3 Cara Setting Page Word dengan Margins 4433

Secara umum, cara mengatur margin 4433 di Microsoft Word sangatlah mudah untuk dilakukan. Apalagi, ada beberapa metode yang bisa digunakan, mulai dari prosedur yang panjang hingga sederhana. Konon, selain memusingkan kata pengantar untuk keperluan skripsi, menyusun daftar pertanyaan cukup bikin pening mahasiswa, utamanya bagi mereka yang masih belum paham bagaimana cara mengatur margin skripsi yang tepat.

Tidak dapat dipungkiri, penulisan makalah ilmiah ataupun skripsi tidak bisa dilakukan sembarangan. Terdapat standar penulisan yang harus diperhatikan oleh setiap peneliti. Contohnya memperhatikan bagian atas, bawah, kanan, dan kiri margin. Lalu, bagaimanakah cara mengatur margins 4433 yang tepat dan sesuai standar? Dan apa saja jenis margin yang harus diatur?

Fitur Andal Margin di Microsoft Word

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara membuat margins 4433 di Ms. Word, ada sejumlah poin yang mungkin masih belum diketahui banyak orang.

Sejauh ini, diketahui terdapat sekitar 7 margin, yang mana nantinya akan diatur besar-kecilnya oleh peneliti. Lebih jauh, berikut merupakan beberapa jenis margin yang patut Anda ketahui makna dan kegunaannya.

  • Top

Top merupakan bagian dari margins 4433 yang berguna untuk memberi jarak pada kertas ke bagian kertas lainnya. Istilah top sendiri menandakan bahwa margin ini bermakna batas jarak kertas bagian atas.

Sehingga untuk penulisan halaman di bagian atas, besaran angkanya akan semakin besar. Pun, apabila tidak terdapat penomoran halaman pada kertas tersebut, maka ukurannya akan semakin dikecilkan.

  • Bottom

Pada margins 4433, bottom berfungsi untuk memberi jarak di bagian bawah kertas. Sama seperti top, bottom akan memberikan ruang dan jarak antar halaman kertas. Sebagai contoh, untuk ruang setelah dijilid agar lebih simetris butuh dilakukan pemotongan. Oleh karena itu, apabila terjadi pemotongan saat proses pencetakan, teks naskah skripsi di dalamnya akan tetap aman.

  • Left

Margins 4433 left berarti jarak kertas di bagian kiri. Umumnya bagian ini memberikan ruang kertas sisi kiri yang lebih lebar. Sebab dalam kebanyakan kasus, bagian kiri kertas akan digunakan untuk penjilidan skripsi. Sehingga batas teks naskah bakal tetap simetris meski ruang sisi kirinya terpotong untuk penjilidan.

  • Right

Sama seperti namanya, margins 4433 right berarti jarak kertas di sebelah kanan halaman. Sebab bagian ini tidak akan terkena jilid layaknya sisi kiri, maka area ini biasanya berukuran lebih kecil.

  • Margin Gutter dan Gutter Position

Margins 4433 gutter sejatinya merupakan salah satu fitur di Ms. Word yang berfungsi untuk membantu mengatur batas kiri untuk tempat lipatan dari halaman. Sementara gutter position akan membantu dalam proses menentukan tata letak penjilidan di sisi kiri bagian atas.

  • Portrait

Portrait dapat diartikan sebagai pengaturan margin 4433 skripsi di Ms. Word, tepatnya bagian bawah kertas, yang mana fitur ini berguna untuk mengatur posisi kertas berdiri.

  • Landscape

Sementara landscape merupakan fitur yang mengatur agar posisi kertas tidur. Memang, posisi horizontal pada skripsi ataupun penulisan ilmiah lainnya cukup jarang digunakan, namun pada sejumlah paper pengaturan ini bermanfaat untuk penulisan tabel dan semacamnya.

Cara Mudah Mengatur Margins Skripsi 4 4 3 3 di Ms Word

Proses berikutnya ialah mengatur margins 4433 di Ms.Word. Usut punya usut, teknik dan format pengaturan margin makalah sangat sederhana dan cepat. Agar tidak timbul kesulitan dalam penulisan skripsi, pastikan untuk mengatur format margin lebih dulu.

Mungkin akan muncul pertanyaan seperti apakah pengaturan margins 4433 setelah penulisan selesai akan memberikan pengaruh, dan jawabannya adalah iya. Paling tidak, tata letak penulisannya akan berubah mengikuti format yang diatur.

Pada fase ini, peneliti mungkin harus merapikan kembali tulisannya setelah pengaturan ini diterapkan. Tentu, kondisi seperti ini akan memakan banyak waktu dan energi yang tidak sedikit, apalagi jika laporan skripsi yang ditulis sudah terlanjur banyak.

Secara garis besar, ukuran margin skripsi di Ms. Word yang menjadi standar internasional adalah 4433. Lebih jauh, ukuran sisi atas dan kiri 4 cm, sementara bagian kanan dan bawah kertas berukuran 3 cm.

Adapun tahap-tahap yang bisa diikuti untuk mengatur margins 4433 adalah sebagai berikut.

Buka software Microsoft Word

Mula-mula, buka software Ms. Word yang sudah terinstall di perangkat komputer atau laptop Anda. Biasanya software ini sudah diinstall otomatis saat pembelian laptop. Namun dalam beberapa kasus, Microsoft Word harus diunduh secara mandiri melalui laman www.microsoft.com

  • Buka menu Page Layout

Setelah itu, arahkan kursor ke menu bar dan lanjutkan dengan memilih opsi Page Layout. Untuk diketahui, page layout berfungsi untuk mengatur tata letak halaman mulai dari margin, column, size, landscape dan portrait, dan lain sebagainya.

  • Pilih Margin

Arahkan kursor ke sisi orientation yang ada pada kotak page setup, kemudian pilih opsi Margin.

margins 4433

 

  • Custom margin

Apabila Anda pernah mengatur margin sebelumnya, pada fase ini Anda dapat memilih opsi recent custom, dengan catatan pengaturan tersebut sudah disesuaikan dengan tata penulisan skripsi. Tapi jika opsi ini tidak tersedia, silakan pilih menu Custom Margin untuk membuat pengaturan baru.

  • Pengaturan ukuran 4 4 3 3

Kemudian, akan muncul beberapa kolom yang perlu diisi, mulai dari kolom top atau atas, left/kiri, bottom/bawah, dan right/kanan. Secara berurutan, Anda dapat menuliskan angka 4 cm, 4 cm, 3 cm, dan 3 cm.

margins 4433

  • Klik OK untuk mengakhiri proses pengaturan margin.

Panduan Mengatur Ukuran Kertas di Ms. Word untuk Skripsi

Ukuran kertas juga termasuk dalam bagian pengaturan margin 4433 yang tidak boleh tertinggal. Berikut merupakan panduan mengatur ukuran kertas untuk kebutuhan penulisan ilmiah secara rinci.

  • Buka Ms. Word dan arahkan kursornya ke menu bar.
  • Selanjutnya, pilih opsi Page Layout dan lanjutkan dengan memilih Size kertas.

margins 4433

  • Klik opsi A4 untuk ukuran standar kertas skripsi.

Alih-alih A4, kenapa bukan F4 atau folio yang punya ukuran lebih besar? Bukankah penelitian butuh ruang yang banyak untuk menuliskan hasil ujinya? Skripsi sendiri punya standar baku sendiri yang berbeda dengan artikel atau jurnal ilmiah. Pun demikian dengan ukuran margin 4433 dan kertas A4.

Menurut standar penulisan skripsi, ukuran kertas yang disarankan memang A4 atau kertas kuarto. Sebagai tambahan catatan, terdapat beberapa universitas atau perguruan tinggi yang mensyaratkan penggunaan kertas ukuran A4 dengan bobot 70 gram, beberapa lainnya mensyaratkan kertas 80 gram. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan kembali aturan kampus, karena selain margin 4433, mungkin ada perbedaan otoritas yang mengatur bobot kertas.

Cara Lain Mengatur Margin Makalah

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengatur margin 4433 bisa disimak pada ulasan berikut ini.

  • Buka software Ms. Word dan pastikan agar lembar kerjanya mengeluarkan ‘ruler’ di sisi atas dan kiri kertas. Pada bagian tersebut, terdapat ikon berwarna abu-abu, silakan klik bagian ‘ruler’ dengan tone abu-abu tadi.
  • Tekan ikon tersebut 2 kali.

  • Umumnya, akan terlihat beberapa kolom yang menjelaskan tentang kolom top, left, bottom, dan right. Silakan isi masing-masing kolom secara berurutan dengan angka 4 cm, 4 cm, 3, cm, dan 3 cm.

margins 4433

  • Setelah itu, klik bagian Paper dan pilih ukuran kertas A4 di bagian bawahnya.

word 2020 page layout - Paper

  • Klik OK.

Dalam sejumlah kondisi, fitur ruler mungkin tidak keluar, sehingga pengguna wajib mengaturnya secara manual. Terkait dengan hal tersebut, berikut merupakan panduan untuk mengaktifkan fitur ruler guna mengatur margin 4433.

  • Tekan menu View.

margins 4433

  • Akan muncul beragam opsi, silakan centang pilihan ruler dan secara otomatis penggaris akan muncul di bagian atas dan kiri halaman.

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara mengatur margins 4433 untuk keperluan skripsi ataupun makalah di Microsoft Word. Sebagai konklusi, pengguna dapat menggunakan cara panjang maupun sederhana untuk memulai pengaturan margin.

Dengan pengaturan yang tepat, proses pengerjaan skripsi akan lebih nyaman dan cepat terselesaikan. Seperti yang diketahui, jika kita mengatur margin saat penelitian sudah selesai, hampir bisa dipastikan pengaturan numerik hingga paragrafnya akan berubah. Alih-alih mempersingkat waktu, kondisi ini bakal menyulitkan pengguna dan menguras terlalu banyak waktu untuk memperbaikinya kembali.

Bagikan:

Tinggalkan komentar