakang Tidak Lengkap

Kamera Vivo Y16 hanya memiliki 2 kamara belakang dengan kamera utama 16MP dan kamera makro 2MP. Sehingga kamu tidak akan menemukan kamera ulta wide dan kamera depth.

Sehingga untuk kamu yang suka dengan kamera belakang dengan sensor kamera lengkap. Maka kamu tidak cocok membeli Vivo Y16.

4. Fast Charging Hanya 10W

Kekurangan Vivo Y16 lainnya adalah hanya dibekali dengan teknologi fast charging 10W saja. Sehingga waktu pengisian daya baterai besar 5000 mAh akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, pesaing dari Vivo Y16 di harga sekitar Rp 1,7 jutaan sudah ada yang menggunakan fast charging 25W hingga 33W.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan kelebihan dan kekurangan Vivo Y16 diatas. Secara umum, vivo Y16 merupakan hp yang luar biasa dalam desain cantik, dan bagian belakang cukup unik di kelasnya. Selain itu, HP Vivo ini juga mempunyai daya tahan baterai yang tahan lama untuk membantu pengguna menggunakan dengan nyaman sepanjang hari. Namun, vivo Y16 perlu meningkatkan fitur pada layar atau performa serta pada kamera, karena fitur ini bisa dibilang tidak terlalu mengesankan.

Saat ini, versi vivo Y16 dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB dijual di toko online resmi Vivo dengan harga Rp 1,799.000. Tetapi di beberapa marketplace yang ada di Indonesia kamu bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah Rp 1,5 jutaan saja.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar