HP dengan Chipset Terbaik untuk Gaming 2022

Hai Kawangadget –  Chipset terbaik untuk gaming di handphone tentu saja saat ini ada beberapa pilihan yang bisa dipilih. Mengingat saat ini, banyak sekali produsen chipset berlomba-lomba menciptakan prosesor dengan performa yang ngebut.

Bukan hanya dari kelas flagship saja, akan tetapi dari kelas midrange sekalipun banyak sekali prosesor yang cukup mumpuni untuk digunakan gaming. Sehingga, akan memberikan banyak pilihan kepada konsumen, terutama yang memang membutuhkan performa lebih.

Nah, maka dengan mengetahui chipset terbaik untuk gaming di HP atau smartphone mungkin diperlukan. Dengan begitu, untuk yang memang bermain game secara kompetitif, atau istilahnya pro-player, bisa mencari spesifikasi yang sesuai.

Berhubung ini adalah mencari chipset terbaik untuk gaming, maka chipset pilihan kali ini adalah chipset-chipset terbaik dari masing-masing brand. Kemudian, dari semua chipset tersebut, kawan-kawan bisa menentukan mana yang memiliki performa paling tinggi.

Sekedar disclaimer, disini kami hanya memberikan daftar berdasarkan performa saja. Untuk satu dan dua hal lain, seperti tidak stabil atau panas, itu merupakan masalah lain. Kemudian, urutan atau penomoran tidak berdasarkan yang paling baik, secara random saja. Lalu, chipset terbaik untuk gaming dalam list ini adalah yang terbaru sampai artikel ini dibuat.

Oke, langsung saja kita bahas chipset terbaik untuk gaming di sebuah smartphone.

Chipset Terbaik untuk Gaming

Snapdragon

Chipset terbaik untuk gaming dari Snapdragon adalah snapdragon 8 gen 1. Dimana chipset ini merupakan yang terbaru di kelas flagship dari Snapdragon sendiri. Sehingga untuk performa yang ditawarkan sudah jelas sangat baik.

Prosesor atau chipset terbaik untuk gaming dari Snapdragon ini diperkenalkan pada akhir tahun 2021 lalu. Chipset ini sendiri memiliki fabrikasi 4nm, sehingga secara teori harusnya chipset ini lebih adem dan hemat daya. Prosesor ini diklaim mampu menghasilkan 20% kinerja CPU lebih cepat dari Snapdragon 888 5G.

Lalu, ponsel apa saja yang menggunakan prosesor ini? Ada beberapa brand smartphone flagship yang menyematkan prosesor snapdragon 8 gen 1 ini, yaitu Xiaomi 12, Realme GT 2 Pro, Samsung Galaxy S22, Xiaomi 12 Pro, dan lain sebagainya.

Mediatek

Seolah tak mau kalah dengan Snapdragon, Mediatek pun merilis chipset terbaik untuk gaming versi mereka. Dimana pada akhir tahun 2021 juga, mereka merilis Mediatek Dimensity 9000. Mediatek Dimensity 9000 merupakan chipset flagship dari Mediatek.

Sehingga sudah jelas memiliki performa yang kencang. Bahkan dikatakan pada sektor performa chipset ini lebih baik dari Snapdragon 8 Gen 1. Walaupun bisa jadi, snapdragon 8 gen 1 menang pada beberapa sector lainnya.

Dengan hadirnya prosesor ini, maka bisa dibilang akan memberikan pilihan lebih bagi konsumen dalam menentukan produk yang akan digunakan. Ini merupakan hal baik, terutama bagi penikmat teknologi. Dengan hadirnya persaingan seperti ini, maka inovasi pun akan semakin baik.

Beberapa brand smartphone juga sudah menggunakan prosesor ini, diantaranya adalah Oppo Find X5 Pro, kemudian terdapat Redmi K50. Beberapa brand lain juga dikabarkan akan menggunakan prosesor ini, seperti Honor dan Vivo.

Apple Bionic

Sesuai namanya, chipset ini merupakan besutan dari Apple. Sehingga chipset ini pun ekslusif hanya digunakan di produk-produk Apple juga, salah satunya tentu saja iPhone. Nah, untuk chipset terbaik untuk gaming dari Apple Bionic adalah Apple Bionic A15.

Dimana chipset ini digunakan di iPhone 13 series, yang terdiri dari iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Selain itu, iPad Gen 6 juga menggunakan chipset Apple Bionic A15 ini. Menurut klaim Apple, chipset ini 30 % – 40 % lebih baik jika dibandingkan competitor pada masa itu.

Exynos

Jika tadi berbicara mengenai chipset yang khusus untuk produk-produk Apple, nah sekarang kita akan membahas chipset besutan Samsung. Oh ya, walaupun chipset ini buatan Samsung, bukan berarti chipset ini ekslusif untuk Samsung saja.

Ada beberapa brand smartphone lain yang pernah menggunakan chipset Exynos untuk device-devicenya, salah satunya adalah Meizu. Yah, walau tidak banyak brand smartphone lain yang menggunakan Exynos tentunya, dan tentu saja kebanyakan chipset ini dikhususkan untuk Samsung itu sendiri.

Untuk Exynos sendiri, chipset yang terbaik untuk gaming adalah Exynos 2200. Chipset terbaru dari Samsung tersebut digunakan di Samsung Galaxy S22 Series. Namun sayangnya, Samsung S22 Series di Indonesia menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1, bukan Exynos 2200.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu Exynos 2100. Exynos 2200 ini menawarkan kinerja puncak yang meningkat 31-34 persen. Sementara kinerja berkelanjutan bakal naik 17-20 persen dibandingkan chipset generasi sebelumnya.

Mana yang Terbaik untuk Gaming?

Jika dicari mana yang terbaik, mungkin agak susah. Dikarenakan tiap chipset pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga, kalau kawan-kawan mencari yang terbaik, silahkan cari yang sesuai kebutuhan.

Dikarenakan jika chipset-chipset diatas dibandingkan satu sama lain, ya bisa dibilang tetep ngebut kok semuanya. Alasannya? Ya karena memang semua daftar diatas adalah chipset-chipset flagship dari berbagai brand.

Sehingga, tidak usah mengkhawatirkan performa yang ditawarkan. Mungkin, yang perlu dikhawatirkan adalah aspek lain. Seperti misalnya panas atau tidak, lalu chipset tersebut boros daya atau tidak, stabil atau tidak jika digunakan untuk gaming.

Jika sudah melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing chipset, barulah kawan-kawan bisa menentukan mana chipset yang terbaik versi kawan-kawan sendiri. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar