Kelebihan dan Kekurangan Vivo V23e – HP Dengan Kamera Selfie 50MP

Baru-baru ini, ketika berbicara tentang Vivo, sebagian besar pengguna sering menginginkan smartphone dengan sistem kamera kelas atas dengan harga murah. Seolah memahami permintaan pengguna, Vivo akhirnya melahirkan Vivo V23e dengan misi untuk menghadirkan smartphone dengan kemampuan fotografi yang mengesankan ditambah dengan desain yang berjiwa muda dan modern. Vivo V23e hadir dengan menjanjikan akan memikat perhatian bagi para penggila selfie yang mencari HP tipis dan ringan. Tetapi akah spesifikasi tersebut benar-benar sesuai kenyataannya? Karena itu, kamu harus bergabung bersama kami disini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Vivo V23e. Sehingga kamu bisa mengetahui bahwa hp Vivo V23e layak untuk dibeli atau tidak di harga Rp 4 jutaan.

Tentang Vivo V23e

Seri Vivo V merupakan HP kelas menengah yang diarahkan fokus pada keunggulan di fitur kamera. Vivo V23e merupakan produk hebat yang mewarisi banyak fitur bagus dari pendahulunya. HP ini mempunyai kemampuan fotografi yang bagus dan menonjol dalam kisaran harga Rp 4 jutaan.

Secara umum, fitur yang lainnya sebenarnya memiliki spek dasar tidak terlalu unggul, tetapi fotografi merupakan yang paling menonjol dan menjadi keunggulannya. Lalu apakah produk ini sesuai dengan apa yang saya katakan? Yuk cari tahu di artikel ini untuk mengetahui jawabannya tentang kelebihan dan kekurangan Vivo V23e!

Spesifikasi Vivo V23e

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan Vivo V23e, kamu bisa mengetahui informasi tentang spesifikasi Vivo V23e terlebih dahulu di bawah ini!

Performa

  • Prosesor : Mediatek Helio G96 (12 nm)
  • CPU : Octa-core terdiri dari 2 core x 05 GHz Cortex-A76 dan 6 core x 2.0 GHz Cortex-A55
  • Grafis (GPU) : Mali-G57 MC2
  • RAM : 8 GB
  • ROM Internal : 128GB
  • Slot Memori : microSDXC (menggunakan slot SIM bersama)
  • Jumlah Sim Card : 2 Nano SIM

Layar

  • Teknologi Panel AMOLED dengan ukuran layar 6,4 inci
  • Resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel dengan rasio aspek 20:9 dan memiliki kerapatan 409 ppi

Koneksi

  • USB tipe C 3.1
  • NFC
  • Bluetooth 5.2
  • Sensor sidik jari di bawah layar
  • Sensor gerak
  • Giroskop
  • Sensor jarak
  • kompas
  • Wi-Fi 802.11
  • Koneksi data 4G

Baterai

  • Kapasitas : 4050 mAh
  • Charging : Fast Charging 44W

Kamera

  • Kamera Utama : 64 MP, bukaan f/1.8, 26 mm, PDAF
  • Kamera Ultra Wide : 8 MP, bukaan f/2.2, 120 derajat, 16 mm,12µm
  • Kamera Kamro : 2 MP, bukaan f/ 2.4
  • Kamera depan: 50 MP, bukaan f/2.0, sensor Wide, AF

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V23e

Spesifikasi Vivo V23e di atas adalah gambaran umum spek yang bisa kamu dapatkan saat memiliki Vivo V23e. Tetapi untuk penggunaan nyata, kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Vivo V23e. Sehingga nantinya kamu bisa mengetahui kelayakan hp Vivo V23e, cocok untuk kamu miliki atau tidak.

Kelebihan Vivo V23e

Pertama kami disini akan mengajak kamu untuk mengetahui kelebihan Vivo V23e, yang dimana keunggulan ini bisa membuat kamu yakin hp ini cocok atau sesuai dengan kebutuhanmu.

Vivo V23e Memiliki Desain Ultra Tipis dan Ringan

Vivo V23e Memiliki Desain Ultra Tipis dan Ringan

Dengan desain trendi, ultra tipis, dan ringan dengan bobot hanya 172 gram saja, membuat Vivo V23e tetap mempertahankan apa yang dimiliki generasi sebelumnya, yang menjadi ciri khas Vivo. Dengan desain ini, Vivo V23e adalah hp yang cukup ringan yang memudahkan kamu untuk mengoperasikan hp serta membawanya kemana-mana.

Gaya desain Vivo V23e agak murahan, tapi saya suka dengan desain hp ini. Layar sudah menggunakan AMOLED tetapi lekukan berbentuk U. Cluster kamera belakang cukup besar dengan bingkai berbentuk persegi cukup modern. Tapi itu desain persegi tidak seperti iPhone, tapi menggunakan bingkai dua sisi yang memeluk frame bodi, bukan bingkai kaca dua sisi seperti yang digunakan iPhone.

Desain bagian menggunakan layar AMOLED berukuran besar yang memakan sebagian besar ruang. Desain bezel layar hp Vivo ini cukup tebal, terutama pada bagian dagunya. Ada lekukan waterdrop di bagian atasnya. Meski notch ini tidak terlalu mempengaruhi pengalaman layar, tetapi tetap menimbulkan kesan kurang premium dan tampak sebagai hp murah.

Di notch waterdrop terdapat kamera selfie 50MP dengan kemampuan fokus otomatis yang sangat baik di kelasnya. Di atas kamera utama terdapat strip speaker tetapi ini bukanlah speaker stereo. Karena, vivo V23e tidak mempunyai speaker stereo.

Sensor sidik jari sudah ditempatkan di bawah layar, ini merupakan hal yang luar biasa dari HP di kelas Rp 4 jutaan. Sensor ini menggunakan sensor optik dengan kecepatan membuka kunci yang cepat, akurat, dan stabil.

Desain bagian belakang Vivo V23e telah dilapisi plastik matte dan ini juga yang menjadi tren finishing tahun ini yang cukup indah. Ada 2 warna yang bisa dipilih dari hp Vivo V23e, yaitu varian warna Sunshine Coast dan Moonlight Shadow.

Cluster kamera berbentuk persegi panjang yang ditempatkan secara vertikal di sudut atas tampak cukup menonjol. Cluster kamera ini menampung 3 kamera di sini dan berbaris secara vertikal dengan lampu LED flash ganda di samping.

Tampilan layar tajam standar Full HD+

Tampilan layar tajam standar Full HD+

Meski layar dengan notch waterdrop memberikan kesan HP yang murahan. Tapi HP ini telah menggunakan panel AMOLED berukuran 6,44 inci yang agak besar. Layar HP Vivo ini juga mempunyai resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel yang menampilkan konten dengan cukup tajam dan kerapatan piksel 409 ppi.

Karena telah menggunakan panel AMOLED, kontras layar Vivo V23e sangat tinggi. Pada saat yang sama kecerahannya juga cukup tinggi untuk penggunaan di luar ruangan. Namun, menggunakannya langsung di bawah sinar matahari masih sedikit kurang nyaman. Jika saja kecerahan 1000 nits atau lebih akan terlalu bagus digunakan di luar ruangan.

Refresh rate layar yang ditawarkan vivo V23e sayangnya hanya 60Hz. Padahal pesaing dalam kisaran harga yang sama mempunyai kecepatan 120Hz, dan tetapi sebagian besar masih menggunakan panel LCD, belum AMOLED.

Prosesor yang stabil dengan teknologi ekspansi RAM

Prosesor yang stabil dengan teknologi ekspansi RAM

HP Vivo V23e yang menjalankan prosesor Mediatek Helio G96 sudah memiliki kinerja dan performa cukup bagus untuk HP kelas menengah. Performa ini jauh lebih stabil dibandingkan Snapdragon 680 yang ditawarkan banyak HP pesaing dengan kisaran harga yang sama. Performa CPU dan GPU keduanya jauh lebih tinggi dari Snapdragon 680.

HP Vivo V23e hanya mempunyai satu versi memori, RAM 8GB dan memori internal 128GB. Kapasitas RAM besar ini bisa digunakan untuk multitasking yang efisien. Memori internal 128GB termasuk cukup nyaman digunakan, tetapi Kamu juga bisa menambahkan ruang penyimpanan lebih jauh besar dengan kartu micro SD.

Tak berhenti sampai di situ, Vivo V23e juga diunggulkan berkat dibekali dengan teknologi eksklusif ekspansi RAM hingga 4 GB. Artinya, selain memiliki RAM 8 GB, Kamu bisa sepenuhnya meningkatkan RAM menjadi 12 GB dengan tambahan RAM virtual 4 GB.

Dengan sistem RAM yang begitu besar ini, semua tugas dari dasar hingga lanjutan atau bahkan membuka banyak tab aplikasi sekaligus akan ditangani dengan lancar dan cepat oleh HP Vivo satu ini.

Kamu bisa menggunakannya dengan lancar dengan tugas sehari-hari seperti melakukan panggilan, menjelajahi web, bermain medsos sosial. Dengan dukungan spek prosesor dan RAM tersebut, konfigurasi Vivo V23e masih cukup kuat bagi kamu untuk belajar, menonton film, dan bahkan digunakan untuk bermain game-game populer saat ini yang menuntut grafis tinggi seperti PUBG dengan gameplay yang mulus.

Kamu bisa bermain game PUBG, di setingan medium. Karena tidak ada refresh rate layar yang tidak terlalu tinggi, sehingga pergerakan permainan tidak terlalu mulus. Namun, kamu masih bisa bermain dengan baik dengan game yang lebih ringan seperti Mobile Legends atau Free Fire.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y22 – HP 2 Jutaan Helio G85

Sistem Kamera Utama 64 MP Dengan Kualitas Super

Sistem Kamera Utama 64 MP Dengan Kualitas Super

Kelebihan Vivo V23e tampak jelas pada fotografinya, karena telah dibekali dengan spek kameranya luar biasa, terutama kamera selfienya.

  • Kamera utama memiliki resolusi 64MP dengan fokus otomatis ganda tetapi tidak ada stabilisasi gambar optik
  • Kamera ultra wide resolusi 8MP menawarkan bidang pandang 120 derajat dengan sensor besar 1,12µm
  • Kamera makro beresolusi rendah 2MP dan tanpa memiliki autofokus, ini sebenarnya sebagai penambah set lengkap 3 kamera saja
  • Kamera selfie memiliki resolusi 50MP dengan fokus otomatis

Kamera Utama

Dalam kondisi pencahayaan yang baik, Kamu akan mendapatkan foto yang sangat indah dari kamera belakang Vivo V23e. Meski kamera utama Vivo V23e tidak mempunyai OIS, kualitas foto dihasilkannya masih sangat bagus. Hasil foto Vivo V23e masih memiliki detail lengkap, warna natural, rentang dinamis lebar, kontras bagus. Secara umum, tidak ada yang perlu dari kamera utama Vivo V23e.

Kamu juga bisa mengambil foto mode potret yang bagus dari kamera utama. Tidak ada sensor kedalaman, tetapi AI bekerja dengan baik untuk deteksi subjek dan pemisahan font yang cukup akurat. Kamu bisa memotret foto bokeh dengan baik dengan subjek seperti manusia, hewan, dan benda.

Kamera Makro

Dengan kamera makro 2MP di Vivo V23e, Kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk mendapatkan fokus dengan panjang fokus sekitar 4cm. Meskipun Kamu mempunyai kesabaran untuk fokus, kualitas foto kamera makro tidak terlalu menarik dan mengesankan.

Memotret dalam cahaya redup secara umum masih bagus, karena hasil foto mempunyai eksposur yang cukup tinggi, dan detail lengkap. Saat memotret menggunakan mode malam, Kamu perlu menunggu sedikit lebih lama untuk membuat hasil foto lebih baik. Dengan kata lain, performa AI kamera ini untuk fotografi minim cahaya tidak terlalu tinggi.

Kemara Depan

Kelebihan Vivo V23e terdapatpada kamera selfie. Kamera depannya dilengkapi dengan resolusi besar hingga 50MP dan juga sudah mempunyai fokus otomatis. Menerapkan QuartBayer memberikan kualitas foto selfie yang sangat baik di siang dan malam hari. Hasil foto selfie menghasilkan warna bagus, detail lengkap, rentang dinamis luas sehingga Kamu bisa membuat selfie yang menarik.

Perekaman Video

Kamu bisa merekam video dengan resolusi 4K dari kamera utama dan kamera selfie, tetapi terbatas pada 30fps saja. Selain itu, perekaman video 1080p juga hanya terbatas di 30fps. Tetapi semuanya sudah mendukung stabilisasi EIS untuk kamera depan dan belakang.

Kamu bisa merekam video gerakan lambat atau slow motion untuk kamera depan dan belakang. Tetapi dengan mode slow motion terbatas pada resolusi 720p saja. Tentu saja, itu sudah cukup bagi Kamu untuk membuat video slow motion yang menarik.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Vivo V25e – HP Dengan Helio G99 dan Kamera AI 64MP

Baterai kuat dengan teknologi fast charging yang mengesankan

Baterai kuat dengan teknologi fast charging yang mengesankan

HP Vivo V23e ini hanya dibekali baterai sebesar 4.050 mAh saja. Kapasitas baterai ini sangat kecil tapi keunggulannya kamu akan memiliki hp dengan desain ramping hanya 7.4mm. Namun daya tahan baterai yang diberikan ini masih sangat baik. Dengan intensitas pemakaian normal, Kamu bisa menggunakan Vivo V23e seharian dengan nyaman.

Ditambah lagi kamu bisa menggunakan Vivo V23e yang sudah dilengkapi dengan fast charging 44W. Ini merupakan pengisi daya yang sangat kuat untuk kisaran harga Rp 4 jutaan, sehingga Kamu bisa yakin untuk menggunakannya sepanjang hari. Kamu bisa mempunyai baterai 69% setelah 30 menit melakukan pengisian daya baterai dan mengisi penuh baterai dari 0% hingga 100% dalam waktu kurang dari 1 jam.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y35 – HP 3 Jutaan Dengan Fast Charging 44W

Kekurangan Vivo V23e

Setelah kamu membaca kelebihan Vivo V23e di atas, tentunya kamu merasa bahwa hp vivo ini sesuai dengan kebutuhanmu. Tetapi kamu harus mengetahui informasi tentang kekurangan Vivo V23e, berikut ini kekurangannya :

Tidak tahan air, tidak ada kecepatan refresh yang tinggi

Kamu akan memiliki kekurangan tidak memiliki hp yang tahan air dan tidak ada kecepatan refresh rate layar yang tinggi saat membeli Vivo V23e. Jika dibandingkan pesaing lainnya di harga yang sama, Xiaomi Redmi Note 11 Pro memiliki layar dengan refresh rate 120hz.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y16 – HP 1 Jutaan Desain Mewah

Tidak ada colokan audio 3,5 mm

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan headset dengan kabel audio 3,5mm, maka kamu sudah tidak bisa menggunakannya lagi di Vivo V23e. Jadi kamu ketika memiliki hp ini harus terbiasa menggunakan teknologi headset wireless.

Kapasitas baterai kecil

Dibandingkan pesaing dari Vivo V23e, tentunya kapasitas baterai 4050 mAh lebih rendah dari baterai 5000 mAh yang sudah umum digunakan saat ini. Tetapi sebenarnya kapasitas baterai tidak terlalu besar ini memiliki kelebihan hp jadi lebih ringan dan lebih tipis.

Kesimpulan

Singkat kata, berdasarkan kelebihan dan kekurangan vivo V23e yang kami jelaskan di atas. Hp Vivo V23e ini bisa menjadi pilihan tepat di kisaran harga 4 jutaan. Cocok banget buat kamu yang suka berfoto selfie untuk dibagikan ke media sosial ataupun melakukan live streaming. Selain itu, hp vivo ini juga memiliki desain yang indah, layar sudah AMOLED, prosesor cukup stabil, dan memiliki fast charging 44W yang mengesankan. Walaupun Vivo V23e masih memiliki kekurangan pada refesh rate layar yang rendah, tidak tahan air, tidak ada jack audio 3,5 mm dan kapasitas baterai kecil.

Bagikan:

Tinggalkan komentar