5 Tipe Kemitraan Shopee Affiliate, Manakah yang Paling Untung?

Tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah informasi yang saat ini sedang banyak dicari, apalagi jika kamu berminat untuk mendapatkan tambahan cuan dari Shopee.

Dengan mengenal dan mengetahui apa saja tipe kemitraan yang ada di Shopee Affiliate, kamu pun bisa tentukan mana tipe yang paling pas buat kamu saat mendaftar jadi Shopee Affiliate nantinya.

Apa Itu Shopee Affiliate?

Akan tetapi, kamu harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan program Shopee Affiliate. Secara garis besar, program ini merupakan program afiliasi yang dirancang oleh Shopee untuk membantumu mendapatkan cuan tambahan.

Caranya adalah dengan mempromosikan produk-produk yang dijual di Shopee melalui platform digital yang kamu gunakan, seperti media sosial. Hanya saja, tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah salah satu faktor yang menentukan besarnya penghasilan yang bisa kamu terima.

Begitu kamu sudah mendaftar di program Shopee Affiliate dan menentukan tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah apa, kamu bisa gunakan link produk untuk mempromosikan produk yang kamu inginkan. Dari situ, kamu bisa dapatkan penghasilan berupa komisi ketika ada transaksi lewat link yang kamu share tadi.

Baca juga: Cara Transfer DANA ke Shopeepay

Mengenal Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Sekarang, kamu sudah lebih tahu soal program Shopee Affiliate, kan? Kalau iya, apa saja tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah hal berikutnya yang perlu kamu ketahui. Dalam Shopee Affiliate, tipe kemitraan adalah penentuan apa kategori kemitraanmu yang didasarkan pada beberapa kategori.

Kategori-kategori yang digunakan dalam tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah kupon atau cashback, perbandingan harga, network, seller/brand, dan media sosial atau blogger. Dan penentuan tipe kemitraan Shopee Affiliate ini harus dilakukan sejak kamu mendaftarkan diri di program afiliasi yang satu ini. Soalnya, beda tipe kemitraan, beda juga syarat spesifiknya.

Dan sebelum kita masuk ke dalam bahasan tentang masing-masing tipe kemitraan untuk membantumu dalam hal tipe kemitraan Shopee Affiliate diisi apa saat mendaftar nanti, yuk ketahui dulu apa saja syarat dan ketentuan bergabung ke dalam program Shopee Affiliate berikut ini:

  • Harus punya minimal 1 (satu) orang follower, teman, atau subscriber di media sosial Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, atau YouTube.
  • Untuk menjadi Shopee Influencers, kamu harus punya minimal 2.000 orang follower, teman, atau subscriber di media sosial Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, atau YouTube.
  • Akun media sosialmu wajib aktif, ada konten original, dan dibuka (tidak di-private).
  • Akun media sosialmu tidak boleh memiliki unsur SARA maupun unsur pornografi. Selain itu, akun media sosial juga tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundangan di Indonesia.
  • Kamu hanya bisa mempromosikan produk-produk dari Star Seller, Star+ Seller, Shopee Supermarket, dan Shopee Mall.
  • Tidak mempromosikan produk-produk yang dilarang, yaitu rokok dan rokok elektrik, obat-obatan terlarang, ganja, produk dewasa, dan produk palsu (tidak original).
  • Pembayaran komisi dilakukan paling cepat tiap 2 (dua) minggu sekali.
  • Shopee berhak meng-upload ulang konten di aplikasi dan media sosial Shopee.

5 Jenis Kemitraan Shopee Affiliate

Setelah tahu apa saja syarat dan ketentuan program kemitraan Shopee Affiliate, sekarang waktunya kamu tahu tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah apa saja. Ini dia penjelasan lengkapnya.

1. Blog/website Cashback Maupun Kupon

tipe kemitraan shopee affiliate adalah

Salah satu tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah situs atau blog cashback maupun kupon. Biasanya, platform seperti ini dikelola oleh affiliator dan affiliate marketer yang rajin membagikan informasi mengenai cashback dan kupon belanja di situs atau blog mereka. Kalau kamu kebetulan juga punya blog atau website yang membagikan informasi serupa, tentu inilah tipe kemitraan Shopee Affiliate yang paling pas buat kamu.

Dengan memilih tipe kemitraan yang satu ini, kamu pun bisa membagikan informasi mengenai kode cashback ataupun voucher belanja apa saja yang berlaku di Shopee. Kemudian, tautkan kode cashback atau voucher belanja tadi dengan produk lewat link affiliate yang sudah kamu dapatkan.

2. Website Perbandingan atau Variasi Harga.

tipe kemitraan shopee affiliate adalah

Yang berikutnya dibahas terkait dengan tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah adalah blog atau website yang kontennya berisi informasi perbandingan ataupun variasi harga produk yang sama dari berbagai platform marketplace yang berbeda-beda. Dengan cara ini, kamu bahkan juga bisa menyisipkan link affiliate dari beberapa marketplace sekaligus yang kamu bandingkan.

Sebagai contoh, kamu bisa tampilkan satu produk sabun cuci piring, kemudian bandingkan harganya dari Shopee dan marketplace-marketplace lainnya. Kemudian, tambahkan link ke produk menggunakan link affiliate. Dengan begitu, kamu bisa dapatkan komisi ketika link tadi diklik oleh pengunjung dan ia melakukan transaksi pembelian. Jika kamu suka berbagi informasi perbandingan harga, tentu kategori komparasi atau variasi harga tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah pilihan yang pas buat kamu.

3. Komunitas atau Network

tipe kemitraan shopee affiliate adalah

Poin berikutnya yang dibahas dalam topik tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah adalah tipe kemitraan Shopee Affiliate network. Lebih jelasnya, kategori ini ditujukan bagi komunitas, organisasi, grup, atau kelompok tertentu dan memiliki kaitan erat dengan penggunaan sebuah produk. Hanya saja, tentu network yang dimaksud di sini adalah kelompok, grup, atau komunitas positif dengan pengaruh yang baik.

Pilihan tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah untuk komunitas dengan pemimpin atau pengelola dengan anggota di dalamnya. Kalau kamu memang merupakan pemimpin, pengelola, alias “penggerak” di dalam komunitasmu, kamu bisa gerakkan dan dorong para anggota untuk ikut berkontribusi dalam program Shopee Affiliate.

Salah satu ilustrasi dalam tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah grup ibu-ibu arisan di Whatsapp. Lewat grup tersebut, kamu bisa share produk menggunakan link affiliate. Tentu saja, pilihlah produk yang memang related atau berkaitan dengan para anggota grup tersebut agar peluang link-mu diklik juga lebih besar. Lebih jauh lagi, kamu juga bisa ajak para ibu-ibu dalam grup arisan tersebut untuk menjadi bagian dari Shopee Affiliate dengan menggunakan kodemu.

4. Media sosial atau blogger

tipe kemitraan shopee affiliate adalah

Selanjutnya, tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah Media Sosial atau Blogger yang lebih ditujukan bagi para individu yang aktif di platform digital dan media sosial. Cara kerjanya juga sama mudahnya, karena kamu hanya perlu membagikan link affiliate untuk mempromosikan produk dari platform Shopee melalui media yang kamu miliki.

Sebagai contoh, buat kamu yang tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah Blogger, kamu bisa buat artikel review produk dan menyisipkan link affiliate produk tersebut di dalam artikelnya. Sedangkan buat kamu yang memilih tipe kemitraan Shopee Affiliate Media Sosial, kamu bisa bagikan link-nya lewat link di bio media sosialmu dengan memanfaatkan platform landing page seperti Linktree. Dan untuk mengarahkan traffic ke landing page tadi, kamu bisa buat konten yang menarik dan engaging bagi para follower-mu.

5. Seller atau Brand

tipe kemitraan shopee affiliate adalah

Kalau kamu juga merupakan penjual ataupun pemilik brand di Shopee yang sudah mendapatkan status Star Seller, kamu juga bisa mengikuti program Shopee Affiliate, lho! Di sini, tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan angka penjualan produk yang kamu jual.

Secara garis besar, cara kerja untuk tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah juga sama. Artinya, kamu hanya perlu membagikan link affiliate produkmu ke platform yang kamu inginkan. Contohnya lewat Instagram toko online atau brand-mu dengan meng-upload berbagai konten Story dengan link affiliate produk yang sesuai.

Sebagai catatan tambahan, salah satu syarat penting tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah hanya membagikan link produkmu saja jika kamu bergabung sebagai Seller atau Brand. Kalau kamu tetap nekat membagikan link produk lain, komisi yang seharusnya masuk pun jadi dianggap tidak sah.

Baca Juga: 10+ Contoh Template Format Order Untuk Olshop

Kesimpulan

Pada akhirnya, Shopee Affiliate memang bisa jadi cara menjanjikan yang dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang menguntungkan. Karena pada dasarnya, kamu hanya perlu share link untuk mendapatkan cuan dalam bentuk komisi. Dan memilih tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah salah satu langkah penting yang harus kamu lakukan sejak awal agar bisa resmi bergabung ke dalam program ini.

Itu tadi rangkuman penjelasan mengenai berbagai tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah apa saja. Semoga bisa membantumu, terutama jika kamu saat ini sedang bingung tipe kemitraan Shopee Affiliate diisi apa.

Bagikan:

Tinggalkan komentar