Apa Fungsi Justify dan Center yang Ada di Microsoft Word?

Siapa yang tak tahu program software Microsoft Word? Program pengolahan data ini digunakan oleh siapa saja, baik itu anak sekolahan, mahasiswa, hingga karyawan.

Dan di dalamnya, terdapat banyak fungsi dan fitur yang bisa membantumu membuat dokumen yang rapi. Salah satunya adalah fungsi justify, yang merupakan bagian dari fitur atau tools align.

Apa Saja Alignment di Ms Word

Di samping fungsi justify dalam fitur align, ada juga left alignment agar tulisan rata kiri. Nah, fungsi align left sendiri adalah settingan default atau bawaan yang langsung aktif begitu kamu membuka dokumen Word baru. Dan selain itu, masih ada juga align right untuk tulisan rata kanan dan fungsi center agar teks yang kamu ketik nanti rata tengah.

Dengan begitu, bisa disimpulkan kalau tool align dalam Microsoft Word termasuk fungsi justify adalah sebagai berikut:

  • Justify
  • Center
  • Align Right
  • Align Left

Akan tetapi, sebenarnya apa ya fungsi justify yang yang lainnya secara spesifik? Dan bagaimana cara mengubah pengaturannya? Untuk informasi lebih lanjut tentang align atau alignment di dalam Microsoft Word alias Ms Word, yuk simak dulu penjelasan lengkapnya dalam artikel ini! Selamat membaca!

Baca Juga: 3 Cara Setting Page Word dengan Margins 4433

Fungsi Justify dan Lainnya dalam Microsoft Word

Pada dasarnya, seluruh tool align adalah fitur yang disediakan di dalam Ms Word untuk menentukan tampilan serta orientasi arah bagi tepi paragraf yang muncul. Dan orientasi arahnya sendiri bisa kamu lihat dari penamaan tool-nya sendiri. Untuk lebih jelasnya, ini dia penjelasan tentang fungsi justify dan lainnya.

1. Fungsi Justify dalam Microsoft Word.

Fungsi justify adalah untuk mengatur agar tampilan dan orientasi tepi paragraf rata di kedua sisinya, baik itu kiri maupun kanan. Biasanya, justify adalah opsi yang digunakan untuk membuat dokumen penting, resmi, ataupun ilmiah seperti surat resmi dari instansi, skripsi, tesis, dan paper penelitian. Dan kalau kamu juga lebih suka membuat dokumen yang teksnya rata kanan dan kiri, alignment justify adalah opsi pengaturan yang sesuai buat kamu.

Setelah tahu align justify adalah apa, lalu bagaimana ya cara mengaktifkan fungsi justify ini? Caranya sangat mudah dan kamu bisa ikut panduan berikut ini.

  • Pilih dulu teks yang mau kamu buat rata kanan dan kiri alias justify di Word. Kamu bisa klik tombol Ctrl + A pada keyboard jika yang mau kamu ratakan semua teks dalam dokumen, atau highlight bagian-bagian tertentu saja.

fungsi justify

  • Klik ikon justify atau gambar justify, dan teks yang sudah di-highlight tadi akan secara otomatis langsung rata kanan-kiri.
  • Alternatifnya, kamu bisa tekan tombol CTRL + J setelah menandai paragrap yang ingin diratakan.

fungsi justify

Oh iya, gambar ikon justify ditunjukkan oleh garis-garis yang rata di kedua sisinya, ya. Kamu juga bisa bawa kursor ke ikon fungsi justify tersebut untuk memastikannya dulu. Pada ikon tersebut, nanti akan muncul tulisan “Justify” begitu kursor kamu arahkan ke sana (tanpa diklik).

2. Fungsi Center dalam Microsoft Word.

Di samping fungsi justify, ada juga fungsi center pada Microsoft Word yang banyak dipergunakan di dalam pembuatan dokumen. Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, align center adalah pengaturan untuk tampilan dan orientasi teks agar rata tengah. Dengan begitu, pengetikan teks akan dimulai dari tengah dokumen begitu kamu mulai mengetik di dokumen Ms Word.

Untuk fungsi justify sendiri, biasanya pengaturan ini digunakan untuk isi atau bodi teks/dokumen. Sementara itu, umumnya align center berfungsi untuk penulisan judul utama dokumen. Salah satu contoh yang paling sering ditemui adalah untuk penulisan halaman cover skripsi, tesis, atau dokumen akademik maupun penelitian lainnya. Di samping itu, fungsi dari center juga banyak ditemui dalam pengetikan puisi.

Mirip seperti ketika kamu akan menggunakan fungsi justify, cara menggunakan fungsi dari center adalah sebagai berikut:

  • Pilih teks judul yang mau kamu buat agar tampilnya rata tengah.
  • Klik ikon center yang ada di toolbar Microsoft Word. Ikon tersebut sama-sama ada di bagian Paragraph dan sederet dengan ikon justify.
  • Hanya saja, garis-garis yang muncul pada gambar ikon center rata tengah sehingga sisi kanan dan kirinya tidak rata. Kamu juga bisa arahkan kursor ke ikon tersebut (tidak diklik) dan nanti akan muncul teks “Center”.

Karena umumnya center digunakan untuk untuk judul, dan judul biasa ditulis lebih dulu, kamu juga bisa langsung mengklik ikon center sejak awal pada halaman dokumen baru. Tapi kalau kamu mau atur belakangan bersamaan dengan fungsi justify nantinya juga tidak masalah.

3. Fungsi Align Right dan Align Left dalam Microsoft Word.

Berikutnya adalah align left dan right, yang akan dibahas bersamaan karena keduanya pada dasarnya sama. Apabila fungsi justify meratakan teks di kedua sisi, align right dan align left berfungsi untuk meratakan teks hanya pada salah satu sisi saja. Dengan begitu, bisa kamu simpulkan bahwa:

  • Align left adalah fungsi alignment untuk mengatur agar tampilan dan orientasi teks yang kamu ketik rata kiri. Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alight left merupakan settingan default di Ms Word. Jadi setiap kali kamu membuka dokumen baru, pasti secara otomatis orientasi teksnya adalah rata kiri alias align left.
  • Align right berfungsi untuk mengatur tampilan serta orientasi teks yang kamu ketik di dokumen Word rata kanan. Dengan begitu, bisa disimpulkan juga bahwa align right berkebalikan dari align left. Kalau dibandingkan dengan opsi alignment di Word lainnya, align right cenderung lebih jarang digunakan. Kalaupun dipakai, align right adalah opsi yang banyak ditemukan dalam prosa atau sastra, seperti dalam novel atau cerpen.

Sedangkan cara untuk menggunakan align right maupun left sebenarnya sama saja seperti ketika kamu akan menggunakan fungsi justify, kok.

  • Highlight teks yang mau kamu atur agar rata kanan ataupun kiri. Kalau kamu mau teksnya rata kiri, fungsi align text left sebenarnya tidak perlu kamu gunakan lagi karena sudah jadi settingan default di Ms Word.
  • Kalau sudah di-highlight, pilih gambar align left atau align right sesuai kebutuhanmu. Ikon align left menunjukkan garis-garis yang hanya rata di sisi kiri, sementara ikon align right menunjukkan garis-garis yang rata hanya pada sisi kanannya saja. Kedua ikon tersebut juga masih sederet dengan icon justify maupun center, yaitu di tab Paragraph pada toolbar Ms Word yang ada di bagian atas dokumen.

4. Shortcut untuk Alignment di Ms Word

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, sebenarnya kamu juga bisa mengaktifkan fungsi justify maupun fungsi alignment lainnya dengan menggunakan shortcut, lho! Jadi kamu bisa atur orientasi teks dengan mudah tanpa harus klik-klik kursor lagi. Dan shortcut untuk alignment Ms Word justify, center, left, dan right adalah sebagai berikut:

  • Align left atau rata kiri: Ctrl + L.
  • Align right atau rata kanan: Ctrl + R.
  • Center atau rata tengah: Ctrl + E.
  • Justify atau rata kanan-kiri: Ctrl + J.

Sebagai catatan tambahan, shortcut untuk fungsi justify dan alignment lainnya di atas berlaku untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows, ya. Kalau kamu kebetulan adalah pengguna Apple, kamu bisa sesuaikan dengan mengganti tombol dengan tombol Cmd.

Dan terlepas dari sistem operasi yang dijalankan perangkat, fungsi dari justify, center, align right, dan align left digunakan untuk apa juga tetap sama, kok.

Baca Juga: Cara Memindahkan File Word dari Laptop ke HP

Kesimpulan

Nah, itu tadi rangkuman penjelasan tentang alignment berfungsi untuk apa saja secara umum, hingga fungsi justify, center, align right, dan align left secara spesifik. Di samping itu, kamu juga sudah simak cara untuk menggunakan semua opsi alignment di dalam Microsoft Word yang pasti sangat bermanfaat untuk menunjang aktivitasmu sehari-hari.

Semoga informasi di atas bisa membantumu menggunakan Ms Word dengan lebih lancar dan selamat mencoba, ya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar