Cara Agar Status WhatsApp Tidak Pecah (Foto & Video) (Updated 2022)

Sebagai pengguna aplikasi perpesanan paling populer WhatsApp atau yang sering kita singkat WA di Android, saya sering mengeluh kenapa status WhatsApp pecah dan burik banget. Foto yang sudah saya edit lama, eh ketika diupload pecang dong. Kan tidak asik sekali.

Oleh karena itulah pembahasan ini hadir untuk membantu Anda yang mengalaminya. Pastikan simak secara lebih lengkapnya khusus sebagai bahan referensi tambahan. Simak selengkapnya khusus untuk Anda yang penasaran dan ingin memecahkan masalah ini.

Dari keluhan itu, saya coba cari di forum-forum luar, apakah ada ukuran pakemnya nggak sih biar status WhatsApp kita itu tidak terkompress ketika diupload. Setelah cari-cari, tidak ketemu wkwk.

Al hasil saya cari di tempat lain cara agar status WhatsApp tidak pecah, dan ketemu! It’s works.

Di sini, saya akan membagi menjadi dua sesi, yakni agar status WA kita tidak pecah foto dan video.

Cara Agar Status WhatsApp Tidak Pecah

Kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasinya. Terdapat beberapa metode yang bisa kita gunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun tanpa aplikasi.

Pasti Anda yang menyimak bahasan ini sampai sini sering mengalami hal ini bukan? Nah tenang saja, kali ini kami akan membantu Anda memecahkan masalah yang satu ini secara lengkap. Jadi cukup langsung ikuti panduan ini saja langsung untuk bisa mempertahankan kualitasnya.

Cara Agar Status WhatsApp Tidak Pecah (Cara Cepat)

Kemudian, saya menemukan cara lagi. Hahaha memang banyak cara yang ditempuh.

Caranya adalah dengan mengirim foto/video kita ke WhatsApp dulu. Biasanya saya bikin grup yang isinya hanya diri saya sendiri. Jadi bebas bisa kirim apa saja, contohnya biar status WA kita nggak pecah gitu.

Kirim saja foto/videonya di situ. Kemudian bagikan foto/video-nya ke status. Ingat, bagikan yajangan diteruskan.

Cara ini sering saya pakai karena lebih simple.

Terutama buat foto, ini jadinya gak perlu ribet-ribet. Heuheu.

Cara Agar Status WhatsApp Tidak Pecah (Foto)

Oke, pertama saya akan bahas terlebih dahulu agar foto di status WhatsApp kawan-kawan tidak pecah.

Begini caranya, cari aplikasi bernama Lit Photo di Google Play Store, dan install aplikasi tersebut. Jika kmau tidak mau repot-repot, kamu bisa klik tautan ini.

Aplikasi ini merupakan aplikasi pengolah gambar yang mempunyai tiga fitur utama, yakni mengompres foto, mengubah ukuran foto, dan crop foto.

Lit Photo ini aplikasi yang sangat ringan, hanya berukuran 3,6 MB saja. Di Google Play Store aplikasi ini telah diunduh lebih dari lima juta kali.

Seperti aplikasi pada umumnya, aplikasi ini gratis. Namun untuk versi gratisnya ada iklannya hehe. Kalau mau ilang iklannya yang bayar bund.

Oke langsung saja begini cara agar foto di status WhatsApp kamu tidak pecah menggunakan aplikasi Lit Photo.

Pertama, buka aplikasi tersebut dan akan muncul gambar dan foto yang ada di smartphone kamu. Setelah itu pilih opsi kompres foto.

Cara Agar Status WhatsApp Tidak Pecah - Menu

Kedua, kamu dapat mencari foto atau gambar yang mau kamu upload status WhatsApp kamu.

Ketiga, setelah foto ketemu klik centang yang ada di pojok kanan layarmu.

Cara Agar Status WhatsApp Tidak Pecah - Pilih Gambar

Keempat, kamu dapat klik tab SIZE pada Compression Options, dan ikuti langkah ini. Pastikan pada select size kamu mengisinya 149 KB. Jangan diatasnya ya. Karena ini yang akan bikin status WhatsApp tidak pecah.

Cara Agar Status WhatsApp Tidak Pecah - Compress Options

Selesai.

Baca juga Cara Mempercantik Video Call Whatsapp

Tapi eh tapi, jika file yang kamu kompres gede banget dan setelah dikompres hancur gambarnya wwkwk. Kamu dapat melakukan langkah alternatif ini. Jika tidak, tidak perlu.

Buka galeri smartphone kamu dan cari gambar yang akan kamu kompress. Screenshoot gambar itu, crop secukupnya, kemudian ikuti langkah diatas kembali. Ini alternatifnya. Dan works! Kamu bisa lihat perbedaan gambar yang sudah dikompres dan belum.

Baca juga tips WhatsApp lainnya:

Cara Agar Status WhatsApp Tidak Pecah (Video)

Beda lagi nih dengan file video. Enggak sama kawan-kawan aplikasi yang digunakan, jadi ikuti langkah ini ya.

Pertama, pergi ke Google Play Store dan cari aplikasi bernama Video Panda, atau kamu bisa klik tautan ini.

Apa fungsi aplikasi ini? Sama seperti Lit Photo di atas, fungsinya digunakan untuk kompres file kalian tapi tetap bening. Jadi jika diupload ke status WhatsApp mah aman moms.

Kedua, jika sudah terinstall aplikasinya, langsung saja buka dan cari video mana yang akan kamu upload di status atau mau kompres.

Ketiga, sudah ketemu kan videonya? Sekarang kamu dapat klik next yang ada di pojok bawah kanan layar kamu.

Keempat, kamu akan dibawa ke halaman pengaturan ukuran video kamu. Coba lihat ukuran video yang saya kompres dibawah ini, 132 MB. Sekarang saya akan mengompressnya menjadi ukuran 720P… Klik compress dan bum, ukurannya menjadi 4,5 MB dong. Sudah aman jika ingin kalian upload di status WhatsApp. Tidak petjah!

Oh ya, untuk ukuran biasanya saya menggunakan ukuran 720P atau 1080P. relatif aman kedua ukuran itu karena kebanyakan smartphone kan kedua resolusi tersebut kan.

Oke. Kedua cara agar status WhatsApp tidak pecah diatas sudah saya sampaikan semua. Tapi pasti yang ada di benak kawan-kawan kok ribet banget ya padahal cuma mau bikin status WhatsApp aja kok.

Ya, itu prefensi masing-masing. Kalau untuk saya, itu sangat penting mengingat ya saya seorang penyedia konten digital, foto dan video juga. Kalau pecah, orang-orang enggak bisa lihat dengan maksimal dong bund apa yang kita buat. Apalagi untuk keperluan promo, penting banget!

Setidaknya cara ini legal, enggak perlu pakai WhatsApp Modifikasi wkwkkw.

Cara Agar Kualitas Foto & Video di WhatsApp Tidak Pecah (memanfaatkan Instagram Story)

Setelah beberapa waktu menggunakan cara ini, terkadang cara ini tuh enggak works. Jadinya, saya mencari cara lan agar story di WhatsApp tidak pecah, dan bisa HD dengan memanfaatkan Instagram Story.

Yang saya lakukan adalah:

  1. Upload foto/video di Instagram story, kemudian simpan foto/video tersebut.
  2. Setelah itu, update foto/video di WhatsApp.

Beberapa kali saya mencoba, ternyata berhasil. Ini disebabkan foto/video kita sudah di compress oleh Instagram Story sehingga ukurannya kecil. Jadi nggak kena compress lagi di WhatsApp.

Cara Agar Status WhatsApp Tidak Pecah (Cara Alternatif)

Kemudian, saya menemukan cara lagi. Hahaha memang banyak cara yang ditempuh.

Caranya adalah dengan mengirim foto/video kita ke WhatsApp dulu. Biasanya saya bikin grup yang isinya hanya diri saya sendiri. Jadi bebas bisa kirim apa saja, contohnya biar status WA kita nggak pecah gitu.

Kirim saja foto/videonya di situ. Kemudian bagikan foto/video-nya ke status. Ingat, bagikan yajangan diteruskan.

Cara ini sering saya pakai karena lebih simple.

Terutama buat foto, ini jadinya gak perlu ribet-ribet. Heuheu.

