[Review] Smartwatch Murah Berkualitas Cuma 300 Ribuan ?

Smartwatch murah, berkualitas, harganya cuma 300 ribuah? Ya ini.

Ini adalah Eggel Tempo 2. Bukan smartwatch keluaran baru, namun ini adalah salah satu smartwatch paling terjangkau dan masih bisa dibeli secara resmi di pasaran.

Saya sudah menggunakan Eggel Tempo 2 ini selama 3 hampir 4 bulan, fitur apa dan bagaimana kualitas smartwatch ini? Mari kitas ulas.

Review Eggel Tempo 2

Desain Smarwatch

Jam pintar ini punya ukuran yang tidak begitu besar. Untuk orang yang punya tangan kecil seperti saya ini kelihatan pas.

Layar Eggel Tempo 2 ini berukran 1.3 inci dengan panel IPS, dan resolusi layarnya ini 240 x 240 dpi. Layarnya ini memiliki 4 pengaturan tingkatan kecerahan yang bisa kita sesuaikan secara manual.

Case yang membalut jamnya ini berbahan zinc alloy dengan diameter 43mm. Di bagian kanan case-nya ini terdapat satu buah tombol yang fungsinya untuk kembali, dan tombol home.

Kemudian untuk strapnya, ini berbahan kulit sintetis berwarna hitam. Untuk penggunaannya nyaman-nyaman saja, sih. Nggak kasar, dan lubang bawaannya ini ada 9 lubang.

Dibalik smartwatch ini, terdapat sensor dan juga pin magnet untuk melakukan pengisian daya.

Tahan Air IP67

Saya termasuk orang yang sering beraktivitas di luar, dan juga pengguna motor. Eggel Tempo 2 ini memiliki sertifikasi IP67 yang membuat saya nggak perlu khawatir jika terkena air hujan. Jam tetap aman walau terkena air dengan sertifikasi ini.

Di atas kertas, IP67 ini memiliki proteksi terhadap debu paling baik, dan untuk sertifikasi tahan airnya ini dapat menyelam hingga 1 meter selama 30 menit.

Ya, walaupun emang nggak cocok untuk menyelam, setidaknya proteksi ini membuat kita nggak perlu khawatir jika terkena air baik disengaja maupun tidak.

Kompatibilitas Perangkat

Eggel Tempo 2 ini kompatibel dengan smartphone Android maupun iPhone. Penghubungan perangkat ini didukung dengan koneksi Bluetooth versi 5.0.

Untuk menghubungkan jam ini ke smartphone, kawan-kawan dapat menggunakan aplikasi bernama GloryFit yang bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Di aplikasi GloryFit ini kawan-kawan dapat melakukan kustomisasi pengaturan, mana yang ingin diaktifkan, mana yang nggak.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat kita gunakan untuk mengganti watch face di Eggel Tempo 2 yang kita gunakan.

Kalau saya perhatikan, watch face yang ditawarkan ini bertambah banyak, ya, dibandingkan dengan pertama kali saya menggunakan jam ini.

Semua watchface yang disediakan ini gratis, namun pilihannya nggak sebanyak di smartwatch yang punya banderol harga di atasnya.

Terdapat juga custom watchface, jika kawan-kawan ingin mengotak-atik tampilan smartwatch yang kita kenakan.

Fitur Eggel Tempo 2

Smartwatch Murah Berkualitas Cuma 300 Ribuan

Fitur Kesehatan

Pertama, saya akan membahas perihal fitur kesehatan yang dibawa oleh si Eggel Tempo 2 ini. Terdapat fitur pengecek suhu, penghitung langkah, denyut jantung, tekanan darah, dan juga hal yang penting di masa pandemi seperti ini, pengecek saturasi oksigen (SpOโ‚‚).

Frekuensi pengecekan denyut jantung dan suhu ini dapat kita atur di aplikasi Gloryfit. Jadi kawan-kawan dapat menyetting berapa waktu interval untuk melakukan pengecekkan tersebut.

Untuk mode olahraganya ini juga nggak banyak-banyak banget, yah. Namun untuk olahraga-olahraga mainstream seperti lari, bersepeda, lompat, itu ada, kok.

Kemudian di dalam fitur kesehatan ini juga terdapat sleep monitoring yang akan memonitor berapa jam tahapan-tahapan tidur yang kita lewati.

Fitur Notifikasi dan Panggilan

Untuk orang-orang yang jarang cek-cek smartphone, fitur notifikasi dan panggilan ini dapat berguna dan sangat membantu.

Kita bisa melakukan pengaturan aplikasi mana saja yang kita izinkan untuk menampilkan notifikasi ke Eggel Tempo 2 ini.

Kemudian untuk panggilan telepon biasa, kita hanya bisa menolak panggilan di smartwatch ini. Begitu pun dengan panggilan di WhatsApp, malah hanya sekadar notifikasi saja.

Ketika terdapat notifikasi atau panggilan, jam akan bergetar untuk memberitahu penggunanya.

Buat yang nanya bisa buat nelpon atau tidak, jawabannya tidak. Hanya notifikasi panggilan saja, namun kita masih bisa untuk melakukan reject untuk panggilan mobile (bukan melalui third-app macam WhatsApp dan sebagainya).

Fitur Olahraga

Untuk fitur olahraga ini memang nggak banyak. Namun untuk olahraga-olahraga mainstream macam bersepada, jogging, yoga, sit-up, itu ada kok.

Di dalam jam ini terdapat 24 mode olahraga yang bisa digunakan. Untuk saya, yang kepakai paling ya itu-itu saja; jogging dan bersepeda. ๐Ÿ˜€

Fitur olahraga ini bakal ngelacak langkah, kalori, dan juga jarak yang sudah kita tempuh. Untuk melihat laporan mode olahraga ini, kita dapat menggunakan aplikasi Gloryfit, ya.

Daya Tahan Baterai dan Pengisian Daya

Smartwatch Eggel Tempo 2 ini terbilang memiliki daya tahan baterai yang oke punya. Untuk saya pribadi yang mengenakannya sehari-hari, hanya perlu melakukan pengisian daya sekali saja dalam seminggu. Ukuran baterai pada Eggel Tempo 2 ini 180 mAh, btw.

Tentunya, daya tahan baterai ini dipengaruhi dengan fitur-fitur apa saja yang diaktifkan oleh penggunanya.

Untuk penggunaan saya yang bisa mencapai seminggu tersebut, saya hanya menampilkan 2 notifikasi dari aplikasi WhatsApp dan juga Gmail.

Kemudian, notifikasi panggilan juga saya aktifkan.

Untuk fitur kesehatan, saya mengaktifkan pengukuran suhu yang aktif 24 jam dengan interval pengecekkan 1 jam sekali.

Monitor denyut jantung, juga saya aktifkan dengan pengaturan otomatis.

Untuk pengisian dayanya, kurang lebih 1 sampai 1 setengah jam. Agak susah untuk memonitor pengisian dayanya ini mengingat tidak ada indikator khusus.

Paket Penjualan & Garansi

Dalam paket penjualan, kita akan mendapatkan unit dari Eggel Tempo 2 ini, charger (tanpa adaptop/kepala charger), buku panduan, dan juga kartu garansi.

Aftersales

Setelah beberapa minggu awal menggunakannya, layar pada unit yang saya pakai ini tiba-tiba ada semacam pixel error seperti ini.

Namun, untungnya customer service bagian garansi ini sangat gercep walaupun saya menghubunginya di luar jam kerja mereka.

Setelah saya mengikuti saran yang diberikan, namun unit saya tak kunjung kembali normal. Hingga pada akhirnya, CS menyarankan untuk unit yang terkendala tadi dikirim ke mereka.

Selang seminggu, unit saya dikirim ulang oleh pihak Eggel dan pastinya sudah kembali menjadi normal.

Dengan ini, aftersales yang diberikan oleh mereka sangat memuaskan pelanggan seperti saya.

Oh, iya, dalam pengiriman produk garansi. Kita tidak dikenakan biaya apapun. Kecuali biaya pengiriman dari pelanggan ke Eggel saja. Pengiriman unit kembali pelanggan pun nggak ditarik biaya pengiriman.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Tidak ada fitur always-on

Layar dari Eggel Tempo 2 nggak bisa nyala secara terus-menerus. Penggunanya hanya bisa mengatur layar menyala paling lama 15 detik saja. Salah satu alasannya mungkin agar penggunaan dayanya nggak boros-boros amat, ya.

Watch face terbatas

Untuk yang mentingin banget tampilan, ini mungkin menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Di Eggel Tempo 2 ini hanya puluhan watch face saja yang disediakan. Namun setidaknya masih ada pembaruan yang mereka berikan.

Nggak seperti di smartwatch mahal, yah, di mana terdapat watchface yang seabrek, ditambah lagi masih ada watchface yang bisa dibeli secara premium.

Kesimpulan

Eggel Tempo 2 ini sangat saya rekomendasikan bagi kawan-kawan yang memang terbatas budget-nya. Karena dengan 300 ribuan saja kita udah mendapatkan smartwatch yang bisa dibilang lengkap fiturnya.

Fitur-fitur esensial di musim pandemi sekarang ini juga ada (oxygen reader). Selain itu, ini juga dapat menjadi alternatif untuk kawan-kawan yang bosen atau nggak suka dengan smartband yang punya ukuran kecil.

Eggel tipe ini juga sudah ada generasi yang lebih baru, Eggel Tempo 3 dengan selisih harga yang nggak jauh. Jadi, hal ini juga harus menjadi hal yang diperhatikan.

Bagikan:

Halo! Saya Dedi Styawan. Saya tech-content creator dan juga seorang penikmat teknologi. Saya sangat antusias dengan teknologi terutama gadget!

Tinggalkan komentar