Kelebihan dan Kekurangan Poco M3 – HP 1 Jutaan Kamara 48MP

POCO merupakan sub brand dari Xiaomi yang selalu meluncurkan smartphone dengan konfigurasi tinggi, desain cantik serta harga yang terjangkau. Dan salah satunya adalah POCO M3 yang diluncurkan di tahun 2020 yang lalu. Dengan harga Rp 1 jutaan, apakah POCO M3 layak dibeli? Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus membaca review spesifikasi, kelebihan dan kekurangan POCO M3 di bawah ini.

Tentang Poco M3

Di akhir tahun 2020 yang lalu, sub brand Xiaomi yaitu POCO telah meluncurkan hp terbarunya yaitu POCO M3. Sejak pertama peluncurannya sampai sekarang, POCO M3 masih menarik perhatian banyak pelanggan. Karena HP ini memiliki harga hanya Rp 1,7 jutaan dengan performa handal Snapdragon 662, memiliki 48MP triple kamera dan menggunakan baterai 6000mAh.

Untuk kamu yang memiliki budget terbatas kurang dari Rp 2 juta, apakah membeli POCO M3 di tahun ini masih layak untuk dibeli? Yuk simak ulasan lengkap tentang spesifikasi, kelebihan dan kekurangan POCO M3 di bawah ini!

Spesifikasi Poco M3

Untuk memberikan gambaran tentang hp POCO satu ini, kamu harus mengetahui spesifikasi POCO M3 di bawah ini.

Performa

  • Prosesor : Snapdragon 662 (11 nm)
  • GPU : Adreno 610
  • CPU : Octa-core terdiri dari 4 core x 2.0 GHz Kryo 260 Gold dan 4 core x 1.8 GHz Kryo 260 Silver
  • ROM (Memori Internal) : 64GB dan 128GB
  • RAM : 4GB dan 6GB
  • Jumlah SIM Card : 2 Nano SIM 4G
  • Jenis memori : UFS 2.1 dan UFS 2.2
  • Slot Memori : microSDXC

Layar

  • Panel IPS LCD berukuran 6,53 inci
  • Kecerahan layar hingga 400 nits
  • Resolusi 1080×2340 piksel dengan rasio aspek 20:9 (density 395 ppi)

Konektivitas dan Sensor

  • Wifi
  • Bluetooth 5.1
  • Koneksi USB type C 2.0
  • Fingerprint yang dipasang disamping bersama tombol power
  • Proximity
  • Accelerometer
  • Kompas

Baterai

  • Fast Charging 18W
  • Kapasitas 6000 mAh

Kamera

  • Kamera Utama : 48 MP, f/1.8, (wide), OIS, PDAF
  • Kamera Makro : 2 MP, f/2.4
  • Kamera Depth : 2 MP, f/2.4
  • Kamera depan: 8 MP, f/2.1

Kelebihan dan Kekurangan POCO M3

Kamu telah membaca spesifikasi POCO M3, tetapi kamu masih belum memahami apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan POCO M3. Maka kamu harus simak penjelasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan dari POCO M3 di bawah ini!

Kelebihan POCO M3

Pertama kita akan membahas kelebihan POCO M3, sehingga kamu nantinya bisa yakin bahwa hp POCO ini cocok untuk kamu miliki dibanding pesaing lainnya di harga 1 jutaan.

Desain POCO M3 tidak diragukan lagi

Desain POCO M3 tidak diragukan lagi

Walaupun POCO M3 adalah hp yang sudah ada 2 tahun yang lalu, tetapi desain dari hp satu ini masih sangat indah dan elegan untuk hp kelas menangah di tahun ini.

Desain bagian belakang HP POCO M3 terbuat dari materail plastik, tetapi berkat desain tekstur kulit imitasi. Sehingga ketika kamu melihatnya HP POCO satu ini akan terlihat cukup mewah dan menarik serta membantu hp tidak mudah membekas keringat dan sidik jari.

Yang unik dari desain bagian belakang hp adalah pada cluster 3 kamera dan LED Flash yang didesain sangat menonjol dengan menempati area bagian atas. Bersama dengan logo Poco yang ditempatkan di sampingnya, sehingga menciptaka desain bagian belakang yang harmonis.

Untuk desain bagian depan POCO M3, layarnya menggunakan desain layar waterdrop dengan ukuran 6,53 inci yang memiliki resolusi Full HD+. Panel layar digunakan di HP ini yaitu panel IPS LCD bisa membantu menampilkan warna yang relatif indah. Walaupun konten yang ditampilkan tidak terlalu tajam, tetapi secara umum, di harga 1 jutaan, kekurangan ini masih bisa diterima.

Selain itu, HP POCO M3 ini juga mempunyai banyak versi warna yang menarik selain warna hitam, ada juga warna lain seperti biru atau kuning yang membuat HP ini terlihat lebih muda dan dinamis.

Layar Besar Resolusi Full HD+

Layar Besar Resolusi Full HD+

Bagian depan POCO M3 telah dilengkapi dengan layar berukuran 6,53 inci, memiliki resolusi Full HD+ 1080x 2340 piksel, memilikikecerahan 400 nits, dengan panel iPS LCD untuk menampilkan konten yang realistis, tetapi warna yang tidak terlalu cemerlang.

Layar hp ini mempunyai aspek rasio 19,5:9, dengan rasio dan ukuran layar ini, secara keseluruhan layarnya tidak akan terlalu panjang dan lebarnya besar. Sehingga masih bisa memastikan hp ini bisa digunakan dengan satu tangan. Selain itu, HP ini juga sudah dibekali kamera selfie 8MP yang disematkan di layar desain waterdrop.

Untuk memberikan daya tahan layar yang baik, Xiaomi telah membekali layar yang telah dilindungi Corning Gorilla Glass 3. Karena kecerahan maksimum HP Poco ini hanya 400 nits, jika layar dilihat di bawah sinar matahari, layar akan menjadi agak gelap dan susah untuk digunakan.

Jadi Kamu harus menjaga kecerahan maksimal untuk mendapatkan tampilan layar terbaik. Selebihnya saat HP Poco ini digunakan di dalam ruangan, atau dalam kondisi pencahayaan normal, tampilan layar sangat bagus.

Snapdragon 662 Membantu POCO M3 Mempunyai Kinerja Yang Cukup Baik

Snapdragon 662 Membantu POCO M3 Mempunyai Kinerja Yang Cukup Baik

Berada di kelas hp low-end, POCO M3 ditenagai chip Snapdragon 662 diproses 11 mm. Meski chip ini tidak terlalu bertenaga, tetapi Kamu masih bisa menggunakan HP ini dengan lancar berkat sistem operasi MIUI 12.

Selain itu, meski bukan chip high-end, namun Snapdragon 662 merupakan chip yang telah ditingkatkan dari generasi sebelumnya yaitu Snapdragon 660. Sehingga prosesor ini telah dioptimalkan untuk performa kamera yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Menurut hasil benchmark pada Geekbench 5 dan AnTuTu, kinerja CPU yang digunakan POCO M3 hampir setara dengan beberapa HP pesain lainnya yang dilengkapi dengan chip Snapdragon 665. Jadi, Kamu masih bisa sepenuhnya percaya bahwa Snapdragon 662 di POCO M3 bisa digunakan dengan cukup baik. Selain itu, performa single-core dan multi-core dari POCO M3 juga mempunyai skor yang relatif impresif.

Untuk pengalaman bermain game, cukup disayangkan saat bermain game PUBG di POCO M3 tidak memungkinkan untuk mengaktifkan pengguna untuk menggunakan settingan grafis HD atau lebih tinggi. Tetapi, POCO M3 masih bisa lancari untuk memainkan game ini di FPS sedang.

Saat menggunakan game PUBG dengan settingan yang lebih ringan, secara mengejutkan POCO M3 bisa beroperasi dengan lancar dengan 60 FPS. Dalam mode grafis balance, meski tidak sepenuhnya berjalan mulus, prosesornya tetap memberikan pengalaman yang cukup baik pada 50,22 FPS. Sedangkan ketika menggunakan pengaturan mode grafis yang smooth, POCO M3 bisa menjalankan game dengan lancar dan masih terdapat sedikit lag di 50 FPS.

