Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13 – HP 2 Jutaan Terbaik Dari Samsung

Kamu sedang tertarik untuk membeli Samsung Galaxy A13 karena mempunyai harga murah hanya Rp 2 jutaan. Tetapi kamu masih ragu apakah Samsung Galaxy A13 cocok untuk dibeli atau tidak. Karena itu, sebelum benar-benar membeli Galaxy A13, ada baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13 terlebih dahulu.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13, nantinya kamu jadi bisa yakin apakah hp Samsung ini mempunyai fitur dan spesifikasi sesuai kebutuhanmu dan layak untuk dibeli atau tidak.

Tentang Samsung Galaxy A13

Samsung Galaxy A13 merupakan hp dari Samsung yang di tahun 2022 ini baru saja diluncurkan di Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan hp Samsung Galaxy A13 memikat perhatian banyak konsumen di Indonesia.

Karena Samsung Galaxy A13 menawarkan spek yang cukup baik dengan mempunyai RAM 4GB hingga 6GB dan memori internal 128GB. Menggunakan Chip Exynos 850 (8nm), layar besar 6,6 inci, Kamera utama 50MP, baterai besar 5000 mAh dan sudah fast charging 15W.

Spesifikasi Samsung Galaxy A13

Untuk lebih mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13, kamu bisa melihat terlebih dahulu spesifikasi Samsung Galaxy A13 di bawah ini.

Performa

  • Prosesor (CPU) : Exynos 850 (8nm)
  • Unit Pemrosesan Grafis (GPU) : Mali-G52
  • Octa Core CPU (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
  • ROM (Memori Internal) : 32GB, 64GB atau 128GB dengan tipe eMMC 5.1
  • RAM : 3GB, 4GB atau 6GB
  • Memori Eksternal : microSDXC (slot khusus)
  • Jumlah SIM Card : 2 Nano SIM

Layar

  • Teknologi PLS LCD berukuran 6,6 inci
  • Resolusi 1080 x 2408 piksel, rasio aspek 20:9 (density 400 ppi)
  • Corning Gorilla Glass 5

Konektivitas dan Sensor

  • Port headphone 3.5mm
  • Koneksi USB type C 3.1
  • Bluetooth 5.0
  • Sensor sidik jari yang dipasang di samping
  • Sensor gerak
  • Giroskop
  • Sensor jarak
  • Kompas

Baterai :

  • Kapasitas 5000 mAh
  • Fast Charging 15W

Kamera

  • Kamera Utama  : 50 MP, f/1.8, (wide), PDAF
  • Kamera Ultra Wide : 5 MP, f/2.2, 123˚, 1/5″, 1.12µm
  • Kamera Makro : 2 MP, f/2.4
  • Kamera Depth : 2 MP, f/2.4
  • Kamera depan: 8 MP, f/2.2, (wide)

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13

Dengan spesifikasi Samsung Galaxy A13 tersebut, ada beberapa Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13 yang perlu kamu ketahui seperti berikut:

Kelebihan Samsung Galaxy A13

Disini kita akan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13, dan pembahasan kali ini tentang kelebihan Samsung Galaxy A13.

1. Mendapatkan Desain Mirip S22 Ultra

Kelebihan Samsung Galaxy A13 yang pertama adalah mempunyai desain bagian belakang mirip dengan yang digunakan di Samsung Galaxy S22 Ultra. Karena desain bagian belakang HP ini menggunakan kluster kamera yang terbenam didalam cover bagian belakang. Sehingga tidak ada bagian kluster kamera yang menonjol yang membuat permukaan bagian belakang jadi tampak lebih mulus.

Varian warna yang dimiliki Galaxy A13 juga sangat trendi dan kekinian dengan pilihan warna Hitam, Putih, Peach, dan warna Biru.

Untuk finishing dari Samsung Galaxy A13 menggunakan lapisan plastik glossy dengan warna muda dan elegan. Tetapi ada sedikit kekurangan pada desain ini, karena cover bagian belakang yang glossy membuat bagian belakang jadi mudah menempel bekas sidik jari dan licin.

Tetapi secara keseluruhan finishing desain HP ini sangat baik, karena bagian belakang dan rangka telah didesain dengan bentuk monolitik yang halus, terasa kokoh dan nyaman saat digunakan. HP ini juga terasa nyaman saat digenggam walaupun mempunyai ukuran besar. Tetapi hp ini tidak terlalu berat yang bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman saat dipegang dalam waktu yang lama.

Pada bagian sisi kiri terdapat tempat sim tray, dimana sim tray ini berisi 2 slot kartu sim dan 1 slot kartu memori. Di sisi kanan hp ini terdapat tombol daya/power yang berisi sensor sidik jari dan tombol volume tepat di atasnya.

Tepi atas tidak terdapat apa-apa selain ada mikrofon tambahan untuk membantu menyaring kebisingan saat menelpon. Untuk bagian tepi bawah terdapat port pengisian daya USB-Type C, speaker eksternal, mikrofon utama, dan lubang jack audio 3,5 mm.

2. Memiliki 4 Kamera Belakang Denga Hasil Yang Foto Yang Jernih

Meskipun merupakan hp murah, Samsung Galaxy A13 memiliki 4 kamera belakang yang bisa membantu menghasilkan fotografi yang jernih dan detail.

Kamera utamanya dilengkapi dengan resolusi hingga 50MP yang dinamakan dengan Tetracell oleh Samsung. Walaupun bukan merupakan hp dengan kamera terbaik di kisaran harga Rp 2 jutaan, karena tidak memiliki fitur OIS seperti yang dimiliki Samsung Galaxy A23.

Tetapi Kamera Galaxy A13 telah dilengkapi dengan 4 kamera dengan mode fotografi berbeda lainnya yang terdiri dari :

  • Kamera Ultra Wide 5MP, sehingga kamu bisa mempunyai sudut pandang ultra lebar hingga 123 derajat untuk membuat frame foto lebih lebar
  • Kamera makro 2MP bisa membantu menghasilkan fotografi jarak dekat yang kreatif
  • Kamera depth 2MP memberikan fotografi potret bokeh yang indah untuk mengaburkan latar belakang foto
  • Kamera selfie 8MP yang bisa mempercantik setiap foto selfie yang dilakukan

Kamera Utama

Kamera utama 50MP dari Samsung Galaxy A13 bisa menghasilkan gambar 12,5MP dengan kualitas baik di kisaran harga 2 jutaan ini. Gambar yang dihasilkan dari kamera utamanya akan mempunyai banyak detail yang diproses. Reproduksi warna yang dihasilkan juga tampak realistis dan cukup baik.

Namun, ada salah satu kelemahan dari kamera utama yaitu kemampuannya untuk fokus tidak terlalu sensitif. Meskipun fokus diatur otomatis, ada kalanya pengguna perlu mengetuk untuk fokus atau mengambil beberapa bidikan yang sama agar bisa mendapatkan satu bidikan yang lebih fokus.

Kamu juga bisa memotret dengan resolusi 50MP. Dengan mode 50MP akan memberikan lebih banyak detail dalam bingkai foto. Dengan menggunakan mode ini maka kamu akan mempunyai foto dengan ukuran resolusi super besar untuk disimpan. Meski tidak memiliki lensa telefoto, hp Samsung ini masih bisa menangkap zoom digital hingga 10x.

Ketika digunakan memotret dalam cahaya redup dari kamera utama hasilnya cukup bagus. Kamera Samsung Galaxy A13 masih mempertahankan detail yang baik, eksposur ok, tidak ada blur tepi, dan noise juga dikurangi seminimal mungkin.

Sayangnya kamera hp Samsung A13 ini tidak ada mode malam yang bisa digunakan. Selain itu, kinerja autofokus juga tidak terlalu stabil ketika dalam kondisi minim cahaya. Jadi, kamu akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk membidik dan menentukan fokusnya.

Contoh hasil  foto kamera utama Samsung Galaxy A13 :

Contoh hasil  foto kamera utama Samsung Galaxy A13 dari Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13
sumber gambar : https://www.instagram.com/juergentull/
Contoh hasil  foto kamera utama Galaxy A13
sumber gambar : https://www.instagram.com/sondeshergolpo/

Kamera Potret Bokeh

Kamu bisa mengambil potret dari kamera utama dengan bantuan sensor depth 2MP. Kamu akan mendapatkan foto dengan ukuran 8MP, bukan 12,5MP seperti pada kamera utama. Meskipun kualitas gambar dihasilkan kamera ini tidak sempurna, tetapi kualitasnya bisa dibilang sudah sangat bagus untuk HP kisaran harga Rp 2 jutaan.

Efek bokeh atau pengaburan latar belakang jika dilihat secara detail masih banyak yang tampak berantakan dan tidak halus. Tetapi subjek foto masih diproses dengan baik, serta menghasilkan latar belakang kabur yang tampak alami.

Contoh Hasil Foto Kamera Potret Bokeh Samsung Galaxy A13 :

Contoh Hasil Foto Kamera Potret Bokeh Galaxy A13
Sumber Gambar : https://www.instagram.com/aryaniyani21/

Kamera Ultra Wide 5MP

Kamera Ultra Wide 5MP juga kamu sebaiknya tidak berharap banyak dalam hal detail dan jangkauan dinamis. Tapi parameter lainnya di kamera ultrawide sudah sangat bagus. Ketajamannya baik, noise ditangani dengan baik, warna dihasilkan terlihat sedikit lebih baik dibandingkan kamera utama.

Karena tidak ada mode malam, hp ini menjadi sangat sulit memotret dengan kamera ultra wide di malam hari. Kamera ini hampir tidak bisa digunakan dengan pencahayaan rendah, karena hasilnya berbintik, dan detail kurang tajam.

Contoh Hasil Kamera Ultra Wide 5MP Samsung Galaxy A13 adalah sebagai berikut :

Contoh Hasil Kamera Ultra Wide 5MP Galaxy A13
Sumber gamber : https://www.instagram.com/juergentull/

Kamera Makro

Dengan menggunakan HP Samsung Galaxy A13 kamu akan mempunyai kamera untuk close-up tetapi hasilnya tidak terlalu bagus. Karena resolusi kameranya hanya 2MP, sehingga kualitas dan detailnya cukup terbatas.

Kamera makro juga mempunyai fokus yang butuh waktu lama untuk fokus (tidak memiliki fitur fokus otomatis). Jika kamu mempunyai fokus objek foto yang baik dan cahaya yang cukup, kamu akan mempunyai beberapa foto makro yang bagus untuk diposting ke media sosial.

Contoh Hasil Foto Kamera Makro Samsung Galaxy A13 :

Hasil Foto Kamera Makro Galaxy A13
Sumber gambar : https://www.instagram.com/jr_ewing_92/

Kamera depan

Kamu bisa mengambil foto Selfie yang bagus dari HP Samsung Galaxy A13 ini. Walaupun hanya menggunakan kamera 8MP, detail dihasilkan bagus, dan warnanya cukup realistis. Meskipun hasil foto kamera selfie masih agak pudar seperti kamera utama. Kamera selfie hp Samsung ini tidak mempunyai fokus otomatis, tetapi kamu bisa menentukan fokus sendiri dengan cepat dan efisien.

Kamu juga bisa mengambil Selfie Potret menggunakan kamera selfie ini. Kamera depan tidak ada dukungan sensor kedalaman tetapi foto bokeh di kamera selfie masih memberikan hasil foto yang sangat baik. Subjek foto dipisahkan secara efektif dengan latar belakang foto, sehingga menghasilkan foto bokeh yang sangat indah.

Contoh Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A13 :

Contoh Hasil Foto Kamera Depan Galaxy A13
Sumber gambar : https://www.instagram.com/krishna__bhakt_ram_bhakt/

Video

Hp Samsung Galaxy A13 sudah bisa merekam video Full HD (1080p). Selain itu, kamera utama dan kamera selfie bisa merekam video hingga 30 fps. Sehingga perekaman video cukup terbatas di kondisi pergerakan cepat atau objek bergerak.

Hasil perekaman video dari kamera utama relatif baik walaupun tidak ada stabilisasi video yang digunakan di hp Samsung A13 ini. Perekaman video di kamera utama menghasilkan warna asli, kualitas video bagus dan tajam dengan rentang dinamis baik.

Video yang dihasilkan dari kamera ultra lebar juga bisa menghasilkan dengan detail dan warna yang bagus, tetapi terdapat noise dan eksposurnya tidak terlalu stabil.

3. Layar Telah Dilapisi Dengan Gorilla Glass 5

Kelebihan Samsung Galaxy A13 yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah layar 6,6 inci dengan model layar Infinity-V Display, dengan resolusi FHD+ ditambah dengan perlindungan terbaik dari Corning Gorilla Glass 5.

Selain itu, HP Samsung ini juga telah dibekali dengan layar besar dengan memiliki kontras yang bagus dan kecerahan tinggi. Serta layar A13 ini sudah bisa memreproduksi warna yang kaya, sehingga menampilkan konten dengan sangat menarik dan bikin betah melihat layar.

4. Sudah Menggunakan Android 12 dan One UI Core

Walaupun termasuk dalam kategori hp murah, tetapi Samsung Galaxy A13 sudah menggunakan Android 12 yang berjalan di One UI Core 4. Sehingga dengan sistem operasi ini akan membuat pengguna bisa menjalankan berbagai tugas dengan lebih mudah dan praktis.

Dengan menggunakan Android 12, tentunya ada banyak fitur baru Android yang bisa kamu gunakan di hp Samsung ini.

Seperti fitur Privacy Dashboard, mengetahui aplikasi yang menggunakan kamera dan mikrofon dengan indikator warna hijau, menonaktifkan aplikasi bawaan, fitur media control, sistem navigasi baru dan masih banyak fitur Android 12 baru lainnya.

