Cara Mudah Menghilangkan Tanda Headset di Hp Xiaomi Tanpa Service

Tips cara menghilangkan tanda headset di HP Xiaomi akan kami jelaskan untuk Anda yang kebingungan dengan logo earphone atau headshet yang tidak bisa hilang. Untuk mengetahui selengkapnya bisa simak di bawah ini.

Xiaomi memang menjadi merk HP terkenal dan menawarkan spesifikasi yang bagus dengan harga terjangkau. Jadi, tidak heran bahwa ponsel ini laris manis di pasaran karena dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Suara Kamera Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Lainnya

Namun, tetap ada banyak pengguna yang mengeluhkan berbagai masalah yang muncul pada HP Xiaomi. Salah satu yang sering terjadi adalah mode headset yang terus aktif meskipun sudah tidak terhubung ke headset maupun earphone.

Terkadang ini cukup mengganggu pengguna sehingga perlu dihilangkan. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan cara menghilangkan gambar headset di HP Xiaomi dengan sangat mudah. Supaya tidak bingung, Anda bisa simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Tanda Headset HP Xiaomi Tidak Hilang

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa  Redmi 5A mode headset tidak bisa hilang. Ini umumnya disebabkan karena beberapa hal berikut:

  • Port jack pada HP Xiaomi Anda terkena air atau terdapat debu yang membuat jack audio bermasalah dan menyebabkan gambar headset tidak hilang meskipun sudah tidak terpasang earphone atau headset lagi.
  • Selain itu, ini juga bisa saja diakibatkan Karena colokan jack audio pada pada headset tidak sesuai dengan port pada ponsel sehingga ketika dicopot masih ada logo headset.
  • Error seperti ini juga bisa jadi disebabkan karena ada kerusakan pada MIUI yang baru diperbarui ataupun downgrade.
  • Kerusakan pada IC jack audio ponsel Xiaomi Anda juga bisa menjadi penyebab kenapa tanda headset tidak kunjung hilang.
  • Adapun kerusakan lain baik software maupun hardware yang membuat logo headset tidak hilang.

Cara Menghilangkan Logo Headset di HP Xiaomi

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, sekarang kami akan memberikan sejumlah metode yang bisa Anda coba untuk menghilangkan gambar headset pada HP Xiaomi. Silahkan simak dan ikuti tutorial berikut dengan baik:

1. Pasang dan Cabut Kembali Headset

Karena dicabut dengan keras mungkin akan menyebabkan kesalahan sehingga logo headset tidak hilang. Anda bisa coba mengatasi dengan memasang kembali headset atau earphone kemudian cabut supaya logo tersebut bisa hilang.

Tetapi sebelum dicabut, sebaiknya biarkan terlebih dahulu sekitar 5 sampai 10 detik baru Anda bisa mencabutnya.Jika sudah, sekarang cek apakah logo headset di HP Xiaomi Anda sudah hilang atau belum.

2. Lakukan Restart HP

Selanjutnya, Anda bisa coba merestart ponsel Xiaomi Anda supaya semua program atau software bisa termuat ulang. Dengan begitu, eror atau kesalahan yang sebelumnya terjadi akan teratasi dengan sendirinya.

Untuk restart pada HP Xiaomi juga sagatlah mudah dan mungkin Anda sudah pernah melakukannya. Tetapi jika masih bingung, silahkan simak dan ikuti langkah-langkah restart HP Xiaomi berikut ini:

1. Tekan tombol power dan tahan selama beberapa saat

menghilangkan tanda headset

2. Nantinya akan muncul pop up dan pilihan untuk restart atau mematikan HP, tekan pada tombol Muat Ulang

3. Ponsel akan melakukan proses restart selama beberapa detik

menghilangkan tanda headset

4. Anda cukup tunggu saja hingga prosesnya selesai

5. Jika HP sudah kembali menyala maka seharusnya logo headset sudah hilang

restart

6. Selesai

3. Atur Headset HP

Selanjutnya, Anda juga bisa mengatasi logo headset tidak hilang di HP Xiaomi dengan melakukan sejumlah pengaturan pada HP. Silahkan simak tutorial yang kami berikan di bawah ini:

1. Pertama, Anda bisa buka menu Pengaturan atau Setting di ponel Xiaomi

2. Kemudian tekan pada pilihan Sound and Vibration

setting menu

3. Tap Audio Settings

4. Sekarang pilih tipe headset sesuai yang digunakan

5. Sambungkan headset ke HP dan lepaskan kembali

6. Jika Anda cek pada layar bagian atas maka tanda headset tdak muncul lagi

7. Selesai

4. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Jika sudah mengikuti ketiga cara di atas tetapi masih belum ada hasil, maka jangan khawatir karena ada aplikasi yang bisa membantu Anda. Aplikasi ini bernama Earphone mode off yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Untuk penggunaannya bisa cek berikut ini:

  1. Pastikan Anda memiliki aplikasi Earphone mode off, jika belum maka unduh terlebih dahulu
  2. Setelah terinstall, sekarang buka aplikasinya
  3. Kemudian colokan headset atau earphone ke HP Xiaomi Anda
  4. Tekan tombol Go pada aplikasi
  5. Aplikasi tersebut akan bekerja dan membuat logo headset menjadi hilang setelah mencabutnya
  6. Selesai

5. Bersihkan Port Audio

Cara menghilangkan mode headset yang akan kami berikan ini jika masalah utamanya adalah port jack audio yang kotor. Jika demikian, Anda perlu membersihkannya menggunakan cutton bud bersih yang sudah diolesi dengan minyak kayu putih.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Layar Split Xiaomi

Silahkan bersihka bagian jack secara hati-hati supaya tidak ada kerusakan lebih lanjut yang dikarenakan pembersihan yang salah. Jika sudah dirasa bersih, Anda colokan headset ke ponsel kemudian cabut lagi.

6. Menggunakan Aplikasi Lesser Audio Switch

Logo headset yang tidak mau hilang dari HP Xiaomi juga bisa diatasi dengan menggunakan bantuan aplikasi bernama Lesser Audio Switch. Bagi Anda yang belum tahu, ini adalah aplikasi yang digunakan untuk mengalihkan penggunaan speaker pada headset ke speaker yang ada di ponsel. Berikut tutorial lengkapnya:

  1. Pertama-tama tentu saja Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Lesser Audio Switch
  2. Install aplikasi tersebut
  3. Kemudian buka dan tekan opsi understood pada halaman awal aplikasi
  4. Tekan pada ikon Speakers
  5. Seharusnya sekarang logo headset di HP Xiaomi Anda sudah hilang

7. Lakukan Reset pada HP

Ini bisa menjadi opsi berikutnya untuk menghilangkan logo headset di HP Android. Namun, metode ini akan membuat semua file yang sudah disimpan di memori internal akan diriset atau hilang.

Jadi, Anda pikirikan dulu matang-matang apakah perlu melakukan factory reset pada smartphone atau tidak. Jika sudah yakin, maka Anda bisa langsung reset ke setelan pabrik yang tersedia di menu Pengaturan.

8. Perbaiki ke Tukang Servis

Cara menghilangkan tanda headset di HP Xiaomi ini bisa dibilang menjadi solusi terakhir ketika logo headset di HP Xiamo Anda tidak hilang padahal telah melakukan cara yang sudah kami berikan di atas. Mungkin saja ada kerusakan yang serius pada bagian port Audio ataupun software sehingga perlu dilakukan perbaikan lebih lanjut.

Anda bisa membawanya ke Servis Center Xiaomi ataupun konter HP yang sudah terpercaya. Jika Anda bertanya berapa biaya perbaikannya, ini akan bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan dan lain sebagainya.

Ini juga bisa langsung Anda lakukan ketika tidak ingin ribet mencoba beberapa cara yang sudah kami berikan sebelumnya. Cukup bawa ke ahlinya dan tunggu hingga perbaikan selesai.

Akhir Kata

Nah, itu dia ulasan yang bisa kami sampaikan tentang cara menghilangkan tanda headset di HP Xiaomi. Meski tidak berdampak terlalu serius, tetapi dalam beberapa hal akan sangat mengganggu sehingga perlu diatasi.

Jika Anda menemukan suatu eror lain pada smartphone Anda, maka bisa cari solusinya hanya di situs ini dengan penjelasan yang lengkap. Terima kasih.

Bagikan:

Tinggalkan komentar