Kelebihan dan Kekurangan Poco X4 Pro 5G – HP 4 Jutaan Dengan Desain Unik

Jika Kamu ingin membeli HP Xiaomi Poco X4 Pro 5G maka kamu harus membaca spesifikasinya. Kamu pasti akan merasa kecewa dengan performa HP ini ketika hanya dibekali chip snapdragon 695G. Sedangkan Poco Fans sejauh ini tidak pernah kecewa dengan performa dari seri Poco. Jadi bisakah Snapdragon 695 5G memuaskan pengguna Poco X4 Pro 5G atau tidak? Di kisaran harga 4 jutaan, apakah fitur yang dimiliki HP Poco X4 Pro 5G ini worth it? Mari kita ulas detail kelebihan dan kekurangan Xiaomi Poco X4 Pro 5G untuk mendapatkan jawaban paling akurat.

Spesifikasi Poco X4 Pro 5G

Sebelum kamu membaca tentang kelebihan dan kekurangan Poco X4 Pro 5G¸kamu bisa mengetahui terlebih dahulu tentang Poco X4 Pro 5G secara lengkap di bawah ini.

Performa

  • Prosesor (CPU) : Qualcomm Snapdragon 695 5G (6 nm)
  • Grafis (GPU) : Adreno 619
  • RAM : 6GB atau 8GB
  • ROM Internal : 64GB, 128GB atau 256GB
  • Slot Memori : microSDXC (menggunakan slot SIM bersama)
  • Jumlah Sim Card : 2 Nano SIM 5G

Layar

  • Teknologi Panel AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan kecerahan layar hingga 1200 nits
  • Ukuran layar 6,67 inci dengan rasio 20:9
  • Resolusi layar 1080 x 2400 piksel dengan kepadatan 395 ppi

Koneksi

  • Koneksi Internet 4G Lte dan 5G
  • USB tipe C 3.1
  • Bluetooth 5.1
  • Wi-Fi 802.11
  • NFC
  • Sensor sidik jari disamping
  • Port headphone 3.5mm
  • Sensor gerak
  • Giroskop
  • Sensor jarak
  • Kompas

Baterai

  • Kapasitas : 5000 mAh
  • Charger : Fast Charging 67W

Kamera

  • Kamera utama : 108 MP, bukaan f/1.9, 26 mm (sensor wide), 0.7µm, PDAF
  • Kamera Ultra Wide : 8 MP, bukaan f/2.2, 118 derajat
  • Kamera Makro : 2 MP, bukaan f/2.4
  • Kamera depan: 16 MP, bukaan f/2.5, (sensor wide ), 1/3.06″ 1.0µm

Fitur dan Spek Lainnya

  • Tahan air : Standar IP53
  • Ukuran dimensi : 164,2 x 76,1 x 8,1 mm
  • Bobot/Berat : 205 gram

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco X4 Pro 5G

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli Xiaomi Poco X4 Pro 5G, kamu harus mengetahui informasi lengkap tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi Poco X4 Pro 5G. Kamu tidak akan cukup hanya membaca spesifikasi saja, karena data spesifikasi hanya sebuah angkat bukan berdasarkan pengalaman penggunaan.

Kelebihan Xiaomi Poco X4 Pro 5G

Seperti yang dijelaskan di atas, disini kami akan membahas kelebihan dan kekurangan Xiaomi Poco X4 Pro 5G. Dan pertama-tama kita akan membahas terlebih dahulu tentang kelebihan Xiaomi Poco X4 Pro 5G.

Desain Unik dan Khas Poco

Desain Unik dan Khas Poco

Gaya desain Xiaomi Poco X4 Pro 5G menurut saya desainnya cukup baru. Desain hp ini menggunakan sasis persegi dan dua kaca datar, tetapi cluster kamera merupakan poin umum dari produk Xiaomi terbaru ini. Either way, eksterior HP Poco ini terlihat sangat menarik.

Kelebihan utama yang perlu diperhatikan yaitu HP ini sudah memiliki fitur tahan air IP53. Kamu bisa mencuci hp ini di bawah air mengalir, tapi tidak bisa bertahan saat terendam air. Jadi jika Kamu kehujanan atau tangan Kamu basah, Kamu masih bisa menggunakan hp ini dengan baik.

