10+ Cara Menagih Hutang Lewat WA Auto Dibayar

Ada teman atau kenalan yang meminjam uang, tapi masih belum dibayar-bayar juga? Tentu saja situasi seperti ini bisa bikin kamu jadi jengkel dan kesal. Akan tetapi, kamu juga tetap perlu menagih hutang dengan baik dan sopan, misalnya lewat Whatsapp (WA). Dan di sini, kamu bisa temukan panduan cara menagih hutang lewat WA yang sopan dan anti ngegas.

Mengapa perlu melakukan cara menagih hutang yang baik lewat chat dengan sopan? Soalnya, pasti orang yang berhutang juga sadar kalau dia punya tanggungan ke kamu. Kalau kamu menggunakan cara menagih hutang lewat WA yang ngegas dan kasar, ada kemungkinan si peminjam uang juga akan bereaksi sama. Kalau begini, situasinya jadi memanas, kan?

Cara Menagih Hutang Lewat WA yang Efektif

Kalau kamu bingung seperti apa cara menagih hutang lewat WA yang baik dan sopan, kamu bisa ikuti panduannya berikut ini. Selamat membaca!

1. Cek status si peminjam di Whatsapp dulu

cara menagih hutang lewat wa

Cara menagih hutang lewat WA pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan dulu apakah si peminjam online di Whatsapp atau tidak. Meskipun last seen dimatikan, status “Online” tetap akan muncul ketika dia sedang membuka Whatsapp, kok.

Kalau ternyata dia offline, kamu bisa tunggu dulu sampai dia online. Alternatifnya, kamu bisa mulai cara menagih hutang lewat WA dengan me-reply Whatsapp Story-nya. Meski begitu, kamu juga bisa langsung chat saja — misal chat “Assalamualaikum” atau “Halo [nama peminjam]” — lalu tunggu balasan dari dia.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Bikin Fake Chat Whatsapp Cocok Untuk Kamu Ingin Manasin Mantan

2. Basa-basi tanyakan kabar.

cara menagih hutang lewat wa

Setelah chat-mu dibalas oleh si peminjam, lanjutkan dulu obrolan yang enteng. Misalnya dengan menanyakan kabarnya, maupun membahas kesibukan sehari-hari atau urusan pekerjaan. Hal penting dalam cara menagih hutang lewat WA yang satu ini adalah tidak langsung tiba-tiba “nembak” tanya soal hutang.

Contoh percakapan menagih hutang dengan basa-basi misalnya, “Eh masih kerja di kantor X? Gimana sekarang kondisinya di sana?” Atau kamu bisa bahas selera atau kesukaannya, seperti “Eh habis donlot film barunya One Piece nih soalnya nggak sempet nonton di bioskop pas rilis. Kemarin nonton nonton di bioskop nggak?”

3. Ceritakan dengan baik masalahmu terkait dengan uang.

cara menagih hutang lewat wa

Setelah obrolan mengalir dan terasa santai, kamu bisa coba cara menagih hutang lewat WA berikutnya: setir arah percakapan ke hal yang bersinggungan dengan uang. Paling gampangnya, kamu bisa bahas soal kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan yang mendesak.

Apalagi kalau kamu memang sebenarnya dalam kondisi butuh uang dan situasimu bisa teratasi ataupun terbantu jika si peminjam mencicil hutangnya. Syukur-syukur kalau dilunasi juga. Tapi di tahap cara menagih hutang lewat WA ini kamu belum perlu memberikan kesan mendesak. Cukup singgung dan ceritakan dulu kondisimu agar empati si peminjam terpancing.

4. Mulai tanyakan soal hutang yang masih belum dibayar.

cara menagih hutang lewat wa

Kalau kamu sudah menceritakan kondisimu dan mendapatkan reaksi yang cukup baik dari si peminjam, barulah kamu bisa mulai mencoba langkah cara menagih hutang lewat WA berikutnya: singgung soal uang yang dia pinjam.

Akan tetapi, selalu ingat untuk menerapkan cara menagih hutang yang baik lewat WA dengan sopan, ya! Cara menagih hutang lewat WA yang bisa kamu coba misalnya seperti ini: “Karena urgen banget dan aku nggak mungkin ambil kredit, kira-kira kapan ya kamu bisa lanjut bayar pinjamanmu? Soalnya biar bisa segera aku pakai untuk bayar xxxxxx. Thank you ya sebelumnya!”

5. Tawarkan opsi penambahan tenggang waktu pelunasan.

cara menagih hutang lewat wa

Salah satu penyebab mengapa ada peminjam yang susah bayar adalah karena dia tidak diminta untuk melunasi pada waktu yang spesifik. Karena itu, cara menagih hutang lewat WA berikutnya adalah menegaskan kapan hutang atau minimal cicilannya harus dibayar.

Kalaupun ternyata belum bisa dilunasi pada hari yang sama, kamu bisa beri toleransi sekitar 3-5 hari, sesuai situasi dan tingkat urgensi.

6. Tawarkan juga opsi cicilan yang lebih ringan.

Opsi yang satu ini paling direkomendasikan kalau si peminjam memang bisa kamu percaya dan terbukti sudah membayar cicilan beberapa kali untuk melunasi hutangnya di kamu. Mungkin saat ini dia juga sedang mengalami kesulitan jadi belum bisa bayar cicilan penuh seperti biasanya. Kalau begitu, kamu bisa coba cara menagih hutang lewat WA yang satu ini.

