Cara Menghapus Toko di Tokopedia Sementara dan Permanen 2022

Hai Kawangadget – Bagaimana sih cara menghapus toko di tokopedia? Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Dimana tokopedia menjadi salah satu pilihan masyarakat indonesia ketika ingin membeli atau menjual barang secara online.

Nah, bagi kamu yang memiliki akun tokopedia baik yang digunakan untuk belanja saja ataupun kamu gunakan sebagai toko untuk jualan. Lalu, kamu ingin menutup atau menghapus toko kamu di tokopedia, maka kamu bisa melakukannya.

Sayangnya, menu penghapusan toko di tokopedia hanya tersedia untuk sementara saja. Sedangkan untuk penghapusan toko secara permanen membutuhkan cara-cara tertentu. Namun, jangan khawatir, akan kami bahas secara mendalam kok.

Sebelum membahas mengenai cara penghapusan toko di tokopedia, kita bahas sedikit mengenai beberapa alasan yang memungkinkan kenapa ingin menghapus toko di tokopedia. Apalagi jika ingin menghapus toko secara permanen, maka lebih baik pikirkan baik-baik.

Alasan Menghapus Toko di Tokopedia

Perlu digaris bawahi, bahwasanya disini menghapus toko di tokopedia, bukan menghapus akun yang biasa. Dimana memang di tokopedia kamu bisa memilih untuk menggunakan akun sebagai akun pembeli saja atau bisa kamu gunakan untuk membuka toko atau jadi penjual.

Nah, disini kita bahas mengenai alasan menghapus toko, bukan akun yang biasa digunakan sebagai pembeli saja. Lalu, apa sajakah alasan menghapus toko di tokopedia?

  1. Aplikasi yang Berukuran Besar

Aplikasi tokopedia yang berukuran besar dan menghabiskan penyimpanan membuat kamu ingin menghapus toko kamu. Bisa saja sih, akan tetapi lebih baik kamu cukup meng-uninstall aplikasinya saja daripada harus menghapus toko kamu.

  1. Toko Kamu memang Sudah Tidak Beroperasi Lagi

Ini adalah alasan yang cukup kuat yang bisa kamu gunakan jika ingin menghapus toko di tokopedia. Mungkin saja toko fisik atau offline kamu memang sudah tidak beroperasi lagi, sehingga kamu ingin menutup toko di tokopedia juga.

  1. Ingin Pindah Platform Lain

Jika kamu merasa sudah tidak nyaman untuk berjualan di tokopedia, dan ingin pindah platform untuk berjualan online, maka kamu bisa menghapus toko kamu di tokopedia.

Itulah beberapa alasan yang mungkin saja menjadi background kuat jika ingin menghapus toko kamu di tokopedia. Mungkin ada beberapa alasan lain, namun silahkan pastikan jikalau alasanmu memang cukup kuat untuk membuatmu ingin menghapus toko kamu.

Kemudian, bagaimana cara menghapus toko di tokopedia?

Cara Menghapus Toko di Tokopedia

Cara pertama ini merupakan cara menutup sementara toko di tokopedia kamu. Bukan menutup secara permanen ya. Nah, cara ini akan kami bagi menjadi 2, yang pertama bisa kamu lakukan melalui browser di laptop ataupun hp. Yang kedua bisa kamu lakukan melalui aplikasi.

Cara Menutup Toko di Tokopedia Sementara melalui Browser

Browser disini saya maksudkan melalui browser di desktop ya. Sebenarnya bisa juga kamu lakukan melalui browser di smartphone, namun jika ingin benar-benar sesuai dengan tutorial ini, maka silahkan akses melalui browser di desktop.

  1. Silahkan akses tokopedia seller melalui browser laptop, atau kamu bisa langsung akses dengan klik disini.
  2. Kemudian lihat bagian kiri, kemudian scroll kebawah. Lalu, masuk ke Pengaturan Toko.
  3. Setelah itu, silahkan klik Jadwal Operasional Toko.
  4. Selanjutnya, kawan-kawan pilih Atur Tanggal Toko Libur. Silahkan isikan Mulai libur kemudian Selesai libur.
  5. Jika sudah, klik Simpan.
  6. Done

Nah, kamu sudah berhasil menutup toko di tokopedia kamu sementara. Kamu bisa menentukan kapan bisa buka toko kembali.

Cara Menutup Toko di Tokopedia melalui Aplikasi

Cara ini bisa kamu lakukan melalui smartphone, lebih tepatnya kita akan menggunakan aplikasi. Jika kamu sering mengakses tokopedia melalui aplikasi, maka lebih baik kamu memanfaatkan cara menutup toko di tokopedia sementara melalui cara ini.

Bagaimana langkah-langkah yang diperlukan?

  1. Langsung saja masuk ke aplikasi tokopedia, kemudian klik garis tiga yang berada di kanan atas.
  2. Lalu, silahkan kawan-kawan klik nama toko, scroll kebawah kemudian pilih dan klik pengaturan toko.

    Sumber gambar : tokopedia.com
  3. Kemudian pada halaman ini, silahkan kawan-kawan klik Atur Jadwal Operasional Toko.
  4. Selanjutnya kawan-kawan klik atur tanggal toko libur.
  5. Nah, kamu hanya perlu mengatur tanggal mulai libur hingga tanggal selesai libur. Jika sudah, langsung saja klik simpan.
  6. Done

Nah, dengan cara tersebut kamu bisa mengatur jadwal operasional toko. Seperti mengatur waktu libur atau menutup toko di tokopedia secara sementara. Kemudian, bagaimana cara menutup atau menghapus toko di tokopedia secara permanen?

Langsung kita bahas langkah untuk menghapus toko di tokopedia.

Cara Menghapus Toko di Tokopedia secara Permanen

Sekali lagi, cara-cara diatas merupakan cara untuk menghapus toko secara sementara saja, bukan permanen. Memang, menghapus toko di tokopedia secara permanen tidak bisa dilakukan secara langsung, karena tidak tersedia opsi atau pilihan tersebut di tokopedia.

Mungkin saja, alasannya adalah untuk menghindari penipuan. Sehingga untuk menghapus toko di tokopedia membutuhkan effort lebih daripada menghapus atau menutup toko di tokopedia secara sementara.

Nah, untuk menghapus toko di tokopedia secara permanen kamu harus menghubungi customer service. Selanjutnya silahkan sampaikan maksud dan tujuan kamu untuk menghapus toko di tokopedia.

Jangan lupa sampaikan alasan kuat kenapa kamu ingin menghapus toko di akun tokopedia kamu. Salah satu alasan yang cukup kuat seperti misalnya toko kamu sudah benar-benar tutup atau tidak beroperasi lagi.

Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu persetujuan dari pihak tokopedia. Apakah akan di-accept dari pihak tokopedia atau tidak. Jika memang sudah di-accept, maka silahkan ikuti instruksi atau ketentuan selanjutnya setelah penghapusan disetujui.

Bagikan:

Tinggalkan komentar