Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Android dan Laptop

Hai KawanGadget – Pertama-tama sebelum masuk ke cara menggunakan aplikasi zoom, kami dari Kawan Gadget turut prihatin atas musibah pandemi COVID-19 yang terjadi secara global, menimpa seluruh manusia hampir di seluruh negara. Semoga cepat diangkat, Amin YRA.

Baiklah, kembali lagi ke artikel kita hari ini yakni mengenai sebuah aplikasi yang beberapa hari ini saya gunakan untuk kuliah, maupun meeting. Kita tahu sendiri bahwa pemerintah telah menginstruksikan untuk melakukan social distancing dan juga banyak sekali kampanye-kampanye dengan tagar #DiRumahAja.

Sebenarnya aplikasi Zoom ini sendiri sudah sejak tahun 2011 lalu lho kawan beroperasi. Namun di tengah pandemi ini, aplikasi dengan nama lengkap ZOOM Cloud Meetings ini melejit jauh dari segi penggunanya.

Kali ini kita akan membahas tuntas tentang cara penggunaan aplikasi Zoom ini khususnya di Android. Di iOS tentunya sama kok, tenang saja.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom (Mobile)

Pertama pastinya di smartphone Android kamu harus sudah terinstall aplikasi ini dong. Untuk mendapatkan versi terbaru kamu dapat mengunduhnya melalui Google Play Store. Aplikasi ini terus dilakukan pembaruan semenjak peningkatan penggunanya.

Pada saat pertama kali membuka aplikasi tersebut, maka kamu akan menjumpai tampilan seperti ini:

Tampilan Awal Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Disana, ada beberapa pilihan yang dapat kamu pilih. Pertama, Join a Meeting. Kalau kamu klik menu itu, maka kamu akan langsung masuk ke halaman meeting identity. Jika kamu ingin bergabung ke sebuah rapat, atau kelas daring, kamu bisa memasukkan Meeting ID yang tersedia di kolom paling atas.

Join Meeting Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Jangan lupa utuk memasukkan nama kamu agar kamu dikenali di rapat tersebut. Dan di bawahnya lagi terdapat pilihan Don’t Connect To Audio. Jika kamu mengaktifkan ini, maka dalam rapat online tersebut audio dari smartphone kamu tidak akan masuk, dengan kata lain kamu akan menjadi pendengar saja. Pilihan kedua, Turn Off My Video, artinya muka kamu tidak akan tampil dalam meeting tersebut.

Baca juga cuy: Cara Save Story WA (WhatsApp) Orang di Android

Kamu dapat menggunakan aplikasi Zoom ini sesuai dengan kebutuhanmu.

Dan sudah, kamu sudah berhasil bergabung ke rapat online di aplikasi Zoom tersebut.

Mudah bukan cara menggunakan aplikasi Zoom?

Namun tidak sampai disini saja, kita lanjut.

Cara Membuat Meeting Room di Aplikasi Zoom (Mobile)

Nah, kalau diatas kamu menjadi peserta rapat saja, disini kamu dapat membuat ruangan rapatmu sendiri. Yang pasti kamu harus melakukan Sign-Up terlebih dahulu.

Setelah itu kamu baru dapat membuat meeting room sendiri.

Saya skip ya, cara mendaftarnya, pasti sudah pada bisa kok, heuheu.

Selanjutnya, jika kamu ingin mengundang mungkin mahasiswamu, siswamu, rekan bisnismu, atau apapun itu kamu dapat membagikan Personal Meeting ID kamu melalui cara berikut.

Oh iya, pastikan sudah melalukan sign-up ya.

Bikin Ruangan Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Buka aplikasi Zoom di smartphone kamu, dan sekarang akan ada banyak menu lagi yang tampil.

  1. New Meeting, disini kamu dapat memulai meeting baru. Kamu dapat menggunakan Personal Meeting ID kamu, atau membuat lagi yang baru.
  2. Join, seperti langkah di atas yang sudah saya tulis, di sini kamu dapat memasukkan meeting ID kelompokmu, dan kamu dapat melakukan meeting
  3. Schedule, kamu dapat menjadwalkan sebuah rapat atau kelas disini, kamu dapat melakukan kapan rapatmu akan dimulai, tanggal berapa, jam berapa, dan lain-lain.
  4. Share Screen, kamu dapat membagikan layar kamu, ke kawan/rekan kamu secara real-time. Jadi apa yang kamu lihat di layar ponselmu, orang lain juga lihat. Cocok banget ini buat presentasi.

Selain itu, kamu juga dapat mendapatkan Personal Meeting ID kamu di tab Meeting yang dapat kamu jumpai di bawah layar. Kamu juga dapat menyimpan, atau mengundan orang-orang yang menggunakan aplikasi Zoom melalui kontak.

Dan tab terakhir adalah tab Settings, dimana kamu dapat menyesuaikan penggunaan aplikasi ini.

Updated!

Cara Menggunakan Zoom Meeting di Laptop

Cara menggunakannya kurang lebih sama dengan di aplikasi mobile, namun agar lebih mudah dan cepat kita bisa menggunakan Zoom Meeting ini lewat web: zoom.us

Ya, kawan-kawan bisa buka zoom.us di browser kamu. Kemudian kamu akan menjumpai tampilan seperti ini. Kali ini saya menggunakan browser Google Chrome ya.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Tampilan Situs Zoom.us
Tampilan Zoom Meeting di Web Browser

Nah, jika kamu ingin join meeting kamu bisa klik tombol navigasi yang telah saya lingkari diatas.

kemudian, kamu akan dialihkan ke halaman untuk memasukkan ID.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Tampilan Join Meeting Zoom
Halaman untuk memasukkan ID Meeting

Setelah itu kamu akan dilempar ke halaman pengunduhan software. Ya… jadi kamu harus melakukan instalasi software layaknya Zoom Meeting di ponsel.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Halaman Redirect
Halaman Pengunduhan
Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Proses Download

Setelah pengunduhan dan instalasi selesai, kamu dapat memasukkan nama dan meeting password yang sudah dibagikan oleh orang yang membuat meeting room tersebut. Klik Join Meeting, tunggu sampai host mengonfirmasi permintaan kamu, dan kamu sudah siap untuk meeting melalui Zoom di laptop / komputer kamu.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Masukkan Password Zoom untuk Masuk
Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Bar Anggota Meeting

Sama seperti di mobile, malahan di laptop anda lebih leluasa untuk melakukan rapat melalui Zoom Meeting.

Lantas, diatas kan cara gabung meeting di Zoom-nya. Bagaimana cara membuat meeting di Zoom? Begini.

Cara Membuat Meeting di Zoom (Dekstop)

Pertama yang pasti di laptop atau komputer kamu harus terinstall software ini terlebih dahulu. Kamu bisa download di tautan ini (untuk Windows dan Mac).

Jika sudah, kamu dapat membuka Zoom Meeting-nya.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Halaman Sign
Tampilan Pertama Membuka Zoom Meeting

Lalu kamu dapat masuk menggunakan akun kamu, atau jika kamu belum memiliki akunnya, kamu dapat sign-up dengan cara memilih metode yang sudah disediakan, seperti pendaftaran manual atau melalui Facebook, atau Google.

Jika sudah berhasil masuk, maka kamu akan menjumpai tampilan begini. Dan untuk cara membuat meeting di Zoom-nya adalah dengan cara mengeklik New Meeting.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Tampilan Dekstop

Kemudian akan muncul pilihan room meeting-nya.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Pengaturan Personal Meeting ID Setting Home

Untuk mengatur lebih lanjut, kamu dapat mengeklik tab Meeting… untuk melakukan penyesuaian.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Pengaturan Personal Meeting ID Setting

Kamu dapat melakukan pengaturan seperti pengaturan password, dan pengaturan lanjutan lainnya.

Aplikasi ini gratis? Totally no. Tetapi dengan menggunakan aplikasi Zoom versi gratis sudah oke lho. Kalau saya baca-baca sih maksimal 40 menit meetingnya kalau yang gratis heuheu. Dan saya pikir sudah cukup waktu segitu untuk rapat ataupun kelas.

Jika kawan-kawan mungkin pelaku usaha, kantor gitu ya.. ada paket khusus yang disediakan oleh pihak Zoom ini sendiri. Termasuk instansi pendidikan. Selengkapnya kamu dapat mengakses laman resminya di zoom.us

Bagaimana kawan, mudah bukan cara menggunakan aplikasi Zoom di Android / iOS… jika ada yang belum jelas kamu dapat bertanya di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan diri kamu, dan juga jangan lupa untuk mengingatkan orang-orang di sekitar kita. Semoga lekas pulih, amin.

Jangan lupa share, see ya.

Bagikan:

Halo! Saya Dedi Styawan. Saya tech-content creator dan juga seorang penikmat teknologi. Saya sangat antusias dengan teknologi terutama gadget!

3 pemikiran pada “Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Android dan Laptop”

Tinggalkan komentar