Baca juga Cara Mudah Bikin Fake Chat Whatsapp

Story WhatsApp Tidak Pecah dengan Memanfaatkan WhatsApp (Video)

Ada cara lagi nih yang saya temukan, yakni dengan memanfaatkan aplikasi TikTok. Siapa sih sekarang yang nggak punya TikTok? Haha.. sekarang sudah banyak banget.

Caranya bisa dibilah gampang, dan sangat worth it. Karena hasilnya memang tidak pecah. Terutama video ya ini.

Langkah-langkahnya:

  1. Buat atau rekam video seperti biasanya.
  2. Kemudian kamu bisa mengunggahnya di TikTok. Eits, tunggu dulu. Kamu bisa pakai akun kedua TikTok kamu. Karena nantinya video kita akan terpublish. Nah, kalau kita save langsung sebenernya udah bisa sih video yang ingin kamu upload di story WA tidak pecah. Tapi akan muncul watermark TikTok-nya. Untuk mengatasi hal tersebut, simak tips berikutnya.
  3. Setelah terunggah, salin url video TikTok kamu dan buka situs snaptik.app lalu paste url video TikTok yang sudah kamu copy tadi.
  4. Tunggu beberapa saat, dan kamu dapat memilih server mana yang ingin kamu download
  5. Sudah deh, video tiktok kamu sudah berhasil terunduh tanpa adanya watermark.
  6. Jangan lupa untuk hapus atau sembunyikan video yang kamu unggah di TikTok yah.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (Alternatif Terakhir)

Untuk cara upload story WA HD, kamu dapat menggunakan metode dengan aplikasi pihak ketiga terdapat beberapa cara. Antara lain:

Menggunakan Lit Photo

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi Lit Photo untuk mengompres foto kamu. Untuk langkah-langkahnya, kamu dapat memperhatikan berikut ini.

  • Download aplikasi Lit Photo terlebih dahulu melalui PlayStore, lalu buka aplikasinya.
  • Apabila sudah, klik opsi “Compress Photo”, lalu klik pada bagian kanan atas untuk memilih foto yang akan dijadikan story WA.
  • Setelah itu, klik “Tab Size” pada Compression Option, lalu “select size” dengan memilih ukuran maksimal 149 kb.
  • Jika semuanya sudah selesai, selanjutnya klik “Start Compressing”. Setelah itu tunggu sampai proses kompres foto selesai.
  • Apabila sudah berhasil, maka kamu sudah dapat mengupload foto tersebut pada story WA.

Menggunakan Compress Photo Puma

Cara upload story WA HD berikutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi Compressor Photo Puma. Aplikasi tersebut juga terbilang mampu membuat foto kamu menjadi HD saat di upload di story WA. Nah, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Unduh aplikasi Compress Photo Puma terlebih dahulu, lalu buka aplikasinya.
  • Setelah itu, pilih foto yang akan kamu kompres, lalu edit dengan menyesuaikan beberapa opsi, misalnya seperti ukuran file, kualitas, resolusi, dan sebagainya.
  • Apabila sudah, untuk berikutnya kamu hanya perlu menunggu proses kompres foto sampai selesai, lalu simpan perubahan.
  • Nah, yang terakhir kamu dapat langsung share ke story WhatsApp dengan menekan “Status saya”.

Menggunakan Panda Video

Aplikasi Panda Video ini juga dapat kamu terapkan sebagai cara upload story WA HD. Aplikasi tersebut akan mengompres ukuran pada video kamu sebelum diupload dan supaya tidak pecah. Untuk itu, berikut ini tata caranya.

  • Install aplikasi Panda Video terlebih dahulu melalui PlayStore.
  • Setelah itu, buka aplikasinya dan pilih video yang ingin dikompres, lalu klik “next” di bagian pojok bawah.
  • Kemudian, masuk ke halaman pengaturan ukuran pada video atau Set Size dan pilih opsi “Small File” lalu klik “Compress”.
  • Tunggu sampai proses pengompresan selesai, lalu kamu langsung dapat menguploadnya ke story WA.

Menggunakan Aplikasi Venlow

Tak hanya menggunakan Lit, Puma dan Panda saja, cara agar video WA HD di status bisa juga dengan menggunakan aplikasi Venlow.

Perlu Anda tahu, aplikasi ini ringan, jadi tidak memberatkan kinerja smartphone Anda. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengikuti langkah seperti berikut ini:

  • Cara pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan mendownload dan instal aplikasi Venlow pada Google Play Store pada perangkat yang akan Anda pakai.
  • Ketika aplikasi ini sudah terpasang, maka Anda bisa buka aplikasi tersebut untuk mulai mengoperasikannya.
  • Di halaman utama, Anda bisa memilih menu Pilih Video.
  • Setelah itu akan muncul beberapa peraturan, Anda bisa klik Setuju untuk mengkonfirmasinya
  • Kemudian Anda tinggal pilih video yang ingin Anda jernihkan untuk di upload pada status WhatsApp, Anda dapat merekamnya secara langsung atau bisa juga dengan memilihnya dari galeri.
  • Jika sudah menambahkan video, klik opsi Lanjutnya.
  • Aplikasi ini akan memproses video tersebut supaya video tetap memiliki kualitas HD saat posting.
  • Apabila sudah, Anda dapat langsung pilih opsi “bagikan”.
  • Bagikan ke WhatsApp.
  • Kemudian, Anda bisa upload video tersebut pada status WhatsApp, Anda bisa menambahkan caption yang sesuai dengan keinginan Anda.
  • Tunggulah hingga proses upload selesai.

Alasan Story Pecah atau Tidak HD

Setelah simak lengkap mengenai panduan cara upload story WA HD tersebut Anda bisa segera atasinya. Namun jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai alasan story tersebut bisa pecah silahkan simak lengkapnya. Kebanyakan story pecah diakibatkan oleh jaringan yang tidak stabil dan cenderung buruk.

Selain itu ada juga yang disebabkan oleh penurunan kualitas secara otomatis oleh aplikasi whatsapp. Mereka sengaja mengkompress file asli yang Anda unggah menjadi lebih kecil. Inilah alasan kenapa status tersebut menjadi buram dan pecah.

Banyak alasan yang membuatnya menjadi tidak berkualitas seperti keinginan kita. Berbeda dengan berbagai aplikasi lain ketika mengunggahnya kita bisa mendapatkan kualitas asli. Perlu mengetahui alasan ini untuk bisa menentukan langkah untuk kembalikan kualitasnya tersebut.

Sekian… terima kasih telah mampir ke kawangadget ya :). Silakan share pengalamanmu di kolom komentar ya.

Bagikan:

Halo! Saya Dedi Styawan. Saya tech-content creator dan juga seorang penikmat teknologi. Saya sangat antusias dengan teknologi terutama gadget!

46 pemikiran pada “Cara Agar Status WhatsApp Tidak Pecah (Foto & Video) (Updated 2022)”

  1. Selama ini selalu pusing mau upload status WA tp selalu pecah, nyari solusi dimana2 ga ketemu..
    Jadinya males mau bkin status WA..
    Ehh ga sengaja nemu ini, dan ak praktekin, berhasil donk.. Mkasiih yaa, membantu bgt.. Dan step by step nya sangat jelas..

    Balas
  2. Mokasiii lah??? foto ku nggk terlalu buram lgi di status wa??????. Buat hp rada kentang yang kualitas gambar rada burem, yg klau di tmbh buat status malah tambah suram, ini sangat membantu woiiii?

    Balas
  3. Kalo cara yg terakhir (cara alternatif) ga ngaruh ya bang di gw, padahal pengennya yg paling simple. Tp belom nyoba cara2 yg laen sih.

    Balas
  4. Solusi terakhirnya bisa pake whatsapp mod bro , ada fitur kirim gambar dengan resolusi penuh hehe , jadi gausah takut lagi bakal di kompress sama whatsapp nya

    Balas
  5. terima kasih banyak kak, membantu banget. karena gw seringnya pasang sw foto, jd pake cara lu yg kirim dulu ke grup pribadi, trs bagiin ke status.

    Balas
  6. Lit photo nya error sejak bbrp bulan lalu bang, foto dari penyimpanan ga ada yg muncul pas mau dipilih sblm dikompres. Ada solusi?

    Balas

Tinggalkan komentar