Selain menggunakan os Android 12 baru, antarmuka One UI 4 juga akan membuat kamu bisa lebih mudah mengkustomisasi antarmuka seperti mengganti wallpaper dan menggunakan Dynamic Lock Screen.

Kekurangan Samsung Galaxy A13

Dalam kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13, kita sudah membahas tentang kelebihan Samsung Galaxy A13. Dan di bawah ini kita akan membahas tentang kekurangan Samsung Galaxy A13 :

1. Tampilan Layar Yang Masih Standar 60 Hz

Dengan harga Rp 2,5 jutaan, sayangnya Samsung Galaxy A13 masih menggunakan tampilan layar yang sangat standar. Yang dimana pesaing merek lain di harga 2 jutaan sudah banyak yang menggunakan refresh rate 90hz-120hz. Samsung Galaxy A13 masih menggunakan refresh rate layar 60 hz.

Dengan respon sentuhan hanya 60hz ini membuat tingkat respon jadi lebih rendah. Jadi jika sebelumnya kamu pernah menggunakan hp dengan layar 90hz-120hz, ketika menggunakan hp Samsung ini kamu akan merasakan hp yang mempunyai respon sentuhan dan pergerakan yang lambat.

Kekurangan layar lainnya yang ada di Galaxy A13 adalah masih menggunakan batas tepi atau bezel di semua sisi yang tebal. Terutama di bagian atas dan bawah yang sangat tebal. Karena bagian atas layar menggunakan notch water drop untuk menyematkan kamera depan.

Walaupun mempunyai kekurangan refresh rate layar masih 60hz dan tepi layar yang tebal. Spek layarnya masih tertolong dengan layar yang lebar dengan ukuran 6,6 inci. Ditambah layarnya sudah menggunakan resolusi full HD+ (1080 x 2408 piksel), kerapatan 400 ppi, kecerahan layar sampai 587 nits.

Tetapi jika dilihat dari harga yang hanya 2 jutaan, kekurangan ini masih sangat wajar dan masih bisa ditoleransi.

2. Pengasian daya tahan baterai yang tidak cepat

Walaupun Samsung Galaxy A13 telah dilengkapi dengan baterai besar 5000mAh. Sehingga penggunaan hp bisa digunakan sepanjang hari dengan nyaman tanpa khawatir kehabisan baterai. Tetapi pengisian daya baterai yang digunakan di Galaxy A13 tergolong kecil hanya 15W.

Karena pengisian daya baterai di hp lain di harga Rp 2 jutaan sudah banyak yang menggunakan fast charging lebih dari 15W. Dengan pengisian daya baterai 15W, kamu membutuhkan waktu cukup lama sekitar 138 menit agar baterai Samsung Galaxy A13 terisi penuh.

3. Performa dan Kinerja Yang Standar

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13 dari Performa Samsung Galaxy A13 secara keseluruhan

Kekurangan yang bisa kamu dapatkan dari membeli Samsung Galaxy A13 adalah kamu hanya menggunakan prosesor Exynos 850 (8nm) yang merupakan chipset milik Samsung sendiri. Jika dibandingkan pesaing hp Rp 2 jutaan dipasaran yang menggunakan chipset snapdragon atau mediatek. Jelas performa dari Exynos masih jauh tertinggal.

Karena kinerja dan performa prosesor Exynos 850 (8nm) bisa dikatakan cukup lemah untuk CPU dan GPUnya. Jadi jika kamu ingin membeli hp Samsung Galaxy A13 untuk bermain game, pastinya kamu harus memikirkan ulang.

Karena performa chipset prosesor Exynos 850 berdasarkan skor Benchmark Antutu hanya mencetak skor antara 111 ribu sampai 118 ribu poin. Untuk skor single-core hanya 115 poin dan skor multi-core hanya 581 poin.

Jika Samsung ingin digunakan bermain game, mungkin hanya game tertentu seperti Mobile Legends dan Free Fire yang bisa dimainkan dengan grafik ke FPS sedang dan tinggi (60 FPS). Untuk game seperti PUBG Mobile, Asphalt 9, COD Mobile, Genshin Impact grafik hanya paling rendah dan ketika digunakan bermain game masih terdapat lag.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13 di atas. Samsung Galaxy A13 dengan harga mulai dari Rp 2,4 jutaan ini memiliki kelebihan dari segi desain, kamera, layar besar, baterai besar dan sudah menggunakan Android 12. Untuk kelemahannya kamu hanya mendapatkan layar dengan refresh rate 60 hz, pengisian baterai dengan charger 15W, dan performa yang tidak unggul karena menggunakan prosesor Exynos 850.

Bagikan:

Tinggalkan komentar