Kamu bisa tawarkan opsi cicilan yang lebih ringan. Sebagai contoh, sebelumnya jumlah cicilan yang dia bayar adalah Rp 500 ribu per bulan. Daripada hutangnya terus-terusan nunggak dan pelunasannya macet, kamu bisa tawarkan opsi cicilan jadi setengah atau sekian persennya dulu per bulan.

Misal jadi Rp 250 ribu atau Rp 350 ribu. Untuk cara menagih hutang lewat WA yang satu ini, kamu juga bisa diskusikan dengan si peminjam.

7. Minta bantuan orang terdekat si peminjam.

Apabila si peminjam mulai menunjukkan tanda-tanda susah bayar dan susah dihubungi meskipun kamu sudah mencoba cara menagih hutang lewat WA yang baik dan sopan, kamu bisa mulai libatkan pihak ketiga untuk membantumu. Salah satunya adalah orang terdekat seperti teman atau sahabat dekatnya.

Cara menagih hutang lewat WA seperti ini paling mudah dilakukan kalau kebetulan kamu dan si peminjam ada dalam satu lingkungan atau punya circle pergaulan yang lumayan dekat. Jadi, kamu tahu siapa orang dekat si peminjam yang bisa kamu mintai tolong.

Hanya saja, tetap coba sampaikan maksudmu kepada teman dekat si peminjam dengan cara yang sopan, ya. Hindari menggunakan kata-kata kasar yang malah bisa membuat si peminjam jadi semakin menghindarimu.

Baca Juga: Cara Mempercantik Video Call Whatsapp di Hp Oppo

8. Coba berdiskusi dengan keluarga peminjam.

Kalau cara menagih hutang lewat WA dengan bantuan orang terdekat masih tak kunjung membuahkan hasil, kamu bisa dekati circle yang lebih dekat dengan si peminjam, yaitu keluarganya. Dengan alternatif cara yang satu ini, kamu bisa telepon atau mendatangi rumah keluarganya secara langsung.

Solusi seperti ini paling cocok jika si peminjam semakin bandel dan semakin susah untuk melunasi hutangnya. Bahkan kalau dia benar-benar menunjukkan tanda bahwa dia malah tidak mau membayar hutangnya setelah kamu mencoba cara menagih hutang lewat WA yang halus dan sopan sekalipun.

Dan mirip seperti cara sebelumnya, kamu juga tetap harus menjaga ketenangan serta kesopananmu ketika bertamu ke rumah keluarga peminjam. Apabila pihak keluarga menunjukkan respon baik dan itikad untuk membantumu, kamu bisa terus berkomunikasi dengan pihak keluarga sebagai perantara antara kamu dengan si peminjam.

9. Bersikap lebih tegas.

Sebagai manusia, wajar jika kamu merasa bahwa kesabaranmu ada batasnya. Apalagi ketika kamu dihadapkan dengan peminjam yang sama sekali tidak punya niat baik untuk membayar hutangnya ke kamu, padahal kamu sudah melakukan berbagai cara yang sopan seperti cara menagih hutang lewat WA dengan baik-baik.

Ketika kamu merasa bahwa si peminjam sudah melanggar batas kesabaranmu terlepas dari cara menagih hutang lewat WA dengan sopan, tak ada salahnya apabila kamu bertindak lebih tegas. Misalnya dengan meminta pihak keluarga untuk memberikan barang berharga milik si peminjam sebagai jaminan.

Agar kondisi tidak semakin panas, kamu bisa buat surat pernyataan bahwa jaminan tersebut akan kamu jaga dalam kondisi baik dan langsung dikembalikan begitu hutang dilunasi.

10. Berikan apresiasi ketika cicilan dibayar sebelum deadline.

Bagaimana jika ternyata si peminjam akhirnya benar-benar menunjukkan niatannya untuk melunasi hutangnya ke kamu dengan membayar cicilan atau bahkan pelunasan sebelum deadline? Daripada hanya menanggapi dengan kalimat terima kasih yang singkat, kamu bisa tunjukkan satu bentuk apresiasi lebih. Apalagi jika si peminjam langsung bertindak begitu kamu mencoba cara menagih hutang lewat WA yang sopan.

Contoh paling mudah adalah dengan mendoakan si peminjam agar ia selalu sehat dan dilancarkan rezekinya. Karena ingat bahwa doa yang kamu berikan juga akan kembali ke dirimu sendiri. Terutama jika si peminjam memang sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda bandel atau ogah bayar.

Kesimpulan

Dengan menjaga ketenangan serta kesopananmu saat mencoba cara menagih hutang lewat Whatsapp, kemungkinan hutangmu dilunasi sebenarnya juga jauh lebih besar.

Di samping itu, cara menagih hutang lewat WA yang sopan juga bisa membantumu menghindari masalah di kemudian hari, misalnya dilaporkan atas perbuatan tidak menyenangkan oleh si peminjam.

Semoga informasi dan panduan cara menagih hutang lewat WA di atas bermanfaat buat kamu, ya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar