Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M53: Layar, Fotografi Dan Baterai Bagus

Apakah Kamu sedang mencari smartphone yang paling cocok untuk digunakan menonton film, menjelajahi web, bermain media sosial, dan mengambil foto dengan kualitas terbaik? Ketika Kamu membutuhkan smartphone dengan desain yang cantik, berukuran besar, dan kamera yang bagus. Maka kamu tidak boleh melewatkan Samsung Galaxy M53. Tetapi sebelum membeli HP Samsung ini, kamu harus membaca terlebih dahulu ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M53 dibawah ini. Sehingga kamu bisa memiliki referensi apakah Samsung Galaxy M53 sesuai kebutuhanmu atau tidak.

Spesifikasi Samsung Galaxy M53

Sebelum membaca tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M53, kamu sebaiknya mengetahui spesifikasi Samsung Galaxy M53 di bawah ini!

Performa

  • Prosesor : MediaTek Dimensity 900 (6 nm)
  • CPU : Octa-core terdiri dari 2 core x 4 GHz Cortex-A78 dan 6 core x 2.0 GHz Cortex-A55
  • Grafis (GPU) : Mali-G68 MC4
  • RAM : 6GB atau 8GB
  • ROM Internal : 128Gb atau 256GB
  • Slot Memori : microSDXC
  • Jumlah Sim Card : 2 Nano SIM

Layar

  • Teknologi panel Super AMOLED Plus dengan ukuran 6,47 inci dengan refresh rate 120Hz
  • Resolusi Full HD+ 1080 x 2408 piksel dengan rasio 20:9 dan memiliki kerapatan 394 ppi
  • Pelindung layar Corning Gorilla Glass 5

Koneksi

  • Koneksi internet 4G dan 5G
  • Port headphone 3.5mm
  • USB tipe C 3.1
  • Bluetooth 5.0
  • NFC
  • Sensor sidik jari di samping
  • Giroskop
  • Sensor jarak
  • Sensor gerak
  • Wi-Fi 802.11
  • Kompas

Baterai

  • Kapasitas : 5000 mAh
  • Charging : Fast charging 25W

Kamera

  • Kamera Utama : 108 MP, bukaan f/1.8, sensor wide, PDAF
  • Kamera ultra wide : 8 MP, bukaan f/2.2, 1/4″, 1.12µm
  • Kamera Depth : 2 MP, bukaan f/2.4
  • Kamera Makro :2 MP, bukaan f/2.4
  • Kamera depan: 32 MP, bukaan f/2.2, 26mm dengan sensor wide

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M53

Dari spesifikasi Samsung Galaxy M53 di atas tentunya kita bisa melihat hp samsung kelas menengah ini memiliki spek yang bagus. Tetapi untuk mengvalidasi parameter tersebut, kamu tetap harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M53 di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy M53

Berikut ini ada beberapa kelebihan Samsung Galaxy M53 yang menjadi unggulan dari HP ini yang akan meyakinkan kamu bahwa hp ini layak untuk kamu miliki.

Samsung Galaxy M53 Dengan Tampilan Minimalis dan Desain Elegan

Samsung Galaxy M53 Dengan Tampilan Minimalis dan Desain Elegan

Gaya desain Samsung Galaxy M53 hanya memiliki sedikit perbedaan dengan pendahulunya yaitu pada cluster kameranya. Tetapi dengan adanya perubahan yang ini membuatnya tampilannya sangat berbeda. Desain hp ini masih menggunakan material lapisan plastik, tetapi bahan plastik ini menggunakan finishing mate yang elegan, tidak lagi menggunakan finishing glossy yang menyebabkan sidik jari mudah membekas seperti pendahulunya.

Perasaan di tangan hp ini terasa kokoh meski terbuat dari bahan plastik, karena bagian ujung dan sudutnya didesain membulat dengan nyaman. Finishing matte hp ini agak licin, halus, tapi tidak terlalu masalah. Beratnya hp ini hanya 176g, sehingga bisa dikatakan sangat ringan walaupun mempunyai baterai 5000mAh yang besar.

Bebicara tentang desain bagian depan Samsung Galaxy M53 telah menggunakan layar AMOLED yang cantik dengan desain layar punch hole di tengah layar. Bagian layar ini juga sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 5 dan memiliki bezel yang sangat tipis. Bagian atas layar mempunyai rangkaian speaker yang sangat tipis yang berfungsi menghasilkan suara yang akurat saat menelpon.

Desain bagian belakang HP difinising menggunakan bahan plastik seperti yang saya jelaskan diatas. Bagian belakang ini mempunyai lapisan matte mewah yang membuatnya jadi lebih halus di tangan dan tidak terlalu membekas sidik jari dan debu.

Perlu dicatat bahwa jika Kamu mengubah sudut pandang pada bagian belakang ini, Kamu akan melihat nuansa warna yang berbeda yang indah. Misalnya, pada versi Biru ini kamu akan mempunyai banyak level warna biru yang berbeda-beda jika dilihat dari sudut pandang berbeda.

Yang paling menonjol di bagian belakang yaitu pada cluster kamera berbentuk persegi. HP ini mempunyai desain yang mulus pada bagian belakang. Cluster kamera dibagian belakang mempunyai 4 lensa, tetapi LED flash ditempatkan di luar berada di bawah cluster kamera.

Sasis Samsung Galaxy M53 terbuat dari plastik dan diberi finishing dengan warna yang sama dengan bagian belakangnya.

Layar Super AMOLED Plus 120Hz

Layar Super AMOLED Plus 120Hz

HP Samsung Galaxy M53 ini dilengkapi dengan panel Super AMOLED Plus untuk menghailkan kualitas tampilan layar yang sangat baik. Ukuran layar sebesar 6,7 inci sebenarnya jauh lebih besar dari hp lainnya yang lebih canggih, yang umumnya hanya berukuran sekitar 6,5 inci. Kualitas tampilan layar hp ini sangat bagus dengan kontras tinggi, detail bagus, dan menghasilkan warna yang indah.

Kecepatan refresh layar yang tinggi 120Hz di hp ini sangat halus. Sehingga Kamu bisa dengan lancar menonton konten dan video dengan gerakan sangat lambat. Atau mainkan game dengan lebih mulus dan stabil dengan FPS tinggi. Kecerahan layar Samsung Galaxy M53 mencapai 403nits dengan kecerahan manual. Namun saat beralih ke mode otomatis layar hp Galaxy M53 ini bisa mencapai maksimal di 800nits.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M23: HP Samsung Rp 2 jutaan

Performa dan Kinerja Terbaik Dari MediaTek Dimensity 900

Performa dan Kinerja Terbaik Dari MediaTek Dimensity 900

Galaxy M53 ini menggunakan prosesor MediaTek MT6877 Dimensity 900 yang merupakan chip kelas menengah. Secara keseluruhan performa chipset ini hanya rata-rata dan cukup masuk akal untuk harganya yang sekitar Rp 4 jutaan.

Dengan menggunakan MediaTek MT6877 Dimensity 900, kamu sudah bisa mengunakan Galaxy M53 untuk bermain game atau tugas sehari-hari yang berjalan dengan lancar. Namun, jika dibandingkan dengan hp lainnya di kisaran harga yang sama, performa chipset ini jauh lebih buruk. Misalnya, dibandingkan Snapdragon 888 yang digunakan di iQOO 9 SE, atau Snapdragon 870 yang digunakan di iQOO Neo 6.

Samsung Galaxy M53 sudah support slot kartu memori microS dan Kamu bisa berbagi dengan sim 2 untuk bisa menambah memori. Slot memori ini mendukung ekspansi memori hingga 512GB. Kamu bisa memilih versi memori internal yang lebih tinggi jika ingin menggunakan lebih banyak memori penyimpanan.

Berbicara tentang kinerja CPU, HP Samsung Galaxy M53 tidak kalah dengan pesaing yang ada di pasaran. Perbedaannya tidak banyak di kelas mid-range. Tetapi iQOO 9 SE dan iQOO Neo 6 lebih unggul, dan kedua smartphone tersebut bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Dalam hal skor multi-core Samsung Galaxy M53 lebih unggul dibanding Samsung Galaxy A53 5G dan Samsung Galaxy A33 5G.

Performa GPU dari Galaxy M53 ini mirip dengan Samsung Galaxy A53 atau Galaxy A33 . Artinya, smartphone ini telah mengalami downgrade cukup banyak dibanding generasi pendahulunya.

Performa keseluruhan Samsung Galaxy M53 pada dasarnya bisa kita nilai melalui skor Antutu V9. Secara umum performa HP Galaxy M53 terbukti masih kalah dengan pendahulunya, Samsung Galaxy M52 dan A52s. Meski masih memiliki performa keseluruhan yang bagus, tetapi sangat disayangkan hp baru tetapi performanya lebih lemah dibanding pendahulunya.

Secara keseluruhan, kemampuan gaming HP Samsung Galaxy M53 tidak terlalu unggul. Jika kamu bermain game di hp ini untuk bersenang-senang sudah cukup.

Samsung Galaxy M53 Dibekali 4 Kamera Untuk Foto Multi-Perspektif

Samsung Galaxy M53 Dibekali 4 Kamera Untuk Foto Multi-Perspektif

HP Samsung Galaxy M53 dilengkapi dengan 4 kamera belakang dan 1 kamera selfie yang memberikan kemampuan fotografi terbaik di kelas menengah.

  • Kamera utama menggunakan sensor Samsung Isocell HM6 dengan resolusi Ada Nonappixels yang menggabungkan 9 piksel untuk bisa menghasilkan gambar default 12MP.
  • Kamera ultra-wide menggunakan sensor Sony IMX 355 dengan resolusi 8MP. Mirip dengan ultra-wide kebanyakan hp mid-range lainnya.
  • Sensor kedalaman dan makro dengan resolusi 2MP hanya ditambahkan sebagai pelengkap 4 kamera. Nyatanya, kedua kamera ini tidak terlalu berguna saat Kamu memotret karena resolusinya terlalu kecil hanya 2 MP.
  • Kamera selfie menggunakan sensor Sony IMX 616 dengan resolusi 32MP untuk menghasilkan kualitas gambar yang cukup bagus untuk pemotretan siang hari.

Kamera utama

Kualitas foto dari kamera utama Samsung Galaxy M53 sangat bagus, dengan detail penuh, dan menghasilkan warna yang hidup. Seperti kebanyakan HP Samsung, hasil foto agak terlalu jenuh untuk menghasilkan foto yang lebih hidup.

Meskipun tidak ada kamera telefoto, keunggulan lensa 108MP akan membantu Kamu mengambil foto telefoto yang bagus. Foto yang dihasilkan bisa digunakan dengan cukup baik, meski tidak seindah 1x, namun tetap bisa digunakan untuk dibagikan ke media sosial. Kamu juga bisa mengambil gambar dengan resolusi asli 108MP untuk menghasilkan foto dengan detail terbaik. Namun kualitas gambarnya tidak terlalu tinggi karena hanya akan meningkatkan detailnya.

Jika Kamu sering memotret dengan kondisi cahaya redup, hasil foto kamera Samsung Galaxy M53 tampak agak kurang memuaskan. Hasil foto dalam kondisi cahaya redup eksposur agak gelap dan rentang dinamis terbatas. Umumnya hasil foto ini sudah cukup baik untuk hp mid-range, tapi masih noise saat kondisi gelap. Tetapi jika Kamu menggunakan mode malam, hasil foto akan sangat membantu. Terutama detail area terang akan ditangkap dengan sangat akurat.

Mode Potret

Kamu bisa memotret dengan kamera utama dan dukungan depth sensor 2MP. Kualitas gambar sangat bagus dengan subjek yang diekspos dan telah dipercantik dengan baik. Deteksi subjek dan pemisahan font yang efektif, sehingga Kamu bisa mendapatkan hasil foto yang bagus. Efek penghapusan font tampak alami dan sangat lembut.

Kamera ultrawide

Kualitas gambar dari kamera ultra-wide tidak sebagus kamera utama Samsung Galaxy M53 dalam hal jangkauan dinamis. Namun parameter lainnya sangat bagus, terutama memiliki sudut pandang lebar yang tidak dimiliki kamera utama. Hasil kamer ultra wide ini memiliki warna bagus, detail bagus, dan agak terlalu tajam tapi bisa diterima.

Kamera makro

Dilengkapi dengan kamera makro 2MP, tetapi hasil fotonya tidak terlalu detail. Selain itu juga tidak mempunyai fokus otomatis dan panjang fokus ditetapkan pada jarak 4cm. Jadi Kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan fokus objek foto dan jika Kamu mempunyai fokus yang baik, Kamu tetap susah untuk bisa mendapatkan hasil foto yang bagus.

Kamera depan

Kamera Selfie dari Galaxy M53 mempunyai kualitas yang baik. Hasil foto memiliki detail lengkap, kontras bagus dengan HDR, rentang dinamis lebar, dan menghasilkan warna bagus. Dengan kamera selfie kamu juga bisa mempercantik foto secara otomatis dan Kamu akan mempunyai foto selfie yang bagus. Kamu juga bisa mengambil foto dengan mode potret selfie. Meski tidak ada sensor kedalaman, AI di kamera selfie ini telah bekerja dengan sangat baik. Namun, hasil fotonya masih bisa salah ketika menghapus rambut yang berantakan atau menyeleksi area latar belakang foto.

Perekaman Video

HP Samsung Galaxy M53 ini bisa digunakan untuk merekam video 4K tetapi hanya pada 30fps melalui kamera utama dan kamera selfie. Untuk perekaman video 1080P bisa merekam video kualitas gambar yang baik dengan kecepatan maksimal 60fps. Tetapi Kamu tidak bisa merekam video dalam resolusi yang lebih rendah dan tidak bisa merekam video slow motion di hp ini.

Kualitas gambar dari video hp Galaxy M53 ini sangat bagus. Meski tidak ada dukungan OIS, tetapi kamera hp ini terdapat stabilisasi digital untuk menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23 – HP Kamera Terabik 2 Jutaan Dengan Fitur OIS

Daya tahan baterai 5000 mAh kuat digunakan seharian

Daya tahan baterai 5000 mAh kuat digunakan seharian

HP Samsung Galaxy M53 ini telah dilengkapi dengan kapasitas baterai 5000mAh yang mirip dengan pendahulunya Galaxy M52. Tapi itu kapasitasnya jauh dari baterai besar 7000mAh yang digunakan Samsung Galaxy M51.

Baterai ini telah menawarkan masa pakai baterai yang sangat baik. Jika dibandingkan dengan versi menengah Samsung lainnya, kapasitas baterai ini setara. Namun jika dibandingkan dengan baterai 4500mAh milik Realme 9 Pro+ dan Oppo Reno7 5G, Samsung Galaxy M53 jauh lebih unggul.

Kekurangan Samsung Galaxy M53

Setelah mengetahui kelebihan Samsung Galaxy M53, berikut ini kamu harus mengetahui kekurangan Samsung Galaxy M53 di bawah ini!

Fast Charging Hanya 25W

Meski daya tahan baterainya besar 5000 mAh, tetapi kecepatan pengisiannya baterai terbukti kalah dengan saingan hp Android lainnya. Dengan pengisi daya fast charging 25W, hanya memiliki kecepatan penggunaan standar.

Kamu akan mendapatkan baterai 44% setelah dicharger selama 30 menit. Untuk pengisian penuh 0%-100% akan memakan waktu pengisian baterai hingga 93 menit. Ini merupakan waktu pengisian daya baterai yang cukup lama dibandingkan pesaing lainnya. Kamu bisa mendapatkan fast charging 60W di Realme 9 Pro+.

Tidak ada pengisi daya di dalam kotak

Kelemahan lain selain memiliki fast charging yang tidak terlalu tinggi, fitur fast charging ini juga harus kamu beli terpisah. Karena saat kamu membeli hp Samsung Galaxy M53 tidak disertakan charger 25W di dalam boxnya.

Chipset relatif lemah pada kisaran harga

Dibandingkan dengan pesaingnya, Samsung Galaxy M53 yang menggunakan MediaTek Dimensity 900 (6 nm) masih memiliki performa yang lemah. Jadi jika kamu ingin memiliki HP 4 jutaan dengan performa lebih baik, cari yang menggunakan chipset snapdragon.

Kualitas gambar dalam cahaya redup agak buruk

Jika kamu memotret dalam cahaya redup menggunakan kamera Samsung Galaxy M53, kualitas gambar dihasilkan agar buruk karena masih terdapat banyak noise.

Tidak ada stabilisasi video pada 4K

Walaupun sudah memiliki keunggulan bisa merekam video 4K, sayangnya Samsung Galaxy M53 tidak memiliki fitur stabilitasi video di perekaman 4K.

Kesimpulan

Singkatnya, berdasarkan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M53 di atas. HP Samsung Galaxy M53 ini merupakan produk kelas menengah di harga mulai dari Rp 4, 6 jutaan yang bagus. Karena hp ini mempunyai desain yang bagus dengan layar yang indah dan fitur fotografi yang lengkap. Tentunya performanya juga masih cukup digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan kapasitas baterainya cukup besar untuk penggunaan sehari-hari. Namun, sebenarnya masih banyak pesaing yang memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki Samsung Galaxy M53 di harga yang sama.

Bagikan:

Tinggalkan komentar