Kelebihan dan Kekurangan OPPO A57 – HP Fast Charging 33W SuperVooc

Haruskah membeli OPPO A57 merupakan pertanyaan yang cukup banyak ditanyakan setelah pertama kali di rilis di bulan April 2022 yang lalu. OPPO A57 memiliki desain trendi yang eye-catching dan pilihan warna-warna muda, sehingga tidak heran jika HP murah ini memikat perhatian banyak pengguna kaum muda. Untuk mengetahui apakah hp Oppo satu ini layak dibeli atau tidak, yuk simak kelebihan dan kekurangan OPPO A57 di bawah ini!

Tentang OPPO A57

Untuk meningkatkan daya saingnya di HP murah dari produsen smartphone lainnya, OPPO telah resmi meluncurkan HP OPPO A57 di pasaran.

HP OPPO ini telah terintegrasi dengan banyak fitur unggulan dibandingkan pendahulunya. OPPO telah menawarkan keunggulan seperti Desaign Oppo Glow, 33W SuperVooc, RAM 4GB+4GB, dan speaker Stereo.

Tapi untuk lebih meyakinkan kamu bahwa OPPO A57 layak dibeli di harga Rp 2 jutaan. Kamu bisa membaca kelebihan dan kekurangan OPPO A57 yang kami jelaskan disini.

Spesifikasi OPPO A57

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan OPPO A57, kamu bisa mengetahui terlebih dahulu spesifikasi OPPO A57 berikut :

Performa

  • Prosesor (CPU) : MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • Unit Pemrosesan Grafis (GPU) : PowerVR GE8320
  • CPU : Octa-core terdiri dari 4 core x 2.3 GHz Cortex-A53 dan 4 core x 1.8 GHz Cortex-A53
  • ROM (Memori Internal) : 64GB dengan tipe eMMC 5.1
  • RAM : 4GB
  • Memori Eksternal : microSDXC
  • Jumlah SIM Card : 2 Nano SIM

Layar

  • Teknologi Panel IPS LCD berukuran 6,56 inci
  • Resolusi 720 x 1612 piksel dengan rasio aspek 20:9 dan memiliki density 269 ppi

Konektivitas dan Sensor

  • Port headphone 3.5mm
  • Koneksi USB type C 2.0
  • Bluetooth 5.3
  • Fingerprint yang dipasang di samping
  • Accelerometer
  • Gyro

Baterai

  • Kapasitas 5000 mAh
  • Fast Charging 33W

Kamera

  • Kamera Utama  : 13MP, f/2.2, (wide)
  • Kamera Depth : 2MP, f/2.4
  • Kamera depan: 8MP, f/2.0, (wide)

Kelebihan OPPO A57

Karena disini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan OPPO A57, dan pertama disini kita akan membahas kelebihan OPPO A57 terlebih dahulu.

OPPO A57 Dengan Desain OPPO Glow Yang Stylish

OPPO A57 Dengan Desain OPPO Glow Yang Stylish

HP OPPO telah lama dikenal oleh pengguna karena selalu memiliki hp dengan desain yang stylish dan mengikuti tren desain terbaru, termasuk OPPO A57. HP OPPO ini diluncurkan dengan tampilan desain yang sangat trendi, memiliki bingkainya miring rata, dan memiliki garis-garis sedikit melengkung di bagian tepinya untuk menciptakan kesan desain yang mewah saat digenggam.

Selain itu, HP OPPO ini juga mempunyai bobot hanya 187 gram dan ketebalan hanya 7,99 mm. Dengan desain bodi yang begitu tipis dan ringan, maka OPPO A57 akan memberikan Kamu genggaman yang nyaman dalam waktu lama. Selain itu kamu juga bisa menggunakan HP OPPO ini menggunakan satu tangan dengan sangat mudah.

Desain pada bagian belakang OPPO A57 telah dilapisi dengan bahan plastik kasar yang masih terlihat cukup mewah. Selain itu desain plastik kasar dibagian belakangnya juga bisa membantu meminimalkan  keringa serta memberikan mencengkeram dengan sangat baik saat dipegang.

Secara keseluruhan desain OPPO A57 sederhana namun tampak istimewa. Ditambah bagian desain cluster kamera belakang dengan dual kamera dan flash telah dikemas dalam modul persegi panjang yang harmonis.