Namun, dengan kecepatan bingkai rata-rata 58,19 FPS saat bermain game PUBG, bisa dikatakan POCO M3 masih bekerja lebih baik.

Selain POCO M3 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 662 dan GPU Andreno 610. HP ini juga dilengkapi dengan banyak pilihan memori seperti RAM 6 GB, 64 GB atau 128 GB dan memori internal 256 GB.

Selain itu, HP POCO M3 ini juga telah dilengkapi dengan dua speaker ganda berstandar Hi-Res Audio yang lebih imersif.

Kamera 48MP Menghasilkan Foto Yang Tajam

Kamera 48MP Menghasilkan Foto Yang Tajam

Sebelum masuk ke review mendetail tentang kamera POCO M3, mari kita lihat parameter kamera belakang yang digunakan di hp ini :

  • Kamera utama memiliki resolusi 48 MP, bukaan f/2.0, panjang fokus 26 mm, sudah support deteksi fase fokus PDAF
  • Kamera depth mendukung bidikan potret dengan resolusi 2 MP dan bukaan f/2.4
  • Kamera makro memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4

Kamera utama 48 MP akan memberi pengguna banyak kejutan. Ketika kamera utama digunakan dalam kondisi pencahayaan yang baik. Kamera utama POCO M3 akan menghasilkan foto beresolusi tinggi, dengan hasil foto yang menampilkan warna yang indah dengan jangkauan dinamis yang baik.

Sedangkan untuk kamera makro dan potret, kinerjanya bisa dibilang tidak terlalu mengesankan. Karena hasil foto yang diambil dari kamera makro menunjukkan warna yang relatif bagus, tetapi dari segi detail, dan ketajamannya cukup standar.

Dalam kamera mode potret, HP POCO M3 memungkinkan pengguna menghasilkan foto bokeh yang standar. Karena, saat menggunakan mode potret pengkaburan latar belakang masih menyisakan banyak kesalahan pada batas seleksi subjek foto.

Untuk mode malam, kamera HP POCO ini berfungsi cukup baik berkat pencahayaan yang balance. Walaupun hasilnya bisa cukup baik, pada beberapa kasus di kondisi pencahayaan yang lebih gelap, eksposurnya dihasilkan terlalu kuat, sehingga membuat foto banyak noise dan tidak indah.

Selain itu, POCO M3 juga dilengkapi dengan banyak fitur fotografi menarik seperti Color Focus, support AI untuk fotografi malam hari, perekaman video dengan mode sinematik, dan fitur fotografi Time-lapse.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro – HP Kamera 108MP

POCO M3 Dilengkapi Baterai Besar 6.000 mAh

POCO M3 Dilengkapi Baterai Besar 6.000 mAh

Baterai 6.000 mAh yang disematkan di hp POCO M3 merupakan hal yang paling mengejutkan di segmen hp harga murah 1 jutaan. Kamu bisa menggunakan smartphone POCO ini selama seharian untuk penggunaan waktu yang lama.

Dengan menggunakan baterai 6000 mAh, Kamu bisa bermain game terus menerus selama 6 jam hingga 7 jam. Menjelajahi Facebook atau menonton film selama 15 jam terus menerus tanpa mengisi daya baterai. Bisa dibilang dengan performa baterai ini, POCO M3 memiliki kemampuan penggunaan yang baik dan unggul dibanding pesaingnya.

POCO M3 Memiliki Dual Speaker

POCO M3 Memiliki Dual Speaker

Untuk bisa menikmati hiburan seperti menonton film, mendengarkan musik atau bermain game, suara speaker yang keras dan jernih sangat dibutuhkan. Karena itu, ketika kamu membeli POCO M3 kamu sudah bisa menikmati kualitas speaker terbaik berkat adanya dual Stereo Speaker.

Walaupun ini adalah HP harga 1 jutaan saja, kamu sudah bisa mendapatkan HP dengan kualitas suara terbaik untuk menikmati hiburan yang lebih menyenangkan. Dengan speaker ganda bersertifikasi Hi-Res Audio ini, kamu akan merasakan suara level hp flagship dengan audio berkulitas tinggi.

Memiliki Konektivitas Cukup Lengkap

Kelebihan POCO M3 lainnya dibandingkan dengan HP pesaing lainnya dipasaran adalah dibekali dengan konektivitas yang cukup lengkap. Walaupun HP POCO ini belum dilengkapi dengan NFC, tetapi kamu bisa mendapatkan konektivitas lengkap lainnya seperti Bluetooth 5.0, port audio 3,5mm, USB Type-C, inframerah, FM Radio dan Wifi.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh POCO M3 yang tidak boleh diabaikan adalah adanya sensor fingerprint yang telah diletakan di samping. Fitur fingerprint ini telah disemakatkan bersama tombol power, sehingga kamu bisa meningkatkan keamanan membuka kunci layar dengan lebih baik.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite – HP Kelas Menengah Serasa Flagship

Kekurangan POCO M3

Berikut ini ada beberapa kekurangan POCO M3 yang harus kamu terima, ketika kamu ingin memiliki hp ini.

Tidak Ada optical image stabilization (OIS)

Kekurangan POCO M3 terletak pada Kamera, yaitu tidak adanya optical image stabilization (OIS), sehingga pengguna sulit mendapatkan foto dan video stabil terutama saat dalam kondisi minim cahaya. Masalah lainnya yaitu eksposur POCO M3 terlalu kuat dalam beberapa kasus bisa mengakibatkan hilangnya detail di bagian obejek foto.

Fast Charging Dengan Daya Rendah

HP dengan kapasitas baterai yang besar harus dibekali dengan teknologi fast charing dengan kapasitass yang besar juga. Tetapi sayangnya HP POCO M3 hanya mempunyai fast charging 18W untuk membantu mengisi daya baterai 6.000 mAh.

Dengan fitur fast charging 18W ini, Kamu bisa mengisi baterai 25% hnya dalam waktu 30 menit, baterai 46% dalam satu jam, sedangkan pengisian baterai penuh 100% membutuhkan waktu 2 jam 59 menit.

Belum Memiliki Refresh Rate Tinggi

Jika akhir-akhir ini di tahun 2022 telah banyak hp keluaran terbaru di harga 1 jutaan memiliki refresh rate tinggi hingga 90Hz. Tetapi sayangnya POCO M3 yang diluncurkan 2 tahun yang lalu ini tidak memiliki fitur refresh rate yang tinggi.

Ketika menggoperasikan layar di POCO M3, kamu hanya akan mendapatkan refresh rate standar 60Hz. Sehingga tingkat kemulusan proses scrol dan swipe layar tidak secanggih hp lain keluaran terbaru tahun 2022.

Tidak Ada Kamera Ultrawide

Ketika kamu melihat spesifikasi kamera belakang dari Poco M3, kamu tidak akan menemukan kamera ultra wide. Jadi kamu hanya bisa menggunakan kamera utama 48MP, dan dua kamera lainnya seperti kamera makro dan kamera depth.

Untuk kamu yang suka traveling dan memotret pemandangan, kamu mungkin akan merasa kamera HP Poco ini kurang masimal. Walaupun secara umum kualitas kamera 48MP dalam kondisi pencahayaan bagus akan menghasilkan foto yang detail dan jernih.

Kesimpulan

Berdasarkan informasi kelebihan dan kekurangan POCO M3 di atas. Harga POCO M3 terbaru di tahun 2022 bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 1,7 jutaan untuk varian RAM 4GB dan internal 64GB. Sedangkan POCO M3 varian RAM 6GB dan internal 128GB dijual dengan harga Rp 2,1 jutaan. Dengan harga mulai Rp 1 jutaan kamu sudah bisa memiliki HP dengan desain unik, memiliki performa baik untuk bermain game ringan, layar berukuran besar FullHD, kamera 48MP yang jernih dan baterai kapasitas besar 6000 mAh.

Jadi bisa disimpulkan dari kelebihan dan kekurangan POCO M3 di atas, hp POCO M3 di tahun ini masih layak untuk dibeli. Walaupun di tahun 2022, kamu juga telah memiliki lebih banyak pilihan HP 1-2 jutaan yang lebih menarik seperti Realme C31, Samsung Galaxy A04, Samsung Galaxy A03, dan Vivo Y22 lainnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar