Penyebab HP OPPO Stuck di Logo dan Cara Memperbaikinya

Anda datang ke postingan ini mungkin ingin mengetahui cara mengatasi HP OPPO stuck di logo. Masalah seperti ini cukup sering dialami para pengguna HP Android dari berbagai merk dan type dimana layar hanya menampilkan logo saja tanpa bisa digunakan.

Pastinya Anda akan panik karena tidak bisa diakses seperti biasanya, bahkan hanya sekedar membuka menu pun tidak bisa. Tetapi tenang saja karena ini bisa diatasi supaya HP OPPO bisa kembali seperti semula.

HP bootloop akan membuat system tidak dapat menjalankan berbagai file sehingga tampilannya hanya berupa logo. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan bagaimana cara memperbaiki HP OPPO yang hanya muncul tulisan oppo, jadi pastikan Anda membaca penjelasannya sampai selesai.

Penyebab HP OPPO Bootloop

HP OPPO hanya stuck di logo biasanya disebabkan karena sebelumnya gagal melakukan flashing ulang. Selain itu, juga bisa disebabkan karena salah menggunakan Firmware pada smartphone OPPO Anda.

Baca juga : Review OPPO Reno8 Pro – HP Kamera Sempurna di Seri Reno 2022

IIMEI yang hilang ketika melakukan flashing ulang juga bisa menjadi sebab kenapa ketika dinyalakan hanya muncul logo saja. Pastikan sebelum melakukan flashing atau meggantu ROOM harus backup semua file yang penting.

5 Cara Mengatasi HP OPPO Bootloop

Jika sudah terlanjur terjadi bootlop, maka Anda bisa coba memperbaikinya dengan cara yang akan kami sampaikan di bawah ini. Tetapi perlu diingat untuk mengikuti langkah-langkahnya dengan baik.

1. Restart HP OPPO

Cara yang paling mudah untuk mengatasi bootloop yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan restart pada HP OPPO Anda. Ini bertujuan supaya merefresh system dan semua program, untuk melakukannya juga sangatlah mudah.

  1. Pertama, matikan terlebih dahulu HP OPPO
  2. Jika sudah benar-benar mati, sekarang lepas Kartu SD, baterai, dan juga kartu SIM
  3. Biarkan selama beberapa menit
  4. Pasang kembali semuanya
  5. Hidupkan HP OPPO
  6. Namun, cara ini tidak bisa dilakukan pada HP OPPO dengan baterai tanam. Lalu bagaimana cara mengatasi HP OPPO tidak bisa masuk ke menu pada baterai tanam? Kami sudah menyediakannya, jadi langsung simak saja di bawah ini.

2. Dengan Hard Reset

Hard reset bisa menjadi alternatif ketika dengan melakukan restart saja tidak bisa mengatasi HP OPPO Anda yang bootloop. Untuk hard reset atau kembali ke setelan pabrik di HP OPPO bisa Anda ikuti tutorial berikut:

1. Matikan smartphone terlebih dahulu

2. Tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan hingga tampilan awal berubah menjadi pimilihan bahasa

3. Pilih saja Bahasa Inggris

hp oppo stuck logo

4. Kemudian tap pada Wipe Data and Cache

hp oppo stuck logo

5. Nantinya akan muncul beberapa opsi, pilih saja pada opsi untuk reboot HP

reset

6. Tunggu hingga prosesnya selesai

Cara ini bisa jadi berhasil, tetapi tidak untuk HP OPPO yang mengalami bootloop dengan masalah yang parah. Itu hanya bisa diatasi dengan melakukan flashing ulang pada smartphone tersebut.

3. Dengan Flashing Ulang

Setelah mencoba dua cara sebelumnya dan ketika dinyalakan HP OPPO mentok di logo, Anda bisa melakukan flashing ulang menggunakan firmware. Ini dilakukan guna menginstall kembali software bawaan yang mungkin corrupt sehingga HP bisa berfungsi dengan normal. Jika bingung, langkah-langkah berikut ini mungkin akan membantu:

Baca Juga: Cara Cepat Membuka Hp Samsung yang Terkunci Untuk Semua Tipe (Teruji)

Sebelumnya, siapkan terlebih dahulu firmware untuk HP OPPO. Berhati-hati dan teliti ketika memilih firmware karena tidak semuanya cocok untuk HP Anda.

1. Taruh file firmware yang sudah diunduh ke kartu memori eksternal atau kartu SD

2. Masuk ke mode recovery dengan menekan tombol power dan volume atas secara bersamaan selama beberapa saat

3. Lalu pilih Bahasa Inggris

4, Untuk mengganti pilihan Anda bisa menekan tombol volume bawah dan atas, sedangkan tombol power untuk enter

5. Pilih pada opsi Wipe Data and Cache

6. Kemudian pilih Install From SD Card

sd card

7. Pilih pada firmware HP OPPO Anda yang sudah dipindahkan ke kartu SD

8. Sekarang Anda tinggal menunggu hingga prosesnya selesai dalam beberapa menit

9. Jika sudah muncul notifikasi bahwa flashing sudah selesai dilakukan, sekarang lakukan Reboot

10. Selesai, smartphone akan menyala kembali dan tidak lagi stuck di logo

4. Perbaiki ke Tukang Service

Flashing menjadi upaya terakhir yang bisa Anda coba untuk mengatasi HP OPPO yang stick di logo, jika masih gagal maka Anda perlu membawanya ke tukang service. Bukan tidak mungkin telah terjadi kerusaka khususnya pada eMMC ataupun mesin utama perangkat.

Ini pastinya akan menyulitkan jika Anda melakukannya sendiri dan rawan terjadi kerusakan yang lebih parah jika ada kesalahan ketika memperbaikinya. Oleh karena itu, sebaiknya bawa saja ke service center OPPO atau konter di dekat rumah Anda.

Untuk biayanya sendiri biasanya akan berbeda-beda tergantung dari tingkat kerusakan dan tipe HP. Jika terjadi kerusakan yang sangat parah maka uang yang harus dibayarkan bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan.

Tips Menghindari HP Bootloop

Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasi HP OPPO yang bootloop. Selanjutnya, kami akan memberikan sedikit tips supaya eror stuck di logi ini tidak terjadi lagi di smartphone Anda.

1. Waspada Ketika Menginstall Aplikasi

Karena berbagai alasan, misalnya karena aplikasi tidak tersedia di Google Play Store membuat Anda mengunduhnya lewat website lain. Sudah sangat banyak kasus smartphone terkena virus karena menginstall aplikasi dari internet.

Sebelum mulai mengunduh dan memasangnya, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi tersebut berasal dari website atau platform terpercaya. Cek juga bagian kolom komentarya apakah ada indikasi bahwa aplikasi tersebut palsu atau tidak.

2. Pasang Anti Virus

Jika Anda sering mengunduh file di internet, maka sebaiknya install aplikasi anti virus untuk lebih mudah mendeteksi ketika ada data tidak dikenal dan mencurigakan. Nantinya Anda bisa scan seluruh penyimpanan HP dan menghapus yang terindikasi adalah malware.

Ada begitu banyak software anti virus yang tersedia di Google Play Store, Anda bisa masukan saja kata kunci anti virus app pada kolom pencarian. Anda bisa pilih yang sudah terkenal atau memiliki rating paling bagus.

3. Jangan Terlalu Sering Mencopot Baterai

Mungkin Anda belum tahu bahwa sering mencopot baterai HP Android ketika sedang menyala bisa menyebabkan kerusakan karena system operasi akan terputus secara mendadak. Jika ini menjadi kebiasaan maka jangan kaget ketika suatu saat akan terjadi eror.

Oleh karena itu, ketika ingin mematikan ponsel sebaiknya menggunakan tombol power. Berbeda halnya ketika dalam keadaan darurat misalnya HP macet dan tidak bisa dimatikan dengan tombol power, maka Anda bisa langsung melepaskan baterai tetapi dengan risiko yang mungkin akan terjadi.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara atasi HP OPPO stuck di logo. Tidak Cuma HP OPPO, Anda juga bisa mencoba metode di atas untuk smartphone atau tyoe lain seperti Xiaomi, Lenovo, Realme, Samsung, termasuk OPPO A3s mentok logo.

Masih belum puas? Anda bisa cek lagi artikel seputar tips trick teknologi dan juga rekomendasi gadget hanya di situs ini.

Bagikan:

Tinggalkan komentar