Cara Mengatasi Kode MMI Smartfren tidak Valid Terbaru

Sebagai pengguna provider Smartfren tentunya Anda sering mengecek kuota, pulsa, atau bahkan membeli paket internet melalui kode dial misalnya *123#, dan sebagainya. Lalu bagaimana cara mengatasi kode MMI Smartfren tidak valid terbaru?

Meskipun terdapat aplikasi MySmartfren yang bisa digunakan untuk pengecekan pulsa dan kuota, tetapi masih banyak yang lebih memilih memakai metode kode dial karena sangat simpel tanpa perlu aplikasi tambahan.

Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid Smartfren biasanya dsebabkan karena beberapa masalah, seperti sinyal lemah, gangguan jaringan, kesalahan system, masih dalam mode 4G LTE Only, ataupun kesalahan pada pengaturan HP Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Membuka File Scribd Gratis Tanpa Jadi Premium

Masalah ini akan sangat menghambat ketika akan mengecek pulsa, kuota, atau membeli paket internet. Kami akan memberikan sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kode MMI tidak valid Smartfren,

Daftar Cara Mengatasi Eror Kode MMI Smartfren

Daftar Cara Mengatasi Eror Kode MMI Smartfren
foto: websiteteknologi.com

Anda bisa coba satu per satu tips yang akan kami berikan berikut ini supaya kode MMI tidak eror dan Anda bisa melakukan dial dengan normal. Di bawah ini tips yang sudah kami rangkum:

1. Pastikan Kode USSD Benar

Karena terburu-buru biasanya kita salah memasukan kode dial, misalnya mengetik angka yang salah. Ni akan membuat Anda tidak bisa terhubung ke  menu yang dimaksud.

Sebelum menekan tombol panggil, sebaiknya Anda cek ulang apakah kode USSD sudah benar atau belum. Jika ada yang type maka hapus dan masukan angka yang benar.

2. Aktifkan dan Matikan Mode Pesawat

Kode MMI yang eror mungkin saja disebabkan karena ada masalah jaringan, Anda bisa aktifkan mode pesawat kemudian matikan kembali. Ini akan membuat koneksi di ponsel Anda restart dan bisa bekerja dengan normal.

Baca Juga: Cara Mudah Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir Selamanya {Teruji}

Cara mengaktifkan mode pesawat juga sangat mudah, Anda bisa buka menu bar dengan cara mengusap dari layar atas ke bawah. Atau, Anda juga bisa menemukan fitur ini di menu Pengaturan.

3. Hapus Data Telepon

Selanjutnya, Anda bisa coba menghapus data pada aplikasi Telepon. Cara ini mungkin akan berhasil jika titik masalahnya ada di aplikasi Telepon ponsel Anda. Langkah-langkahnya akan kami jelaskan sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih opsi Aplikasi
  • Gulir ke bawah dan tap pada aplikasi Telepon
  • Tekan Hapus data
  • Selesai, sekarang Anda bica coba panggil kode USSD yang diinginkan.

4. Restart Ponsel

Dengan melakukan restart memang menjadi cara yang umum dan ampuh mengatasi berbagai masalah pada smartphone. Jika muncul eror kode MMI, maka Anda bisa restart dengan menekan tombol power kemudian tap restart atau  muat ulang.

Metode ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca. Jadi, memang dengan merestart ponsel akan membuat semua program yang berjalan akan dimuat ulang sehingga eror-eror yang terjadi sebelumnya akan hilang.

5. Ubah Jaringan Menjadi 3G

Dalam beberapa smartphone biasanya tidak bisa melakukan kode dial ketika berada di jaringan 4G LTE Only. Oleh karena itu, Anda perlu mengubahnya terlebih dahulu menjadi 3G supaya bisa melakukan dial di aplikasi Telepon.

Untuk mengubahnya bisa dilakukan dengan memasukan kode USSD *#*#4636#*#* kemudian pilihan WCDMA atau 3G. Atau untuk pengguna HP OPPO dan Vivo bisa menggunakan kode *#*#4838#*#* kemudian tekan panggil.

Cara kedua untuk mengubah jaringan adalah lewat menu Pengaturan, ikuti tutorial berikut ini supaya tidak bingung:

  • Pertama, silahkan buka menu Pengaturan
  • Tekan opsi Kartu SIM
  • Pilih antara SIM 1 atau SIM 2
  • Kemudian tap pada type jaringan, pilih saja 3G atau WCDMA
  • Selesai

6. Memasukan Tanda Tertentu

Jika eror kode MMI masih saja muncul, cobalah untuk menambahkan tanda (+) setelah tanda (*) pada kode USSD yang akan dipanggil. Bisa juga memasukan tanda (,) di akhir kode, misalnya adalah *123#,.

Bagi Anda yang belum tahu, untuk memasukan kode (+) maka tekan tombol 0 pada keyboard ponsel Anda selama beberapa saat. Setelah itu, Anda bisa tekan panggil atau tombol dengan ikon telepon warna hijau.

7. Nonaktifkan Kartu SIM Sementara

Anda juga bisa menonaktifkan kartu SIM selama beberapa detik sebelum diaktifkan kembali. Cara ini akan membuat jaringan bisa dimuat ulang dan eror mungkin akan teratasi.

Cara ini terbilang sangat sederhana dan ampuh, Anda cukup masuk ke menu Setting dan pilih Kartu SIM. Lalu, nonaktifkan SIM yang memang sedang eror selama beberapa detik dan aktikan kembali.

Jika sudah, Anda bisa coba cek bari sinyal di bagian atas hingga muncul kembali kemudian coba panggil kembali kode USSD. Jika berhasil, maka Anda bica mencoba cara yang sama ketika terjadi masalah pada kode MMI.

8. Lakukan Restart ke Safe Mode

Pada setiap smartphone biasa sudah dilengkapi dengan Safe Mode yang akan menghilangkan sementara aplikasi yang sudah Anda install sebelumnya. Mengatasi kode MMI Smartfren biasa Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Pertama, tekan dan tahan tombol power HP Anda
  • Pilih Power Off
  • Tunggu saja hingga muncul notifikasi konfirmasi Safe Mode, pilih saja OK
  • Jika HP sudah menyala kembali, sekarang coba panggil kode USSD Smartfren di aplikasi Telepon
  • Jika Anda sudah berhasil mengecek pulsa, kuota, atau membeli paket internet sesuai keinginan maka sekarang bisa kembali ke mode normal dengan cara mematikan HP dan hidukan kembali

9. Tunggu Jaringan Stabil

Jika semua cara di atas sudah Anda coba dan masih tidak ada hasil, bisa jadi masalah terletak pada jaringan dari provider Smartfren. Mungkin saja sedang terjadi perbaikan sehingga membuat jaringan eror secara masal.

Biasanya ini akan normal dengan sendirinya, Anda bisa cek secara berkala apakah jaringan sudah kembali seperti semula atau belum. Pasalnya, masalah ini tidak bisa Anda atasi sendiri karena berasal dari pusat.

Gangguan jaringan umumnya terjadi ketika sedang dalam cuaca yang tidak bagus, misalnya hijan lebat, atau badai. Mati listrik juga bisa menyebabkan sinyal hilang sehingga Anda tidak bisa melakukan panggilan apapun.

10. Hubungi Call Center

Kode MMI eror tetap muncul? Anda bisa langsung menghubungi call center Smartfren untuk meminta solusi tidak bisa memanggil kode USSD. Ada beberapa akses untuk menghubungi layanan customer care Smartfren, yaitu nomor telepon 021-50100000, sosial media Facebook smartfren, serta Twitter @smartfrencare.

Nantinya Anda akan mendapatkan arahan agar masalah kode MMI bisa teratasi. Namun, sebelumnya Anda juga harus menjelaskan terlebih dahulu masalahnya sedetail mungkin dan menjawab pertanyaan customer care dengan benar jika diperlukan.

Akhir Kata

Nah, mungkin itu saja ulasan bagaimana cara kode MMI Smartfren supaya tidak eror yang bisa dicoba. Selain Smartfren, beberapa metode di atas khususnya daftar nomor 1 sampai 9 juga bisa dicoba pada provider lain untuk mengatasi masalah tersebut.

Apabila Anda mendapati eror lain pada smartphone, maka bisa telusuri situs ini untuk menemukan solusinya. Tidak hanya itu, kami juga memiliki banyak rekomendasi gadget untuk Anda ingin membeli smartphone baru.

Bagikan:

Tinggalkan komentar