OPPO A57 juga menawarkan 2 versi warna yang cocok untuk kamu yang berjiwa muda, dengan varian warna Glowing Green dan Glowing Black.

Ini merupakan warna yang cocok digunakan anak muda yang dinamis dan sangat cocok untuk gen Z. Warna Glowing Black akan menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang menyukai desain yang sederhana. Sedangkan Glowing Green sangat cocok untuk kamu yang merupakan seorang anak muda yang dinamis dan anggun.

Durabilitas dan IP54

Durabilitas dan IP54

Jika dulu kita harus membeli hp flagship untuk bisa mendapatkan fitur hp tahan air dan debu. Saat ini dengan OPPO A57 kamu sudah bisa memiliki fitur tahan cipratan air IPX4 dan tahan debu IP5X. Sehingga ketika menggunakan HP OPPO ini kamu tidak perlu khawatir ketika hp terkenca cipratan air dimanapun kamu berada.

Selain ketahanan air dan debu, OPPO A57 juga mengklaim telah memberikan ketahanan goresan yang bisa diandalkan. Selain itu, pengguna juga tidak perlu khawatir ketika hp sering terjatuh. Karena OPPO A57 telah diuji ketahanannya.

OPPO A57 dengan Layar 6,56 inci Yang Kaya Warna

OPPO A57 dengan Layar 6,56 inci Yang Kaya Warna

Untuk layar, OPPO masih mempertahankan ukuran layar besar seperti generasi sebelumnya, karena OPPO A57 telah dibekali dengan panel layar IPS LCD dengan ukuran hingga 6,56 inci.

Dengan ukuran sebesar tersebut, dijamin OPPO A57 akan memastikan pengalaman kerja hingga belajar penggunanya untuk bisa mencapai efisiensi paling optimal. Serta pengunaan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dengan menikmati hiburan dan aktivitas game terbaik.

Sementara itu, untuk desain layar OPPO A57 dibekali layar dengan desain waterdrop untuk menempatkan kamera selfie di dalamnya. Sehingga dengan desain layar waterdrop ini bisa membantu mengoptimalkan ruang tampilan layar dengan baik.

Selain itu, panel layar HP OPPO ini juga telah mendukung resolusi HD+ (720 x 1612 piksel) pada tingkat yang cukup baik. Ditambah lagi layar hp ini sudah memiliki kerapatan piksel sekitar 269 PPI untuk membantu detail gambar yang baik.

Sayangnya, karena OPPO A57 ditargetkan di segmen hp murah, panel layar digunakan hanya mendukung kecepatan pemindaian hingga 60 Hz saja. Namun, dengan pengoptimalan antarmuka ColorOS OPPO, pengguna masih bisa yakin pengalaman pengoperasian OPPO A57 masih sangat mulus.

Ditambah lagi adanya AI Fitre eye Comfort dan pengurangan cahaya biru juga akan memberikan pengalaman menonton layar yang nyaman saat bermain game atau membaca sepanjang hari.

Dual Speaker Stereo

Selain itu, kelebihan OPPO A57 lainnya adalah sudah dilengkapi dengan sistem dual speaker yang membuat pengalaman audio pengguna saat menonton film dan bermain game menjadi sangat nyata dan lebih hidup.

Pengguna bisa menikmati suara yang terbaik berkat dukungan teknologi Dirac3.0 dan Mode Volume Ultra. Sehingga pengguna bisa menikmati kualitas suara stereo yang terbaik dan bisa meningkatkan level volume hingga 100% agar bisa mendapatkan suara lebih jernih.

OPPO A57 Dilengkapi Kamera dengan Fitur AI Portrait Retouching

Diketahui, OPPO A57 telah dibekali dengan dual camera dengan sensor utama 13 MP dikombinasikan dengan kamera depth 2 MP.

Kamera utama OPPO ini telah dilengkapi dengan fitur fotografi seperti: Portrait photography, AI beauty, night mode, HDR dan banyak mode fotografi yang beragam. Walaupun kameranya tidak terlalu besar resolusinya, Kamu tetap bisa dengan mudah membuat foto dengan kualitas bagus, warna cerah dan ketajaman tinggi berkat adanya fitur AI Portrait Retouching.

Kamera OPPO A57

Dengan AI Portrait Terouching pengguna bisa menyempurnakan wajah dan menyesuaikan kecantikan sesuai keinginan. Ditambah teknologi 360° Fill Light juga akan membuat pencahayaan jadi lebih inovatif dan kamu bisa memaksimalkan foto selfie malam hari dengan kualitas gambar yang mengesankan.

Kamera Potret

Kombinasi kamera utama 13MP dan kamera depth 2MP, bisa membantu pengguna untuk menghasilkan potret bokeh dengan subjek dan latar belakang yang seimbang dan sempurna. Antara fokus dan blur yang dihasilkan di hp oppo 2 jutaan hasilnya termasuk sudah cukup baik.

OPPO A57 Dilengkapi Kamera dengan Fitur AI Portrait Retouching

Selain itu, OPPO A57 juga mempunyai kamera selfie 8 MP yang disematkan di notch berbentuk tetesan air. Kamera selfie HP OPPO ini telah mendukung pengambilan foto selfie yang sempurna dan setelah memotret foto selfie kamu bisa langsung mempostingnya di media sosial dengan mudah.

Ketika kamu menggunakan OPPO A57, kamu juga sudah bisa merekam video TikTok dengan mudah dan terhubung dengan teman dan keluarga dengan mudah melalui video call yang jernih! Perekaman video yang dihasilkan di OPPO A57 juga sudah sangat baik. Karena kamera depan dan kamera belakang sama-sama bisa menghasilkan merekam video 1080p pada 30 FPS.

Baca juga : Review OPPO Reno8 Pro – HP Kamera Sempurna di Seri Reno 2022

SuperVOOC 33W

SuperVOOC 33W

Dalam hal kapasitas baterai, OPPO A57 tidak perlu diragukan lagi ketahanannya, karena sudah ditenagai mengunakan baterai 5.000 mAh.

Kapasitas baterai ini merupakan level baterai yang menurut saya cukup bagus untuk hp Rp 2 jutaan. Dengan kapasitas baterai yang begitu besar ini, pengguna tidak perlu khawatir kehabisan baterai ketika digunakan seharian. Kamu bisa dengan nyaman menggunakan OPPO A57 untuk menjelajahi web, menonton film, bermain game dan aktivitas lainnya sepanjang hari.

Selain itu, untuk bisa memenuhi kebutuhan penggunaan dengan lebih baik, perusahaan OPPO juga telah melengkapi pengisi daya super cepat 33W SuperVOOC yang sangat aman. Fast charging SuperVOOC ini merupakan teknologi pengisian baterai yang hanya digunakan di HP kelas atas.

Dengan fitur fast charging 33W, OPPO A57 akan membantu pengguna menghemat waktu pengisian daya dan menghadirkan proses penggunaan yang nyaman seharian.

Selain itu, HP OPPO A57 ini juga mendukung fitur konektivitas lengkapi seperti: 4G VoLTE, Wi-Fi, Bluetooth 5.3, GPS, port USB-C dan jack headphone 3.5mm. Dengan konektivitas lengkapi ini akan membuat penggunaan hp yang lebih nyaman.

Kekurangan OPPO A57

Dalam artikel kelebihan dan kekurangan OPPO A57 kami telah menjelaskan informasi tentang kelebihan OPPO A57. Dan untuk mengetahui kekurangan OPPO A57, silahkan simak penjelasan berikut :

Layar Masih Menggunakan Refresh Rate 60 Hz

OPPO A57 telah dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6,56 inci, resolusi HD+, rasio 20:9, kecerahan hingga 600nits tetapi sayangnya kecepatan refresh layar hanya 60Hz.

Hal ini menjadikan OPPO A57 kalah dengan pesaing merek lainnya di harga Rp 2 jutaan lainnya seperti Redmi Note 11, Vivo T1 yang sudah menggunakan refresh rate 90Hz.

Tetapi yang membuat OPPO A57 lebih baik dibanding pesaing lainnya adalah layarnya sudah memiliki cakupan warna DCI-P3 100%. Sehingga dengan keunggulan ini, membuat hp OPPO ini tidak kalah dengan pesain lainnya. Karena layarnya akan menghasilkan kulitas gambar yang cukup baik, warna yang hidup dan jernih.

OPPO A57 Menggunakan Chipset Bukan Untuk Gaming

OPPO A57 Menggunakan Chipset Bukan Untuk Gaming

Di dalam HP OPPO A57 kamu hanya akan mendapatkan chip Helio G35 dari MediaTek. Ini adalah chip yang cukup familiar di hp murah. Chipset Mediatek ini memiliki performa yang cukup menjanjikan dan masih cukup untuk tugas hiburan dasar seperti membaca berita online, menjelajahi web, dan menonton video.

Tetapi chipset ini tidak digunakan untuk gaming, sehingga kamu tidak akan bisa memainkan game hd populer yang ada saat ini. Jadi kamu hanya bisa menggunakan OPPO A57 dengan chip Helio G35 untuk bermain game ringan saja.

Selain itu, HP OPPO ini juga hanya mempunyai memori internal 64GB dan RAM 4GB saja. Melalui pengujian Antutu dan GeekBench 5, A57 mendapatkan skor 115.467 poin di aplikasi Antutu Benchmark. Sedangkan pengujuan yang dilakukan di Geekbench 5 skor mencapai 174 poin di pengujuan single-core, dan 969 poin di pengujian.

Faktanya, OPPO A57 sebenarnya masih merespons dengan lancar game- game populer di pasaran dengan pengaturan sedang untuk game MOBA dan konfigurasi rendah ketika digunakan untuk bermain game FPS.

Walaupun bukan chipset gaming, tetapi prosesor Helio G35 yang dikombinasikan RAM 4GB+4GB Ekspansi RAM dan memori internal 64GB akan memberikan kelancaran dan kecepatan multitasking yang baik.

Secara khusus, antarmuka ColorOS 12.1 di HP OPPO ini telah menghadirkan fitur AI System Booster. Sehingga akan membantu model HP OPPO ini bisa mengemat daya baterai dengan optimal. Serta membantu setiap beralih aplikasi jadi lebih lancar dan cepat.

Baca juga : Review OPPO A77s – HP Anak Muda Untuk Gaming dan Kamera Terbaik

Kualitas Kamera Biasa Saja dan Tidak Ada Kamera Ultra Wide

Seperti yang dijelaskan di atas OPPO A57 telah dibekali kamera utama 13 MP, f/2.2 mendukung autofokus, dikombinasikan dengan kamera depth 2 MP, f/2.4. Tetapi sayangnya HP OPPO ini tidak dilengkapi dengan kamera ultra wide angle.

Kamera OPPO A57 ketika dalam kondisi cukup terang, gambar dari A57 memberikan kualitas yang cukup baik dengan warna yang realistis dan detail yang baik. Namun, ketika di-zoom in, gambar akan terlihat kabur dan pecah-pecah.

Dalam kondisi cahaya redup, kualitas foto dari OPPO A57 hanya memiliki kualitas standar, gambarnya datar, masih terdapat banyak noise dan kemampuan fokus berkurang secara signifikan.

OPPO A57 mempunyai kamera selfie sudut lebar 8 MP, f / 2.0 dengan memiliki banyak filter menarik untuk membantu pengguna mendapatkan foto selfie yang memuaskan. Dari segi kualitas gambar, OPPO A57 akan menghasilkan foto selfie berkulit kemerahan yang tidak terlalu virtual. Tetapi saat foto selfie diambil secara backlit, gambar akan tampak gosong dan kehilangan detail di area terang.

Kesimpulan

Jadi itulah tadi informasi tentang kelebihan dan kekurangan OPPO A57 yang bisa kita ketahui. OPPO A57 dijual dengan harga Rp 2,3 juta di tahun 2022 sebenarnya masih kalah dengan beberapa hp lainnya. Karena hp ini hanya dibekali dengan RAM 4GB ROM 64 dan chipset Helio G35. Jadi secara kinerja dan performa OPPO A57 masih kurang bisa diandalkan, tertuama untuk yang ingin memiliki hp murah untuk gaming.

Tetapi jika kamu setelah membaca kelebihan dan kekurangan OPPO A57 di atas, dan kamu mencari hp dengan desain yang stylish, layar berukuran besar, dilengkapi dengan speaker ganda, baterai besar yang dilengkapi dengan fast charging 33W. maka hp OPPO A57 ini cocok dan tepat untuk kamu pertimbangkan untuk dimiliki.

Bagikan:

Tinggalkan komentar