Meski memiliki berbentuk persegi, namun desainnya tidak setajam iPhone saat ini. Perasaan memegang di tangan masih agak kasar tapi tidak setajam saat memegang iPhone. Secara umum, saya menyukai perasaan penggunaan ini, dan HP ini juga telah didesain cukup tipis dan ringan. Ada 3 versi warna yang bisa dipilih saat membeli Xiaomi Poco X4 Pro 5G, yaitu dengan pilihan Laser Black, Laser Blue, atau warna Poco Yellow.

Menempati sebagian besar bagian depan terdapat layar AMOLED datar yang besar dan memiliki lubang kecil di tengahnya. Tepi samping dan atas telah didesain tipis, tetapi tepi bawah masih cukup tebal. Ada strip speakerphone yang sangat tipis di celah sempit antara layar dan sasis di bagian tepi atas. Ini memiliki fungsi baik untuk dijadikan sebagai speaker stereo.

Desain bagian belakangnya cukup menawan dengan finishing frosted glass. Inilah yang membuat  Poco X4 Pro 5G unggul dikisaran harga Rp 4 jutaan, karena sebagian besar pesaing lainnya di harga sama kamu hanya mendapatkan HP dengan lapisan plastik.

Terlihat cluster kamera Poco X4 Pro juga identik dengan seri Redmi Note 11 Pro. Hanya menambahkan cluster kaca pelindung yang diperluas untuk menyemakan logo merek dan keterangan kamera 108MP. Cluster kamera yang lebar ini menjadi ciri khas dari hp Poco.

Layar Besar Dengan Refresh Rate 120Hz dan Kecerahan 1200 nits

Layar Besar Dengan Refresh Rate 120Hz dan Kecerahan 1200 nits

Layar adalah salah satu kelebihan yang dimiliki HP Poco ini. HP Poco X4 Pro 5G  ini dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran 6,67 inci dan mempunyai banyak keunggulan. Layar hp poco ini memiliki kecerahan maksimum hingga 1200 nits. Resolusi layarnya sudah Full HD+ dengan touch sampling rate setinggi 360Hz. Terutama kecepatan refresh layarnya yang bisa mencapai kecerahan hingga 120Hz dan layar ini juga digunakan di Poco X3 Pro.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 – HP Flagship Murah Xiaomi

Poco X4 Pro 5G Dengan Kamera Utama 108MP Dengan Hasil Foto Yang Indah

Poco X4 Pro 5G Dengan Kamera Utama 108MP Dengan Hasil Foto Yang Indah

Poco X4 Pro dibekali 3 set kamera dibagian belakang yang tampil menawan dengan kamera utama 108MP. Tata letak kameranya sangat mirip dengan Xiaomi Redmi Note 11 Pro, hal ini tidak mengherankan karena keduanya sebenarnya adalah bersaudara.

  • Kamera utama dilengkapi dengan sensor Samsung ISOCELL HM2 1/1.52″ dengan resolusi Kamera utama ini mempunyai filter warna Nona-Bayer yang menggabungkan 9 piksel bersama untuk menghasilkan piksel 2,1μm dan resolusi output 12MP. Di kamera utama ini kamu hanya mempunyai fokus deteksi fase dan juga tidak mendukung OIS. Kamera ini hanya yang mendukung mode malam.
  • Kamera ultra wide menggunakan sensor Sony IMX355 dengan resolusi 8MP, tidak mempunyai fokus otomatis dan tidak mendukung mode malam.
  • Kamera makro menggunakan resolusi 2MP dengan sensor GalaxyCore GC02M1. Kamera makro ini juga tidak mempunyai fokus otomatis dan resolusinya juga tidak bagus.
  • Kamera selfie menggunakan resolusi 16MP dengan sensor  OmniVision OV16A1Q. Kamera depan ini mempunyai Quad-Bayer yang bisa menghasilkan foto 4MP, dan bisa menghasilkan foto 16MP.

Kamera utama

Kamera utamanya menghasilkan foto bawaan 12MP dan kualitasnya cukup baik untuk kisaran harga 4 jutaan. Tingkat detailnya masih bisa diterima untuk kisaran harga 4 jutaan, tetapi warna dan keseimbangan putihnya patut dipuji. Kontras foto cukup tinggi dan rentang dinamis seimbang, tetapi noise masih cukup besar dan ini masih umum.

Kamu juga bisa memotret telefoto digital 2x pada kamera utama ini. Tingkat detail akan dibagi menjadi dua tapi fitur lainnya juga masih cukup bagus dan mirip dengan foto 1x.

Kamera utama bisa mengambil foto cahaya rendah dengan sangat bagus. Foto yang dihasilkan penuh detail. Noise ditangani dengan baik, warna realdan pencahayaan disesuaikan dengan lebih baik. Tentu saja ada dukungan mode malam untuk pemotretan minim cahaya. Karena kamera utama sudah support mode malam. Kamu masih bisa memotret telefoto di malam hari menggunakan kamera utama.

Kamera Ultra Wide

Kamera ultra wide Poco X4 Pro ini bekerja sangat baik di siang hari. Hasil fotonya mempunyai jangkauan dinamis yang baik berkat HDR yang diaktifkan secara otomatis. Kemampuan mengoreksi distorsi fotonya sangat bagus untuk kisaran harga 4 jutaan. Tingkat detail difinishing dengan baik di sini, tetapi noise masih terlihat di banyak pemandangan berbeda.

Kamu juga bisa menggunakan kamera ultra wide untuk pemotretan malam hari. Tetapi tidak mendukung mode malam sehingga foto dihasilkan hampir tidak bisa dinikmati dengan baik. Foto akan menghasilkan gamber gelap, banyak noise, dan saturasi warna tidak bagus. Jika ingin memotret di malam hari, sebaiknya gunakan kamera utama.

Kamera makro

Kamu mungkin akan mendapatkan bidikan close-up yang bagus. Tapi kamu akan memakan waktu cukup lama untuk fokus menggunakan kamera makro ini.

Mode Potret

Kamu bisa mengambil foto mode potret yang menakjubkan dari kamera utama. Meski tidak ada dukungan sensor depth, HP Poco ini sudah mampu memisahkan subjek foto secara profesional. Subjek sangat detail, terekspos dengan baik, dan menghasilkan kontras tinggi. Selain itu, efek pengkarburan latar belakang yang disimulasikan dengan sangat bagus.

Kamera depan

Foto dari kamera selfie Poxo X4 Pro ini memberikan kualitas yang cukup bagus di hp kelas menengah. Detail difinishing dengan baik, kontras bagus, dan menghasilkan warna yang akurat. Selain itu, subjek foto terekspos dengan baik dan noise cukup rendah. Kamu juga bisa mengambil foto mode potret selfie dari kamera ini. Namun, kualitas foto bokeh kamera selfienya tidak terlalu tinggi, apalagi jika ada rambut yang berantakan atau kondisi foto background yang rumit.

Perekaman Video

Poco X4 Pro 5G hanya bisa membantu kamu merekam video 1080p , tidak bisa melakukan perekaman video 4K seperti pendahulunya di Xiaomi Poco X3 Pro. Selain itu, kamera hp ini hanya memungkinkan untuk memotret pada 30 fps untuk semua kamera. Namun ada fitur khusus utama yang bisa membantu penggguna untuk merekam video makro 720p pada 30fps.

Stabilisasi elektronik tersedia di semua kamera, kecuali pada kamera makro, yang selalu aktif dan berfungsi dengan baik untuk menstabilkan gambar saat dibutuhkan. Kecepatan bit video sekitar 20Mbps dan menggunakan audio direkam dalam audio stereo dengan kecepatan bit 192kbps.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M53: Layar, Fotografi Dan Baterai Bagus

Daya tahan baterai Kuat Seharian Dengan Baterai 5000 mAh

Poco X4 Pro 5G Daya tahan baterai Kuat Seharian Dengan Baterai 5000 mAh

Baterai merupakan poin kuat yang dimiliki HP Poco ini. Dilengkapi dengan baterai 5000mAh, membuat hp ini cukup bertenaga untuk penggunaan sehari-hari. Namun, daya tahan baterainya tidak setinggi para pesaingnya yang ada di pasaran saat ini. Masa pakai baterai HP Poco ini bisa mencapai 119 jam. Daya tahan baterai ini bisa melampaui beberapa pesaing tetapi masih terbukti lebih rendah dari pendahulunya. Bahkan kalah dari Xiaomi 11 Lite 5G NE dengan menggunakan baterai hanya 4250 mAh. Memang perbandingan penggunaan baterai kalah dengan pesaing, tapi Poco X4 Pro tetap nyaman digunakan di siang hari.

Kelebihan Poco X4 Pro ini didapatkan dari adanya fitur fast charging 67W yang kuat. Dengan charger besar ini, Kamu bisa mendapatkan baterai 70% hanya dalam 30 menit dan baterai bisa terisi penuh hanya dalam 49 menit. Sayangnya, HP Poco ini tidak mendukung wireless charging dan tidak mendukung reverse charging.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Neo 3: Fast Charging 150W

Kekurangan Poco X4 Pro 5G

Berikut ini ada beberapa kekurangan Poco X4 Pro 5G yang harus kamu ketahui, sebelum kamu membelinya dan menyesal jika tidak mengetahui kekurangan ini.

Performa Poco X4 Pro 5G Kalah Dengan Pendahulunya dan Pesaing Lainnya

Soal performa HP Xiaomi Poco X4 Pro 5G ini ada banyak pendapat. Menurut saya, prosesor Snapdragon 695 5G telah menghadirkan performa yang tidak sebanding dengan Poco modellainnya. Jika harus memilih, saya akan lebih memilih pendahulunya Xiaomi Poco X3 Pro. Meski desain HP Poco X4 Pro bagus, performa yang dimilikinya bisa dikatakan menurun. HP Poco ini juga mempunyai beberapa versi memori dan setiap memori harganya juga berbeda-beda.

Skor performa CPU di review GeekBench 5 yang ditawarkan Snapdragon 695 5G, dirasa sangat mengecewakan penggunannya karena lebih buruk jika dibandingkan dengan pendahulunya. Tak hanya itu, dibandingkan dengan kompetitor di rentang harga yang sama juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Selain itu, skor pengujian multi-core Poco X4 Pro 5G juga jauh di bawah pendahulunya, meski skor single-core tidak terlalu jauh berbeda. Pesaing lainnya di harga yang sama bisa menawarkan lebih dari performa yang ditawarkan. Meskipun masih sedikit lebih baik dibandingkan Snapdragon 732G dari Poco X3 NFC.

Performa grafis merupakan hal yang paling lemah dari prosesor ini. Karena GPU ini masih kalah jauh jika dibandingkan dengan kompetitor, bahkan hanya setara dengan grafis di Poco M4 Pro dengan harga yang lebih murah. Dengan grafis seperti ini, bermain game tidak terlalu menarik dimainkan di Poco X4 Pro 5G. Meskipun pengguna masih bisa bermain game hanya untuk bersenang-senang, tidak cocok untuk gaming profesional.

Secara keseluruhan, kamu bisa melihat tabel perbandingan yang ada Antutu V8. Poco X4 Pro 5G masih tertinggal jauh di HP kelas menengah dari generasi sebelumnya. Namun, sedikit lebih baik dibandingkan Redmi Note 11 Pro 5G dengan menggunakan prosesor yang sama.

Poco X4 Pro 5G Memiliki Kemampuan Bermain Game Ringan Saja

Kemampuan untuk bermain game, Poco X4 Pro 5G bisa memainkan game dengan kinerja yang tidak tinggi. Secara umum, ketika kamu memainkan game di Poco X4 Pro 5G hanya sebagai hiburan saja dan bisa memainkan game ringan dengan mulus dan stabil. Dan hp ini tidak bisa kamu gunakan untuk memainkan game berat, karena bisa sering mengalami lag.

Jika Kamu memainkan game Free Fire dan Mobile Legends, Kamu bisa bermain dengan mulus pada konfigurasi sedang dan 30 FPS. Tetapi jika Kamu meningkatkan konfigurasi, maka kamu akan susah memainkan game ini. Saat dimainkan game PUBG mobile, Kamu hanya bisa menggunakannya dengan pengaturan gratis rata-rata dan 30FPS. Game pubg mobile  bisa dimainkan dengan lancar, tetapi performa gameplay tidak terlalu maksimal.

Dan untuk game dengan grafis lebih tinggi seperti game Genshin Impact, kamu tidak bisa memainkannya dengan lancar di Poco X4 Pro 5G. Karena kamu akan mengalami banyak lag saat memainkan game Genshin Impact di Poco X4 Pro 5G.

Kesimpulan

Secara umum berdasarkan kelebihan dan kekurangan Poco X4 Pro 5G, hp ini bisa dibilang sudah bagus di semua aspek, hanya saja memiliki performanya tidak terlalu kuat terutama untuk gaming berat. Apalagi jika dibandingkan dengan pendahulunya, Poco X4 Pro masih kalah dengan Poco X3 Pro. Jika Kamu memilih hp ini sebagai HP gaming, maka Kamu tidak cocok memiliki hp ini. Tetapi jika Kamu ingin merasakan performa layar terbaik, mengambil foto dengan kualitas foto yang bagus, dan mengisi daya baterai dengan sangat cepat, maka Poxo X4 Pro 5G merupakan pilihan yang tepat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar